Saturday, 11 June 2011

Wisata Cirebon, Jawa Barat (2)

Perjalanan kita lanjutkan di hari kedua, tempat tujuan berikutnya di Kraton Kasepuhan Cirebon. Yang unik disini adalah perkawinan antara bangsa Tionghoa yang ditandai dengan piring keramik yang ditempel di tembok bangunan pagar kraton.

 

Rasanya kota Cirebon itu kecil, asal kita sudah di daerah Siliwangi, maka wisata kuliner khas Cirebon dan oleh-oleh pun siap dikantongi,hehehe.. 




Bagian dalam kraton yang dulu merupakan tempat tinggal raja Cirebon yang menikah dengan keturunan Tionghoa. Kesan yang dirasakan ada di dalam bangsal ini adalah dingin. Dengan tour guide yang siap di depan pintu gerbang sedari jam 7 pagi, kita bisa mendapat cerita tentang Kerajaan Cirebon dengan memberi tips 50-100 ribu. 


Selain berkeliling seputar keraton dan melihat berbagai macam peninggalan seperti gamelan, guci, keramik, keris, dan tombak, kita juga akan diajak memasuki tempat penyimpanan kereta kencana khas Cirebon.


Ini yang menurut kami paling enak dan wajib dikunjungi saat ke Cirebon, EMPAL GENTONG. Menurut beberapa referensi yang kita baca dan dengar, empal gentong yang enak terletak di sekitar Stasiun Cirebon. Dan ini salah satu yang ada di seberang stasiun Cirebon. Rasanya mak nyus dan tidak eneq..


Mau ke sini lagi??? nyam nyam...


Perjalanan berikutnya menuju ke Cibulan. Di perjalanan kita akan melewati daerah gua yang banyak sekali monyetnya. Dengan membeli sekantung bengkoang atau kacang seharga 2 ribu, kita bisa memberi makan monyet didampingi pawang,hehehe.. lucu ya?

Sampailah kita ke Pemandian Air Tawar Cibulan, ikan dewa yang berukuran raksasa sangat menarik untuk dilihat. Disini kita hanya bisa mandi bersama ikan dan menikamati jagung manis rebus yang enak rasanya.


Selain itu, kita juga mencoba terapi ikan. Bagi yang belum pernah akan terasa geli setengah mati.


Selamat berakhir pekan. Selamat berwisata bersama orang-orang yang Anda sayangi.
Salam, ima-ep

1 comment:

  1. Asik ya jalan-jalan trus kulineran. Cirebon emang surganya makanan :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Akan Hadir! Smartphone Gaming dengan Qualcomm Snapdragon 660

Qualcomm Snapdragon 660 Hai gamers! “No.1 Mobile Gaming Have Arrived” Sudah tahu bakal ada launching smartphone gaming terbaik y...

IBX583576234EA4D