Thursday, 16 July 2015

Gubug Mang Engking, Minggir, Godean, Yogyakarta

Jogja di musim liburan, hmmm.. satu kata : MACET. Bangga dong sebagai orang Jogja, berarti kan emang beneran istimewa, sampai-sampai pada tumplek blek masuk ke kota kelahiran saya tercinta. Di Jogja ini apa aja ada, kalau dibikin listnya panjang banget. Nanti ya dibikinin rangkumannya biar makin ngeHITS kota Yogyakarta ini. Perjalanan kuliner kali ini kita ke arah Barat kota Yogyakarta, tepatnya di Sendang rejo, Minggir Sleman Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta, kita menuju ke arah Godean, lurus terus ke Barat sampai pasar Godean (banyak penjual belut di sepanjang jalan), masih ke Barat lagi dan perempatan berikutnya belok ke kanan (ke Utara).

mang engking
Mang Engking, Minggir, Sleman

Kuliner Jogja banyak banget, salah satunya yang terkenal adalah udang bakar madu.


Menuju Gubug Mang Engking di Minggir ini lumayan jauh dari pusat kota Yogyakarta, dengan estimasi kemacetan kurang lebih 1 - 1,5 jam untuk bisa menjangkau lokasi. Tapi pantas untuk dicoba karena masakannya enak dan tempatnya asyik banget untuk acara partai kecil maupun partai besar.

Gubug Kecil

Memasuki resto Gubung Mang Engking ini, kita akan diarahkan oleh karyawan ke tempat duduk yang sesuai jumlah orang yang akan makan. Sepanjang kita memasuki gubug makan Mang Engking ini, yang terlihat adalah gubug-gubug dengan furniture meja dan kursi yang terbuat dari kayu dan bambu. Berasa adem melihat furniture yang menyatu dengan alam. Pilihan tempat duduk disediakan mulai dari pilihan gubug kecil sampai gubug yang berukuran besar. Gubug-gubug yang terletak di pinggir kolam, dilengkapi dengan pilihan bagian kaki meja yang bolong atau yang bisa untuk selonjoran atau yang bagian kakinya bisa ditekuk dengan dasar kolam.  Di semua gubug, bagian tepinya ada teras kecil untuk menjaga tercebur bagi yang membawa anak kecil. Disediakan pula kantong plastik makanan ikan (jadi kasih makan ikannya nggak dari sayur lalapan atau nasi yang kita pesan) *bikin kotor kolam*.

Gubug Bulat dengan Kursi



Di bagian tengah ada gubug bulat yang luas, terdiri dari kursi-kursi yang disiapkan bagi yang tidak suka lesehan. Di gubug bulat ini, bisa dipakai untuk acara yang melibatkan partai besar untuk acara trah atau syawalan. Karena ornamen bambu yang menghiasi hampir keseluruhan resto gubug mang engking ini, kesan resto sunda begitu melekat di sini. Bahkan di bagian depannya ucapannya : "Wilujeng Sumping", hehehehe.

Gubug Besar Lesehan

Bukannya sedang jadi peragawati lho ini, isengnya panda jeprat jepret aja sekaligus kasih tahu betapa luasnya gubug-gubug yang disediakan untuk partai besar lesehan di resto ini. Di setiap gubugnya disediakan kran cuci tangan yang memudahkan pelanggannya untuk makan dengan tangan *kebayang menunya udang, ikan, dan kepiting*

Kran Cuci Tangan

Di gubug yang kami pilih untuk duduk, suasana yang relax dengan sejauh mata memandang tampak kolam, sawah dan pemandangan yang sejuk khas pedesaan. Kulineran yang sekaligus memanjakan mata, tentunya asik untuk mengambil beberapa jepretan foto di suasana yang seperti ini. *jangan lupa bawa DSLR ya*

Pemandangan Sekeliling

Sambil menikmati pemandangan, jangan lupa untuk memesan menu makannya ya.. Di sini tersedia jenis menu masakan yang menjadi favorit kami, yaitu :
  1. Udang goreng sedang
  2. Udang bakar madu sedang
  3. Ikan gurameh goreng/asam manis
  4. Kepiting saus tiram/asam manis
  5. Cumi goreng tepung
  6. Karedok
  7. Sambal terasi dedak
  8. Es cincau
  9. Kelapa muda
Spesialis Udang dan Terasi Dedak



Menu udang bakar madu menjadi favorit di resto Gubug Mang Engking ini, rasa manis agak pedas bercampur gurihnya daging udang yang menyatu merasuk sampai ke kulit udangnya, apalagi penikmat sejati udang yang bisa menikmati sampai kepala udangnya yang gurihhhh laziiizzz...

Beruntung hanya manda yang tidak alergi udang, jadi bagian udang-udangan porsinya panda bisa diambil manda, hehehe. Kalaupun panda mau 1 atau 2 ekor udang, bagian kepalanya dikasihkan ke manda.. Wuiihh seperti dapat harta karun ni kepala udang bakar madu yang nyaaammm.

Menu Makan Siang di Mang Engking


Selain karedok *selalu bilang tingkat pedasnya ya* karena kalau tidak bilang, karedoknya akan pedas sekali, huhah deh.. Menu sayuran yang lain selain karedok adalah sayur asam, tempe tahu dan ca kangkung. Secara keseluruhan enak tanek memasaknya. Semoga kokinya tidak berganti atau dibajak resto lain, hehehehe.

Kepiting

Nah, giliran ke Mang Engking yang sorak sorak itu manda, udang dan kepitingnya TOP banget dan kedua jenis masakan ini adalah alerginya panda, hehehehe. Sudah siap pastinya membawa serta cetirizin dan usahakan pilihan minumannya kelapa muda murni *tanpa es dan tanpa gula*

Selamat berwisata kuliner di Jogja Barat ya...

Gubug Mang Engking

Sendang rejo, Minggir, Godean
Sleman, Yogyakarta
Telp. (0274) 7489 732

Selain di Minggir, ada juga Mang Engking di Soragan Castle.

11 comments:

  1. elton21:03

    Kesana lagi yuukkk...tapi setelah lebaran...biar gak penuh...

    ReplyDelete
  2. Nyam...nyam, foto2 nya menggoda mb... Jalur alternatif ke mang engking...bisa lewat jl magelang mb ( klo yang dr arah magelang/semarang)... Perempatan/trafict light tempel-jl. Gendol-arah minggir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bunda, bisa dari sana.. kalau saya ambil jalur utara lewat p4an Wahidin ke Barat, lewat cebongan dan lebih dekat.. iyaaa untung pas habis sahur liat menu2nya ya mba.. *_* salam kenal

      Delete
  3. kalo di semarang aku juga sukanya pesen yang nomer 2 itu mbak, hmm enak jadi pengin kesana nih

    ReplyDelete
  4. jadi ngile liat hidangannya mak ;)

    ReplyDelete
  5. enak yah tempatnya depan kolam.
    jadi pengen coba kesana juga :D

    ReplyDelete
  6. Iiiih.. suasananya asik bangeeeet... Makanannya juga looks yummi semua..

    ReplyDelete
  7. Ya..semoga kokinya nggk dibajak restoran lain. Biasanya tangan-an, beda orang yang memasak beda juga rasanya. Kalau di lihat nama restorannya sih makan di sana berasa ada di tanah Sunda ya bukan di Jogja. Tapi yang pentingkan rasanya... Hmmm foto-foto mennunya menggugah selera saya untuk berkunjung ke sana apalagi dengan view yang keren banget.

    ReplyDelete
  8. gubug mang engking yang pernah saya coba, yang ada di soragan castle udah aku tulis di disini, kalo yang pusatnya di minggir belum pernah. emang enak apalagi udang bakar madu nya itu hmmm.. jadi pengen kesana lagi

    ReplyDelete
  9. Konsepnya kece banget. Makanannya juga nampak enak slruupp

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D