Tips Merayakan Pesta Ulang Tahun Anak

tips ulang tahun anak
Pesta Ulang Tahun Anak

Gampang-gampang susah menyiapkan pesta ulang tahun anak yang hanya satu kali dalam setahun. Tujuan merayakan pesta ulang tahun anak adalah perwujudan rasa syukur atas usia yang dititipkan pada anak kita. Selain itu, mengajari anak untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Pesta ulang tahun anak juga menjadi ajang silaturahmi, mendekatkan hubungan anak dengan teman-temannya. Selama pesta ulang tahun anak masih mempunyai banyak tujuan baik, maka rayakanlah dengan tidak berlebihan.

Merayakan pesta ulang tahun anak adalah sesuatu yang butuh dipersiapkan. Beruntung, saat ini banyak sekali restoran yang menyediakan fasilitas untuk memudahkan orang tua merayakan pesta ulang tahun anaknya. Pengalaman Manda akan dituliskan dalam rangkuman tips mempersiapkan pesta ulang tahun anak, apa saja?

Tips Persiapan Perayaan Ulang Tahun Anak

1. Tema Pesta Ulang Tahun
Tema Pesta Ulang Tahun
Tema Pesta Ulang Tahun

Setiap anak memiliki tokoh idola yang sedang in , selama Manda menawari Piki kue ulang tahun yang sesuai dengan tema pesta ulang tahunnya, dari tahun ke tahun selalu berganti. Mulai dari Pororo, Marsha and the bear, Thomas, dan sekarang mobil-mobilan. Untuk membuat pesta ulang tahunnya sesuai dengan moodnya, memang sebaiknya melibatkan komunikasi dengan anak tentang pesta ulang tahunnya.
2.Kue Ulang Tahun

pesta ulang tahun
Kue Ulang Tahun

Tema ulang tahun yang diinginkan anak menentukan kue ulang tahun yang dipesan, demikian juga sebaliknya. Anak usia di bawah 7 tahun, masih belum bisa menentukan tema ulang tahunnya. Selama berkomunikasi dengan Piki, Manda hanya tahu keinginannya kue ulang tahun dari foto yang dilihatkan ke Piki. Misalnya, dia menyebut mobil warna merah, lalu saya mencarikan foto kue tart ulang tahun red car, nanti akan muncul banyak gambar yang bisa dijadikan alternatif pilihan yang akan dipilih.

3. Venue atau Tempat Pesta Ulang Tahun

venue ulang tahun
Venue Pesta Ulang Tahun

Pengalaman menghadiri pesta ulang tahun teman sekelas membuat kita mempunyai pandangan tentang venue acara pesta ulang tahun. Tentunya, makanan kesukaan anak menjadi prioritas kita memilih tempat acara ulang tahun anak. Menghubungi restoran tempat pesta ulang tahun akan dilangsungkan beberapa minggu sebelum acara adalah cara yang efektif untuk mempersiapkan pesta ulang tahun anak. Saat menentukan tempat perayaan pesta ulang tahun anak, perlu diperhatikan jaraknya. Memilih venue yang dekat dengan sekolah adalah solusi paling baik jika tamu yang diundang adalah teman-teman sekolahnya.

4. Perlengkapan Pesta Ulang Tahun

Perlengkapan Pesta Ulang Tahun
Perlengkapan Pesta Ulang Tahun

Perlengkapan pesta ulang tahun anak adalah hal yang memegang peran penting untuk kemeriahan acara ulang tahun. Tidak menutup kemungkinan kita mengadakan pesta ulang tahun anak di halaman rumah bertemakan pesta kebun, atau di dalam rumah. Beberapa perlengkapan pesta yang perlu dipersiapkan, diantaranya :

tokopedia peralatan pesta
Tokopedia
Jika perlengkapan pesta ulang tahun di atas sudah ada, maka selanjutnya adalah memikirkan siapa yang diundang dan acara yang memeriahkan pesta ulang tahun anak.

5. Tamu Undangan dan Acara Pesta Ulang Tahun.


Tentang tamu undangan yang bisa bervariasi, tergantung siapa yang ingin diundang. Sebagai alternatif, Manda bisa menuliskan beberapa alternatif tamu undangan, diantaranya :
  • Keluarga dan sepupu seusianya. Mengundang keluarga bisa menjadi pilihan yang mendekatkan dan mengenalkan dengan anggota keluarga yang berada di dalam satu kota.
  • Teman sekolah. Bagi yang sudah sekolah, baik itu PAUD, KB atau TK, mengundang teman sekolah adalah cara paling mudah membuat perayaan ulang tahun anak menjadi berhasil, karena teman-temannya sudah dikenal.
  • Tetangga. Bagi yang tinggal di lingkungan dengan anak sebaya yang lumayan banyak, maka pesta ulang tahun di rumah dengan mengundang tetangga, membuat pesta ulang tahun menjadi meriah dan sukses. Selain yang hadir dekat rumah sehingga tidak ada alasan jarak untuk tidak menghadiri undangan pesta ulang tahun.
  • Teman-teman dari panti asuhan. Mengundang mereka untuk berbagi kebahagiaan adalah salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh orang tua kekinian. Pun ketika kita tidak merayakan pesta di panti asuhan, akan lebih baiknya jika anak diajak berbagi goodie bag ke panti asuhan di hari ulang tahunnya.

6. Kado dan Goodie Bag


Pesta ulang tahun anak bisa menjadi cara kita mengajarkan sesuatu yang baik kepada anak kita. Nilai moral yang terkandung dalam sebuah pesta ulang tahun selama Manda menemani Piki bersama temann-temannya merayakan pesta ulang tahun anak.
  • Belajar bergaul dan bersosialisasi.
  • Belajar pemberani berada di acara dimana anak duduk di depan dan menjadi bintangnya.
  • Belajar mengucapkan terima kasih untuk yang hadir.
  • Memaknai arti bahagia karena bersama keluarga dan teman yang menyayanginya.
  • Belajar berbagi kebahagiaan, menerima kado dan berbagi goodie bag.

Demikian ya tulisan Manda tentang tips mempersiapkan pesta ulang tahun anak. Semoga bermanfaat ya!

4 comments

  1. Anak2 pasti seneng kalo ukurannya dirayakan dengan pesta ultah. Jangankan dgn pesta, cuma dirayakan dg kue dan tiup lilin aja senang nya bukan kepalang hehehe

    ReplyDelete
  2. Maaf typo... yg muncul kok ukurannya padahal maunya bilang "ultahnya" hehehe

    ReplyDelete
  3. Waaah asyik .... jadi nga bingung lagi mau ngadain ulangtahun untuk Sheinna besok, Thanks ya Mom

    ReplyDelete
  4. Makasih om tipsnya.. Ditunggu kunjungan baliknya ya hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda