Friday, 22 June 2018

Jangan Ceroboh, Ini 6 Kesalahan yang Harus Anda Hindari Saat Traveling




Traveling memang menyenangkan, apalagi jika segala sesuatunya berjalan dengan lancar tanpa kendala. Untuk itu meski rasanya merepotkan, jangan sekali-sekali meremehkan perencanaan yang matang saat Anda hendak pergi jalan-jalan. 

Agar aktivitas traveling Anda aman dan nyaman, sebelum Anda berangkat pastikan beberapa hal berikut ini sudah Anda persiapkan dengan baik.

1. Terlalu banyak membawa barang

Rasanya memang menggiurkan untuk membawa pakaian serta barang bawaan lainnya yang banyak, tapi hal ini akan merugikan Anda. Selain akan lebih berat, Anda akan memakan biaya yang lebih besar untuk beban tambahan di bagasi pesawat. Sebaiknya, hitung terlebih dahulu berapa banyak pakaian yang Anda butuhkan saat liburan, serta jangan bawa peralatan yang tidak terlalu penting. Jangan lupa manfaatkan fasilitas laundry
di tempat tujuan jika memungkinkan. Ini akan menghemat ruang lebih banyak di koper Anda.

2. Tidak memperhatikan biaya kartu SIM untuk paket internet

Jika Anda traveling ke luar negeri dan butuh internet yang selalu menyala, pilihannya hanya ada dua : roaming atau membeli kartu SIM baru di negara tujuan. Pastikan biaya yang Anda habiskan untuk mengaktifkan kartu internet tidak lebih mahal dari yang lainnya. Untuk itu, Anda perlu sedikit riset sebelum berangkat.

Jika paket roaming dirasa lebih murah, sebaiknya aktifkan paket sebelum berangkat. Namun jika ternyata membeli kartu SIM baru lebih murah, jangan lupa untuk membeli kartu SIM baru sesampainya di bandara tujuan.

3. Check-in pesawat di waktu yang mepet.

Kondisi penerbangan seringkali tidak dapat ditebak. Anda tidak bisa menduga-duga kapan suasana bandara sedang ramai atau pun sepi. Untuk itu, jangan pernah sekali-kali datang dan check-in di bandara di waktu yang berdekatan dengan jadwal terbang pesawat Anda. Pastikan setidaknya Anda sudah sampai di bandara dua jam sebelum pesawat lepas landas.

Jika ingin lebih aman lagi, Anda bisa melakukan check-in di awal. Beberapa maskapai untuk penerbangan luar negeri seperti Jetstar menyediakan fasilitas tersebut. Sehingga saat sampai bandara, Anda bisa lebih merasa nyaman karena tidak perlu lagi antri untuk check-in.

4. Tidak menukar mata uang asing sejak awal.

Salah satu tips yang perlu Anda perhatikan sebelum berlibur ke luar negeri adalah jangan pernah menukarkan uang asing di bandara tempat negara Anda berlibur. Alasannya, karena harganya jauh lebih mahal ketimbang Anda menukarkannya melalui tempat penukaran uang di Indonesia. Jadi, sebaiknya persiapkan uang asing jauh-jauh hari sebelum Anda pergi berlibur.

5. Tidak menjaga barang bawaan Anda dengan baik.

Di mana pun Anda berada, kejahatan akan selalu mengintai. Jadi, Anda harus ekstra hati-hati dengan barang bawaan berharga Anda, terutama paspor. Sebaiknya, gunakan tas anti-maling dan amankan sebagian uang Anda di kantong celana. Pastikan juga bahwa paspor tidak pernah terpisah dari Anda.

6. Tidak membuat itinerary dengan terencana

Terkadang, perjalanan yang tidak direncanakan memang lebih menantang. Tapi hal itu bisa juga berubah menjadi bencana. Apalagi jika Anda tidak mengetahui dengan betul sistem transportasi di negara tujuan Anda berlibur. Pastikan sebelum berangkat, Anda membuat daftar tempat mana saja yang harus Anda kunjungi serta bagaimana cara mencapainya.

Pastikan juga bahwa jarak dan waktu antara satu tempat dan lainnya masuk akal sehingga Anda bisa lebih menikmati perjalanan dan tidak diburu waktu.

3 comments:

  1. Thanks for sharing Manda...nice tips. Btw, no 3 itu ndak banget deh...no 6 itu, seringnya meleset 😂

    ReplyDelete
  2. thanx tipsnya yang bermanfaat.
    saya tuh sering bawa baju banyak karena mikirku harus ada baju cadangan, eh yang ada malah 1-2 baju akhirnya gak tersentuh samsek.

    ReplyDelete
  3. terlalu banyak bawa barang itu aku banget, kalau mau pergi itu rasanya semua pengen dibawa. sama suka diledekin suami, kenapa rumahnya nggak sekalian aja dibawa..hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Bermain Games Asyik di ZenFone Max Pro M1

Pokemon di ZenFone Max Pro M1 Peran smartphone jaman sekarang, pastinya mendekatkan yang jauh dan menjadi alat bantu komunikasi serta ...

IBX583576234EA4D