Friday, 26 July 2019

Hotel Savoy Homann, Hotel Heritage Mengesankan di Bandung


Halo Bandung!

Kota yang dijuluki sebagai kota kembang di saat Manda masih belajar di bangku Sekolah Dasar. Kota yang konon ceritanya menyimpan banyak cerita bagi sejarah bangsa Indonesia. Kota yang identik dengan suhunya yang dingin sehingga menjadi kota tujuan wisata yang populer. Tak lupa, ada hotel bersejarah di kota Bandung, hotel Savoy Homann.

Hotel Savoy Homann, Bangunan bersejarah yang jauh dari kesan angker.

Melihat foto kita bertiga di pembuka cerita tentang perjalanan Unstoppable Blus ke kota kembang ini, semoga mewakili kesan tidak angker dari kami bertiga tentang hotel bersejarah di kota Bandung ini. Ya! Alhamdulillah, 2D1N kami lewati dengan seru dan mengesankan di hotel Savoy Homann Bandung ini.



Perjalanan kurang lebih 3 jam dari kota Jakarta, tidak menyurutkan semangat kami untuk menjelajah kuliner dan jejak sejarah di kota Bandung siang ini. Bangunan bersejarah di kota Bandung yang dulunya dikenal dengan hotel Bidakara, tampak di hadapan kami dengan nama hotel Savoy Bandung.

Foto oleh Kang Didno
Sejarah Hotel Savoy Homann

Hotel  Savoy  Homann,  dibangun  pada  tahun  1880  dengan  pemiliknya seorang warga negara Jerman bernama Mr.A.Homann. Savoy Homann merupakan salah  satu  hotel  terbesar  di  Asia  Tenggara  pada  masanya.  Hotel  memperoleh kepercayaan  dari  pemerintah  sebagai  tempat  terselenggaranya  beberapa konferensi  tingkat  internasional,  seperti  Konferensi  Asia  Afrika,  Konferensi P.A.T.A.,  Konferensi Islam Asia  Afrika, dan lain-lain. Pada tahun 1884 turis yang datang ke Bandung semakin banyak. Hotel Homann pun kebanjiran tamu karena saat  itu  perjalanan  via  kereta  api  dari  Batavia  ke  Bandung  mulai  dibuka  dan mereka  membutuhkan  tempat  menginap  di  Bandung  selama  beberapa  hari. Kehidupan pariwisata Bandung pun makin marak. Hotel ini juga pernah dijadikan tempat  Kongres  Teh  Sedunia  dan  Kongres  Ilmiah  Pasifik  IV.  Selain  itu,  sejumlah orang  ternama  seperti  pemain  film  terkenal  Charlie  Chaplin  dan  Mary  Pickford, Pakubuwono X, dan Sri Mangkunegoro VII, pernah menginap di hotel ini.  

Hotel  Savoy  Homann  dulu  hanyalah  sebuah  rumah  bilik  bambu  yang dimanfaatkan  menjadi  penginapan.  Pemilik  hotel  ini  adalah  keluarga  Homann  , mereka berasal dari Jerman dan pindah ke Bandung tahun 1870 dan merenovasi rumahnya sehingga seluruhnya berdinding tembok. Pada tahun 1880, Hotel Savoy Homann  bernama  Hotel  Post  Road  dengan  gaya  arsitektur  Baroq.  Hotel  ini mengalami  perombakan  pada  akhir  era  30-an  dari  hotel  bergaya  Baroq  menjadi hotel yang hyper modern. Dengan arsitekturnya dikerjakan oleh A.F. Aarlbers dan R.A.  de  Wall  pada  tahun  1938.  Sampai  kemudian  bentuknya  berubah  seperti sekarang. 

Salah satu perubahannya, hotel diberi ornamen kaca patri dan penggantian mebel  serta  kap  lampu.  Namun,  hotel  ini  tidak  lagi  dikelola  keluarga  Homann, tetapi  oleh  Fr  JA  van  Es.  Pada  periode  tahun  1942-1945,  ketika  pasukan pendudukan  Jepang  menguasai  Indonesia  hotel  ini  dipergunakan  sebagai  wisma Jepang. Setelah Jepang masuk, hotel beralih fungsi menjadi asrama opsir Jepang, fasilitasnya  menjadi  rusak  terbengkalai.  Hotel  kembali  diserahkan  kepada Belanda pada tahun 1945. Sayangnya, fungsinya diubah menjadi markas Palang Merah Internasional. Baru setahun kemudian, tahun 1946, dikembalikan kepada Van Es, dan ia kembali mengelola hotel hingga menutup mata pada tahun 1952.


Masih ingat tentang Konperensi Asia Afrika yang digelar di Bandung?

Pada  tahun  1955  Hotel  Savoy Homann  dipakai  sebagai  tempat  tinggal  para kepala  negara  yang  mengikuti  Konferensi  Asia-Afrika.  Penyelenggaraan  KAA pertama  di  kota  Bandung,  melibatkan  banyak  pimpinan  Negara  dari  seluruh wilayah  Asia  dan  Afrika.  Savoy  Homann  menjadi  hotel  tempat  singgah  dari  para pimpinan Negara tersebut. Bahkan hingga saat ini Hotel Savoy Homann Bandung masih memiliki kamar yang pernah ditempati oleh Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno.  Oleh  karna  itu  hotel  ini  juga  dikenal  dengan  tagline  Tempat Persinggahan Orang-Orang Penting.  



Penasaran dengan foto kami di atas? Ya, Unstoppable BLUS sedang menjadi wakil undangan untuk mengikuti konferensi Asia Afrika di zaman now. Berkesempatan untuk bisa mengunjungi museum Konperensi Asia Afrika yang letaknya sangat dekat sekali dengan hotel Savoy Homann. 


Hotel Savoy Homann Dekat dengan Lokasi Wisata Strategis di Bandung


Keluar dari hotel Savoy Homann dan mengkuti jalan menuju jalan Homann dan lalu menuju ke alun-alun kota Bandung, kita akan disuguhi bangunan kota tua di Bandung yang menyimpan banyak sejarah bagi siapa saja yang pernah mengikuti sejarah kota ini. Menyeberang persis di perempatan hotel Savoy Homann akan menemukan detail peta di atas, dimana peta tersebut menunjukkan tempat wisata strategis di Bandung dan sudah populer menjadi objek wisata sejarah yang dipermak kekinian di kota Bandung.


Sudah tahu kan ya? Yang dimaksud wisata sejarah kekinian adalah wisata dimana banyak spot instagramable di lokasi wisata tersebut. Oh iya, selain berjalan kaki, kita juga bisa memanfaatkan Bandung Tour on Bus yang dikenal dengan Bandros. Bandros adalah bus wisata yang disediakan Pemerintah Kota Bandung dan diperuntukkan bagi turis yang ingin keliling Kota Bandung. Tur menggunakan Bandros diresmikan Wali Kota Bandung terdahulu, yaitu Ridwan Kamil pada Januari 2018. Saat ini, ada puluhan unit bus Bandros yang beroperasi setiap hari, mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Bus tersebut ini dibagi dalam beberapa warna, yaitu biru, merah, kuning, ungu, serta pink. Berbeda warna, berbeda pula rute yang ditempuh. 



Tunggu liputan cerita Unstoppable BLUS di banyak tempat di Bandung di artikel yang berbeda ya!

Makan ala Rijsttafel Enak di Hotel Savoy Homann


Sajian menu masakan yang dihidangkan di hotel Savoy Homann beraneka ragam. Disajikan dengan enak oleh chef Tumino. Salah satu yang bercita rasa kental khas Sunda bisa sahabat tamasyaku nikmati sebagai rijsttafel. Ya! Menikmati sajian rijsttafel dari hotel Savoy Homann Bandung.



Rijsttafel adalah konsep penyajian makanan lengkap sesuai tata cara perjamuan resmi ala Eropa. Tata cara itu diawali dengan makanan pembuka, makanan utama dan diakhiri dengan makanan penutup. Homann Rijsttafel kembali dihadirkan di hotel Savoy Homann Bandung. Pada masa kolonial, sajian rijsttafel ini merupakan sajian paling bergengsi yang disuguhkan di Hotel Savoy Homann Bandung. Menu yang biasanya disajikan diantaranya nasi goreng, rendang, opor ayam, sate, kerupuk dan sambal.


Kini, Hotel Savoy Homann kembali menghadirkan rijsttafel hanya dengan Rp350.000. Menu ini dapat dinikmati untuk lima orang. Wah! Menarik ya!

Foto oleh Mba Rien - www.travelerien.com
Tentunya, selain menikmati hidangan rijsttafel dari hotel Savoy Homann, kami pun menikmati ambience ruang makan yang didesain apik di hotel Savoy Homann. Menemukan ruang makan yang berkonsep outdoor tapi tetap di dalam ruangan.



Kedua spot di atas adalah spot yang Manda suka saat Manda menghabiskan sarapan dan makan malam BBQ malam minggu di hotel Savoy Homann. Ya! Setiap malam minggu, hotel Savoy Homann membuka menu BBQ yang bisa dinikmati oleh pengunjung  dan orang luar yang sudah melakukan reservasi terlebih dahulu di hotel Savoy Homann.

Menu Sarapan di Hotel Savoy Homann


Wola! Makan pagi yang jumlahnya tak terkira, hahahahaha. Tenang.. tenang... foto di atas bukan hanya menu sarapan milik Manda lho ya! Melainkan menu sarapan kita berempat yang pada kesempatan ini bisa merasakan nyamannya menginap di Hotel Savoy Homann Bandung.







Tamu dapat menikmati aneka sajian lezat di fasilitas dining yang ada di Hotel Savoy  Homann.  Jika  ingin  menikmati  suasana  taman  sambil  bersantap,  hotel menyediakan fasilitas Garden Restaurant. Untuk suasana santai bisa memilih Side Walk Cafe atau Batavia Bar & Lounge buka hingga tengah malam dan menampilkan live music mulai jam 21.00.


Nyaman Tidur di Kamar Hotel Savoy Homann 


Yihaaaa! Tibalah saatnya mengacak-acak kamar untuk melepaskan lelah seharian berjalan-jalan menyusuri kota tua di Bandung yang letaknya terjangkau jalan kaki dari hotel Savoy Homann. Saatnya kita merebahkan diri di kamar hotel Savoy Homann.

Fasilitas  MICE  Hotel  Savoy  Homann  sangat  mumpuni  untuk  sebuah  hotel dengan  sejarah  panjang  sebagai  tempat  penyelenggaraan  konferensi  terbesar  Se- Asia  Afrika.  Berbagai  acara  besar  dapat  dihelat  di  Grand  Ballroom  dengan kapasistas 500 orang atau Asia Afrika Ballroom dengan Kapasitas 250 orang. Hotel juga  dilengkapi  dengan  ruang-ruang  MICE  lain  yakni  :  Embassy  Room,  The  Palace Room, Consulate Room, Savoy 1-2, Savoy 3-4, Sultan Room, Caesar Room, Emperor Room, dan Jasmine Room. 

Pilihan kamar yang bisa dipilih di hotel Savoy Homann ini bisa dilihat dari pemesanan yang ada di web hotel Savoy Homann  di https://www.savoyhomannbandung.com/ . Oh iya, pemesanan melalui website hotel jauh lebih murah lho.




Sukaaa banget dengan hotel yang masih menyediakan bath tub sebagai fasilitas kamar bagi para tamunya. Keberadaan bath tub ini mampu menjadi pilihan tersendiri bagi tamu yang memang ingin menikmati staycation di dalam hotel. Berendam air hangat dengan shower gel wangi yang mampu membuat relaks tubuh sehingga kesan liburan benar-benar terasa.


Hotel  Savoy  Homann  memiliki  total  kamar  185  kamar  dengan  5  tipe  kamar yakni  Homann  Suite,  Suite  Room,  Junior  Suite,  Excecutive  room,  Deluxe  Room. Perpaduan  desain  art  deco  dengan  standardisasi  kemewahan  masa  kini diaplikasikan  dalam  interior  setiap  kamar.  Hasilnya,  desain  yang  indah  namun tetap mengedepankan kenyamanan.



Nah, mengikuti cerita Manda saat liburan ke Bandung, bikin temen-temen merasa ingin berlibur juga ke kota Bandung kan? Segera rencanakan perjalananmu di kota Bandung ini, dan jangan lupa lakukan pemesanan kamarmu di hotel Savoy Homann yang strategis dengan banyak tempat bersejarah di kota Bandung.



Dapatkan  layanan  mudah  dalam  memesan  kamar di Hotel Savoy Homann Bandung, dengan melalui website www.savoyhomannbandung.com untuk mendapatkan harga terjangkau pada semua tipe kamar. Dapatkan juga penawaran spesial untuk paket wedding, birthday, meeting & gathering. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi 022 4232244 / 08112492221 (GRO) atau melalui email reservation@savoyhomannbandung.com.

Salam dari kami yang bahagia menikmati liburan di kota Bandung ya!

HOTEL SAVOY HOMANN
Jalan Asia Afrika 112,Bandung, Indonesia
ph: (+62) 22 423 2244, (+62) 811 249 2221
fax: (+62) 22 423 6187
e: reservation@savoyhomannbandung.com / info@savoyhomannbandung.com
w: www.savoyhomannbandung.com

27 comments:

  1. Sebenarnya penasaran banget sama makanannya hotel ini. Sayangnya kemarin setiap waktunya makan, perut masih berasa penuh. Bandung memang dahsyat ya :D

    ReplyDelete
  2. Mana bisa angker kalau tamunya kayak kita :))))
    Kapan2 kita pesan presiden suite ya, nginepnya ramean ber-10! wkwk

    ReplyDelete
  3. Beruntung banget Manda dan temen2 bisa ngerasain hotel yg pernah disinggahi orang-orang penting dunia.

    ReplyDelete
  4. makannya enak-enak... kapan lagi ya bisa menginap lagi di Savoy Homann apalagi seru-seruan bareng keluarga atau teman-teman

    ReplyDelete
  5. meski hotel tua tetep kece ya.. Menu makanannya woww banget Manda.. jadi lafeerr..

    ReplyDelete
  6. Hotelnya bersejarah tapi nggak keliatan spooky ya Manda.
    Trus untuk beberapa lokasi juga keliatan udah ada sentuhan modern juga.

    Kalau rata2 per malam di sana berapa sih Manda?

    ReplyDelete
  7. BAGUUUSSS banget hotelnya
    pankapan pengin deh wisata heritage ke BANDUNG
    Asyik bangeeett!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  8. Wah, mencoba sejarahnya, luar biasa sekali sejarah dan kenangan Hotel ini ya. Dibangun pada 1880, pemiliknya warga negara Jerman,jadi tempat menginapnya tamu-tamu KAA. Jadi pengen ke sini, serasa kembali ke zaman dulu, hehehe ....

    ReplyDelete
  9. Laper lihat menu Rijsttafelnya...350 ribu bisa berlima..murah juga tuh.
    Aku pernah nginep di Savoy Homann tahun 2007 kalau enggak salah...duh pasti banyak yang berubah. Lihat foto-foto di sini jadi pengin ke sana lagi

    ReplyDelete
  10. Duh bathupnya melambai-lambai minta dijeguri :))
    Keren banget ya desain hotelnya, ga nyangka ternyata udah tua banget usia hotelnya. Sudah pernah digunakan oleh tamu-tamu penting pula. Hiks... aku envy ga jadi ikutan ke Bandung :(

    ReplyDelete
  11. Nggak nyangka ya setua itu hotelnya, dan sekarang masih bertahan. Duh lihat menu makanannya perut langsung kriuk-kriuk minta jatah makan deh manda... ��

    ReplyDelete
  12. 2006 waktu kuliah di Bandung sering lewat hotel ini, cuma bisa berkhayal untuk bisa masuk ke dalamnya hehehe

    Saya suka donatnya dengan aneka macam topping. Selama ini nemunya menu hotel donat paling pakai gula halus aja, disini kok banyak pilihannya. Jadi mupeng

    ReplyDelete
  13. Hotel ini bagus banget. Aku pas ke kawasan Asia Africa Bandung nggak sempat ke sini. Moga next time bisa mginap disini juga :)

    ReplyDelete
  14. Ternyata Hotel Savoy Homann itu termasuk bangunan bersejarah ya. Bener banget kalau bangun bersejarah aku agak2 ngeri tapi kelihatannya hotel ini gak ya luas juga bangunannya.

    ReplyDelete
  15. Hotel savoy homann memang strategis untuk wisata ke tempat2 sejarah d bandung , deket juga ke braga buat ngopi2 n selfie hehehe

    ReplyDelete
  16. Jadi ingat jaman kerja dulu, karena kebetulan kita suka ada event di Bandung dan dikasih penginapan sama kantor selalu disini deh. Karena bosku senang sekali dengan hotel Savoy

    ReplyDelete
  17. Serunyaa pada nginep bareng di Savoy. Aku iri mandaaa kapan bisa ikut ngumpul bareng kalian lagii. Apalagi bandung itu kota yg punya sejuta kenangan buatkuuh.

    ReplyDelete
  18. Wah, serasa ikut liburan bareng Manda nih... Terima kasih info lengkapnya. Hotelnya, menunya, juga kamarnya. Top sekali, suka...

    ReplyDelete
  19. Kalau anak-anak suka menginap di hotel yang ada kolam renangnya, kalau emaknya pengen yang ada bath up-nya dengan harga terjangkau hahaha. Biar hotel lama tapi asyik ya mbak.

    ReplyDelete
  20. Wow lihat Rijsttafelnya bikin ngeces, aku pernah lewat doang sih hahaha. Lewat depan hotelnya, memang kece deh. Kalau ke Bandung moga bisa nginep di hotelnya

    ReplyDelete
  21. Hotelnya kayaknya vintage tapi adem bangettt ini. Aku belum pernah ke sini mba manda. Sepertinya enak yaaa pemandangannya juga cakep di sana. Happy staycation ya mba

    Ditunggu liputan bandrosss

    ReplyDelete
  22. Klo k Bandung mau ah sesekali stay disini nyaman bnget ya mba tempatnya dn yg terpenting makanannya enak2☺️

    ReplyDelete
  23. Oia ya arsitektur hotel savoy bergaya 60s 70s gitu ya. Pankapan maulah kucoba staycation di sana

    ReplyDelete
  24. Hotel tempo dulu emang kesannya angker, padahal enggak juga ya. Justru seperti menikmati suasana Bandung jaman kolonial ya. Ah akutu auto ngiler lihat tampilan foto makanannya, sempat kupikir menu sarapan Manda sendiri, hihiii

    ReplyDelete
  25. Iya banget nih, Savoy Homann memang salah satu hotel di Bandung yang wajib dikunjungi saat ke Bandung. Wajib deh nginep di sini minimal sekali. Sejarah pentingnya bagi negara membuat hotel ini istimewa

    ReplyDelete
  26. Nyaman banget pasti di Savoy..
    Suasananya kan Bandung banget yaa...
    Selain karena letaknya dan kisah sejarah si hotel yang selalu menjadi saksi sejarah Indonesia.

    ReplyDelete
  27. Ke Bandung kmrn gak sempet nih stay disini next harus kayakny nyaman bngt ya mba dn fasilitasnya lengkap

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Edukasi Asuransi Bagi Couple Traveler

Sehat adalah harta yang paling berharga, terlebih usia tidak bisa berbohong untuk tidak khawatir masalah kesehatan. Sedia payung sebelu...

IBX583576234EA4D