Wednesday, 1 March 2017

5 Kondisi yang Membuat Anda Sangat Memerlukan Penggunaan Kacamata

kacamata gaya
Nyaman Berkacamata

Memang tidak sedikit orang memerlukan kacamata atau lensa mata untuk meningkatkan kualitas pandangan matanya. Mata merupakan bagian tubuh yang memiliki peran vital dalam kehidupan namun juga rentan akan masalah kesehatan Apalagi di zaman digital seperti sekarang biasanya orang terlalu lama beraktivitas di depan layar komputer atau yang familiar adalah di layar smartphone. Membiarkan mata terlalu lama memandang komputer atau smartphone rupanya berdampak kurang bagus, baiknya intensitasnya diatur.


Cara Aman Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah aset berharga, tanpanya Anda dan siapa pun akan kesulitan untuk beraktivitas, mengenal lingkungan sekitar, melihat keindahan alam, dan lain sebagainya. Meski dewasa ini kesehatan mata semakin rentan baiknya menjaganya dengan optimal, berikut kiat sederhananya :

  1. Konsumsi makanan bergizi terutama yang banyak mengandung beta karoten dan Vitamin A,
  2. Mengistirahatkan mata beberapa menit usai menggunakan komputer maupun smartphone,
  3. Sering-sering melihat pemandangan alami yang hijau,
  4. Gunakan lensa mata sebagai pelindung.

Kondisi Saat Membutuhkan Lensa Mata


Lensa mata menjadi bagian penting bagi seseorang, termasuk Anda, untuk menjaga kesehatan organ penglihatan. Ada banyak kondisi yang membuat penggunaannya menjadi sebuah kewajiban, seperti:
  • Sering menyipitkan mata saat membaca,
Saat membaca atau melihat suatu tayangan, misalnya film di layar kaca, dan Anda kerap menyipitkan mata untuk memperjelas tangkapan indra penglihatan. Maka kondisi ini menjadi pertanda Anda memerlukan alat bantu penglihatan atau lensa mata. Lensa mata dalam kasus ini akan membantu melihat lebih jelas secara normal.
  • Membutuhkan jarak khusus saat membaca,
Orang-orang yang memiliki masalah penglihatan seperti sulit membaca tulisan dan memerlukan jarak khusus. Misalnya harus sangat dekat atau malah dijauhkan dari mata maka kemungkinan mengalami mata minus atau plus, bisa juga gabungan keduanya (biasanya pada orang manula). Baiknya pergunakan kacamata plus atau minus sesuai kebutuhan untuk meningkatkan kenyamanan dalam membaca tulisan dalam bentuk apapun. Lensa mata ini akan membantu mengembalikan penglihatan normal.
  • Kepala mulai sering terasa pusing,
Kepala akan mudah pusing atau sakit jika otak membutuhkan waktu lama untuk fokus dalam berkonsentrasi. Umumnya disebabkan kualitas penglihatan yang menurun sehingga dalam melihat suatu obyek memerlukan waktu lebih lama agar terlihat jelas. Kemudian otak akan mengirim pesan apa obyek yang ada di depan mata tersebut. Jika terlalu lama maka berdampak pada kepala sakit, pusing, bahkan muncul rasa nyeri dianjurkan segera memakai lensa mata untuk mengurangi dampaknya.
  • Konsentrasi yang mengalami penurunan,
Penglihatan yang mulai kabur nantinya akan membuat otak bekerja lebih keras, sehingga perlahan konsentrasi menurun. Dalam kurun waktu tertentu kondisi ini akan berubah semakin buruk yakni otak atau pikiran mudah lelah. Sehingga dalam bekerja memerlukan waktu istirahat lebih lama untuk kembali fokus, begitu pula disaat belajar. Lensa mata akan membantu memperbaiki kualitas penglihatan sehingga meringankan kerja otak yang nantinya meningkatkan konsentrasi.
  • Kesulitan menilai jarak,
Bagi pengendara motor atau mobil tentu mengukur jarak menjadi kebutuhan mutlak supaya aman di jalan raya sekaligus melindungi pengendara lainnya. Profesi tertentu juga membutuhkan kemampuan mengukur jarak pada saat membuat rancangan bangunan dan sebagainya. Pemakaian lensa mata menjadi sangat penting supaya tidak mengalami kendala untuk mengukur jarak secara akurat. Pasalnya kacamata akan memberi kemudahan meneruskan cahaya yang masuk ke mata secara jelas, tentunya yang masuk kategori lensa mata kesehatan bukan aksesoris.

11 comments:

  1. Aku kepengin banget cek mata perlu kacamata nggak, kayaknya butuh deh T__T

    ReplyDelete
  2. Akuuuh sebenarnya butuh kacamata, kalo baca huruf yg kecil2 kadang musti dijauhkan dulu, hahaha. Tapi masih bandel niihh

    ReplyDelete
  3. Aku mah udah butuh kacamata, min 5 jeee

    ReplyDelete
  4. Wah aku dan kacamata udah kayak bff deh
    Tanpa kacamata hampa hidupku, gak bisa melihat dengan jelas hiks

    ReplyDelete
  5. Kacamataku ilang hiks

    ReplyDelete
  6. Cek mata memang diperlukan ya, karena siapa tau ngerasa aman2 aja, eh ternyata udah minus atau ada masalah lain.

    ReplyDelete
  7. huhuhuhu aku pingin lepas kaca mata...

    ReplyDelete
  8. Mata emang aset berharga. Pernah ngrasain (cuma) sakit mata tapi gak bisa ngapa2in :(

    ReplyDelete
  9. Aku dulu suka baca sambil tiduran n gelap jadi deh gedenya pake kacamata.

    ReplyDelete
  10. Aku klo naik mtr g pke kacamata g bisa balas sapaan org, g kliatan hiks

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D