Laman

Tuesday, 3 July 2018

Bangga Indonesia Menjadi Tuan Rumah dan Siap Dukung Bersama Asian Games 2018


Asian Games 2018. Turut berbangga pada ASIAN GAMES 2018 yang sedianya akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus - 2 September 2018. Bangga karena Indonesia menjadi tuan rumahnya dan berdoa semoga segala sesuatunya berjalan dengan lancar dan tanpa terkendala oleh apapun.

Sejarah Asian Games

Asian Games merupakan pertandingan multi olahraga terbesar setelah Olimpiade. Asian Games diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Inisiasi Asian Games terjadi pada tanggal 8 Agustus 1948 dimana anggota Asian Nation Olympic Committees bertemu untuk menginisiasi Asian Games Federation. Yang kemudian berlangsung pertemuan di Patiala House, New Delhi, India. Dalam pertemuan itu Yadavindra Singh dan Guru Dutt Sondhi terpilih menjadi Presiden pertama dan Sekretaris Asian Games Federation (AGF).
Indonesia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pertama kali pada tahun 1962. Dan kini, Asian Games yang diselenggarakan di tahun 2018 merupakan Asian Games yang ke-18 dan Indonesia kembali menjadi tuan rumah. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.
"Asian Games bukan hanya terbatas pertandingan olahraga, tetapi juga mengusung harga diri bangsa - Soekarno"

Menjadi tuan rumah Asian Games 2018 adalah sebuah kebanggaan, oleh karenanya beberapa persiapan pun telah dilakukan untuk menyambut Asian Games 2018 pada 18 Agustus - 2 September 2018.

Persiapan yang Dilakukan Sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018


Kompleks Olahraga Senayan yang kemudian diberi nama Gelanggang Olahraga Bung Karno (GBK) diresmikan sebelum Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games keempat pada 1962. Kini, Renovasi Kompleks Gelora Bung Karno (SUGBK) dilakukan untuk mendukung Asian Games ke-18. Renovasi ini jangan hanya dilihat sebagai pembangunan fisik belaka. Tapi juga diharapkan mampu menginspirasi peningkatan prestasi olahraga Indonesia.

Perbaikan fasilitas di Gelora Bung Karno (GBK) sehingga nyaman dan layak untuk penyelenggaraan Asian Games 2018. Beberapa hal yang dilengkapi seperti mushola, food court, halte, toilet wanita dan pria, coffeetea house, elevated parking dan kesiapan lain untuk mendukung Asian Games 2018.




Setelah lebih dari 50 tahun, venue-venue di Kompleks GBK direnovasi secara besar-besaran. Itu seiring terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games, kali ini untuk yang ke-18. Direktur Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK), Winarto, optimistis renovasi SUGBK berjalan sesuai rencana. Perbaikan kualitas lapangan di Gelora Bung Karno dengan pemasangan ground protection yang memang dipakai di berbagai event olahraga internasional.
"Saat ini renovasi sudah berjalan 88 persen, secara keseluruhan ya. Sebagian sudah selesai, sebagian lain sedang dalam proses. Stadion Utama GBK ini adalah legacy (warisan) dari 1962. Jangan sampai legacy ini hilang begitu saja. Asian Games menjadi kesempatan bagi kita untuk membenahi GBK. Memang sudah terlambat, makanya saat inilah waktunya untuk merenovasi," kata Winarto. 


Selain kesiapan lapangan dan stadion GBK, persiapan lain yang dilakukan adalah tempat tinggal atlet selama Asian Games 2018, kesiapan lalu lintas terutama kemacetan dan jalur alternatif yang disiapkan, serta ajakan positif untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang baik.




Wisma Atlet Asian Games 2018. Rusunawa Kemayoran dan Rusunawa Jakabaring akan menjadi Wisma Atlet Asian Games 2018. Asian Games 2018 sudah mempersiapkan infrastruktur yang akan menampung semua atlet peserta. Di Jakarta, tersedia Rusunawa Kemayoran yang terdiri dari 10 tower (7,425 unit kamar) dengan daya tampung 22,278 atlet. Sedangkan di Palembang tersedia Rusunawa Jakabaring yang terdiri 5 wisma atlet (64 unit kamar) dengan daya tampung 640 atlet.

Pengaturan Lalu Lintas Mendukung Asian Games 2018


Kerja sinergi dilakukan pemerintah Indonesia dalam mendukung Asian Games 2018. Hal ini terlihat dari persiapan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan meluncurkan 3 paket kebijakan guna mencegah kemacetan di jalan tol & arteri di wilayah Jabodetabek. Paket kebijakan ini diberlakukan selama event #AsianGames2018 yang mulai diujicobakan per 2 Juli 2018. 

Kebijakan ganjil-genap bagi kendaraan pribadi di jalur arteri dan jalan tol diperluas. Paket kebijakan ini juga untuk mendorong masyarakat umum menggunakan fasilitas transportasi umum. Ratusan armada bus telah dipersiapkan bagi masyarakat umum dan wisatawan mancanegara. Agar lebih lancar, lalu lintas angkutan barang golongan III, IV, & V juga diatur. Ketiga paket kebijakan yang dikeluarkan BPTJ guna mendukung suksesnya Asian Games 2018. 

Ajakan Positif Menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018



Teknologi memudahkan segala informasi up to date, Kemudahan mendapat informasi tentang Asian Games 2018 bisa diperoleh di https://dukungbersama.id/ dan https://indonesiabaik.id/

Mengenal Maskot Asian Games 2018



Perkenalkan tiga maskot Asian Games 2018, Bhin Bhin, Atung dan Kaka.Ketiga maskot tersebut diambil dari kata Bhineka Tunggal Ika.


Jiwa dari "Energy of Asia" mempunyai makna keberagaman budaya, bahasa dan peninggalan sejarah. Inilah yang akan menjadi kekuatan utama yang diperhitungkan dunia yang merupakan nilai yang dipegang teguh Indonesia sebagai rumah bagi ratusan etnis dengan begitu banyak bahasa yang berbeda. Kita adalah sebuah bangsa yang kuat dan bersatu di bawah filosofi Bhinneka Tunggal Ika.


Dengan nilai keberagaman dan kesatuan itulah kami memperkenalkan 3 maskot dengan energi berbeda, merepresentasikan energi yang terdapat pada Asian Games. Yuk, kenalan lebih dekat dengan maskot Asian Games 2018 yang menggemaskan. 

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua. 

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Mari Dukung Bersama dan Sukseskan Asian Games 2018!


Yuk, kita dengar lagu Meraih Bintang yang dinyanyikan Via Vallen sebagai Official Theme Song Asian Games 2018.


 

23 comments:

  1. MAri Sukseskan dan jadi Tuan Rumah yang baik utk Asian GAmes 2018 di Indonesia hhee
    Maskotnya unyuk-unyuk dan filosofis banget mbk
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, gemes sama maskotnya. Semoga #asiangames2018 nya sukses ya mba

      Delete
  2. Duuuh maskotnya ngegemesin pengen beli

    ReplyDelete
  3. persiapannya menyambut Asian Games 2018 sudah matang banget ya, semoga kita bersama bisa menjaga fasilitas yang ada dan bisa menjadi tuan rumah yang baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn, semoga kita bisa menjadi tuan rumah yang baik di Asian Games 2018 ^_^

      Delete
  4. Mari kita sukseskan Asian Games 2018 dan bawa nama baik Indonesia.... Semangaaaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaayy! mendukung dengan doa juga ya kak.

      Delete
  5. Di Jakarta atmosfernya benar-benar terasa. Di mana-mana benar2 mendukung terselenggaranya Energy of Asia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, saya pun penasaran bangeeett jadinya...

      Delete
  6. Wah wah wah, lengkap banget informasinya. Jadi gak sabar nich pngen nnton Asian Games

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas, ikut deg2an menanti tgl 18 agustus ni..

      Delete
  7. Wah Ima nulisnya lengkap bangeeet....


    Makin gak sabar lihat penampakan Gelora Bung Karno setelah direnovasi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Sally bisa ngeliat langsung di GBK yaa, asiknyaaaaaa

      Delete
  8. Gak Sabar banget nunggu event ini dan ngerasa banggaaa bisa jadi tuan rumah.. :D Berharap semuanya lancar dan bisa nonton langsung juga.. Maskotnya lucu banget, ceria, keliatan semangatnya.. Jadi pingin juga punya boneka maskot Asian Games ini.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akuuuu jadi pengin punya jugaaa 😍😍😍😍

      Delete
  9. GBK jadi makin bagus ya buat persiapan asian games ini, bisa nampung berapa orang. BTW pak karno keren ya dulu bisa nego jadi tuan rumah

    ReplyDelete
  10. Semoga Indonesia bisa sukses tidak hanya sebagai tuan rumah namun juga sukses prestasinya

    ReplyDelete
  11. Wajib bangga untuk jadi tuan rumah. Mengingat sebuah mata sekarang menuju ke indonesia. Keren kan ini@

    ReplyDelete
  12. Persiapannya aja udah keren banget. Semoga sukses Asian Games ini dan Indonesia menjadi juara. AAmiin

    ReplyDelete
  13. Yes, para,atlet biarkan,bertanding di medan laga, giliran kita bantu dengan tulisan tentang Asian Games 2018, yes yes yes #dukungbersama

    ReplyDelete
  14. Kita harus bangga memang karena kita menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Ayo mari kita dukung.

    ReplyDelete
  15. Aku suka banget sama officila theme song Asian Games 2018. Bikin goyang aja.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda