Wednesday, 10 June 2015

Honey Moon di Jatim Park 2, Batu Malang

jatim park
Pemandangan Dari Hotel Ibis, Malang

Pagi-pagi di kota Malang, view nya dapet banget dan segelas teh manis hangat menemani pagi yang cerah. Cerita tamasyaku kini menuju ke kota Malang, Jawa Timur. Dari Jogjakarta, hanya bisa ditempuh dengan perjalanan darat (kendaraan roda 4, bis dan kereta api). Setelah sarapan pagi, kami sudah menyewa mobil untuk mengunjungi obyek-obyek wisata di Malang. Kota Malang, kota yang adem dan banyak gunungnya.




jatim park
Mulai Berpetualang ala Tamasyaku

Sudah meniatkan diri untuk menyewa mobil yang tanpa sopir dan ada satu barang yang tak lupa dibawa, yaitu : charger mobil dan tablet. Kenapa tablet? Karena aplikasi android maps sangat membantu kami dalam bertamasya. Meskipun, panda selalu maklum kalau yang bawa petanya manda, saya akui, saya buta peta. hiks hiks hiks. Jadilah, muka panda serius begitu gegara sayanya nggak paham ini sampai belokan keberapa, hehehehe..

Tapiiiii nggak buta giliran ngliat makanan atau cemilan segar seperti yang satu ini, "kelengkeng jawa". Nyaaammm,,, beli 1 unting dan puasssss rasanya.. Kelengkeng Jawa ini sudah sulit ditemukan di Jogja, karena pesaingnya kelengkeng bangkok lebih popular. Entah mengapa, manda suka sekali dengan kelengkeng ini. Bagi mama, beliau tidak menyukainya karena baunya yang langu, tapi rasanya lebih manis, wanginya yang khas, daging kulitnya yang tipis dan isinya yang besar mampu memikat lidah manda.

jatim park
Memasuki Kota Wisata Batu

jatim park
Pintu Masuk Jatim Park 2

Sudah lega ada kliatan gapura dan petunjuk jalan menuju Jatim Park, dan kami memilih untuk ke Jatim Park 2 (Jawa Timur Park 2). Memasuki area Jatim Park 2 yang kebetulan siang ini cukup terik dan ternyata parkir mobil di bagian depan sudah penuh. Alhasil kita terus mengikuti tanda panah parkir dan menemukan parkiran agak di belakang. Area parkirnya panas dan tidak hijau sama sekali, namun pemandangan dari atas tempat parkir ini sungguh menawan. Memang. kota Batu ini merupakan kawasan wisata andalan kota Malang.

jatim park
Memasuki Area Jatim Park 2

jatim park
Loket Pembelian Tiket Jatim Park 2

Dari parkiran kita berjalan menuju ke loket pembelian tiket. Di sepanjang jalannya, banyak toko yang menjual aksesoris khas Jatim Park, mulai dari kaos, topi, hingga sendal. Di Jatim Park 2 ini sebenarnya ada 4 objek yang bisa dikunjungi, yaitu : Museum Satwa, Pohon Inn, Batu Secret Zoo, dan Eco Green Park. Kami membeli tiket paket untuk 2 obyek wisata, harganya 105,000 rupiah per orang.

batu secret zoo
Peta Batu Secret Zoo

Dari petanya, sudah terbayang akan berjalan kaki JAUH ya. Persiapannya membawa air minum dan kondisi badan sehat. Kalau dinikmati, akan SERU dan mengASYIKkan. Ketika sudah masuk ke dalam, akan ada banyak tanda panah yang mengarahkan kemana kita hendak menuju kemana. Lalu pertanyaannya :

Bagaimana kalau capek di tengah perjalanan?

Istirahat sejenak dan mengambil rute jalan pintas.


batu secret zoo
Belajar Sambil Bertamasya


Belajar sambil bertamasya, 


Sepertinya konsep Batu Secret Zoo adalah memberi wawasan kepada pengunjung tentang hewan yang dilihatnya. Selain memberikan edukasi dari deskripsi di tiap-tiap kandang, juga memberikan semacam kuis di papan gantung sepanjang kita berjalan.

Cocok banget untuk karya wisata anak sekolah. Di Batu Secret Zoo ini kita bisa belajar Biologi dengan menyenangkan.

 

batu secret zoo
Bermacam Hewan di Batu Secret Zoo

Unik, itulah kesan yang saya tangkap ketika mulai masuk dan berjalan di Batu Secret Zoo. Bagaimana tidak, di sini ada beberapa hal menarik yang bisa ngikik bacanya :


"Potongan rambut terbaru Cottontop Tamarin"

terus berjalan dan melihat aneka satwa di kandang yang bersih bertingkah yang lucu dan menggemaskan. Sesekali kita perlu melihat ke deskripsi karena penasaran kok kayak belum pernah melihat. Menyenangkan di Batu Secret Zoo karena selain tertata apik, bersih dan jelas petunjuknya. Namun, ada satu wahana yang tidak kami masuki, cukup di foto saja, yaitu : "kawasan reptil".

batu secret zoo
Suka Cara Mengedukasi Tentang Satwa

Suka cara Jawa Timur Park 2 mengedukasi setiap pengunjungnya untuk saling menebak papan-papan tebakan tentang satwa. Salah satunya di papan ini,

Hewan manakah yang larinya tercepat? 

Siapa yang paling berat?

Masing-masing pertanyaan itu akan ada penjelasannya. Dan menariknya, kita jadi tahu lho.. *bawa notes ya kalau ke sini*


batu secret zoo
Fish and Chips


Jalan yang ditempuh lumayan jauh. Meskipun ada beberapa titik untuk beristirahat, namun kurang lebih 1 jam berjalan, tentunya haus dan lapar ngemil akan terasa. Di depan kandang burung Flamingo yang berwarna pink, tersedia penjual jajanan Chicken & Chips dan Fish & Chips. Jadilah kita ngemil di depan kandang Flamingo sambil melihat orang-orang berfoto dan memberi makan Flamingo *mungkin pas jatahnya kasih kudapan siang oleh petugas Jatim Park 2*


batu secret zoo
Satwa Air


Di dalam Batu Secret Zoo ini, satwa-satwa dikelompok-kelompokkan menjadi beberapa bagian. Saya sendiri tidak mencatat detailnya, yang saya tahu ada satwa darat, satwa air, satwa langka, satwa reptil, satwa buas, dan wahana bermain anak-anak (dari waterboom sampai permainan tornado). Nah, ketika masuk ke satwa air, akan ada pembagian ikan air dalam dan ikan air dangkal. Seruu dan mengasyikkan di Batu Secret Zoo yang ada di Jawa Timur Park 2 ini.

honey moon
Serasa di Night At The Museum

Terus berjalan dan sampailah kita ke Museum Satwa, seperti masuk ke film Night At The Museum. Bangunan yang mewah dan megah (tinggi banget) dibangun untuk menampung satwa-satwa jaman pra sejarah dan sudah dibuat replikanya, beberapa mungkin ada yang asli.


honey moon
Happy Land

Nah, setelah berputar-putar dengan berjalan kaki kurang lebih 2 jam, sampailah kita di penghujung akhir wisata di dalam Batu Secret Zoo ini, happy land, menyajikan permainan mulai dari anak-anak, permainan air dan permainan dewasa yang menantang. Di Happy Land ini juga ada rumah hantu dan kita bisa memasukinya serta foto-foto di sana. Tunggu liputan khusus fotografi di Batu Secret Zoo ini ya..

batu secret zoo
View Keren dari Batu Secret Zoo

Menuju pintu keluar, kita bisa melihat asrinya objek wisata Batu Secret Zoo di Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur. Kota Malang sendiri tidak tergolong kota yang padat kendaraan, sewaktu kami mencoba berkendara sendiri untuk pertama kalinya, tidak bingung setelah bisa membaca maps dengan kondisi jalannya. Berwisata di kota Malang ini cocok dengan mobil mini yang lincah dan bersahabat dengan kondisi jalan.

Selamat bertamasya.

Salam,
manda

19 comments:

  1. senangnya.... jalan2 kesini... gede kaya taman safari pasuruan g sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau teh,, blm pernah ke pasuruan malahan...

      Delete
  2. pemandangannya ajiib ya mak. di kelilingi gunung..

    ReplyDelete
  3. Ajiibbb dan adeeemm maaakk liaaa.... 😍 😍

    ReplyDelete
  4. Sudah lama sekali aku gak ke Malang....terakhir ke Malang tahun 2003 yll... Jadi kangen nih dgn keindahan kota Batu Malng dan sekitarnya.... seperti kata mbak Lia di atas, pemandangannya ajaib dan keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba rita, sudah banyak berubah sekarang.. *_*

      Delete
  5. Dulu waktu ke Malang pingin ke sini tapi ga sempat. Dapat kamar hotel yang pas ya mbak, dapat view cakep :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak nyangka juga itu gunung bisa cakep begitu, padahal sorenya kita lihat biasa-biasa aja, hahahaha..

      Delete
  6. Aku belum pernah kesini, padahal hampir tiap mudik ke Surabaya pasti mampir ke Malang...
    Nantilah kalo mudik diagendakan kesini sama anak-anak sekalian, pasti mereka suka banget... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba dee.. bisa lebih seharian kalau muterin jatim 1, jatim 2, dan museum angkot.. semua di kota batu.. seruuuu *_*

      Delete
  7. Saya pernah kesana sekali, pas tamasya kantor... paling suka ke Jatim Park 1.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kemarin di jatim park 1 malah lewat aja mas.. ada apa ya di sana? kirain sama.. hehehehe

      Delete
  8. Viewnya emang cakep banget, Ma. Kalau kami GPS-nya gak pake tablet. Pakai GPS biasa. Kadaang pakai yang di hape. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gps nya kl yg bawaan mobil seringnya gak update, kl di maps lumayan update tapi jalan tikus kelewat digambar hehehehehe

      Delete
  9. Berasa dilangkahi neh, saya yang orang Malang malah belum ke Jatim Park 2. Dulu seringnya ke Jatim Park 1.
    Btw jangan lupa submit di situs IDFB dan Toyota ID Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk ayuk ditunggu cerita keluarga biru di sini yaaa.. Udah di submit kmrn mas, hehehehe.. Makasih yaaa *_*

      Delete
  10. Ada rekaman videonya nggak kak. Bisa jadi ini adalah tujuan wisataku selanjutnya.

    ReplyDelete
  11. Agya ini sekarang jadi mobil andaln blogger2 kalo mau jalan2 yaaaa hehehe

    ReplyDelete
  12. Hehehe... saya juga baru aja kemarin main ke sana. hehe.. :D

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D