Sebelum Berinvestasi, Pastikan Anda Pahami Perbedaan Reksadana Saham dan Investasi Saham!



Perkembangan investasi saat ini sudah mulai memasuki generasi muda. Pasalnya banyak diantara pemuda yang mulai terjun untuk belajar dan memasukkan modal agar dapat mempelajari teknik return and risk yang bisa terjadi.

Investasi Reksadana Saham merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dipilih. Selain prosesnya mudah, pengelolaan juga dapat dilakukan dengan mempercayakan dana kepada Manajer Investasi. Bagi pemula, memilih investasi Reksadana saham adalah pilihan tepat.

Namun pada dasarnya, investasi sendiri memiliki macam yang cukup banyak. Beberapa yang umum didengar masyarakat adalah emas, obligasi, Reksadana dan juga saham. Padahal, investasi Reksadana Saham dan investasi saham memiliki perbedaan signifikan. Sehingga, keduanya tidak bisa dikatakan sama meskipun produk yang dibeli berasal dari satu jenis perusahaan

Perbedaan Reksadana Saham dan Investasi Saham

Sebelum memutuskan untuk mengambil jenis investasi sesuai keinginan dan kebutuhan. Pastikan Anda mengetahui perbedaan dari jenis investasi Reksadana dan juga saham. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan dalam pengambilan keputusan. Beberapa perbedaannya dapat Anda simak dalam ulasan berikut ini :

1. Pengelolaan Dana Investasi

Dalam sebuah investasi tentu terdapat bagian pengelolaan dana. Dimana jika Anda memilih investasi saham maka dana yang dikeluarkan akan dikelola secara langsung dan mandiri oleh pelaku investasi. Tetapi, dalam melakukannya Anda bisa berkonsultasi terkait peluang return kepada broker.

Berbeda dengan Reksadana Saham. Pengelolaan dana investasi akan dilakukan oleh perusahaan penyedia Reksadana. Sehingga, Anda tidak perlu memantau setiap hari terkait grafik naik turunnya perusahaan. Pasalnya, pihak pengelola akan semaksimal mungkin memberikan hasil memuaskan kepada Anda.

2. Tingkat Risiko

Tingkat risiko dalam sebuah investasi sangat ditentukan berdasarkan keputusan pengelola. Pada investasi saham pengelolaan dana dilakukan individu. Sehingga, risiko yang didapat jauh lebih besar. Oleh karena itu, bagi Anda pemula investasi sebaiknya memperkuat ilmu analisis. Jika tidak begitu, memilih Reksadana Saham adalah pilihan tepat.

Investasi Reksadana saham dalam memberikan Anda risiko lebih minim dibandingkan saham. Pasalnya, pada Reksadana pengelolaan dana dilakukan oleh penyedia jasa. Sehingga, Anda tidak perlu melakukan analisa sebab keputusan tidak diambil sendiri. Namun, jika mempelajari analisa hal tersebut juga dapat memberikan efek yang baik.

3. Return yang Didapatkan

Keuntungan sebuah investasi berbanding lurus dengan risiko yang dimiliki. Jika Anda memilih investasi saham maka kemungkinan return besar bisa didapatkan. Namun, hal ini membutuhkan analisis yang tepat. Sebab, kesalahan yang Anda lakukan dapat berdampak besar pada dana yang masuk.

Sedangkan, Reksadana Saham tidak memberikan return cukup besar kepada investornya. Sebab, proses analisa dan menjalankan investasi dilakukan penuh oleh perusahaan aset manajemen. Sehingga, jika Anda melakukan penarikan dana, akan terdapat potongan nominal yang sudah disepakati bersama.

4. Modal Minimum

Perbedaan lain dari Reksadana Saham dan investasi saham adalah terkait modal yang dibutuhkan dalam melakukan investasi. Pada investasi saham, umumnya dana yang dibutuhkan lebih besar. Namun, meskipun return yang ditawarkan cukup besar pastikan Anda tidak mengeluarkan dana utama lebih dari 5%. Sehingga Anda dapat meningkatkan modal secara berkala.

Bagi pemula, memilih Reksadana selain mudah juga sangat minim modal. Sebab saat ini sudah banyak perusahaan aset yang memberikan penawaran modal kecil dalam berinvestasi. Pasalnya, mulai dari Rp100.000 Anda sudah bisa turut mengembangkan perekonomian.

5. Pencairan Dana

Keuntungan dari investasi saham, Anda dapat melakukan pencairan dana dalam waktu cepat. Karena pada jenis investasi ini Anda tidak melalui perantara pihak ketiga. Berbeda lagi jika Anda memiliki jenis investasi Reksadana.

Di dalam Reksadana terdapat sebuah perusahaan agen manajemen yang mengelola dana Anda. Sehingga, ketika memutuskan untuk mencairkan dana Anda membutuhkan waktu lebih lama. Hal ini dikarenakan perlu perhitungan antara keuntungan Anda dan biaya manajemen. Paling cepat dana dapat masuk ke rekening setelah 5 hari kerja.

6. Kebebasan Dalam Menentukan Saham Pilihan

Perbedaan lain juga berkaitan dalam kebebasan dalam menentukan saham pilihan. Apabila memilih jenis investasi saham, maka Anda dapat membeli produk sesuai keinginan dan dapat dikelola langsung oleh pribadi masing-masing.

Namun, jika memilih investasi Reksadana saham Anda tidak dapat memilih produk sesuai keinginan. Sebab dana yang dimasukkan ke perusahaan asset management sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk mengelolanya. Sehingga, Anda tidak memiliki andil dalam proses pemilihan.

7. Jangka Waktu Investasi

Waktu pelaksanaan investasi kedua jenis ini juga memiliki perbedaan. Pada Reksadana Saham, Anda akan mendapatkan rekomendasi oleh perusahaan asset management melakukan tujuan jangka panjang. Sehingga, waktu yang dibutuhkan berkisar 7 tahun ke atas.

Namun, pada investasi saham umumnya investor sudah dapat menganalisa dengan baik. Dimana, biasanya beberapa orang memilih saham sebagai jenis investasi jangka panjang. Sehingga, waktu yang dibutuhkan berkisar lebih dari 10 tahun.

Investasi Reksadana Lebih Mudah dengan digibank by DBS




Memulai investasi tentu Anda membutuhkan sebuah aplikasi pendukung untuk memudahkan transaksi. Salah satu rekomendasi Reksadana terbaik bisa Anda dapatkan melalui Aplikasi digibank by DBS. Pasalnya, perusahaan ini menawarkan banyak keuntungan kepada pengguna seperti berikut :

1. Memiliki Banyak Kategori

Perusahaan digibank by DBS memberikan pilihan kategori investasi kepada pengguna. Diantaranya kategori kinerja terbaik, terpopuler, maupun yang memiliki scoring terbaik.

2. Pembelian Dilakukan dengan Flexible

Anda dapat melakukan pembelian produk secara berkala melalui digibank by DBS.

3. Dapat dilakukan dengan Modal Minim

Bagi pemula, Aplikasi digibank by DBS sangat disarankan. Sebab untuk melakukan investasi Anda tidak perlu modal besar. Dengan Rp100.000 Anda sudah bisa membeli produk Reksadana.

4. Fitur Lengkap

Anda dapat menikmati berbagai fitur dengan mudah diantaranya daftar SID (Single Investor Identification), jual, beli, dan switch pada aplikasi.

5. Pilihan Produk Banyak

Anda dapat menemukan lebih dari 50 produk dengan menggunakan perusahaan digibank by DBS.


Berdasarkan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Hal tersebut memudahkan Anda dalam mempercayakan modal yang diinvestasikan. Oleh karena itu, tidak perlu menunggu lama, Anda bisa membeli Reksadana Saham dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS.


No comments

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda