Jumat, 02 Juli 2010

Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta

Kaliurang, Kaliadem, Kali Kuning
Sleman, Yogyakarta




Kurang lebih 30 menit dari kota Yogyakarta menuju arah Utara sekitar 25 km kita bisa menikmati wisata pegunungan di lereng gunung Merapi. Tempat wisata yang terkenal adalah Kaliurang. Di sini kita bisa sekaligus berwisata kuliner dengan menyantap makanan khasnya, yaitu: "jadah tempe". Selain itu, Kaliurang menawarkan suasana yang sejuk dan banyak terdapat penginapan yang bisa digunakan untuk mendinginkan kepala dan berjalan-jalan pagi di hutan wisata Plawangan. Melihat gardu pandang juga menjadi daya tarik objek wisata Kaliurang. Selain menawarkan keindahan alam pegunungan, Kaliurang juga menawarkan arena bermain untuk anak-anak. Taman yang disediakan di Kaliurang cukup luas dengan permainan ayunan, sepeda roda tiga dan fasilitas sewa tikar.





Pasca letusan Merapi, para wisatawan juga bisa menyaksikan daerah yang terkena wedhus gembel di kawasan Kaliadem. Kami sempat berwisata ke sana dan masih harus membeli masker seharga 5 ribu. Buah-buahan khasnya adalah salak pondoh dan pisang mas. Jika Anda berkunjung pada bulan November-Desember maka harga salah pondoh akan murah sekali sekitar 2,5 ribu per kg. Murah bukan ??? Kawasan wisata Kaliurang yang berhawa sejuk tentunya memiliki air yang dingin pula. Jika ingin bermain air, kalian para muda mudi bisa menikmati gemericik sungai jernih di Kali Kuning. Untuk tahu dimana lokasi kali kuning ini, akan lebih baik kalo kalian mengajak sanak keluarga yang berasal dari Jogja agar bisa menentukan lokasi bermain air yang mengasyikkan di sekeliling tebing dan kalau beruntung bisa menyaksikan rajawali jawa lho (kata suamiku yang pernah melihatnya). 
ima-ep

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.