Tips Membentuk Pola Hidup Sehat A la Couple Traveler

Halo sahabat Manda, apa kabarnya? Semoga selalu berbahagia supaya imunitasnya meningkat ya! Hari gini, hal yang utama disyukuri adalah bangun dan badan terasa bugar dan sehat. Tentunya itu semua tidak langsung dalam hitungan jam dibentuk untuk membiasakan pola hidup sehat.


Hidup Sehat

Banyak faktor yang harus diketahui sebelum kita memulai hidup sehat, terutama untuk yang hobinya kuliner seperti saya dan suami. Hidup sehat tentunya tidak mudah, Ketika godaan yang datang dari luar begitu kuat. Terbukti dengan kemudahan layanan pesan antar yang semakin meniadakan batas keinginan dan kebutuhan. Apa itu?

Saat kita bicara makanan, kebutuhan adalah saat tubuh membutuhkan asupan makanan sesuai dengan jam tubuh. Misalnya : sarapan – makan siang – makan malam. Namun apa yang terjadi, dengan kemudahan layanan pesan antar makanan, kita banyak makan manis-manis dengan pembenaran healing atau rewarding untuk bisa menikmati boba, minuman manis, cemilan manis dan gorengan, justru disaat yang tubuh harusnya beristirahat (baca : jam malam kelang tidur)

Poin yang ingin Manda bagikan adalah bagaimana usaha Manda Panda sebagai traveler untuk tetap bisa beusaha menerapkan pola hidup sehat. Karena tidak dipungkiri, hobi tamasya ini menjadi salah satu alasan paling kuat untuk tidak konsisten, hahaha. Pembenaran saat cheating selalu mengatasnamakan masih ada hari esok, tahun depan atau nanti. Siapa disini yang seperti Manda? Masih suka alasan untuk memulai hidup sehat?

Kalau kita toss berarti sahabat Manda perlu menyimak tips dari Manda berikut ini ya:

Tips Membentuk Pola Hidup Sehat

1.       Sadari pola hidup sehat sebagai gaya hidup

Melakukan sesuatu dengan sadar berarti tanpa paksaan. Hal tersebut yang akan memudahkan kita untuk bisa menerima bahwa gaya hidup kita mengikuti pola hidup sehat yang sudah kita sepakati bersama. Tidak ada lagi ribut mempermasalahkan jam berapa makan mie instan sehat atau tiba-tiba ngambek karena hanya membawa cemilan sehat saat berperjalanan. 


2.       Rasakan perubahan dalam tubuh ketika sudah menerapkan pola hidup sehat

Awal-awal memulai perubahan karena menyadari usia menuju 40 tahun, kami memulai dengan arahan hidup sehat ala dr Zaidul Akbar, yaitu dengan mengubah konsumsi nasi puith dengan nasi merah pulen organik, mengganti gula pasir dengan madu, dan mengurangi konsumsi the/kopi menjadi rebusan kayu manis, cengkeh dan serai atau bikin setup buah nanas. Ketiga kami konsisteni mulai Desember 2019, alhamdulillah yang dirasakan selain tubuh terasa bugar tidak gampang Lelah dan berat badan di angka yang stabil. Menjadikan perjalanan tamasya sebagai cara untuk bisa berolahraga. Perubahan akan terasa saat kita beraktivitas fisik, dengan memantau Langkah dengan menggunakan smartwatch.


3.       Saling menyemangati dengan circle yang menerapkan pola hidup sehat

Tidak bisa dipungkiri, circle pertemanan mempengaruhi sekali seberapa kami cheating dari pola hidup sehat. Dan termasuk didalamnya keluarga inti yang terdekat ya. Sebagai contoh kami sudah sangat menghindari gorengan, tetapi mama mertuaku hobi makan gorengan, dan terpaksa menikmati gorengan juga karena untuk menghormati, hahahaha. Demikianlah contoh paling mudah diambil tentang circle pertemanan yang menentukan pola hidup sehat kita.


4.       Jaga konsistensi hidup sehat

Menjaga konsistensi dalam membentuk pola hidup sehat mau tidak mau harus dilakukan secara terus menerus. Karena ada kalanya kita kendor soal menjaga pola hidup sehat ini. Kalau sedang kendor, harus ada yang memutar balik arah supaya kembali ke track yang seharusnya. Demikian diulang-ulanag terus supaya pola hidup sehat menjadi bagian dari lifestyle. Tidak masalah kita bepergian kemana, kita sudah terbiasa untuk menjaga pola hidup sehat yang seimbang.

2 comments

  1. Nah point 4 itu yang agak sulit... Terkadang aku masih pakai mengandalkan mood haha... Nice sharing Manda. Semoga sehat selalu Aamiin

    ReplyDelete
  2. Seneng banget ya kalau sudah satu visi misi dengan pasangan untuk menjadikan hidup sehat sebagai gaya hidup.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda