Tuesday, 19 February 2019

5 Keunggulan Print Kaos DTG Dibandingkan Sablon Manual

Print Kaos DTG
Print Kaos DTG 

Berkembangnya teknologi print kaos DTG membuat industri print kaos dengan design sendiri menjadi sebuah ladang bisnis yang menjanjikan. Teknik Direct to Garment atau biasa di singkat DTG memberikan kemudahan bagi penyedia jasa print kaos untuk mencetak design Anda langsung di atas kaos. Secara umum, mesin DTG mirip dengan mesin printer untuk banner atau printer lainnya, hanya saja tinta yang digunakan khusus untuk bahan kaos dan media untuk mencetaknya adalah kaos atau kain yang serupa. 

Mesin printer DTG sendiri adalah penyempurnaan teknik mesin sablon digital yang sebelumnya, atau mesin sablon press yang menggunakan metode kertas transfer. Design akan dicetak diatas kertas transfer yang nantinya kertas transfer tersebut akan di press dengan temperatur tertentu diatas sebuah kaos. Penekanan dan pemanasan ini akan membuat design yang telah di print berpindah dari kertas transfer ke atas kaos. 

Kelebihan Print Kaos DTG Dibandingkan Sablon Manual 

Dengan teknik DTG, proses cetak design akan langsung dilakukan di atas kaos. Teknik DTG untuk mencetak design ke atas kaos hampir tidak menggunakan tenaga manusia. Semua telah diatur oleh komputer, sehingga akan meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh pembuat sablon kaos. Lalu apakah istimewanya teknik DTG bila dibandingkan dengan teknik sablon manual? Berikut ini adalah keunggulan teknik DTG dibandingkan dengan teknik sablon manual. 

1. Kualitas hasil print lebih stabil 

Dengan menggunakan mesin printer DTG yang asli dan tinta khusus untuk garment, maka hasil kualitas print pada kaos akan lebih stabil. Tinta yang digunakan untuk mesin DTG adalah tinta khusus dengan tingkat keenceran yang cukup tinggi. Berbeda dengan tinta sablon manual yang biasanya cukup kental, tinta khusus DTG dibuat khusus agar tidak menyumbat ujung head printer. Selain itu dengan segalanya diatur oleh komputer, maka tingkat human error dapat terminimalisasi, sehingga hasil print menjadi lebih stabil. 

2. Mampu mencetak design apapun 

Keunggulan print kaos dengan teknik DTG adalah Anda bisa mencetak design apapun di kaos. Tidak peduli seberapa rumitnya, atau berapa banyak warna yang akan digunakan, printer DTG bisa langsung mencetaknya ke atas kaos. 

3. Lebih singkat waktu saat persiapan 

Dengan menggunakan teknik DTG, penyedia jasa akan langsung mentrasfer file design Anda ke dalam komputer dan setelahnya komputer yang akan mengatur bagaimana design tersebut akan di print ke atas kaos. Proses pengerjaannya menjadi lebih praktis dan singkat. Tidak seperti dengan teknik sablon manual yang harus menyiapkan film sablon terlebih dahulu. 

4. Waktu pengerjaan untuk setiap design sama 

Printer DTG tidak akan mempertimbangkan kerumitan sebuah design setiap kali melakukan proses printing. Semua design akan dapat di cetak dengan waktu yang sama, yaitu sekitar 20 menit. Akan berbeda bila menggunakan jasa sablon manual yang harus melakukan berkali-kali proses sablon untuk setiap warna yang ada pada design. 

5. Harga lebih ekonomis untuk cetak satuan 

Bila Anda memang hanya ingin mencetak design buatan Anda hanya untuk satu kaos saja, maka pilhan yang paling ekonomis adalah menggunakan teknik print DTG. Dengan DTG tidak akan ada minimum order sehingga Anda bebas mencetak walau hanya pada satu kaos saja. Karenanya teknik DTG lebih diminati untuk mencetak kaos satuan yang memiliki design unik agar tidak ada yang bisa menirunya. Sehingga bisa menjadikan gaya Anda menjadi berbeda dan tidak pasaran. 

Demikianlah 5 keunggulan print kaos DTG dibandingkan dengan sablon manual, semoga bisa menambah pengetahuan Anda dalam memilih teknik sablon yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

9 comments:

  1. Keren ya kak. Teknologi sablon makin berkembang. Mau pasang desain apapun jadi lebih fleksibel.

    ReplyDelete
  2. Makin mudah kalo mau bikin kaos dengan desain sendiri ya :)

    ReplyDelete
  3. Makin mudah kalo mau bikin kaos dengan desain sendiri ya :)

    ReplyDelete
  4. Makin mudah kalo mau bikin kaos dengan desain sendiri ya :)

    ReplyDelete
  5. berbicara teknologi ga pernah ada habisnya. bisa pesen ke Mba Manda dunk ya kalau mau pesen kaos heheheheh

    ReplyDelete
  6. Jaman sekarang seringkali butuh cepat dengan jumlah yang tidak banyak, tentunya butuh pengerjaan yang praktis, cara manual udah ga jaman :)

    ReplyDelete
  7. Sekarang pengen punya kaos dengan design suka2 dah ga bingung lagi ya....berkat kaos digital...

    ReplyDelete
  8. Jaman millennial begini, banyak pilihan yang memudahkan ya. Termasuk soal design kaos dan nyetaknya yang semakin praktis..��

    ReplyDelete
  9. Makin keren nih dunia persablonan, sekarang udah nggak mgikutin lagi karena dah nggak main produksi kalos kayak jaman dulu,,,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Warga Non Pribumi Tidak Bisa Membeli Rumah di Jogja

sumber gambar : Pixabay   Beberapa waktu lalu Jogja sempat dihebohkan dengan berita dilarangnya Warga Non Pribumi atau WNI keturunan...

IBX583576234EA4D