Sunday, 18 August 2019

Edukasi Asuransi Bagi Couple Traveler


Sehat adalah harta yang paling berharga, terlebih usia tidak bisa berbohong untuk tidak khawatir masalah kesehatan. Sedia payung sebelum hujan, kiranya peribahasa yang tepat untuk mengambarkan pentingnya dana kesehatan di usia yang tidak muda lagi. Menabung untuk hari tua, bisa dengan mengedukasi diri sendiri tentang asuransi. Mulai dari membawa produk asuransi, mengenal manfaatnya, menghitung polis asuransi, memilih untuk membeli polis asuransi dan membaca kembali terkait tentang klaim manfaatnya.

Perjalanan usia dan pengalaman tidak bisa berbohong, Manda beruntung dan sekaligus bersyukur pernah belajar mengalami sendiri seperti apa rasanya mempunyai polis asuransi. Bagi kami, membeli asuransi adalah membeli obat untuk kekhawatirkan pada sesuatu yang belum terjadi. Contoh asuransi yang pernah kami beli adalah produk asuransi mobil all risk, asuransi perjalanan ke luar negeri, asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan bahkan mempunyai pengalaman dengan asuransi investasi bentuk unit link.




Kenapa perlu mempersiapkan asuransi? Karena kita tidak pernah tahu tentang usia dan tidak ada jaminan kesehatan di hari tua sebagai seorang freelancer dan pegawai swasta. Untuk bisa tetap be happy, be bright harus bisa memanage sedari sekarang selagi masih sehat.

Pasrahkan semuanya kepada Alloh. Tidak ada yang salah dari penggalan kata-kata yang pastinya pernah saya dengar dan terlontar ketika kita mendiskusikan tentang asuransi. Memang, hanya kepada Alloh kita memasrahkan semua yang akan terjadi pada hidup kita, tentang umur yang sudah pasti menjadi hak prerogatifnya. Namun demikian, tidak ada salahnya juga jika kita mencoba melakukan ikhtiar dengan mempersiapkan payung sebelum turun hujan.

Bagi sebagian orang, termasuk saya. Membeli polis asuransi adalah cara menabung yang dipaksa. Kebetulan cara menabung yang dipaksa tersebut manjur untuk Manda. Tentunya, sahabat Manda yang lain mempunyai pemikiran yang berbeda, itu sah dan mari kita mencoba meluaskan wawasan dengan banyak membaca dari kacamata pengalaman orang lain, supaya jadi lebih pintar.


Asuransi mobil all risk, saya menggunakan asuransi ini selama 5 tahun pertama saat mobil kami baru. Alhamdulillah, di seminggu pertama mobil keluar dari dealer dan Manda yang kebetulan membawa mobil kami ke dealer, kok ndilalah nyrempet pinggiran bemper, sehingga lecet pun tak bisa ditolak. Lain lagi ceritanya, saat belok kiri, dan trotoar kecil sering lepas dari dugaan Manda, yang mengakibatkan bagian depan kiri pun tergores trotoar. Namanya juga kejadian tak terduga di jalan, kita sudah mencoba berhati-hati, tapi kadang yang tak terduga bisa saja terjadi. Alhamdulillah, saat klaim asuransi diajukan, tidak ada masalah dan biaya yang dikeluarkan pun lebih ringan karena kita membayarnya di depan saat akad polis asuransi mobil.


Asuransi perjalanan. Bagi yang sering bepergian ke luar negeri, mungkin tahu bahwa syarat diloloskannya visa selain tiket perjalanan, tempat menginap dan juga asuransi perjalanan. Mengenal produk asuransi sebenarnya bukan hal yang terkait dengan mau atau tidak mau, suka atau tidak suka,melainkan mengikuti aturan yang sesuai dengan yang disyaratkan. Sehingga, kita akan belajar membeli asuransi setidaknya asuransi perjalanan.


Selanjutnya adalah tentang asuransi investasi yang dikenal dengan unit link. Saya sendiri mempunyai pengalaman tentang asuransi ini. Satu yang menjadi catatan adalah jangan mudah percaya pada iming-iming nilai uang yang masih prediksi. Pentingnya melek asuransi adalah menghindari iming-iming karena kondisi tertentu yang sering kita tidak pahami, karena percaya pada penjelasan orang lain yang mendapat tugas untuk menjelaskan. 



Sebelum mengiyakan untuk berasuransi, baca lagi tentang manfaat yang kita peroleh jika kita membeli asuransi, baik itu asuransi jiwa, asuransi unit link, maupun asuransi kesehatan yang dikemas dengan cara yang berbeda-beda. Membaca polis adalah hal penting yang harus dipahami setiap jiwa yang hendak membeli asuransi, jika ada hal yang belum dipahami terkait klaim dan manfaat, sebaiknya ditanyakan di awal saat hendak membeli asuransi tersebut. Sehingga tidak ada lagi penyesalan dari asuransi yang kita beli.

Asuransi kesehatan. Seberapa pentingnya? Bagi Manda sendiri, pilihan mempunyai asuransi dijamin sebagai istri dari kantor suami. Dan kami pun membeli asuransi yang pada tahun tertentu polis yang kita bayarkan akan kembali (semacam dipaksa untuk menabung sejumlah polis yang harus dibayarkan). Kekhawatiran sebagai manusia tetaplah ada, terlebih Manda seorang perempuan. 

Asuransi Jiwa. Mengasuransikan Panda sebagai kepala keluarga masih menjadi pikiran rasional yang Manda dan Panda ambil untuk saat ini. Setidaknya itu jawaban yang biasa kami jawab, ketika ada yang bertanya tentang porsi asuransi suami sebagai kepala keluarga lebih besar daripada porsi asuransi Manda. Alhamdulillah, selama kita merasa nyaman dengan nominal yang dibayarkan sebagai bentuk kita menabung setiap bulan, asuransi masih menjadi pilihan menarik untuk mempersiapkan kehidupan di hari tua.

Semoga kita semua senantiasa sehat dan Panjang usia, supaya bisa menjadi makhluk ciptaanNya yang bermanfaat di muka bumi ini. Aamiin.



27 comments:

  1. Untuk sekarang nih ya, menurutku asuransi penting banget deh. Apalagi buat yang suka traveling seperti dirimu mbak, jadi mau berkeliling pun aman ya.

    ReplyDelete
  2. Aku dan suami juga pengguna asuransi, mbak. Dan sudah merasakan manfaatnya yang memang terasa sekali saat kita ada apa-apa sehigga perlu proteksi. Saya punya asuransi kesehatan, jiwa, pendidikan, kendaraan dan beli asuransi perjalanan jika sedang bepergian.
    Dan semua sudah saya rasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  3. Saya juga merasakan banget manfaat asuransi. Terutama asuransi kesehatan ya. Saat hamil, operasi, gawat darurat, asuransi kesehatan menolong banget. Entah kalau nggak punya asuransi, udah ludes pasti tabungan

    ReplyDelete
  4. AMinnn... Bener banget nih kalo memilih asuransi jangan karena tergiur iming2 nilai uangnya..tapi memang karena kita sudah paham betul ttg asuransi tsb dan segala printilannya..biar gak nyesel di kemudian hari

    ReplyDelete
  5. asuransi mobil itu berasa banget pas mobil rusak di tengah jalan tapi masih bisa tenang... karena ya itu tadi, ada layanan panggil utk service yg termasuk dalam klausul asuransinya

    ReplyDelete
  6. Asuransi memang kayak payung ya
    Harus kita persiapkan, either mau hujan atau ndak
    Happyyy terus Manda dan Panda.
    Ditunggu banget cerita ngetripnyaaaa :D
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  7. Aku yang ga pernah itu asuransi perjalanan, kecuali udah ada tertera di tiket. Penting juga padahal

    Kalau dipikir2 mulai dari jiwa, all risk mobil, kesehatan dan dapen semua penting ya mba

    ReplyDelete
  8. Asuransi penting.. tapi masih banyak orang Indonesia belum memiliki asuransi. Tahun 2018 aja dari 265 juta jiwa penduduk Indonesia itu, baru 1,7 persennya yang memiliki asuransi.

    ReplyDelete
  9. Harus dibaca seksama yaa polis asuransi ketentuannya gimana ajaa. Aku suka asal ttd aja nih karena malas baca polis yang berlembar2 kadang ga paham juga sama istilah2nya padahal harusnya ditanyakan yaa.

    ReplyDelete
  10. Kalau di kami, pakainya asuransi kesehatan, yang kebetulan dicover sama kantornya Mas Iwan.
    Tapi benaran deh, asuransi atau pun tabungan itu kita mesti punya, karena kita nggak pernah tahu akan seperti apa keadaan keungan kita.

    ReplyDelete
  11. Pernah punya dua pengalaman tidak mengenakkan dg asuransi, Pertama saat bapak meninggal pas mau klain asuransi jiwa beliau. Kedua, asuransi pendidikan anak-anak. Keduanya krn oknum, memang. jadi emang penting bgt kita tahu betul produknya. tahu betul hak dan kewajiban kita, sehingga kalau ada apa-apa kita pd menghadapinya.

    ReplyDelete
  12. Kalau masalah asuransi, aku hanya punya asuransi pendidikan buat anakku aja, asuransi jiwa dan kesehatan manfaatin fasilitas kantor hahahah

    ReplyDelete
  13. Asyik banget ya bisa traveling berdua begini. Pingin deh suatu saat

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah punya asuransi kendaraan,kesehatan..ngerasain banget manfaatnya. Sehat selalu manda panda..

    ReplyDelete
  15. Iya, betul sekali. Memiliki asuransi kesehatan itu sangat penting untuk berjaga jaga. Karena kita tidak pernah tahu risiko apa yang bisa terjadi di depan. Untuk yang suka travelling (terutama couple traveler) seperti blogger ini, jangan pernah lupa untuk membeli travel insurance/asuransi perjalanan setiap kali melakukan perjalanan baik dalam maupun luar negeri.

    ReplyDelete
  16. Yup, hari gini mempunyai asuransi itu sudah semacam kewajiban karena berjaga-jaga itu penting banget. Aku belum punya asuransi perjalanan nih, karena pergi-pergi juga masih jarang-jarang hihi.. :)

    ReplyDelete
  17. Bener banget, sebelum memutuskan berasuransi memang harus teliti banget ya mana yg sesuai kebutuhan, dan nominal mana yg di rasa kita sanggup membayarnya

    ReplyDelete
  18. saya pernah daftar asuransi tapi terpaksa saya tutup karena enggak bisa neruskan bayar, hehehe. Sekarang memilih nabung emas aja deh.

    ReplyDelete
  19. Jenis-jenis asuransi yang mesti dicermati dan didahulukan sesuai kebutuhan dan kemampuan yaa, kak Manda.
    Kak Manda sudah ikutan asuransi apa?

    ReplyDelete
  20. Sekarang banyak jenisnya ya asuransi Manda, kita pilih sesuai kebutuhan, perlu banget tuh asuransi kendaraan, asuransi kesehatan dan jiwa.

    ReplyDelete
  21. Zaman sekarang ya, risiko mengintai kita di mana saja. Jadinya kita butuh penjamin supaya bisa bisa menyelesaikan masalah. Dan asuransi ini bisa jadi alternatif jaminan. Bahkan di saat kita traveling

    ReplyDelete
  22. Senang banget liat foto2 kalian, makin kaur ya dan harmonis, perlu juga persiapan untuk mendapatkan kenyamanan dengan berasuransi yang baik

    ReplyDelete
  23. Mempersiapkan hal2 yang ngga terduga memang perlu ya, Manda. Apalagi kalau kita suka traveling, yg mana resikony besar juga kalau ngga hati2.

    ReplyDelete
  24. Kalo jalan2 apalagi ke luar negeri memang amannya pake asuransi ya nda. Biasanya syarat bisa juga pake asuransi juga

    ReplyDelete
  25. Saya lagi ingin mencoba asuransi jiwa karena manfaatnya bisa diterima oleh ahli waris.

    ReplyDelete
  26. Zaman skrng kyknya org juga pd melek asuransi dan menganggap penting ya mbak selain tabungan. Maklum udah banyak yg menhyadari risiko itu ada di mana2. Salah satunya asuransi perjalanan emang penting buat yg suka jalan keluar negeri atau ke tempat agak ekstrem gtu.Moga2 kita senantiasa cukup rezekinya buat bayar asuransi plus sehat2 terus

    ReplyDelete
  27. Pasangan yang selalu ceria dan bahagia. Seneng deh ngeliatnya, jadi ikutan seneng juga nih hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Tekko Jogja City Mall Lebih Sekedar Warung Makan

Tekko Jogja City Mall Tekko Jogja City Mall, anggep makan di rumah sendiri ya Jalan-jalan di Jogja yang adem dan bisa mencakup ba...

IBX583576234EA4D