Monday, 14 November 2016

Lima Alasan Kapan Memutuskan Liburan

Indonesia Map

Bali itu ada di Indonesia map, sebuah pulau yang terletak di sebelah timur pulau Jawa. Pulau yang dikelilingi lautan, yang memiliki adat kental bercirikan Hindu, dan dikenal sebagai pulau Dewata. Siapapun yang pernah ke pulau ini, akan selalu ingin berkunjung ke pulau ini, lagi dan lagi. Bali, menjadi surganya bagi surfer. Pun kami, orang Indonesia juga menjadikan Bali sebagai tujuan wisata favorit ketika hendak liburan. 

Selain pulau Bali, banyak tempat berlibur yang bisa di-explore ketika masa liburan tiba. Mendengar kata liburan, iseng tamasyaku.com mengumpulkan beberapa alasan kapan orang menggunakan waktunya untuk liburan, baik itu liburan kecil maupun liburan besar.


  1. Libur Akhir Pekan. Kalau liburan yang satu ini, rasanya bisa kapan aja dilakukan setiap akhir minggu. Tetapi tidak demikian adanya, ketika pekerjaan menuntut kita untuk bekerja keras di 5 hari kerja, maka akhir pekan adalah saatnya menginstirahatkan badan. Oleh karena itu, liburan di akhir pekan biasanya dipilih di tempat-tempat yang berjark dekat. Misalnya, cukup berkendara 30 menit - 2 jam saja, sehingga tidak capek di jalan. Liburan akhir pekan seperti ini sering Panda dan Manda lakukan, karena kami masih berdua dan akhir pekan saatnya hunting bahan untuk berbagi cerita di blog ini.
  2. Libur Panjang di hari libur nasional. Nah, liburan yang lebih dari 1 hari, biasanya memungkinkan untuk liburan yang menginap. Untuk liburan menginap biasanya dipersiapkan jauh-jauh hari agar kondisi mood bisa dijaga, hihihi. Ya iyalah, liburan itu moodnya harus bahagia. Karena sebahagianya orang liburan itu, pasti capek. Nah, capek itu jadi mudah nggak enak badan dan mudah tersulut emosinya. Makanya, kalau moodnya udah dipersiapkan, liburan akan lebih menyenangkan. Untuk menginap estimasinya kita selalu 3 hari 2 malam, jika itu perjalanan dengan kereta atau pesawat, karena rugi jika hanya 1 hari eksplore suatu daerah.
  3. Cuti Besar. Bagi karyawan swasta, ada jatah cuti besar dalam 1 tahun. Kebanyakan cuti ini diambil untuk hal-hal yang mendesak, seperti : istri melahirkan, keluarga ada yang sakit, atau sanak family ada yang meninggal. Kegiatan cuti besar juga biasa diambil bagi kami, muslim yang bekerja kantoran dan ingin beribadah umroh ke tanah suci.
  4. Libur Honeymoon. Bagi pasangan yang baru saja menikah, liburan honeymoon ini menjadi alasan minimal 1x di awal menikah dengan pasangan bisa liburan bersama. Tentunya saat libur bulan madu, rasanya akan berbeda jika itu pergi dengan teman atau orang tua. Menikmati liburan bulan madu untuk saling mengenal dan berbagi dengan pasangan kita. Serunya liburan bulan madu!
  5. Libur sekolah.Bagi keluarga yang sudah mempunyai anak, tentunya lain halnya dengan kami yang masih berdua. Bepergian harus memperhatikan banyak faktor, seperti : ujian sekolah, kesehatan anak, dan yang pasti kapan anak liburan. Liburan mengajak anak-anak juga mempertimbangkan jaraknya, demi menjaga mood anak-anak. Tapi sepengalaman saya, sewaktu jadi anak, saya senang sekali kalau diajak liburan. Yeaaaaay!
Dampak liburan bagi keluarga selain menambah keakraban, juga bisa belajar dari apa yang ditemuinya di luar rumah. Belajar mensolusi masalah yang datangnya suka tidak terprediksi dari yang sudah dipersiapkan. Menjadi kreatif menyelesaikan kesulitan, dengan peralatan yang serba terbatas dan saling melengkapi kegunaan. Dan yang pasti, liburan itu mengajarkan arti toleransi kepada kita bahwa keadaan selama liburan pasti berbeda dari kehidupan nyaman di rumah. Berdamai dengan liburan untuk bisa tetap happy saat liburan!

3 comments:

  1. Liburan bdua dg pasangan emang beda ma brg temen2 or kluarga besar. Klo bedua rasanya lebih bebas berekspresi hihi

    ReplyDelete
  2. Buat liburan kita juga bisa mensiasati ambil cuti agar dapat liburan yg agak lama..jadi kapan lagi ke Bali?

    ReplyDelete
  3. Yess, liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Jadi pengen liburan juga.

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D