Rindu Bertamu ke Baitulloh, Pilih Paket Umroh Mandiri dan Persiapannya

Assalamu'alaikum sahabat tamasyaku, semoga kabar baik selalu tercurah pada teman-teman. Nikmat utama yang harus disyukuri adalah bangun dari dimatikan sementara (baca : tidur) dan dalam keadaan sehat. MasyaAlloh Tabarakalloh, alhamdulillah. Semoga hari ini semua doa dan harapan kita dimudahkanNya, didekatkanNya, termasuk terwujudnya kerinduan kita untuk berkunjung ke Baitulloh sesering mungkin. Aamiin YRA.



Rindu Bertamu ke Baitulloh

Bagi yang sudah pernah menginjakkan kaki ke Madinah dan Makkah, kerinduan untuk mengulang perjalanan ke Baitulloh pasti sering lewat di pikiran. Terlebih kalau ada postingan yang dikemas apik dengan sound yang tepat, membuat rindu serindu-rindunya bertamu ke Baitulloh. Banyak paket umroh yang menjamur siap melayani perjalanan kita ke Baitulloh.

Memilih Paket Umroh

Dalam memilih paket umroh yang akan mengantarkan kita sampai ke Baitulloh, perlu diperhatikan beberapa hal berikut :
  1. Jadwal keberangkatan yang sudah pasti.
  2. Travelnya sudah pernah ada bukti memberangkatkan jamaah, terbukti dari testimoni.
  3. Jadwal terbangnya pasti, terbukti dengan tiket yang issued dan kelengkapannya.
  4. Hotelnya juga jelas dan sesuai dengan info yang ditawarkan.
  5. Visa masuk ke negara tujuan juga tidak ada kendala.
  6. Travel agent sudah memiliki izin PPIU No 74 Tahun 2020. Berdasarkan Undang - undang nomor 8 tahun 2019 disebutkan bahwa PPIU adalah Biro Perjalanan Wisata (BPW) yang memiliki izin dari Menteri untuk menyelenggarakan perjalanan Ibadah Umroh.
  7. Sejak kita terdaftar, manasik dan persiapan keberangkatan jelas dan sistematis.
Sebagai contohnya, Paket Umroh Muharram 1445 yang ditawarkan Shafwah Holidays.



Persiapan Keberangkatan Ibadah Umroh



  • Disiplin dan on-time
Hal yang perlu bagi jamaah asal Indonesia adalah disiplin. Ketika bepergian bersama-sama dalam paket umroh adalah tentang memahami arti kata disiplin. Kalau di-rundown berkumpul di lobby pukul 7 pagi, berusaha untuk mempersiapkan diri 15 menit sebelum jam 7 sudah keluar kamar. Perlu diingat bahwa lift hotel nunggunya lama dan itu bukan menjadi alasan untuk tidak disiplin.
  • Persiapan Fisik
Mau tidak mau, sebelum berangkat umroh, kita harus mempersiapkan fisik. Dari pengalaman saya, jalan pagi adalah cara paling mudah untuk menjaga fisik. Meskipun saat ini sudah banyak fasilitas yang disediakan untuk mereka yang tidak memungkinkan untuk thowaf dan sa'i. Namun demikian, tidak ada salahnya menyiapkan fisik, karena kita akan berada dalam penerbangan dengan waktu tempuh yang lumayan panjang.
  • Persiapan Lauk
Persiapan lauk ini menjadi hal yang penting dipersiapkan ketika mengajak serta orang tua/lansia. Pengalaman saya kala itu membawa teh celup sendiri dan lauk abon. Karena masakan di Arab akan berbeda rasa dengan yang biasa dimasak di dapur rumah. Dalam waktu lebih dari satu minggu, tidak mungkin untuk tidak makan untuk tetap menjaga kesehatan selama umroh.



  • Informasi yang cukup tentang ibadah umroh
Saat manasik umroh, travel agent  sesuai paket umroh akan memberikan panduan apa yang wajib dibawa dan juga beberapa hal terkait ibadah umroh. Sebaiknya, di rumah dibaca lagi dan jangan menggampangkan. Dengan informasi yang cukup sebelum berangkat, akan memudahkan kita saat nanti menjalankan ibadah umroh. 

Setelah memilih paket umroh yang terpercaya dan persiapan yang matang untuk berangkat umroh, insyaAlloh perjalanan ibadah umroh kita lancar dan berkesan. Semoga kita semua dimudahkan untuk berkali-kali dimampukan untuk beribadah umroh dan haji. Aamiin YRA.


1 comment

  1. Semoga bisa beribadah umroh ya dengan travel umroh tepercaya. Doa dan ikhtiar terus biar segera berangkat umroh. 😊

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda