Monday, 5 January 2009

Prosesi Panggih Adat Jawa

proses panggih pengantin jawaPANGGIH dan RESEPSI

University Club (UC) UGM,
Juli 2008


Upacara PANGGIH yang diselenggarakan pihak pengantin wanita dipergunakan untuk melengkapi serangkaian proses pernikahan adat Jawa. proses panggih pengantin jawaPihak keluarga laki-laki membawa PISANG SANGGAN dan membentuk barisan kirab untuk ngombyongi pengantin laki-laki. Salah satu wakil keluarga dari pengantin laki-laki menyerahkan pisang sanggan ke ibunda pengantin wanita.
proses panggih pengantin jawa
Kembar Mayang
Selanjutnya pembawa KEMBAR MAYANG dan wakil keluarga pengantin wanita juga membentuk barisan kirab untuk ngombyongi pengantin wanita. Selanjutnya masing-masing calon pengantin berjalan menuju pintu utama dengan digandeng oleh wakil keluarga pengantin wanita untuk dipertemukan di depan pintu masuk.

proses panggih pengantin jawa
Panggih
Rangkaian prosesi PANGGIH diawali dengan BALANG-BALANGAN SURUH. proses panggih pengantin jawaKemudian MEMBASUH KAKI pengantin laki-laki sebagai tanda berbakti istri pada suaminya. Setelah itu, kedua pengantin bergandengan "kelingking" memasuki gedung diikuti kirab keluarga pengantin laki-laki dan pengantin wanita.
prosesi panggih pengantin jawa
Rangkaian acara berikutnya berada di pelaminan. Setelah sungkem kepada kedua orang tua mempelai laki-laki maupun mempelai wanita, kami melanjutkannya dengan menerima uang berupa padi-padian dan kacang-kacangan dari suami untuk diterima dan dibuntel oleh istri yang kemudian diserahkan kepada ibunda pengantin wanita.

Dan rangkaian upacara panggih ditutup dengan DULANG-DULANGAN. proses panggih pengantin jawaPengantin laki-laki menyiapkan nasi untuk istri sebagai tanda dia bertanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan istri. Seluruh rangkaian prosesi panggih sudah kami lalui dan inilah potret bahagia keluarga besar kami berdua.
Mohon doa restunya,
Semoga rumah tangga kami menjadi rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rohmah dan cepat dikaruinia momongan. Amien.
salam,
proses panggih pengantin jawa
Elton Ima
elton - ima

No comments:

Post a Comment

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D