Tuesday, 21 July 2015

Peralatan Minimal Untuk Membuat Kue Kering

Jalan-jalan kali ini kita ke dapur manda yang baru pingin berbagi cerita tentang serba-serbi alat yang menurut manda perlu dipersiapkan untuk berani eksplorasi ke dapur, terutama mencoba resep sederhana yang anti gagal. Sengaja dipilih peralatan minimal untuk berani membuat kue kering, karena tulisan ini hasil sebulan kemarin menyibukkan diri di dapur manda. Sebelum memulai membuat kue kering, sepertinya perlu persiapan peralatan minimal untuk bisa berhasil membuat kue kering yang paling mudah dan anti gagal.

Peralatan Minimal Membuat Kue Kering


  • Timbangan Dapur
Jenis timbangan dapur ini ada dua macam (boleh punya salah satunya ya), kebetulan manda punya dua jenis dan masing-masing bisa dijelaskan keunggulannya. Setidaknya bisa jadi bahan referensi kalau mau membeli jenis timbangan yang mana ya..


tokopedia
Timbangan Model Geser

Bersyukur banget dapat tanda cinta pas perpisahan di Aachen dibawain timbangan unik yang memudahkan menimbang bahan membuat kue kering. Timbangan geser dari teh intan ini, mudah banget dipakainya. Keunggulan timbangan geser ini adalah :
  1. Bisa memakai apapun wadah bahan yang mau ditimbang.
  2. Setelah wadah naik, bisa digeser mulai dari nol.
  3. Memasukkan bahan pertama sesuai ukuran yang dimau.
  4. Untuk menambahkan bahan kedua, cukup di wadah yang sama dan digeser mulai lagi dari nol.
Kelemahan timbangan geser ini terletak pada ukurannya yang tidak detail untuk ukuran yang kecil (misal : 10 gram) dan sudut memandang ukuran ini harus tepat, karena bergeser sedikit cara melihat ukurannya akan berubah titik nol yang dipakai acuan.

tokopedia
Timbangan Jarum

Timbangan jenis kedua yang manda punya adalah timbangan jarum. Timbangan ini sudah lengkap dengan wadah di atasnya dan jarumnya bisa dimulai dari nol dengan mengatur ukurannya di bawah wadah. Karena wadahnya sudah ada, perlu dilapisi plastik untuk mengganti setiap bahan yang akan ditimbang.

Kelemahan timbangan jarum, diantaranya :
  1. Maksimal ukuran 2000 gram saja.
  2. Wadah yang terbatas ukurannya.
  3. Ukuran yang tidak fleksibel di nol kan kembali.
Kelebihan timbangan jarum ini mampu lebih detail melihat ukuran yang kecil (seperti 10 gram).
  • Gelas Ukur

tokopedia
Gelas Ukur

Gelas ukur yang manda punya ada versi dari plastik (sebenarnya tumbler ada ukurannya juga bisa) dan ini adalah versi dari kaca. Gelas ukur ini biasanya menghitung bahan yang berasal dari cairan, misal : susu dan air.
  • Peralatan standar
alat kue kering
Peralatan Dapur Minimal

Peralatan standar ini meliputi wadah plastik atau aluminium untuk mencampur bahan, loyang, pengaduk dan alat memasak seperti wajan teflon. Pengaduknya bisa berupa sothil kayu atau sothil plastik.

  • Oven

tokopedia
Oven Listrik

Jenis oven untuk memanggang ini beragam, bisa oven listrik yang ukuran dan waktunya sudah otomatis bisa tersetel. Atau bisa dengan oven yang ditaruh di atas kompor. Timernya bisa dibeli terpisah dari ovennya dan banyak di toko-toko peralatan dapur. Hal yang perlu diingat tentang oven adalah perlu ditancapkan dan dihidupkan terlebih dahulu sebelum dipakai memanggang.

Pengalaman manda, adonan yang sudah siap dioven ketika dimasukkan ke dalam oven dingin, hasilnya tidak sebagus ketika oven sudah panas dan adonan dimasukkan ke dalam oven panas.

Nah, setelah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, barulah mencari resep yang mudah bisa dari googling. Oh iya, saat memilih resep yang akan dibuat, sebaiknya yang sudah pernah mencicipi ya. Biar bisa dibayangin kayak apa hasil dan rasanya nanti.

Selamat berkarya di dapur *_*

11 comments:

  1. pengen beli oven belum kesampaian nih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, saya juga pingin ganti mixer belum kesampaian mba.. hehehehe.. *doa khusyuk niii*

      Delete
  2. Punyaku juga masih timbangan yang geser, nih. Dulu dapetnya lungsuran dari teman pula. hehe. Buat donat, pizza dll, aman2 saja. Alhamdulillah. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ukuran yang besar, enak pake timbangan geser karen abisa di nolkan dengan berat berapa aja.. :)

      Delete
  3. Aku lebih suka gelas ukur. Nggak ribet :)

    ReplyDelete
  4. Timbangan dapurku aku gunakna klo pas bikin kue lebaran aja, selain itu selalu nongkrong di gudang, hehehe maklum jarang masak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihihi,,, samaa mbaa... jadi tahu fungsinya serbet dan tissue yaa,, *buat elap elap debu.. hihihihihihi

      Delete
  5. Di lain sisi, timbangan itu adalah benda yang sangat mengerikaaaaan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kalau itu timbangan badan, wkwkwkwkwk

      Delete
  6. Saya perlu tambahan 2 'alat' Mbak, kesabaran dan orang yang momong si kecil. Eh itumah bukan alat ya he he. Saya punyanya timbangan jarum. Dan alhamdulillah Mbak kalau dapet kado timbangan yang bagus. Karena timbangan dapur yang akurat itu harganya lumayan juga.

    Btw, sekalian mau minta di follow back ya Mbak hi hi (ngarep), baru manjat thread follow-follow an di KEB. Terima kasih :)

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D