Sunday, 20 November 2016

Cara Memilih Transportasi Saat Pertama kali ke Jogja



Indonesia Map
 
Peta pariwisata di Indonesia yang kian marak dan beragam, tentunya menjadikan Indonesia semakin femes di seantero Nusantara dan mancanegara. Mulai dari gunung api, pegunungan, pantai, hingga lautannya yang menawarkan sejuta pesona untuk melihat pariwisata di Indonesia map.


Selain kawasan wisata seperti gunung dan laut, Indonesia juga kaya dengan budaya. Masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan adat istiadat menjadi modal untuk berkembangnya pariwisata di Indonesia map. Mungkin wisatawan lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia, padahal Bali ada di Indonesia map lho, hahahaha. Seperti itulah keberagaman suatu bangsa, beragam yang bisa menjadi kekuatan.

Kebetulan, saya tinggal di Yogyakarta. Secara kondisi geografis, Yogyakarta terletak di pulau Jawa yang lengkap memiliki gunung api dan laut dan pantai,  baik yang berpasir putih maupun yang berpasir hitam.



Kalau Indonesia kaya, harusnya kita jaga kan ya?



Kembali  ke Yogyakarta, tak henti-hentinya saya pun terpesona dengan kota ini. Kota yang menawarkan berjuta pengalaman yang siapapun jika sudah datang dan sempat singgah untuk tinggal, pasti akan merindukannya lagi. 

Suasana Jogja yang tentunya membuat saya yang lahir dan besar di Jogja akan bangga dan dengan senang hati menuliskan tentang Jogja.Bagi yang pertama kali ke Jogja, tentunya Manda akan berbagi tips bagi yang pertama kali ke Yogyakarta. Ada banyak transportasi yang ada di Yogyakarta, seperti : becak, ojek roda dua, bis trans, rent car dan taksi. Sebagai informasi, aplikasi gojek yang sudah bisa digunakan di Yogyakarta.

Cara Memilih Transportasi Saat Pertama kali ke Jogja 

Dari bandara, tujuan ke kota bisa dengan bis trans, berada satu lokasi dengan bandara internasional Adi sutjipto, Bis Trans Jogja menjangkau rute-rute di dalam kawasan kota Yogyakarta. Kendalanya adalah waktu di jadwal bis trans Jogja tidak ontime sehingga alternatif dengan bis trans Jogja direkomendasikan untuk acara bepergian yang tidak tergesa-gesa dan fleksibel waktunya. Dari bandara Adisutjipto, alternatif paling nyaman adalah dengan taksi atau sudah mengontak rental mobil selama di Jogja.  

Becak, transportasi ini diperuntukkan untuk jarak dekat dengan penumpang dibatasi maksimal dua, pun dengan catatan berbadan sedang. Kalau untuk bule (turis asing), becak hanya bisa dipakai 1 orang dan tutup atasnya dibuka karena nggak muat untuk duduk bule. Becak juga banyak dijumpai di dalam kota Jogja, biasanya di depan hotel, sepanjang jalan malioboro, dan daerah prawirotaman. Becak yang Manda maksud adalah alat transportasi yang dikayuh, bukan dengan mesin.

Ojek, pengendara roda dua yang menyediakan jasa tumpangan untuk berboncengan dengan kendaraan bermotor roda dua. Karena ojek menggunakan roda dua, maka penumpannya pun terbatas, hanya 1 orang atau 2 orang (yang 1 anak). Selain ojek yang mangkal di perempatan atau tempat strategis, kini bisa juga dengan menggunakan go-ride atau go-car.

Bis Trans. Bis trans Jogja menjadi salah satu alat transportasi publik yang nyaman karena ada AC. Dengan halte yang disediakan di setiap ruas jalan yang dilewati oleh bis trans, kita bisa membeli tiketnya di dalam halte bis trans. Selama kita nggak keluar dari halte, maka ongkosnya akan dihitung 1x. Hanya saja, jika tergesa bepergian, saya sarankan tidak menggunakan bis trans.

Rent Car. Nah, ini solusi yang Manda Panda rekomendasikan untuk yang bepergian mengajak keluarga. Selain fleksibel menjagkau daerah-daerah wisata, kuliner dan belanja di Yogyakarta. Sewa mobil ini bisa muat satu keluarga sampai maksimal 7 orang (tergantung mobil yang disewa). Kalau bisa setir sendiri, enak sekali dengan aplikasi online seperti waze yang siapapun bisa menguasai kota yang dikunjungi dengan cepat dan anti nyasar.

Taksi. Kendaraan roda empat yang berargo ini siap mengantar ke tujuan yang Manda rekomendasikan untuk tujuan one-way. Ketika sedang tiba di sebuah kota untuk diantar ke hotel dan saat menuju ke bandara/stasiun, pilihan dengan menggunakan taksi adalah yang tepat.

Nah, setelah membayangkan kira-kira akan naik apa ketika di Yogya, saya tunggu sahabat tamasyaku main ke Jogja ya!

1 comment:

  1. Terimakasih, penting banget nih buat saya yang emang ada rencana mau ke Yogya

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D