Saturday, 28 November 2015

Wisata di Pusat Perbelanjaan

Weekend telah tiba! Waktunya bersenang-senang bersama keluarga. Wisata di Yogyakarta sangatlah beragam banyaknya. Baru-baru ini lagi booming kebun amaryllis di daerah Patuk, Gunung Kidul. Tempat wisata yang sebenarnya hanyalah pekarangan rumah orang. Tapi kabarnya kebun itu sudah nggak kece lagi gara-gara banyak bunga yang terinjak-injak. Jadilah manda mengurungkan diri buat ke sana, apalagi minggu ini manda berkesempatan buat bawa Piki, ponakan tersayang buat jalan-jalan.

Serunya Bersama Ponakanku, Piki
 
Pilihan tamasya minggu ini cukup di lokasi yang dekat saja. Apalagi wisata kota di Yogyakarta juga beragam.
Ada pilihan museum dan taman bermain yang bisa dinikmati untuk keluarga. Pilihan wisata kota manda dan Piki minggu ini jatuh pada arena mainan anak di pusat perbelanjaan. Arena bermain anak tidak selamanya memanjakan anak, dari sudut pandang manda sambil menyelam minum air, mengajak anak mengenal aneka jenis alat transportasi dan membuatnya mandiri ketika harus berada di wahana itu sendirian. Tentunya, karena wisata mainan anak ini berada di dalam pusat perbelanjaan, anak senang dan manda pun senang karena bisa berbelanja kebutuhan rumah tangga.

Mengenal Alat Transportasi


Taman bermain di pusat perbelanjaan di Yogyakarta umumnya dikelola secara serius. Permainan yang disajikan juga tidak sembarang permainan. Semua permainan ditujukan untuk menstimulasi kecerdasan anak. Seperti permainan kereta-keretaan dan kapal-kapalan di taman bermain ini. Tujuan mainan ini tentu saja untuk mengenalkan alat transportasi kepada anak. Buat anak-anak yang jarang bepegian keluar kota, simulasi naik kereta api, pesawat dan kapal dapat memperkaya pengalamannya mencoba berbagai alat transportasi.

Naik Kapal di Dalam Mall

Mainan anak lain tak kalah seru! Ada permainan mobil-mobilan yang mobilnya bisa bergerak bila dimasukkan koin. Anak-anak pasti suka. Kadang tanpa perlu dibelikan koin pun, Piki bisa betah di mobil-mobilan itu. Mungkin dalam imajinasinya dia sedang balapan mobil ya? 

Bawa Mobil Ala Piki

Selain mobil-mobilan, mainan koin di pusat perbelanjaan ada yang berbentuk binatang seperti kuda, gajah, bebek, dan kelinci. Bentuk-bentuk hewan ini bisa dimanfaatkan para orang tua untuk mengenalkan berbagai macam hewan kepada anak. Terutama buat anak perkotaan yang mungkin jarang bertemu langsung dengan hewan-hewan. Setidaknya lebih aman karena digerakkan oleh mesin sehingga tidak perlu pawang, hehehe.

Naik Kuda


Permainan di pusat perbelanjaan memang seru dan mengasyikkan. Tapi, jangan sampai keceriaan bermain di pusat perbelanjaan menjadi luntur karena kurangnya persiapan dari anak dan orang tua. Apa saja sih persiapan yang dimaksud? Berikut manda rangkum tiga persiapan mengajak anak bermain di pusat perbelanjaan.

Persiapkan kesepakatan dengan anak. Buat perjanjian dengan anak sebelum bermain. Ini yang paling utama. Biasanya anak kalau sudah asyik bermain jadi lupa waktu dan lupa segala-galanya. Akibatnya, setelah waktunya habis, anak enggan pulang dan malah berujung ngambek. Jadi, buat perjanjian dengan anak sebelum mulai bermain. O iya, kami sepakat untuk tidak membolehkan Piki bermain mandi bola. Bukan apa-apa, hanya karena nggak yakin kebersihan bola-bola di situ. Mending buat kolam mandi bola sendiri. Nah, ini harus disepakati dulu oleh Piki. Jadi nggak bakal ada deh drama si Piki jejeritan minta mandi bola. 

Main Pesawat Aja

Persiapkan uang. Tidak ada permainan gratis di pusat perbelanjaan. Jangan sampai anak kecewa karena kita ternyata lupa membawa uang. Kayaknya sepele sih, tapi siapa tahu aja kelupaan bawa dompet. Kan bisa gigit jari aja di lokasi, hehehehe. Satu koin permainan berharga kurang lebih 1500 - 2000 rupiah, tapi lebih untung beli paketan. Kalau tidak salah 20,000 - 50,000 rupiah sudah dapat bayak banget koin dan sampai kita bawa pulang karena kebanyakan.

Berkereta Api

Persiapkan kebutuhan anak. Pertimbangkan jam waktu bermain anak. Kalau sudah waktu makan, anak ditawari makan. Biasanya anak kalau asyik bermain jadi lupa waktu. Nah, jangan sampai ya anak terus kelupaan makan karena asyik bermain. Kebutuhan lain seperti baju ganti juga sebaiknya dipersiapkan. Kita kan nggak tahu insiden apa yang bisa terjadi selama permainan. Kalau manda biasanya membawa jaket, topi, air minum, dan cemilan. Habis main di wahana biasanya haus dan lapar lho yaa..

Banyak yang menganggap permainan di pusat perbelanjaan itu menghabis-habiskan uang dan tidak berguna. Padahal bermain di pusat perbelanjaan dapat membantu proses pembelajaran anak. Dari sudut pandang saya, kesepakatan selama bermain di pusat perbelanjaan akan membantu anak belajar tentang konsekuensi. Melatihnya berani sendiri untuk mandiri di atas wahan mainan yang kita nggak bisa ikut naik. Permainan berbagai bentuk di pusat perbelanjaan juga dapat menambah perbendaharaan anak tentang lingkungan sekitarnya, seperti berbagai macam alat transportasi dan hewan. Seru kan? Piki senang, manda juga senang karena sudah selesai berbelanja kebutuhan rumah.

Shopping Time

8 comments:

  1. Manda2..mau dong gantiin piki diajakin mainan kapal..hehe..
    Kl ais doyannya mandi bola..emaknya gak kepikir masalah higienitas..tp selain mandi bola dia juga suka panjat2an di sekeliling arena mandi bola, jd gak ngubek2 di bola trs..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah baca berita tentang ular di wahana mandi bola mak.. jadi nya waspada, hehehehe

      Delete
  2. klo di pust perbelanjaan ada wahana maiann tur murah meriah, bisa - bisa si kecil gak mau di ajak pulang tuh mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau piki malah kebanyakan suka paket koinnya mak rie..

      Delete
  3. Anak anak mending diajak aktifitas keluar ruangan kayak gini meski sekedar mainan. soalnya kalau dirumah ujung2nya main game atau nonton TV aja.

    ReplyDelete
  4. serunyaaa main bareng piki, anak2ku juga suka bangeet iajak main gini, ngga mau baliik hihihi

    ReplyDelete
  5. Haiii Piki... yuk main sama Lala :)

    ReplyDelete
  6. Banyak mainan di mall. Suka yang main kapal-kapalan itu.

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D