Saturday, 23 January 2016

Terpesona Kain Batik Asli Indonesia

Kesibukan di akhir pekan (baca : sabtu - mingg) ketika sedang sibuk dengan banyak agenda memang serasa tidak jadi liburan. Ya, beginilah kita sebagai makhluk sosial, terus berinteraksi dan berkomunitas dengan orang lain sesama manusia. Bukankah saat bertemu dengan orang lain, yang dalam bahasa arab dikenal dengan silaturahmi, yang salah satu manfaatnya adalah memperpanjang usia. In sha Alloh.

Komunitas Bisnis Online Oriflame

Pas barengan dengan upline tercinta yang menginspirasi saya bekerja dari rumah dan berbisnis online di jarigannya. Seru sekali acara temu kangen dan berbagi ilmu yang diadakan pagi ini jam 10. Karena sudah diagendakan jauh-jauh hari, saya menyanggupi untuk menjadi MC sekaligus moderatori acara sharing keluarga MANFAAT pagi itu. Ternyata oh ternyata bersamaan dengan undangan nikahan tetangga belakang rumah. Langsung putar otak, bagaimana memadu padan baju yang bisa dipakai untuk acara non-formal dan acara formal (baca : jagong). Baiklah, saya memutuskan menggunakan setelan gamis dengan cardigan yang berbeda. Saya pilih cardigan santai yang saya buat dari pashmina panjang dan blazer sarimbit dengan panda untuk acara jagongnya.

Setelan Gamis yang Bisa Untuk Formal dan Non Formal

Kain batik, sebuah kain khas Indonesia yang bagi kami merupakan koleksi baju jagong yang bisa dikombinasi baik sarimbit, diserasikan dengan kebaya, dan bisa juga untuk acara undangan formal. Menurut Wikipedia, Kain Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait.

Batik Jumputan


Seiring dengan proses membatik yang semakin kaya ragam, salah satunya kain batik yang disebut kain jumputan. Menurut Wikipedia. Ikat celup (tie-dye) adalah teknik mewarnai kain dengan cara mengikat kain dengan cara tertentu sebelum dilakukan pencelupan. Di beberapa daerah di Indonesia, teknik ini dikenal dengan berbagai nama lain seperti pelangi atau cinde (Palembang), tritik atau jumputan (Jawa), serta sasarengan (Banjarmasin). Teknik ikat celup sering dipadukan dengan teknik lain seperti batik. Nah, kali ini seluruh among tamu dan panitianya menggunakan kain jumputan, cantik-cantik ya.

Warna Warna Kain Jumputan

Sudah terkenal di kalangan ibu-ibu RT bahwa bu elton alias manda ini selalu siap nyelfie, bahkan setiap habis arisan RT setiap bulan, pasti selalu minta, "jeng ima, masak kita nggak selfie dulu?". Demikian permintaan ibu-ibu yang sekarang sudah siap action kalau ada manda dan tangan mulai diangkat ke atas. *bukan angkat tangan mau  bertanya lho ya.. Kedua ibu-ibu di atas cantik-cantik ya memakai kain jumputan berwarna hijau. 

Sarimbitan Keluarga

Kain batik itu bisa dipakai oleh semua usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan lansia (baca : lanjut usia). Kain batik khas Indonesia yang harus kita lestarikan dan jaga keberadaannya telah menghipnotis manda dengan keelokan warnanya, keanggunan coraknya, kekayaan budayanya dan siap terpesona dengan hasil karya anak negeri yang semakin kreatif mengembangkan batik Indonesia.

2 comments:

  1. Cantik batiknya mbak
    Saya suka sekali yang setelan sarimbit itu, warnanya manis motifnya juga gak terlalu rame
    Apalagi yang pake juga manis #uhuk

    Batik memang pas buat acara apa saja, baik formal maupun non formal, bahkan dipasangkan dengan jeans juga tetap pantas

    ReplyDelete
  2. Padupadan batikkk yang cantikkkk

    Apalagi dipake dengan seseorang yang berbinar2 😍😍

    Jadi keinget udh lamaaa ga hunting batikkkk nihh....

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D