Thursday, 2 June 2016

Persiapan Mudik Asyik Bersama Pegadaian

 

Halo sahabat tamasyaku, tidak terasa sudah hampir lebaran ya. Saatnya MUDIK! 

Yeaaayy, mendengar kata mudik adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu bagi mereka yang merantau di kota lain. Merantau dalam bahasa lain belajar dan berkarya di perantauan. Momen lebaran dan mudik yang setahun sekali merupakan saat berkumpul seluruh keluarga besar di kota kelahiran. Walaupun definisi kota kelahiran untuk mudik, saat ini sudah bergeser karena menyesuaikan kota dimana sesepuh tinggal. Seperti halnya di keluarga kami, sesepuh banyak tinggal di Yogyakarta, bahkan sesepuh yang sudah meninggal pun dimakamkan di Yogyakarta. Sebagai orang Jogja, tentunya saya tidak pernah merasakan mudik dan justru menjadi tuan rumah. 

Lalu, apa hubungannya dengan Mudik Nyaman dan Pegadaian?

Pastinya, mendengar kata pegadaian, yang terbayang oleh kita adalah emas. Ya benar, emas. Begitu familiarnya emas dalam dunia investasi (baca = simpanan), tentunya menjadi sebuah investasi yang pantas diperhitungkan selain tabungan, tanah dan saham.


Sebagai ilustrasi cerita,
Uang sepuluh ribu rupiah pada saat harga emas 460,000 per gram bisa dipergunakan untuk membeli mie instant sebanyak 4 buah. Kini, dengan selembar uang sepuluh ribu rupiah, kita hanya bisa membeli mie instant sebanyak 3 buah. Kalau mie instant sebagai investasi kita, maka jumlahnya akan menurun seperti nilai tukar uang terhadap sebuah barang. Di saat harga mie instant naik, harga emas juga mengikuti naik 530,000 per gram. Artinya, TEPAT jika kita memilih berinvestasi emas.

Bahasan tentang investasi seorang ibu rumah tangga, akan tayang di www.ceritamanda.com. Sekarang kita menuliskan tentang persiapan mudik asik bersama pegadaian ya.

Pegadaian mempersiapkan dana untuk mudik.

Meskipun manda belum pernah merasakan mudik, tapi ingin mencoba mengkalkulasi kebutuhan orang yang pulang mudik saat lebaran. Kira-kira *saya membayangkan* kalau harus pulang mudik berdua bersama panda. Kebutuhan yang ada dalam bayangan, diantaranya:
  1. Beli oleh-oleh untuk orang tua dan orang yang dekat di hati di kota tinggal.
  2. Tiket PP kota tinggal ke kota asal. 
  3. Akomodasi selama pulang mudik, tentunya tinggal di rumah orang tua kan. 
  4. Makan selama di perjalanan dan selama mudik. Apalagi ketemu sodara-sodara biasanya hunting kuliner yang dirindukan selama di rantau.
  5. Anggaran untuk jalan-jalan di kota tinggal.
  6. Beli oleh-oleh khas kota tinggal untuk dibawa ke kota rantau.
  7. Menitip angpao cinta untuk kedua orang tua dan mereka yang berjasa pada kesuksesan kita saat ini.
  8. Sampai di kota rantau, spa dan pijat agar fresh kembali bekerja.
Nah, di atas adalah 8 llist kebutuhan yang manda perlukan seandainya manda pulang mudik bersama panda, pasti uang yang dikumpulkan selama setahun untuk mudik bukanlah uang kecil. Oleh karenanya, sebenarnya mudik butuh persiapan agar menjadi mudik asyik dan nyaman.
Salah satunya dengan menabung emas di pegadaian. Dengan menabung emas di Pegadaian, kita sebenarnya mengkonversi uang yang kita punya saat emas di harga tertentu dan bisa diambil saat diperlukan, apalagi kalau sudah setahun dan harga emasnya naik. 

Pegadaian menjaga emas selama mudik.

Saya jadi ingat, sewaktu saya SMA dan kita sekeluarga harus ke Jakarta karena ada sepupu yang menikah. Mama mengajak saya ke pegadaian untuk menitipkan emas yang ke pegadaian. Tentunya ada biaya penyimpanan, tetapi kami sekeluarga merasa tenang meninggalkan rumah untuk pergi ke Jakarta.

Nah dari cerita tersebut, hubungan mudik nyaman dengan pegadaian adalah dengan menitipkan barang berharga berupa emas yang kita miliki ke pegadaian. Mereka akan menjagakan barang berharga kita di tempat yang aman dan diasuransi. Sehingga mudik pun tidak khawatir ada maling masuk dan mengambil seluruh simpanan emas kita di rumah. Bukti simpan emasnya bisanya masuk ke dalam produk gadai emas, kita akan menerima slip bukti seperti ini :



Yuk, mulai kenal dengan pegadaian dan menjadi sahabat pegadaian ya!

12 comments:

  1. Menjaga emas selama mudik. Boleh juga dicoba nih mbak :)

    ReplyDelete
  2. Keren niih.. jadi sekalian nitipin barang berharga selama kita mudik ya :)

    ReplyDelete
  3. Wah iya ya
    Titip ke pegadaian perjalanan mudik lebih nyaman tentram tanpa was-was kehilangan barang berharga

    ReplyDelete
  4. Bener juga ya, daripada disimpan di rumah ntar malah kuatir hilang.

    ReplyDelete
  5. Penggadaian INI memang lebih mudah Tampa khawstir karena ada jaminan

    ReplyDelete
  6. menitip ada juga ya di pegadaian, kirain cuma menggadaikan saja.

    ReplyDelete
  7. Informasi yang bermanfaat
    jadi emas juga aman saat mudik

    ReplyDelete
  8. Emas adalah salah satu bentuk invenstasi yang aman.. Nilainya dari tahun ketahun gak pernah turun.. Ada seorang teman yang tiap anaknya ultah dia belikan hadian emas, tapi emasnya bukan diberikan kepada si anak tetapi diperhitungkan untuk tabungan masa deopan si anak..

    ReplyDelete
  9. Wah iya kalau mudik sebaiknya ada persiapannya, termasuk tabungan yg bisa dititipkan ke pegadaian, utamanya emas sih ya, biar gk kepake2 hehe

    ReplyDelete
  10. Wah baru tahu ternyata bisa melakukannya di pegadaian.Terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  11. wahini, pengen buat tabunganemas juga aahhh

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D