Sunday, 28 June 2015

Pempek Asli 10 Ulu Palembang di Ny Kamto

pempek
Pempek Ny Kamto

Pempek,


Ada yang masih asing dengan makanan yang terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan tenggiri yang berasal dari Palembang ini?

Tentunya sudah menjadi salah satu list cemilan makanan favorit yang sudah hadir di kota masing-masing ya. Saya sendiri belum pernah mencicipi makan pempek di Palembangnya asli, hehehe *ngarep ada yang kasih tiket gratis ke Palembang*

Menikmati pempek di kota Yogyakarta bukan merupakan hal yang sulit, apalagi saat ini teknologi internet yang memudahkan kita menemukan pempek siap goreng dan bisa dinikmati di rumah. Makanya, belum pernah ke Palembang tapi pernah mencicipi pempek buatan asli Palembang. Mudah ya!


jalan affandy
Ny Kamto, Gejayan

Senangnya menjadi blogger adalah ketika blogwalking mendapatkan inspirasi mau buka pakai apa. Sesiangan jalan-jalan di lapak teman-teman blogger, jadilah sore ini mupeng banget pingin menyantap pempek saat berbuka puasa. Seperti biasa, jalan Gejayan (sekarang Jalan Affandy) di Yogyakarta padat merayap dan untuk sampai di pempek Kamto ini kurang lebih 20 menit yang hanya 6 kilometer dari rumah kami. Wow ya!

interior

Sambil menunggu waktu berbuka, manda mengambil beberapa jepretan interior di dalam rumah makan Ny Kamto ini. Selain bersih dan tertata, dekorasinya juga dibuat sedemikian rupa yang membuat kita pelanggannya seperti makan di rumah.

Pempek Asli 10 Ulu Palembang
Pempek Asli 10 Ulu Palembang

Ternyata pempek Ny Kamto ini sudah berdiri sejak tahun 1984, dan sudah membuka beberapa cabang di berbagai kota di Indonesia. Di Yogya sendiri ada banyak cabangnya, yang pernah dicoba oleh manda adalah cabangnya di Beskalan (belakang Toko Ramai, Malioboro), Jalan Palagan (sebelah selatan pom bensin sesudah jalan masuk menuju jalan Damai), Jalan Kaliurang, dan Jalan Gejayan ini.


Cuka Pempek

Kalau buat manda sendiri, menilai sebuah pempek enak atau tidak tentunya dari rasa ikan tenggiri yang ada di dalam pempeknya. Dan yang tidak kalah memegang peran adalah cuka pempeknya. Ada 2 cuka yang disediakan dan uniknya selalu disajikan dengan botol hijau dan botol bening untuk membedakan cuka manis dan cuka pedasnya. Jarang saya menemukan cuka di rumah makan pempek perlu ditulisin "manis" atau "pedas". Untuk meyakinkan, memang perlu dilihat apakah ada biji cabenya untuk memastikan cuka pedasnya.

pempek
Minuman Berbuka

Berbukalah dengan yang manis,

berarti panda cukup melihat ke manda untuk berbuka ya *tet tot* irit amat yak! hehehehe..
Sore ini kami memesan 2 teh panas manis dan 1 es milo, sudah pasti makan berdua minumnya 3 (biasanya 2 es teh manis). Membuka buka dengan menghangatkan usus-usus dan organ dalam yang selama 13 jam kosong dengan minuman panas. Alhamdulillah!

topping
Pempek Kapal Selam

Pempek kapal selam,

Salah satu menu wajib yang dipesan adalah pempek kapal selam. Pempek yang didalamnya ada telornya dan rasanya pas berpadu lembut si putih telur dan dipilih sebagai gong adalah kuning telur campur cukanya. Kenapa manda menyebutnya salah satu menu wajib dipesan? Ya, karena favoritnya manda di pempek Ny Kamto ini adalah pempek kapal selam, pempek lenjer, dan pempek kulit.

Pempek Kuli dan Pempek Tahu

Bukan karena maruk ya pesan berlebihan, hehehe.. Manda ingin membuat "pempek rujak mie" ala manda di sini. Makanya, butuh pempek, topping mie dan tahu. Menikmati rujak mie yang berisikan mie, pempek (enak kalau lenjer sebenarnya), dan tahu lalu disiram cuko manis yang agak pedas rasanya nyuussss... Cobain ya!

menu ny kamto
Daftar Menu Pempek Ny Kamto

Banyak pilihan menu yang disajikan di Pempek Ny Kamto ini, dengan harga yang terjangkau sesuai kualitas pempeknya yang enak. Makan berdua sore ini habis 55,000 rupiah dengan informasi harganya sebagai berikut : (Juni, 2015)

Pempek Kapal Selam : Rp. 12,000,-
Topping Mie : Rp 1,500,-
Pempek Tahu : Rp 7,000,-
Pempek Kulit : Rp 7,000,-
Teh hangat : Rp 4,000,-
Es milo : Rp 6,000,-

Mengisi waktu dengan menjepret interior, menjepret makanan dan terakhir adalah narsis ala manda panda *masih tik tok tik tok belum buka juga*

buka puasa
Manda Panda
Selamat berbuka di pempek Ny Kamto di kotamu ya!

11 comments:

  1. Lho, ini di yogyakarta toh :D kirain di palembang daerah asal pempek~ Tapi pasti tetep enak ya? XD

    ReplyDelete
  2. Aku yang di Jalan Gejayan malah belum coba, padahal dekat banget ya sama rumah kita :D
    Katanya di malioboro ada juga toko pempek, baru dan enak, tapi belum pernah coba.

    ReplyDelete
  3. Lemak nian jingok pempek itu.....ngileeeeer :))

    Udah lama juga ya mbak kedai Pempeknya buka. Hebat masih tetap eksis :)

    ReplyDelete
  4. Aku suka pempek... juga suka rujak mie. Di sini kalo bulan puasa aku pasti hunting rujak mie. Kalo selain bulan puasa jarang yg jual, beda ama klo bulan puasa...

    ReplyDelete
  5. Aku suka pempek... juga suka rujak mie. Di sini kalo bulan puasa aku pasti hunting rujak mie. Kalo selain bulan puasa jarang yg jual, beda ama klo bulan puasa...

    ReplyDelete
  6. Aku paling suka kapal selam. Hadew, lupa belum makam pempek, mbadok lagi....

    ReplyDelete
  7. Noted. Klo saya suka pempek lenjer. Betul enak nggak enaknya dirasakan dari ikan tenggirinya

    ReplyDelete
  8. Tetep aja kalo di luar Palembang kapal selam-nya pake mie, padahal di sini nggak hehehe.
    Itu pempek tahu 7000 tapi satu porsi gitu ya? lumayan murah.

    Slruppp 1 jam lagi buka puasa :D

    ReplyDelete
  9. Pempek.. oh pempekk...
    Hua.. hua... nangis dipojokan. mauuuuu... :(

    ReplyDelete
  10. Ny. Kamto yang deket Sleman ada tuh mbak di pertigaan selatan pom bensin Sariharjo, tapi belum pernah sih klo ke Ny.Kamto, biasanya ke 19 Ulu :D

    ReplyDelete
  11. Selain ikan tenggiri nya, rasa cuka nya juga berpengaruh. Kalo suka yg pedes2 asem gitu hahaha

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D