Thursday, 15 June 2017

Kuliner Nasi Merah di Jogja Utara

beras merah organik
Nasi Merah Lengkap

Halo sahabat tamasyaku, liburan lebaran di kota Yogyakarta dan belum tahu mau kuliner sehat dimana? Boleh ya Manda rakomendasikan tempat makan yang enak dan recommended untuk sahabat tamasyaku yang ingin berwisata kuliner di Jogja sebelah Utara. Sebagai gambaran, Jogja sebelah utara adalah jogja dimana kaliurang dan gunung Merapi berada. Nah, pas kan, sekalian rekreasi alam di Kaliurang, makan siang di nasi merah ini. Nasi merah ini dimasak dari beras merah organik yang tentunya temen-temen sudah tahu manfaat mengkonsumsi nasi merah yang baik untuk kesehatan.

Sebelum bercerita tentang kuliner nasi merah dan kelengkapannya, ada baiknya kalau kita mencari tahu bersama, kenapa kuliner nasi merah ini termasuk dalam kategori kuliner sehat?

Ya, berdasarkan penelitian, beras meras organik dipercaya mempunyai kandungan yang lebih baik dari beras putih yang biasa kita konsumsi. Nasi putih memang memiliki rasa yang lebih enak daripada nasi merah namun beras merah organik mempunyai kandungan lebih baik dibandingkan beras biasa yang digunakan sebagai makanan pokok. 

Beras merah organik mengandung zat gizi baik yang tidak dipunyai nasi putih, yaitu sumber karbohidrat kompleks.Kandungan karbohidrat kompleks beras merah akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga perut tidak cepat merasakan lapar.

Rendahnya kandungan kalori pada beras merah organik akan sangat efektif membantu mencegah perut buncit atau kelebihan kalori. Hal tersebut yang membuat mengganti nasi putih dengan nasi merah baik untuk mereka yang sedang menurunkan berat badan demi menjaga kesehatan.

Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga menyehatkan pencernaan karena serat ini sangat baik untuk usus dan membantu lancarnya metabolisme tubuh, sehingga menjauhkan kita dari penyakit jangka panjang yang bisa muncul dari masalah pencernaan.

Beras merah organik merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya dapat membantu membuang radikal bebas dalam tubuh.

beras merah organik

Setelah mengetahui kelebihan beras merah organik yang dimasak manjadi beras meras, kita meluncur ke tempat makan nasi merah yang enak di kota Yogyakarta. Dimanakah itu?

kuliner nasi merah di jogja
Warung Makan Lombok Ijo Sego Abang Khas Gunung Kidul di Jalan Pakem Turi km 1

Namanya cukup panjang untuk diingat ya. Kalau dari arah Jogja menuju ke arah Kaliurang dan baca penunjuk jalan menuju ke Boyong. Nah, warung makan ini terletak di jalan menuju ke kali Boyong. Kalau sudah pernah mengenal daerah Pakem, melewati rumah sakit Panti Nugroho ke utara sedikit lalu belok kiri. Sudah masuk ke jalan Pakem Turi. Warung makan ini tergolong ramai di saat jam makan siang, perlu bersabar untuk bisa menikmati nasi merah lengkap dengan sayur dan lauk yang lengkap dan enak rasanya.

nasi merah enak di jogja

Selain menu ayam ungkep yang bisa dijadikan lauk. Terdapat juga semacam pepes ikan yang dimasak gurih dan dibungkus daun. Kalau pepes cenderung banyak bumbu yang masih utuh dan perpaduan rasanya manis asam, kalau lauk ikan di warung makan nasi merah ini cenderung gurih dan ada santan kelapanya.

beras merah organik

Nah, berhubung pesanan kami sudah di depan mata, kami menikmati makan siang dulu ya. Kalau melihat porsi nasi merah yang dimasak dari beras merah organik di atas, pasti tidak menyangka kalau kami berdua sanggip menghabiskannya. Nasi merah di warung ini dimasak tidak keras dan cukup enak dipadu padan dengan sayur lombok ijo dan lauk yang rasanya merasuk dan nJawani banget. 

Selamat berwisata kuliner di Jogja ya!

19 comments:

  1. belum pernah coba makan nasi merah aku, Mba.enak yah, lebih bervitamin juGa yah.

    ReplyDelete
  2. meleleh liatnya...eh kalau nasi merah itu identik agak keras gak sih mbak teksturnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya agak keras kl saya yg masak. Makanya masih kuakalin pakai nasi campur. Tapi di kuliner ini, endessss empuk nasinya. #cegluk

      Delete
  3. waktu hamil anak pertama, bunda makannya nasi merah, katanya lebih sehat yaaa

    ReplyDelete
  4. waaah, nasi merah, suka bangett

    ReplyDelete
  5. Nasi merah kesukaannya ibukku
    Nasi sehat biar fit kondisi badan 😊

    ReplyDelete
  6. Nasi merah memang sehat, tapi yg bikin ngeces pepesnya mbakkkk...duhhh..

    ReplyDelete
  7. Saya pernahh makan nasi merah tapi pas agak keras gitu. Jadi blm pernah merasakan nikmatnya makan nasi merah. Hehe.
    Tapi liat foto-fotonya mb Manda ini, kayaknya enak banget yaaa.. apalagi sayur plus lauknya itu.. bikin ngilerrr :D

    ReplyDelete
  8. BW ke blognya manda ini hrs siap ngiler hehehehe

    Aku jg mengkonsumsi nasi merah sekarang, enak juga kok
    apalagi lauknya kayak yg di atas hehehehe

    ReplyDelete
  9. Berapaan, mbak? Biasanya beras merah, kan, lebih mahal. Tapi klao di Jogja, murah, kali, ya.

    ReplyDelete
  10. Wah mertuaku harus dikasih tahu nih. Mereka doyan banget makan nasi merah. TFS ya Manda :)

    ReplyDelete
  11. Enak & sehat ya... Mauuu...

    ReplyDelete
  12. Nyesel deh BWnya pas siang. Jadinya ngiler deh... Aku juga suka masak nasi merah. Lebih enak dan sehat siih

    ReplyDelete
  13. Hmmm... Aku inget pernah jajan Nasi Merah Jogja waktu ke Gunung Kidul. Makan sama belalang goreng maknyuzz

    ReplyDelete
  14. wah makanan sehat ini....namanya unik juga ya...lombok ijo sego abang

    ReplyDelete
  15. Mbak Ima, kenapa ya aku ngerasa beras merah ini kayak ketan. Apa karena masaknya salah ya? Padahal mau coba konsumsi beras merah ini. Biar badan makin langsing hahaha.

    Omnduut.com

    ReplyDelete
  16. Udah laaam pengin nyoba nasi merah tapi takut ga cocok he3 meski katanya emang lebih sehat.

    ReplyDelete
  17. manda mamam mulu nih.. nanti baju2 barunya gak muat :p

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D