Rekomendasi Liburan HALAL ke Singapore Hari Pertama ala Couple Traveler


Yeaayy, bismillah liburan ke Singapore... Menghabiskan paspor edisi yang akan expired besok Juli 2024 yang artinya sudah tidak boleh terbang 6 bulan sebelumnya (bulan Februari 2024) tidak bisa digunakan ke luar negeri paspor kami, hahahaha. Alhamdulillah kado "jadian perak" yang telat karena kesibukan, masih alhamdulillah bisa menyempatkan menghabiskan weekend di negeri Singa ini. Oiya, jangan lupa mengisi SGArrivalCard sebelum terbang ke Singapura dan jangan lupa download peta MRT sehingga bisa kemana aja dengan bahagia ketika di Singapura.



Seperti biasa, urusan packing bukan hal yang mudah buat Manda, kenapa? Ya karena kudu memilih outfit yang nyaman selama jalan tapi juga mencari yang bisa couple-an, wakakakaka. Bagian yang susah adalah mencari padu padan yang cocok untuk Manda dan Panda. Makanya, packing butuh seminggu sebelum kita mau kemana, walaupun apa-apa yang biasa dibawa sudah siap tinggal bawa sebenarnya, yang paling lama adalah urusan memilah memilih baju yang nyaman selama di tempat wisata.


Menyiapkan Vibes Liburan


Perjalanan liburan bagi pasangan suami-istri banyak nyenenginnya tapi bisa jadi di tengah jalan ujiannya lebih banyak juga, hahahaha. Kalau bawa anak, istrinya nggak sempat tantrum, kalau belum ada anak, istrinya sempat tantrum, wkwkwkwkwk. Hal utama yang dibangun adalah vibes liburan supaya kita sama-sama punya tujuan liburan kali ini untuk bersenang-senang, jadi menyadari untuk saling mengerem untuk tidak merusak suasana liburan. Ini penting ya! Karena dibalik perjalanan  liburan itu sama-sama bakalan capek, dan saat capek itulah memancing hal-hal yang tidak menyenangkan kalau tidak disadari bareng.



Bismillah, berkereta bandara di subuh hari dan sampai di YIA (Yogyakarta Internasional Airport) masih kekejar untuk ngonten (baca : bikin foto dan video untuk disimpan di folder, hahahahaha). Dan berada di kursi dekat jendela adalah mood booster untukku. Manda paling suka dekat jendela untuk menatap langit di ketinggian dan saatnya melangitkan doa yang sepertinya dekat denganNya kalau sedang berada di ketinggian.


Menyiapkan Itinerary dan Memulai Petualangan Bersama

Kurang lebih perjalanan udara selama 2 jam, akhirnya kita mendarat di Bandar Udara Changi. Langsung membaca itinerary yang sudah kita siapkan di grup WA "Xplore Spore", seperti apa itinerary yang Manda buat di grup WA ?

jumat : aktifkan paket sin, jewel changi (pink-peach/jeans/sepatu onits), beli STP 3 hari, makan : foodrepublic changi, masjid abdul gafoor, hotel check in - rehat, masjid sultan (abu-abu garis+jins+abu kaos+jaket), foto-foto haji lane + kampung arab. makan : kampung glam cafe, beli oleh2 : mustafa center, decathlon : city square mall

sabtu : (Coklat crocodile + coklat garis + jins skinny + item), sarapan : hi Five halal, merlion, china town, library @orchard, makan : lucky plaza nostalgia, Balik hotel pindahan, (Orens coklat+orens kaos)
gardens by the bay, clarke quay, makan : zam zam resto deer murtabak

minggu : (Jeans +  kaos ijo NZ + daleman ijo), jam 6 : sarapan hi5, 8.15 cek out sampai changi foto-foto hahahaha, 10.15 maks sampai changi dan 11.15 - terbang. liburan usai ❤️


Mendarat di Changi dan Menuju ke JEWEL


Bepergian ke Singapura ini sudah kelima kali untuk kami berdua, tetap saja semuanya menarik untuk dikunjungi lagi. Salah satunya adalah JEWEL Changi Airport. Sebuah alasan memilih tempat liburan ke Singapura adalah memaksa untuk berjalan kaki, yeaaay! Segera cari tahu dari cerita teman-teman bagaimana caranya menuju ke Jewel Changi Airport ya. Setelah keluar dari imigrasi bandara, petunjuk arah menuju Jewel sangat mudah ditemukan. Dan taraaaa... Kami membeli tiket online yang harus diklaim di lantai bawah untuk bisa menikmati di lantai tertingginya, sesuai pengalaman Manda, ima beli di traveloka aja.



Setelah puas berfoto-foto dan mengagumi buatan manusia di lantai paling tinggi dari bangunan dimana Jewel Changi Airport ini berada, kita bisa berfoto seperti sedang di hutan buatan. Suasananya juga adem karena AC dan interiornya memang cantik dan bagus banget ala Singapore kalau membuat sesuatu selalu all out! Kurang lebih butuh waktu 2-3 jam untuk explore wahana di lantai 4 ini, itupun kami ga semua mencobanya.



Makan Siang "Chicken Rice" di Food Republic Changi



Sebelum bepergian, biasakan untuk explore virtual tempat yang akan kita kunjungi. Dengan membaca cerita pengalaman orang yang liburan atau melihat tayangan yang penting ke tempat wisata yang kita tuju, akan memudahkan kita explore tempat wisata tersebut.  Buat Manda yang terpenting adalah info makanan dan minuman halal yang membuat liburan kami berdua lebih nyaman dan membahagiakan. Manda bagi di sini beberapa tips yang sempat Manda kumpulkan ya. Salah satunya adalah alat makan berwarna hijau yang menandakan kuliner yang dijual di lapak tersebut adalah halal.


Perjalanan ke Singapura sengaja dipilih untuk memuaskan Manda menikmati chicken rice asli. Makasih Panda, sehat panjang umur dan rezekinya berkah berlimpah, aamiin YRA. Oh iya, menikmati nasi ayam yang asli di Singapore memang rasanya bedaaaaaaakkk, terlebih pokcoy nya juga empuk dan nggak alot. Trus trus minumnya MILO, duuhhhh uwenak bangettttt.. Cobain ya!

Singapore Tourist Pass Solusi Kemana Aja Saat di Singapore



Tipe traveler bermacam-macam, kalau untuk kami berdua berperjalanan yang nggak ribet adalah pilihan. Kalau di tempat baru dengan bahasa yang tidak English friendly, maka pilihan dengan menggunakan tour adalah pilihan yang tepat. Ketika, negara tujuan itu English friendly, maka cukup membaca blog perjalanan orang, mengumpulkan informasi yang banyak dan lalu membuat itinerary untuk memperkirakan keterjangkauan waktu yang reliable. 


Memilih moda transportasi di Singapura sangatlah penting, berada di Singapura selama 3 hari menggunakan MRT dan bis hanya dengan TAP unlimitted TANPA memusingkan saldo habis atau harus mengisi lagi kartu tap nya. Nah, jika teman-teman pengen juga kayak Manda Panda kemana-mana tinggal tap, silakan membeli STP - Singapore Tourist Pass yang bisa dibeli di bandara Changi persis sebelum kita memulai petualangan dengan MRT.

Akomodasi selain transport juga tempat menginap. Rata-rata hotel di Singapore memang mahal, beberapa kawan rela menginap di Malaysia untuk bisa menekan budget liburan Singapura-Malaysia dalam sekali jalan. Untuk yang bisa mengambil cuti seminggu, mungkin perjalanan 2 negara bahkan 3 negara pasti worthed banget diambil ya.

Omong-omong soal hotel di Singapura, 3 dari 5 perjalanan kami ke Singapore, kami menginap di hotel 81, dan ternyata selalu dapat pengalaman yang baik. Hotel 81 di China town, Hotel 81 di Bugis, dan kali ini Hotel 81 Dickson. Kelebihan hotel 81 ini adalah bisa dipastikan dekat dengan stasiun MRT, jadi buat kami nyaman bangeettt untuk akses kemana aja. Tapi harus diingat ya, urusan JALAN KAKI harus dipersiapkan mentalnya ketika berlibur ke Singapore ya.

Wisata Religi : Masjid Sultan, Kampung Glam



Memilih hotel 81 Dickson memang Manda pilih karena kita mau wisata religi. Tips Manda Panda kalau sedang berlibur adalah TIDAK NGOYO. Begitu kami terbang pagi, siang menyempatkan untuk check-in dan lalu istirahat sebentar. Kebetulan di dekat Hotel 81 Dickson ada Masjid Abdul Gafoor yang cuma tinggal jalan kaki saja dan Panda sekalian menunaikan solat Ashar di situ. Melanjutkan menyusuri jalanan di Singapura, niat jogging pun kesampaikan. Kita menuju ke Kampung Glam dan menikmati sore di sini dengan sajian kuliner halal yang bisa dinikmati dengan bebas. Tetep ya kita harus cari logo HALAL supaya yakin ya. Cara paling cepat adalah tanya ke google, kuliner enak di kampung glam.


Sore di Masjid Sultan, Kampong Glam


Pacaran Halal di Kampong Glam Cafe



Lanjut Belanja Oleh-Oleh di Mustafa Centre




Yeaaayy! Tercapai keinginan jogging yang asyik di Singapore ini. Alhamdulillah, escape tipis yang bisa memaksa kita jalan kaki sampai 13,732 langkah. Sehat sambil seneng-seneng. Hari pertama saatnya belanja oleh-oleh supaya energinya untuk jalan dan membawa beban masih ON. Trus kita bisa mulai packing dan menata isi koper mulai dari hari pertama. Tapi ya itu tadi, setelah jogging timbullah lapar dan sudah siap nasi Briyani dan omlete bisa disantap dengan take-away saat tadi di Kampong Glam.
 

Sampai ketemu di cerita hari kedua yang lebih seru ya! Jangan lupa selalu bersyukur dan percaya pada dengan ikut berbahagia dengan kebahagiaan orang lain, kita akan dicukupkan bahagianya oleh Alloh SWT. Mendoakan baik untuk orang lain, maka doa baik lebih banyak akan kembali kepada kita. Masya Alloh Tabarakalloh. 


No comments

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda