Kuliner Nusantara untuk Hidangan Akhir Tahun Keluarga Besarku

Halo semua, ketemu lagi sudah di tahun 2023 ya! Apa kabarnya semua resolusi di tahun 2022? Yang jelas, selama tahun 2022, Dapur Manda bisa dihitung jumlah masaknya, cuma sebulan sekali kayaknya. Alhamdulillah, bisa berbagi rezeki pada ojek online dan layanan pesan-antar makanan dan tentunya memperbanyak khasanah kuliner yang nggak itu-itu saja dari Dapur Manda. Jadi, resolusi mau lebih rajin di tahun 2022, ternyata tidak berjalan dengan baik. Kalau ditanya resolusi 2023 apa? Saya jawabnya masih copy paste dari yang tahun lalu sajalah.


Pengalaman Kuliner 2022 yang Berkesan

Meskipun resolusi masak di Dapur Manda tidak terwujud di tahun 2022. Namun ada kuliner yang berkesan di tahun 2022. Foto di atas adalah kuliner terfavorit di tahun 2022. Oh iya, kuliner terbanyak yang menjadi list sarapan di dapur Manda selama tahun 2022 adalah S O T O. Ada banyak soto di Jogja yang harus dicoba, diantaranya : soto ayam Kadipiro, soto ayam Pak Slamet, soto sapi Mustofa, soto sapi Pak Soleh, soto kudus Omah Kudus, soto sulung Cak Alim dan soto lentuk kemangi. Nah, soto lentuk kemangi Lumayan inilah yang menarik untuk diulas di tulisan kali ini sebelum Manda cerita tentang kuliner nusantara di hidangan akhir tahun nanti.


Soto Lentuk Lumayan Kang Sarman

Video di atas menunjukkan sumringahnya Manda yang menuju akhir tahun mendapati ada soto unik tapi enak. Soto ayam dengan lauk sate dibumbu manis (bacem), lentuk (perkedel singkong) dan tak lupa ada yang unik berupa kemangi yang dipakai untuk lalap.


Terlihat kemanginya ditaruh wadah menyerupai pot dan siap dipetik dan lalu disantap bersama hangatnya soto ayam dengan lentuk yang semuanya terasa gurih saat diicip. Menambahkan sambal dan kecap, serta jeruk nipis membuat soto ayam Lumayan ini terasa pas dan nikmat. Di hadapan kita sudah ada sate yang siap diambil untuk digigit lepas dari tusuknya.. Sate ati ampela, sate usus, sate kulit dan sate brutu. Nyaaammm Nyusssss. Alhamdulillah ya, di Jogja masih tergolong mudah mencari kuliner soto beraneka rupa yang enak! Seneng deh bisa menulis tentang kuliner yang lagi happening di Jogja dan tentu saja berbagi informasi kuliner bersama Sahabat Manda.

Hidangan Akhir Tahun Keluarga Besar


Alhamdulillah, setiap tahun mamaku selalu punya inisiatif untuk menyalakan kembang api bersama-sama. Itulah kenapa, momen tahun baru kami selalu seru. Justru bukan tentang sibuk membuat resolusi, melainkan berdoa dan bersyukur atas satu tahun yang sudah dilewati dan berakhir baik. Doa dan harapan di tahun baru selalu hal baik yang dipanjatkan dalam doa, semoga seluruh keluarga dikaruniai kesehatan, keberlimpahan dan umur panjang, diberi kelancaran dan kemudahan di setiap urusannya. Semoga Alloh selalu dan selalu meridloi kami sekeluarga. Aamiinn.

Homemade Barbeque Party

 

Kuliner akhir tahun keluarga kami adalah bebakaran atau barbequan dengan resep homemade yang biasanya aku dan adekku siapkan bersama. Seperti kuliner akhir tahun kali ini, kita membuat bumbu sendiri untuk jagung bakar karena jagung bakar yang biasanya kita pesan, tutup setelah pandemi.


 

Semuanya serba simple! Marinasi slice beef sudah dilakukan jauh hari, jadi di hari H cuma tinggal dimasak sebentar. Ini video marinasi yang Manda sudah lakukan 5 hari sebelumnya.



Resep Marinasi Homemade Barbeque

Bahan :


500 gr Beef Slice Sirloin dan Wagyu
1 pcs Barbeque Delmonte
sosis kanzler siap makan
bakso Bonanza
saos tiram, saos lada hitam 
margarine
paprika
bawang bombay
tusuk sate

Cara marinasi :

  1. Slice beef tidak dicuci.
  2. Siapkan wadah untuk menyimpan di freezer, masukkan slice beef bergantian dengan dilumuri saos BBQ delmonte.
  3. Iris bawang bombay dan taruh dibagian atas sendiri dari daging yang sudah dilumuri saos.
  4. Tutup wadah dan simpan di freezer.
  5. Rebus bakso bonanza dan siapkan sosis siap makan.
  6. Tiriskan bakso dan tunggu dingin.
  7. Lumuri dengan saos BBQ delmonte, saos tiram.
  8. Siapkan wadah yang lebih besar dan tusuk sate.
  9. Setelah dilumuri saos, segera tusuk dengan menggunakan tusuk sate.
  10. Tusuk bakso, bergantian dengan sosis dan bawang bombay.
  11. Masukkan wadah dan simpan di freezer.

Cara memasak :

  1. Siang hari di akhir tahun, saya sudah packing menuju rumah mama jam 3 sore.
  2. Saat itulah saya keluarkan dua wadah marinasi tersebut dikeluarkan dari freezer dan sesampainya di rumah mama, semua bahan sudah siap dimasak.
  3. Manda dan Zea masak daging ala hokbent atau yoshinoya. Caranya gampang banget, hanya margarine ditumis dengan bawang bombay dan paprika, lalu masukkan marinasi slice beef nya. Sudah ditunggu matang dan sajikan.
  4. Panda dan kakak Piki kebagian membakar sosis dan bakso.
  5. Papa Andit dan mama Vita kebagian urusan menyiapkan arang dan membakar jagung bakar.
Alhamdulillah. Semua riang dan senang. Terlebih mama dan papa, senang kalau rumah ramai dengan anak, menantu dan cucu. Masya Alloh tabarakalloh. Selamat membuka tahun 2023 dengan gemilang. Aamiinn YRA.



Nah, itu tadi tulisanku tentang resolusi kuliner tahun 2022 dan berbagi cerita kuliner wajib di akhir tahun bersama keluarga besarku. Tulisan ini diikutkan dalam IDFB Blog Challenge  , apa itu IDFB? IDFB merupakan kepanjangan dari Indonesian Food Blogger yang merupakan komunitas pegiat kuliner pertama di Indonesia. Intip lengkapnya di https://indonesianfoodblogger.net/  ya.

No comments

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda