Tuesday, 7 June 2016

Liburan ke Kota Pahlawan, Surabaya

Wisata ke Surabaya

Halo sahabat tamasyaku, Indonesia itu kaya, seluruh kota di pulau Jawa menawarkan tempat wisata dan kuliner yang membuat setahun jalan-jalan juga tidak cukup. Demikian pula kami, ke Surabaya masih lewat saja ketika kami akan ke Jember. Sudah menjadwalkan akan ke Surabaya, dan saatnya blogwalking untuk mengetahui tempat wsisata dan kuliner khas dari kota Pahlawan ini. Selain mencari bangunan, monumen dan museum, kuliner di Surabaya juga menyediakan banyak pilihan, dan tentunya persiapan hotel murah di Surabaya juga harus disiapkan ya.


Di judul, kami menuliskan sebagai kota Pahlawan, kenapa? Karena saat manda searching tentang Surabaya yang muncul kebanyakan adalah monumen dan museum. Kalau di list, wisata bersejarah di kota Surabaya bisa dikelompokkan dalam 3 bagian, yaitu : bangunan bersejarah, monumen dan museum. Berikut beberapa wisata sejarah yang berhasil manda list untuk sahabat tamasyaku, yaitu : Gedung Lindeteves, Gedung Balai Kota, Gedung Grahadi, Internatio Building, Balai Pemuda, monumen Wira Surya, monumen Gubernur  Soerjo, monumen Jendral Sudirman, monumen Bambu Runcing, monumen Jalesveva Jayamahe, monumen Tugu Pahlawan, Museum Kanker, Museum TNI AL – Loka Jala Crana, Museum Kapal Selam, Museum Kesehatan, House of Sampoerna, Museum Yos Sudarso, Museum Perjuangan 10 Nopember, dan Museum Surabaya. Untuk melihat jam buka dan detail lokasi masing-masing, bisa dilihat di website pemerintah kota Surabaya di http://sparkling.surabaya.go.id.

Selain wisata sejarah yang dengan mudah bisa diakses di kota Surabaya, tak lupa saya juga mengintip kuliner khas dari kota Surabaya sembari membayangkan bentuk makanannya dari deskripsi yang berhasil manda rangkum untuk sahabat tamasyaku, sebagai berikut :
  1. Rujak cingur. Makanan tradisional khas dari Jawa Timur yang berbahan dasar petis dan bumbu kacang, yang disajikan dengan perpaduan buah dan sayuran. Buah dan sayuran yang dicampur, yaitu : nanas, mangga, bengkuang, kedondong. Rasa yang sempurna menghasilkan rasa manis dan gurih cingur (bagian mulut sapi), dan sekaligus segarnya buah-buahan membuat rujak cingur ini menjadi menu favorit manda panda di Jogja. Jadi penasaran rasa aslinya ketika mencicipi di Surabaya.
  2. Rawon. Menu khas  masakan yang diolah dari  kluwak, biasanya dikenal dengan kluwat atau kepayang. Kalau di Jogja, kita mengenal brongkos, sama bahan dasarnya dengan rawon. Hanya saja kalau rawon isinya hanya daging dan siram kecambah, lauk telur asin dan sambal terasi mentah. Rawon cenderung lebih encer dibandingkan dengan brongkos. Tetap saja kedua masakan itu favoritnya panda.
  3. Sate klopo. Klopo yang berarti kelapa ini menjadi nama sate yang memang dibalut dengan kelapa parut. Sajian yang terbuat dari daging sapi ini dapat dinikmati dengan potongan ketupat atau lontong atau dapat juga dinikmati dengan nasi putih dan disiram dengan bumbu kacang. Saya sendiri tidak begitu favorit dengan menu ini. hihihihi.
  4. Lontong Balap. Salah satu jenis makanan kebanggaan khas Jawa Timur, dinamakan lontong balap karena dahulu pedagang lontong berjualan di satu tempat dengan bergantian memakai peralatan, dengan selalu ingin cepat selesai dengan istilah “balapan”. Disajikan hanya dengan bahan baku, seperti bawah merah, bawang putih, daun bawang, dan udang. Kuah bening dengan rasa yang khas, irisan lontong yang nikmat, dan tentunya sambal dan lentho. Tidak lupa kecap manis sebagai pemanis sajian sang legenda. Kalau di Jogja, miriplah dengan kupat tahu, tapi ini dengan bumbu kacang dink.
Nah, karena lokasi wisata sejarah yang banyak sekali, ditambah kuliner Surabaya yang menggoda selera dan jumlahnya bisa banyak sekali ketika kita tiba di food fest dan pusat kuliner Surabaya, maka tak cukup waktu 1 hari untuk menjelajahnya. Apabila sahabat tamasyaku ingin menginap di Surabaya, Mister Aladin memberikan referensi hotel murah di surabaya yang bisa membuat liburan sahabat tamasyaku menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

2 comments:

  1. Sudah diagendakan ke suramadu kan ? :)

    ReplyDelete
  2. Mba Mandaa,
    Ini kampung halamankuu...😍😍

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D