Friday, 17 July 2015

Tips Menggoreng Kerupuk Udang

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar
Laa Ilaha Illallohu Allohu Akbar..
Allahu Akbar Walillahilhamd..

Artinya :

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar..
Allah Maha Besar.. Dan segala Puji Hanya kepada Allah...



lontong opor
Lontong Opor Komplit Mama Wiwin


Takbir mulai lirih berkumandang, artinya hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa telah tiba. Takbir berkumandang dari saya kecil adalah malam istimewa dan spesial bagi saya sendiri. Memuliakan dan mengagungkan asmaNya sampai dini hari dan rasa haru bahagia yang tidak bisa diceritakan dengan kata-kata. Takbir itu juga isdentik dengan lontong opor untuk kami sekeluarga. Keluarga kami semuanya berdomisili di satu kota, yaitu : orang tua, mertua dan simbah putri. Oleh karenanya, momentum lebaran Iedul Fitri harus membagi waktu sedemikian sehingga semua kebagian. 

Malam saat takbir berkumandang, di puasa hari terakhir, tujuan kami adalah ke rumah mama saya. Lontong opor komplitnya berisi opor ayam, opor telur, sambal goreng ati, sambal goreng krecek, dan krupuk Setiap puasa terakhir, sudah menjadi kebiasaan sejak pacaran juga untuk menyantap buka dengan lontong opor lengkap. Dan dari tahun ke tahun, saya selalu kebagian menggoreng kerupuk udang.


tips menggoreng
Krupuk Udang

Tips Menggoreng Kerupuk ala Manda 

  1. Gunakan wajan teflon yang cekung (jangan yang untuk menggoreng telur).
  2. Minyak yang agak banyak, menutup keseluruhan besar krupuk saat mekar. 
  3. Pilih kerupuk udang yang tidak perlu dijemur (rekomendasi manda : Komodo dan Ny. Siok).
  4. Panaskan minyak dan masukkan bagian krupuk yang remuk untuk tes panas.
  5. Kalau remukan krupuk langsung nyos mekar, tandanya minyak cukup panas.
  6. Gunakan api paling kecil mulai dari memanaskan minyak sampai prosesi menggoreng dimulai.
  7. Gunakan sutil kayu.
  8. Siapkan perasan kelapa yang diatasnya diberi tissue dapur (agak tebal) atau kertas HVS putih bersih. 
  9. Mulai menggoreng : masukkan krupuk, tekan dengan sutil dan geser ke kiri ke kanan sambil ditekan, balik secepatnya setelah krupuk mekar, agar tidak melengkung, setelah dibalik segera dipipihkan dengan cara menekan sutil kayu ke tengah bagian krupuk yang melengkung agar lurus. *berasa nglurusin punggung aja* 

  10. Saat ditekan, krupuk yang masih terendam dalam minyak tidak akan patah.
  11. Setelah putih agak kuning *jangan sampai coklat*, segera diangkat. Tidak perlu menunggu sampai coklat, karena minyak panas yang menempel pada krupuk saat diangkat nanti masih mematangkan krupuk sampai lebih coklat.
  12. Krupuk yang ditiriskan di atas tissue dapur atau kertas bersih, diletakkan berdiri *bukan ditidurkan*. Kalau ditidurkan minyak akan terserap ke dalam krupuk. Kalau posisi berdiri, maka minyak akan tertiris di atas tissue atau kertas.
  13. Setelah agak dingin, segera masukkan krupuk ke dalam plastik 3 kiloan. Jangan terlalu banyak agar tidak remuk. 
  14. Segera ikat dan pastikan tidak ada ruang untuk udara masuk lagi, biar tidak melempem.
  15. Apabila minyak sudah dipakai menggoreng 10 kerupuk, maka minyak akan panas *cirinya : sekali masuk krupuk langsung berwarna coklat*, maka matikan api dan tunggu beberapa saat untuk memulai kembali proses menggorengnya.
Selamat mencoba menggoreng kerupuk yaaa... Pasti berhasil! 

Lontong Opor Versi Mbah Putri

Nah, kalau malam sebelumnya menyantap opor modern ala mama Wiwin, giliran pas hari H setelah sholat Ied, kami mencicipi opor buatan simbah Bongan (baca : simbah putri yang domisili di Cebongan), hehehehe. Nah kalau opor versi simbah lengkap dengan ketupat, kapri dan gudeg gori yang enaakk dan spesial di hari Lebaran. Emping manis yang digoreng hasil bumbuan dari langganan simbah yang nagih banget! Tiap lebaran ada aja hal yang baru saya temui, kali ini buah ceplukan nangkring di atas meja dan ternyata 30 tahun ini baru nyicip buah ini sekarang, hahahahahaha. 

Selamat berlebaran,
Selamat menikmati lontong opor,
Selamat merayakan hari keluarga,
Selamat cek ke Lab kalau sudah yaa... *_+

Mohon maaf lahir dan bathin semuanyaaa...

5 comments:

  1. Hihihi.. goreng krupuk udang itu emang gampang-gampang susah ya mbak.. Seringnya aku goreng krupuk sampe warnanya coklat, jadi gak cantik lagi keliatannya, hehehe...

    ReplyDelete
  2. makasih tipsnya mba, iya nih kalau minyak kepanasan kerupuknya langsung gosong

    ReplyDelete
  3. kok sama dengan suamiku yang selalu kebagian goreng krupuk udang.

    ReplyDelete
  4. Kalo emak gw, krupuk nya di jemur dulu biar cepet mekar kata nya hahaha Kadang di jejer di deket kompor biar panas

    ReplyDelete
  5. Perusahaan Kerupuk Udang dan Ikan UD Rolisa.

    UD Rolisa merupakan perusahaan industri yang bergerak di bidang pembuatan makanan kerupuk berbahan dasar udang dan ikan didirikan pada tanggal 16 September 2014 bertempat di desa Kebonagung Porong Sidoarjo. Visi perusahaan ini adalah menjadi penyedia kerupuk yang mengendapkan kualitas dan cita rasa. Sedangkan misi dari perusahaan kamu adalah memenuhi selera masyarakat akan kerupuk udang dan ikan berkualitas dengan harga terjangkau. Seperti perusahaan makanan pada umumnya, perusahaan kami menjaga agar produk yang dihasilkan selalu higienis dengan berkualutas dengan bahan baku yang sesuai dengan standar pangan seperti tepung, ikan, udang, telur, baking, gula, dan garam pilihan. Produk yang kami hasilkan berupa kerupuk udang dan ikan dengan berbagai jenis ukuran dan kemasan.

    Proses Pembuatan

    Proses bisnis perusahaan ini dimulai dengan pembelian bahan baku utama seperti udang dan ikan yang dipilih langsung dari nelayan-nelayan selepas melaut agar mendapatkan hasil yang terbaik. Proses selanjutnya adalah melakukan pencampuran bahan dengan bumbu-bumbu pilihan dengan resep turun temurun satu adonan. Adonan yang telah tercampur dicetak dengan menggunakan cetakan khusus dan dimasak dalam waktu yang sesuai. Proses selanjutnya adalah pemotongan adonan yang telah matang sempurna dengan mesin potong otomatis yang kemudian diteruskan dengan proses oven dan packing sehingga siap disajikan kepada konsumen. Kami memilili beberapa keunggulan dari produk pesaing yaitu dari mesin dan proses pembuatan yang dipegang oleh tangan-tangan berpengalaman menangani kerupuk serta berkualitas dengan harga terjangkau.

    Produk Kami

    Dengan bahan baku yang berkualitas dan proses yang berpengalaman menjadikan sebuah cita rasa yang terdapat dalam kerupuk kami dengan cap nangka. Kami menyediakan produk kerupuk dalam 7 ukuran yang berbeda sesuai dengan selera masyarakat yaitu :

    Mente : dengan ukuran kerupuk 4 cm x 3 cm bentuk seperti kacang mente kecil memenuhi kebutuhan keluarga yaitu camilan sehari-hari. Terdapat dua varian warna putih dan oren.

    Mini : dengan ukuran kerupuk 6 cm x 5 cm bentuk seperti lidah memenuhi kebutuhan sebagai pendamping makanan sehari-hari. Terdapat dua varian warna putih dan oren.

    Kancing : dengan ukuran kerupuk 7 cm x 6 cm bentuk seperti lidah. Kancing lebih besar dari mini. Kerupuk ini sebagai pendamping makanan pada restoran-restoran dan terdapat dua varian warna putih serta warna oren.

    Gondang : dengan ukuran kerupuk 8 cm x 7 cm bentuk seperti lidah cuman lebih besar dari kancing. Kerupuk ini sebagai pendamping baik catering maupun nasi kotak. Terdapat dua varian warna putih serta oren.

    Tanggung : dengan ukuran lebih besar 12 cm x 7 cm lebih besar dari mente, mini, dan kancing. Terdapat dua varian warna putih serta oren.

    Mini Indramayu : dengan ukuran kerupuk 7 cm x 5 cm bentuk seperti setengah bulan sabit berwarna putih tulang. Kerupuk ini sebagai camilan serta memenuhi kebutuhan rumah tangga.

    Kancing Indramayu : dengan ukuran 9 cm x 5 cm bentuk seperti setngah bulan sabit berwarna putih tulang. Kerupuk ini cocok untuk camilan serta acara-acara resmi.

    Tujuh produk kami di atas kami sebarkan dengan ukuran kemasarn yang bermacam-macam pilihan yaitu 250 gram dan 5 kg sesuai dengan kebutuhan selera masyarakat indonesia.

    Selain 7 produk di atas kami juga memproduksi kerupuk sari udang, kerupuk bawang putih, kerupuk warna warni, dll.

    Pemasaran kami sudah masuk di pasar seluruh Indonesia dan Mancanegara. Malaysia, Kalimantan, Solo, Cepu, Pekalongan, Bali, Jakarta, Semua provinsi di Jawa Timur, Aceh, Padang, Lampung, Sulawesi, Lombok, dll. Kami membuka peluang bisnis bagi rekan-rekan yang ingin membuka usaha, kami membuka peluang untuk menjadi agen maupun distributor produk kami. Ada harga khusus untuk agen maupun distributor produk kami.

    UD Rolisa - Iponk Niyazi ( 081259466289 - 08563462877 Pin BBM 2AEDEFCC)

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D