Wednesday, 8 July 2015

Takjil Ramadhan di Hotel Grand Zuri, Yogyakarta

Grand Zuri

Jalan-jalan tamasyaku kali ini berada di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan P. Mangkubumi yang merupakan terusan jalan Malioboro. Sedikit mengarahkan pembaca bahwa jalan dari Tugu ke selatan memang jalan lurus, namun sebelum rel kereta api dinamai Jalan P. Mangkubumi dan sesudah rel kereta api dinamai Jalan Malioboro. Pasti familiar dengan kata "malioboro" ya..

Promo Ramadhan Grand Zuri

Masih dalam rangka moment Ramadhan yang telah menjadi tradisi kita adalah buka puasa bersama (disebutnya : bukber) dan identik dengan kata menu takjil. Untuk menuju ke Hotel Grand Zuri ini, saya melewati titik kemacetan kota Yogyakarta di jam padat antara jam 16:00 sampai jam 19:00. Jalan Jend. Sudirman hanya kurang lebih sepanjang 1 kilometer, namun bisa ditempuh dalam waktu 30 menit, hehehehe. Dari perempatan Tugu kita menuju ke Selatan dan setelah kantor redaksi Kedaulatan Rakyat (KR), kita akan sampai di Hotel Grand Zuri yang bisa dipesan melalui Agoda.


Lobby Hotel Grand Zuri

Setelah melewati security check, memarkir kendaraan di tempat parkir yang disediakan luas, saya memasuki lobby hotel dari arah dalam karena kebetulan parkirnya di LG. Sambil menunggu emak blogger yang lain, saatnya jeprat jepret sekeliling untuk memberikan liputan mata kepada sahabat tamasyaku.

Suasana Bukber di Trotoar

Melihat view apik trotoar jalan di depan Hotel Grand Zuri yang disulap menjadi tempat untuk berbuka, layak diabadikan dengan kamera handphone. Ya, handphone. Sekotak kecil yang nyaman dibawa oleh tangan *walaupun tidak lagi sekecil genggaman* , menghubungkan kita dengan banyak tempat, banyak kejadian, banyak komunikasi, banyak interaksi , dan banyak informasi yang bisa diterima dan dibagikan dari alat komunikasi yang disebut handphone. Jepretan kali ini dari Sony Xperia selfie yang menemani perjalanan manda memberikan liputan di tamasyaku mulai November 2014. *sekalian mengingat-ingat kalau rusak bisa untuk menghitung masa pakai gadget* hihihihihi.

Trotoar Malioboro

Sebuah tempat yang biasa menjadi istimewa jika interior dan dekorasinya ditata dan ditempatkan dalam porsi yang pas. 

 

Trotoar Malioboro

Dan disinilah, kami emak blogger jogja menempati singgasana acara buka bersama kali ini yang diadakan oleh Swaragama FM bekerja sama dengan Grand Zuri dan Wavoo.

Emak Blogger Jogja

View Depan Hotel Grand Zuri

Di bagian depan lobby hotel Grand Zuri terdapat meja kursi yang nyaman diduduki untuk melihat jalanan Malioboro sambil mendengarkan gemericik air dari kolam ikan.Ternyata, suasana lama dinikmati dengan kesan yang baru akan menjadikannya suasana baru. Trotoar jalan Malioboro yang biasa pun menjadi istimewa sore itu.

Gerobak Takjil

Mengintip menu takjil sore ini, disediakan dua gerobak yang satu berisi aneka jajanan dan gorengan. Di gerobak lain disediakan aneka roti manis, kurma dan puding. Baiklah, kita tunggu saat berbuka puasa ya..

Aneka Minuman


Setelah mengintip gerobak takjil untuk pembuka buka, selanjutnya adalah mengintip minuman yang disediakan dalam menu takjil kali ini. Ternyata, selain teh dan kopi lengkap dengan krimer dan gula pasir, tersedia juga kolak ubi dan capucino cincau. Nyuusss, untung nulisnya pagi jadi masih okelah tidak terlalu menyiksa *mohon dimaafkan jika dibaca siang hari pas terik-teriknya ya*

Aneka Minuman Segar

Minum bagi orang berbuka sebenarnya sudah cukup mengobati dahaga kurang lebih 13 jam berpuasa. Setelah mengisi perut yang kosong dengan teh panas atau kolak hangat, barulah menyantap minuman segar seperti capucino cincau, jus buah-buahan, atau infused water

Menu Makan Buffet

Melihat-lihat snack takjil dan minuman saja rasanya sudah cukup untuk perut manda saat berbuka puasa, kadang nyemil dan minum, sholat maghrib, baru makan besar secukupnya *Takut tidur di tempat taraweh* Dan kali ini, menu buffet yang istimewa menurut lidah manda adalah ayam mayonais, slurrpp.. enaakk..

Tibalah waktunya berbuka puasa, sudah siap tersaji hidangan takjil pembuka lengkap dengan kolak dan puding yang warnanya menggoda selera, biru laut. Semoga ibadah kita hari ini diterima Alloh Swt. Aamiin. Sepiring cemilan yang berisi mendoan, ketela, roti manis, puding dan kolak ubi siap diserbu pasukan emak-emak blogger Jogja *colek mak diba, mak rian dan mak dian*

Takjil Grand Zuri

Untuk melaksanakan solat Maghrib, hotel Grand Zuri ini menyediakan mushola di lantai 1 di pojokan dengan tempat solat yang lumayan luas (kira-kira 4 saf laki-laki dan 2 saf perempuan) dan tempat wudhu yang bersih terjangkau di samping musholla. Disediakan pula bakiak, sehingga sepatu tetap kering dan tersimpan di rak sepatu yang disediakan.

Makan Malam

Bukannya sedang diet, hanya saja memang tidak bisa menikmati makan buka puasa dalam porsi besar. Secangkir teh krimer siap menemani hidangan makan malam yang dipilih manda, soto mie untuk kuah dipadu dengan nasi putih, bakmi goreng oriental, ca sayuran, ayam mayonais dan krupuk. Alhamdulillah..

Hotel Grand Zuri

Bagi sahabat tamasyaku yang hendak berkunjung ke Jogja atau ingin menikmati suasana berbeda di kota sendiri, silahkan ke Grand Zuri Malioboro ya.. Letaknya yang dekat sekali dengan stasiun Tugu Yogyakarta dan persis berada di belakang halte bis trans Mangkubumi. Strategis ya!

Hotel Grand Zuri Yogyakarta


Jalan P. Mangkubumi No. 18
Yogyakarta
Telp. (0274) 6429288

11 comments:

  1. Yuk..kapan nongki-nongki syantik lagi. Mantep ni reviewnya manda. Makanannya enak2 ya ciiin..

    ReplyDelete
  2. ngiler liat mendoannyaaa,

    ReplyDelete
  3. Waaaah... 2 hari yang lalu aku juga nginep di Grand Zuri, mbak Ima... Tapi Grand Zuri Padang. Hotelnya bersih dan nyaman banget...
    Menu buka puasa di Grand Zuri Jogja looks yummy ya mbak.. pengen nyomot itu mendoannya. uppsss! waktu buka puasa masih lama, hehehe...

    ReplyDelete
  4. Waahh...Bagus yaa viewnya...Gerobak takjilnya pengen icip2 ikh hehe...

    ReplyDelete
  5. Asyik tempat bukanya di tempat terbuka begitu ya mbak.

    Ini kebetulan banget ya, mbak Ima di Grand Zuri Jogja, mbak Dee abis dari Grand Zuri Padang, saya baru kemarin bukber di Grand Zuri BSD :D

    Mendoannya menggoda :)

    ReplyDelete
  6. Ternyata fokus kita sama ya, mbak.. mendoan :)

    ReplyDelete
  7. Kalau dari luar, bangunan GZ ini sama dengan GZ yang ada di Palembang :) aku sempet sih masuk, cuma gak sempet (diajakin) nyobain restorannya >.<

    ReplyDelete
  8. Iy yaa, yg menggoda mendoannya hehehe

    ReplyDelete
  9. kalau nginep di hotel ini kayaknya gak perlu ribet cari parkir kalau mau ke Malioboro :)

    ReplyDelete
  10. Tempatnya terbuka, keren, biasanya hotel didalam ruangan dan menunya menggoda selera banget.

    ReplyDelete
  11. Aku mau diajak nongkrong2 juga #ngarep

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D