Tuesday, 6 October 2015

Workshop di Wisma MM UGM, Yogyakarta

Perjalanan wisata kuliner kali ini berbau wisata ilmu ya sahabat tamasyaku, pingin share tentang fasilitas makanan selama workshop di Wisma MM UGM, sekalian juga pingin berbagi ilmu tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Workshop kali ini berjudul Strategi Pemasaran UKM dalam Menghadapi MEA 2015. Pematerinya dari akademisi dan juga praktisi yang ilmunya kena banget bagi pelaku UKM yang akan bersaing secara kualitas dengan negara ASEAN lainnya. Kata salah satu pemateri, "kadang kita teralu mengkhawatirkan yang kita belum tahu"

Sudah cukup familiar mendengar singkatan MEA? 


Suasana Workshop

Para pemateri memaparkan slide demi slide dengan dibantu proyektor sehingga materi presentasi dari laptop bisa di share lebih jelas ke peserta dengan ditembakkan ke layar yang berwarna putih. Workshop yang diselenggarakan oleh ASEAN Studies Centre (Pusat Kajian ASEAN) UGM. Materi workshop kali ini cukup menarik, diantaranya :
  1. Pengenalan Masyarakat Ekonomi Asean.
  2. Strategi Pemerintah dalam Menghadapi MEA.
  3. Strategi Ekspor Impor untuk UKM.
  4. Hukum Hak atas Kekayaan Intelektual.
  5. Strategi Merancang Business Plan.
  6. Strategi Branding Produk.
  7. Strategi Pemasaran Online.
Paparan-paparan di atas tidak akan dibahas dalam blog ini karena tidak sesuai niche blog, bagi yang ingin mengetahui hasil workshop bisa menghubungi penulis via email ya. Bagi yang terlanjur mengklik karena ingin tahu MEA, saya kasih bocorannya dari paparan workshop kali ini ya.

MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) adalah sebuah kesadaran untuk menjaga sentralisasi ASEAN dalam peta dunia yang semakin mengarah pada regionalism. Komitmen utama dari MEA adalah menghilangkan hambatan perdagangan jasa untuk 4 sektor jasa prioritas, yaitu : transportasi udara, e-ASEAN, kesehatan dan pariwisata.

Setiap sesi berakhir, disediakan coffee break oleh Wisma MM UGM, berupa cemilan-cemilan yang khas Jogjakarta. Kita biasa menyebutnya : jajan pasar.

Menu Coffee Break day-1

Jenis jajan pasar di menu coffee break workshop ini, diantaranya : wajik, lemper, schotel makaroni, bika, moci, kroket, prol tape dan pastinya minuman favorit manda "teh tarik ala manda". Sebenernya, saat workshop begini bau kopi sangat membuat hidung ini menyuruh mata untuk melirik termos kopi. Namun, lambung akan bereaksi ke hidung untuk tidak menyakitinya, hahahahaha. Alhasil, melipirlah mengambil teh kemudian melipir ke bagian kopi untuk mengambil creamer, jadilah teh tarik ala manda.

Santap Siang di Pringgodani Resto, Wisma MM UGM

Workshop kami berada di lantai dua dan resto Pringgodani ada di lantai satu. Akses menuju resto ini bisa melewati tangga dan lift. Makanan yang disajikan dalam dua hari acara workshop ini pasti ada menu tradisional khas Yogyakarta. Yuk intip dua hari santap siang dan ditutup makan malam dengan menu apa saja ya?

Menu Pringgodani Resto, Wisma MM UGM

Menu sayuran khas masakan di Yogyakarta, diantaranya :
  1. sop sayuran
  2. sayur asem
  3. lodeh
Menu lauk yang disediakan, diantaranya :
  1. ayam goreng
  2. gudeg , telur dan ayam opor
  3. bakmie dan acar
  4. tempe mendoan dan krupuk
  5. ikan fillet goreng tepung
  6. ayam pedes
 Minumannya juga menggugah selera untuk dicicipi, diantaranya :
  1. es degan nata de coco
  2. es dawet degan
  3. es melon
Nyaaammm,, serunya workshop bagi blogger adalah dapat ilmu sekaligus bisa wisata kuliner di Pringgodani Resto di Wisma MM UGM Yogyakarta.

Sesi Menuntut Ilmu Ala Emak-emak

Menuntut ilmu bukanlah tanggung jawab anak kecil atau remaja. Emak-emak juga perlu menuntut ilmu. Bersyukur di komunitas blogger ini ilmu-ilmunya terus dicharge dan butuh belajar untuk bisa berkembang menyesuaikan era yang sekarang. Belajar yuk!

6 comments:

  1. Proyektor kalau dirumah kita pakai buat nonton Film juga mantaabbb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah nah kok aku mikirnya sama bang Elton hahaha.

      Suka nonton juga ya ini pasti. :)

      Delete
  2. Tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat.

    Wah seru banget acaranya ya, mba

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. baru tau panjangannya mea malah aku xD

    ReplyDelete
  5. Wowowowo..ada postingan ini baru tau aku..seperti biasa fokus manda ke makanan.*sama

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D