Sunday, 4 January 2009

Prosesi Siraman Adat Jawa

Prosesi Siraman Adat Jawa

5 Juli 2008

prosesi siraman adat jawa

Melanjutkan wisata kulinerku di Soragan Castle bulan Februari lalu, dimana aku telah resmi dilamar oleh lelaki terbaik yang Alloh jodohkan untukku. Amien.


Pernikahan kami adalah pernikahan pertama untuk kedua keluarga besar kami. Gaya Yogyakarta kami sepakati untuk diangkat sebagai tema pernikahan kami. Bersyukur kami dibantu oleh Wedding Organizer (WO) "Bunga Kinasih" yang dengan telaten, cekatan, profesional dan mengagumkan telah membuat pernikahan kami menjadi moment terindah dalam hidup kami. Sedikit berbagi bahwa peran mb Rina dan mb Tiwi' dari BuKin sangat membantu ibuku yang dalam hal ini pasti ribet oleh urusan tetek bengek yang merepotkan.


 prosesi siraman adat jawa


prosesi siraman adat jawaBerdasarkan pengalaman kawan-kawan dari BuKin, ibu diberi masukan tentang prioritas kebutuhan yang harus dipenuhi. Dan alhamdulillah sampai dengan prosesi Ngundhuh Mantu pihak BuKin mendampingi kami dengan sabar dan penuh pengertian. Apabila kalian sekarang sedang bingung untuk menentukan WO terpercaya, kami berdua sarankan untuk menghubungi Bunga Kinasih di (0274) 513662 atau cp. mb Rina (08122720166) .
 
  
Sesuai judul tentang prosesi pernikahan adat Jawa, berikut kami paparkan pengalaman kami melangsungkan pernikahan tak terlupakan yang telah kami lalui. Makna yang muncul dalam tulisan blog ini sesuai presepsi dan pengalaman kami sebagai pelaku peristiwa, ce i le ... Kalo ingin tahu detail dari setiap makna Jawa yang terkandung silahkan searching via google yach .. he3x.


prosesi siraman adat jawa 

Diawali dengan SUNGKEM dan NYUWUN PANGESTU kepada orang tua dan sesepuh (nenek/kakek) untuk menempuh hidup baru bersama pasangan kita. 

Harapannya semoga rumah tangga yang kita bina menjadi rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rohmah. Amien.

Setelah itu, ayah meracik air siraman dari 7 sumber dan memberi SIRAMAN terakhir pada anak gadis dan anak bujangnya. 

Rasa haru bercampur bahagia pasti melingkupi proses siraman ini. Apalagi ibu, karena ibu tahu benar betapa beratnya mengandung 9 bulan, merawat kita di saat bayi, betapa sakit menahan eyelan (ngeles) kita, betapa sayangnya ibu kepada anaknya. 

"Kasih ibu sepanjang masa, hanya memberi dan tak harap kembali".

prosesi siraman adat jawa 









prosesi siraman adat jawa

Siraman ini dilambangkan juga sebagai pemberian restu kepada calon pengantin oleh sanak keluarga atau tetangga yang pernah mempunyai hajat menikahkan anaknya. 

Setelah itu, dilakukan POTONG RIKMO oleh ayah kedua mempelai dan dilanjutkan TANEM RIKMO di rumah calon pengantin wanita. 

Alhamdulillah, semua proses siraman dapat berlangsung lancar. Kami memilih nuansa warna pink sebagai lambang cinta kita. Setelah siraman ada DULANG PUNGKASAN yang dilakukan oleh kedua orang tua kami. Di kediaman calon mempelai wanita, ada tambahan acara DODOL DAWET dengan uangnya dari kereweng. Maknanya orang tua kita memberikan suapan terakhir dan memberikan modal hasil jualan dawet kepada calon pengantin.

prosesi siraman adat jawa 
Syukurku padaMu, Ya Alloh ... memiliki kedua orang tua yang telah memberi hidup pada kami, memberikan kasih sayang tulus sehingga kami dapat berbagi kasih sayang dengan orang lain. 
prosesi siraman adat jawa 
Demikian halnya di mempelai laki-laki, prosesi dulang pungkasan juga melambangkan suapan terakhir melepad anak laki-lakinya untuk bertanggung jawab kepada istrinya.


Prosesi berikutnya adalah Malam Midodareni di kediaman calon pengantin wanita. Perjalanan ini hanya sepenggal cerita kehidupan, yang bisa menjadi sejarah dan kenangan sepanjang hidup kita. Tulisan ini untuk aura satria kami nanti kelak ketika mereka ada di dunia. 

Salam/ ima-ep

3 comments:

  1. Anonymous11:16

    Saya mau nikahkan anak lelaki sulung saya 10/12/2011. Saya butuh ucapan minta ijin anak ke orang tua untuk nikah dan ucapan ijin dari orang tua ke anak, Adakah filenya mbak>
    Lalu mecah kendi itu untuk di wanita saza atau dua duanya? Kelapanya hijau atau kuning (gading)? Kalau yang nyiramin hanya 5 dan tidak 7 apa boleh?
    Makasih ya
    maaf sekali ngrepotkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lancar acaranya ya ibu,, mohon maaf late reply ini..

      Delete
  2. Wah.. tinggal sebentar lagi ya? Semoga acaranya sukses dan lancar.. Kebetulan saya hanya punya file mohon restu anak ke org tua, silahkan tulis alamat email Sdr. ya? Untuk pecah kendi, di kedua pihak dilakukan.. kalau soal kelapa dan jumlah yang nyirami, saya kurang begitu paham.. bisa melalui google.. trimakasih..

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D