Monday, 17 December 2018

7 Perbedaan Mendasar Antara Website dan Blog

idwebhost

Apakah Anda baru akan mulai membuat website? Atau baru mau mulai membuat blog? Mungkin beberapa dari Anda masih bingung dengan perbedaan website dan blog serta bingung memilih platform mana yang terbaik untuk Anda. Sebenarnya apa yang berbeda antara website dan blog? Anda perlu memahami perbedaan website dan blog supaya dapat mengetahui platform mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Definisi Website dan Blog 

Sebelum membahas lebih lanjut perbedaan antara keduanya, Anda perlu memahami dulu definisi dari masing-masing platform.

Website yaitu sejumlah laman online yang terhubung dalam satu domain, biasanya dikelola oleh seseorang, perusahaan, institusi, organisasi, ataupun pemerintah (Sumber: Merriam Webster) 
Blog yaitu kependekan dari web log yang berisikan konten seperti opini, pengalaman, ataupun aktivitas penulis (Sumber: Hubspot) 

Dari dua definisi di atas, Anda mungkin sudah sedikit paham mengenai perbedaan website dan blog. Website website merupakan istilah umum yang dipakai untuk menyebut semua situs web yang berada di internet. Contohnya www.google.com, www.idwebhost.com, www.facebook.com, www.blogspot.com, www.wordpress.com, dan lainnya. 

Blog Sedangkan blog merupakan salah satu tipe website yang paling populer dikarenakan pengelolaannya yang sederhana, bahkan terbilang mudah bagi pemula. Blog juga seringkali disebut sebagai website pribadi. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa blog yaitu kependekan dari web log. Pencetus istilah web log adalah John Barger, menyebutkan bahwa log merupakan aktivitas internet dan web merupakan website sehingga kalau digabungkan akan menjadi aktivitas internet yang terjadi di website. 

idwebhost
idwebhost

Perumpamaan sederhananya seperti semua apel adalah buah, tetapi tidak semua buah adalah apel. Semua blog termasuk website akan tetapi tidak semua website adalah blog. Singkatnya blog merupakan salah satu jenis website. Apa saja perbedaan website dan blog yang perlu Anda ketahui? Setidaknya ada tujuh perbedaan mendasar yang bisa diidentifikasi dengan mudah. 

Berikut adalah perbedaan website dan blog berdasarkan tujuh karakteristik : 


1. Konten Perbedaan yang pertama bisa dilihat dari segi konten. 

Umumnya konten blog berisikan artikel, video, atau podcast tentang satu atau banyak tema yang diminati oleh pemilik blog. Selain itu, konten blog kebanyakan berisi pengalaman, opini, atau aktivitas si pemilik blog, sesuai dengan definisi blog yang sudah disebutkan diatas. Anda bisa membuat blog dengan konten yang berfokus pada satu tema, misalnya teknologi, otomotif, travel, fashion, atau parenting. 

Contoh blog yang berfokus pada satu tema yaitu blog travel Trinity Traveler. Anda juga dapat membuat blog yang berisikan konten dari berbagai tema, tentu disesuaikan dengan minat Anda. Sedangkan konten website biasanya berisikan informasi penting mengenai suatu produk atau layanan. Misalnya, Anda bisa membuat website perusahaan yang berisi tentang sejarah, alamat, kontak, produk perusahaan. Anda juga dapat menggunakan website untuk keperluan sekolah, organisasi, lembaga pendidikan, lembaga pemerintah, atau toko online. 

2. Update Dari segi update konten website dan blog juga berbeda. 

Blog lebih sering update kontennya secara berkala dan rutin. Setiap blog memiliki jadwal rutin update kontennya masing-masing. Karena itulah, konten di blog bersifat dinamis dikarenakan selalu update dalam kurun waktu tertentu. 

Update konten merupakan hal penting bagi blog karena konten adalah nyawa dari blog. 

Berbeda dengan website yang kontennya sebagian besar berisi informasi layanan atau produk, sehingga update cuma terjadi ketika ada perubahan informasi layanan atau produk yang disediakan. Oleh karena itu, konten website bersifat statis karena tidak selalu update. 

3. Arah Komunikasi 

Perbedaan website dan blog selanjutnya terletak pada arah komunikasi. Arah komunikasi di blog bersifat interaktif seperti chat, karena pembaca blog dapat meninggalkan komentar pada setiap artikel atau konten yang diposting. Sedangkan arah komunikasi di website lebih bersifat searah, karena website tidak menyediakan kolom komentar di postingannya. 

4. Subscribe 

Supaya pembaca tidak ketinggalan update konten postingan terbaru, biasanya blog terdapat tombol subscribe. Pembaca bisa subscribe dengan mudah atau berlangganan pada blog supaya diberi notifikasit atau pemberitahuan setiap ada konten terbaru. Beberapa website juga terdapat pilihan subscribe. Namun, berbeda dari blog yang mengirimkan pemberitahuan update konten terbaru, website biasanya mengirimkan newsletter yang berisi layanan atau produk terbaru. 

idwebhost
idwebhost 


5. Gaya Bahasa 

Dari segi gaya bahasa yang dipakai juga berbeda. Sebenarnya gaya bahasa blog bervariatif, tidak ada batasan tertentu. Ada yang menggunakan bahasa informal, ada juga yang formal. Walaupun begitu, umumnya blog menggunakan kata ganti kedua seperti ‘anda’, ‘kamu’, atau ‘lu’ untuk membuat kontennya lebih bersifat personal.

Blog menggunakan gaya bahasa yang lebih personal supaya pembaca tidak bosan ketika sedang membaca artikel blog. Sedangkan gaya bahasa website biasanya lebih profesional serta formal karena kebanyakan dipakai untuk tujuan formal seperti organisasi, instansi pemerintah, lembaga pendidikan, atau perusahaan. 

6. Pengelola 

Anda pasti sudah sering mendengar istilah blogger, bukan? Nah, blogger merupakan sebutan untuk para pemilik atau penulis blog. Biasanya blogger mengelola blognya sendiri. Anda mungkin telah mengenal beberapa blogger yang sudah meraih kesukesan melalui blognya, seperti blog Trinity Traveler, Sugeng.id dan Diana Rikasari. Berbeda dengan website, biasanya website dikelola oleh para ahli yang terdiri dari designer, developer, dan copywriter. 

7. Pembagian Konten 

Perbedaan website dan blog yang terakhir terletak pada pembagian kontennya. Pembagian konten di blog pada umumnya berdasarkan tag dan kategori. Misalnya di blog IDwebhost, Anda bisa menemukan kategori cPanel, domain, catatan kaki, tutorial, tips keren, dan lainnya. 

Sedangkan pembagian konten pada website berdasarkan pada produk atau layanan yang ditawarkan. Misalnya, di IDwebhost Anda bisa menemukan produk hosting di halaman web hosting murah, produk domain di halaman domain murah, dan sertifikat SSL di halaman SSL murah.

Blog dalam Website? 


Blog dalam website? Iya, betul. Anda juga dapat membuat blog yang menjadi bagian dari website. Misalnya, website Idwebhost memiliki Blog Idwebhost. Jika Anda mengelola website perusahaan, organisasi, toko online, atau lembaga tentu. Anda menginginkan banyak trafik pengunjung yang datang ke website tersebut. 

Sayangnya Google lebih menyukai website yang selalu di update, sedangkan website Anda tidak sedikit update konten karena informasi yang telah diberikan tidak banyak berubah. Lalu Apa yang bisa Anda lakukan? Anda bisa membuat blog yang telah berafiliasi langsung dengan website tersebut, misalnya seperti yang dilakukan Idwebhost. Dengan begitu Anda bisa mendatangkan trafik pengunjung ke website dari blog, tanpa anda perlu merubah konten website. 

Baca Juga : Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org 

Blog Cuma Blogspot dan WordPress? 

Mungkin Anda juga sedang bertanya-tanya, apakah istilah blog hanya dipakai untuk Blogspot dan WordPress? Tentu tidak. Sebuah situs bisa disebut blog selama memenuhi definisi serta karakteristik di atas. Jadi situs yang memakai platform Blogspot, WordPress,Weebly, Wix, atau domain sendiri bisa disebut sebagai blog, selama telah memenuhi karakteristik di atas. Blog dengan domain sendiri misalnya , seperti www.blogaku.com, www.blogaku.co.id, www.blogaku.id, atau jenis domain yang lain pun selama telah memenuhi karakteristik di atas dapat masuk ke dalam kategori blog. 

Website dan Blog


Kesimpulan 

Setelah memahami perbedaan website dan blog, kami harap Anda bisa menentukan platform apa yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Jika tujuan Anda hanya untuk berbagi opini pengalaman, cerita, atau opini, blog merupakan platform yang sesuai untuk Anda. Anda dapat memulai blog dengan platform Blogspot, WordPress, Wix, atau bisa juga menakai domain sendiri. Jika tujuan Anda untuk perihal formal seperti bisnis, organisasi, perusahaan, atau lembaga, website lebih cocok bagi Anda. Kami berharap dengan membaca artikel ini, pemahaman Anda mengenai perbedaan website dan blog semakin bertambah, sehingga dapat memilih platform online yang tepat.

11 comments:

  1. Berarti kalau misalnya aku ngomong "aku punya website lho, ranselhitam.com" gitu nggak tepat ya. Yang paling bener ngomong "aku punya blog". Thanks infonya manda :)

    ReplyDelete
  2. Selama ini masih bingung membedakan antara website dengan blog. Jadi blog itu jenis website, tapi website belum tentu blog, gitu kan?

    ReplyDelete
  3. Nahhh, ini nihhh pertanyaan yang sering muncul, terjawab deh disini.

    ReplyDelete
  4. Wih... Dapat pencerahan nih... Web lebih kompleks ya isinya.. Oke2..tq infonya..

    ReplyDelete
  5. Referensinya memudahkan pembaca untuk membedakan blogbdan websites, nice info..

    ReplyDelete
  6. Sukak, tulisannya lengkap, jadi bisa bedain mana web mana blog

    ReplyDelete
  7. Masih sering salah kaprah ya antara web dan blog ini. Malah masih ada yang suka nanya, "Mbak itu bikin web kayak punyamu gimana?"

    Aku tuh masih ngerasa kalo ranah web itu tingkat tingggggiii ya, sementara blog itu a simple place buat sharing dan curcol ��

    ReplyDelete
  8. Emang yang paling mendasar sih kalo buat aku sendiri adalah gaya bahasa. Kalo blog, suka2 kita banget kayak ngobrol sama temen sendiri. Tapi kalau website, agak formal dikit.

    ReplyDelete
  9. Iya kadang orang bingung bedainnya ya manda blog dan website lengkap banget nih ulasannya mandaa

    ReplyDelete
  10. Untung selama ini gak pernah ngomong ‘websiteku’, ternyata beda kaaaan :))

    ReplyDelete
  11. Ooo gitu barutau hihihi. Selama ini taunya blog utk perorangan, website utk perusahaan. Gitu aja. Thanks

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Nginap Asyik Bareng Temen di Retro Point Bandung

Berperjalanlah, maka kamu akan belajar banyak hal. Halo sahabat tamasyaku, sudah akhir pekan ya! Saatnya memulai perjalanan sebagai...

IBX583576234EA4D