Thursday, 7 April 2016

Mengenal Lebih Dekat Travel Blogger, Danan Wahyu Sumirat

Danan Wahyu Sumirat

Ngulik seorang travel blooger yang hobi membuat video narasi bertajuk Jalan2Cuap2, dari pengalamannya piknik cantik mengulik hotel dan tempat makan. Yuk simak interview manda dengan pemilik blog www.dananwahyu.com.



Hai mas danan, salam kenal yaaa, kalau boleh tahu, sejak kapan mas danan mulai ngeblog dengan niche travelling?

Ngeblog 2010, Nulis jalan jalan 2011, karena mau nulis yg lain ngga bakat. Pernah nulis cerepen gagal, puisi apalagi.

Mas danan, inpirasi bikin vlog atau youtubers tentang traveling itu otodidak atau ada ilmu yang harus dipelajari?


Otodidak mbak. Dari yg ala ala awalnya, isinya muka saya semua sok presenter, tapi selalu bikin video pas travelling. Mulai fokus belajar dua tahun lalu. Gara garanya ada resor di batam kasih tantangan bikin video. Kalo mereka ada produk kaya dinner atau perayaaan aku ditantangin bikin video, meski ngga dibayar.

Boleh tahu, cara mas danan berbagi waktu nggak? Kapan harus travelling, kapan harus memvideo, kapan harus edit foto dan video, kapan publish dan berapa lama dari jalan-jalan smpi tulisan itu publish?

Travelling kalo libur termasuk weeknd. Nulis biasanya malam setelah jam kantor. Ngedit video kalo weekend lagi ngga jalan aka piknik. Gara gara video ala alaku bnyk yg ngira aku kerja di media atau ph.  Padahal kerjaanku ngga ada hubungan dengan media. Kalo jalan jalan sampe tulisan di publish, nggak tentu. Kadang sebulan ditulis, kadang setahun, ada dua tahun.  Kalo jadwal pasti antara nulis dan video ngga ada yg pasti. Tapi semua dikerjakan pas usai jam kantor dan tergantung mood. Tapi biasanya, ngga langsung publish.

Kereen yaaa, video membawa berkah.
Bener, dan sekarang udah mulai dibayar. Meskipun demikian, tedensi utama saya  bukan uang. Karena suka aja bikin video gara-garanya dulu pengen jadi sutadara atau bikin film.


Boleh tahu aktivitas mas danan selain ngeblog?

Saya pegawai swasta, bidang oil n gas, di pipeline departemen. Jauh banget kan dari ngeblog. Mas mas kantoran yg ngga punya banyak libur, kalo boleh milih aku mau di lapangan kaya empat thn lalu. Pola kerjanya enak 2 minggu kerja seminggu libur. Tiap bulan bisa jalan jalan

Wow! Dengan aktivitas kerja dan ngeblog menjelajah pulau masih sempet ya mas, rahasia sehatnya apa mas?

Biasa aja .... Selalu berpikir positif dan bahagia. Itu aja... Skrg aku juga cuma travelling pas weekend setelah pindah ke batam. Gaya jalan ekstrim bpc (baca : backpacker) berubah jadi flaspacker.  Dulu anti piknik mainstream kaya ke singapur Malaysia, skrg ya mau ngga mau. Dari batam itu yg paling mudah dan murah, ngga harus cuti.

Jadi, rahasia konsumsi vitamin dll, gak ada ni mas?

Engga. Maunya sih lebih langsing wkakakkak. Dulu jaman di lapangan aku punya target nurunin bb sblm jalan, travelling yg bikin semangat olahraga. Biar bisa nikmatin traveling stamina harus fit.

Nah, penasaran dengan video-video yang dibuat oleh mas Danan selama travelingnya? Bisa intip Youtubenya di https://www.youtube.com/user/dananwahyu ya..


Salah satu yang bikin semangat ikut arisan blog adalah mengenal sesama blogger dan jadi ikut termotivasi dengan alasan dan tulisannya di blog. Kalau untuk mas Danan sendiri, ngeblog itu seperti apa ? dan apa harapannya menjadi seorang travel bloger/vlogger?

Ngeblog itu kaya semangat hidup. Ketika punya blog kita akan terus kreatif membuat karya, menulis, membuat catatan, dan hidup lebih berawarna. Kadang blog jadi pelarian pas jenuh kerjaan teknikal. Harapan sih pengen keliling dunia dan video jalan jalannya ngga cuma di indonesia aja. 

Pertanyaan yang agak serius ni, hihihii.. Sekarang kan banyak ni blogger dengan identitas yg bermacam-macam. Bahkan saling melempar opini, baik itu tentang job review, goodie bag, sampai blogwalking. Menurut mas Danan, mas Danan sendiri punya identitas sebagai blogger yang kayak apa? dan dari kacamata mas Danan, blogger itu seperti apa?




Hahahaha aku apa ya. Kmrn sihh gegara gaya jalan berubah krn hampir tiap bln trip genit ke singapura bikin tagline #jinjinghermes. Eh kata tmn tmn jadi brand #jinjinghermes. 

Aku sih pengennya jadi blogger yg mendokumentasikan lengkap. Ngga cuma tulisan tapi video. Tapi kalo boleh sedikit curhat agak miris dengan suasana blogger yg terlalu komersil, sampe rebutan job, jegal-jegalan job, yang miris sih fenomena lomba palsu. Lomba blog pemenangnyanudah di-create dari awal. Misal pemenangnya 10 dan ternyata 5 udah pesenan blogger hits ibukota. Tapi sudahlah org punya rejekinya masing-masing.  Aku balik ke awal ngeblog untuk apa, untuk hobi ma seneng-seneng.
*percakapan ditayangkan sudah seijin mas Danan.

Apa pesan mas Danan untuk seluruh travel blogger khususnya dan blogger dunia pada umumnya?

Tetaplah berkarya tanpa pamrih. Wakakakakaka ngga mungkin banget ya. Entar aku dikeplak dengan orang yang kerjaaan utamanya sebagai blogger.

Selanjutnya di sesi berikutnya, saya juga membuat interview dengan mba Dian www.adventurose.com dan teh Lina www.linasasmita.com. Tapi sebelumnya, saya memberi pertanyaan yang sama ke mas Danan, lalu kita cocokkan sama-sama yaaaa…


Sejak kapan mas Danan kenal mba Dee dan teh lina? dalam komunitas apa?

Kenal mbak dian dan mba lina dua tahun lalu pas pindah ke batam, karena sesama blogger. Waktu itu blm ada komunitas blogger kepri. Tapi mbak lina n dian kan termasuk sesepuh blogger batam. Dari ngobrol dengan blogger lain, akhirnya kita bikin komunitas di akhir tahun 2015. 

Menurut mas Danan, mas danan itu seperti apa sih di mata sahabat blogger di batam? 

Hahahaha.. mungkin aku orgnya agak cerewet banyak ngomong. Danan itu orgnya rame, wakakaka, ngga ada danan ngga seru!

Mas danan seperti apa sih, dari kacamata org yg baru kenal. seperti kalau ima ketemu di jalan sama mas danan, tiba2 jadi tahu kl itu mas danan.

Hahahaha aku kalo kesan pertama kayaknya serem n sombong.  Habis wajahku kaya preman. Hahahahha, aku gendut. *Dan setelah dipaksain untuk menyebutkan 10 hal baik yang ada di diri seorang Danan Wahyu Sumirat* Berikut ya deskripsi laki-laki mapan yang masih single ini : 
  1. Kreatif
  2. Aktif
  3. Open minded
  4. Multi talenta
  5. Terbuka
  6. Ngga bisa diem
  7. Suka gagal fokus Karena kebanyakan ide
  8. Penyayang
  9. Sensitif gampang baper
  10. Mudah bergaul
Widiiwwww sukaaaakkkkk. Nah gituuu dong, semogaaa abis tulisan ini diposting, bulan depan langsung ada kenalan dan berjodoh ya mas. aaamiinnnn. Kakak2nya komporrr niiiiii..  *maafkeeunnnn. Aminnnn.


Yuk kita simak kroscek antara mas Danan, mba Dian dan teh Lina berikut ini.

Sejak kapan mba Dee dan teh lina mengenal Danan Wahyu Sumirat? Kalau boleh tahu, dalam komunitas apa?

Dian Radiata 
Aku kenal Danan udah cukup lama.. baru sekadar kenal lewat blognya aja. Sampe akhirnya dia pindah tugas ke Batam. Pertama kali ketemu lgsg waktu Danan jadi pembicara di acara Sharing session menulis & fotografi. Dari situ jadi makin sering ketemu. Kami sama2 gabung di komunitas Anak Pulau, Blogger Kepri & KI Batam. Pertama kali ketemu 1 Maret 2015... hehehe... ada di blog soalnya.

Lina Sasmita
Aku kenal Danan kayaknya tahun 2013 apa 2014 ya? lupa. Pokoknya pas dia menang acara Adifa FOI. Menginspirasi, soalnya tulisan dia banyak bgt. Tau-tau dia pm aku dan bilang mau pindah tugas ke Batam. Wah, seneng banget! Ketemuan dan makan bareng di Warung Sunda Bu Joko Batam Center. Terus aku undang dia jadi pembicara di acara jurnalistik anak2 Karang Taruna Kawasan Industri Muka Kuning. Dan pertemuan selanjutnya di event OPPO. Segrup di Grup WA Blogger Kepri, Grup karaoke dan grup gossip.

Menurut mba dee dan teh lina, kalau orang akan bertemu mas Danan, trus tanya ke kalian berdua. Bagaimana kalian mendeskripsikan seorang Danan Wahyu sumirat?

Dian Radiata
Danan itu orangnya seru, rame, dan ceplas ceplos. Danan itu orangnya ceplas ceplos dan apa adanya banget... Mungkin bagi orang yg baru kenal bakal kaget karena omongannya yg terkesan ceplas ceplos itu. Tapi ya itulah Danan dengan segala sikap dan omongannya yg apa adanya..

Lina Sasmita
Dia orangnya supel mudah bergaul dan sering bercanda. Dekat dia sering ngajak ketawa-ketawa. Ngakak maksudnya, hihihihi.

Selama pertemanan ini, hal apa yang berkesan dari masing2 kalian terhadap seorang Danan Wahyu? Dan pengalaman apa yang paling berkesan dari mba Dee dan mba Lina selama berteman dengan mas Danan?

Dian Radiata
Yang berkesan banyak siih... Termasuk curcolan2 kami selama ini.. Banyak event yang sudah kami datangi bersama, diantaranya : foto ama Danan waktu dia jadi pembicara di acara sharing session Menulis & Fotografi di Plaza Batamindo 1 Maret 2015, foto ama Danan & tmn2 Blogger Kepri di acara OPPO FYI Experience, foto di Pulau Tunjuk waktu acara Fun Day KI Batam, yang terkesan foto candid dari Danan waktu aku ngajar di KIB hinterland. Aku suka bgt foto ini...


Lina Sasmita
Aku suka foto-foto Danan dan tampaknya ia juga cocok jadi fotografer, yg jelas youtubers hihihihi. Videonya juga keren-keren, makanya aku usulin dia ikut CJ.net dan senangnya udah tayang di CJ. Bahagia deh!

Cuma satu keinginanku buat Danan. Cepetan cari pasangan. * tulis ya Mbak Ima. Pasangan hidup maksudnya. Biar jalan-jalan dan travelingnya sempurna. Ikut mengaminkan doa teh Lina yuk.

Nah, demikian interview mengenal dekat seorang TRAVEL BLOGGER, Danan Wahyu Sumirat. 

Keep traveling, keep blogging, and keep sharing!

21 comments:

  1. Mas Danan itu.... Eh gak ditanya ya aku? Hahaha. Yang jelas temen ngerumpi yang asyik hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh, kalian ngerumpi? oh nooooooo! hahahahaha. Yang drumpiin siapa? *kepo mode on.

      Delete
  2. Saya kenal mas Danan setahun lalu (April 2015).. wah ndak terasa e sudah setahun mengenal mas danan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaay, selamat ulang tahun ya! Loh.. Seru ya pny temen mas Danan?

      Delete
  3. Kak danan sosok yg humoris...kehadirannya selalu bikin suasana rame....pokoknya kak danan itu sosok senior blogger yg menyenangkan deh...

    ReplyDelete
  4. Hwaaaah.. Kenal banget ama mas blogger vligger satu ini.. Kantor kami sebelahan lho.. Dan doi suka banget ngomong nista.. Huahahahaha

    Pernah bobo bareng (bobo di resort yang sama maksdnya), jalan bareng bahkan galau bareng saat liat pesta kawinan.. Wkwkwj

    Mas Danan kocak, gokil, nista dan baik.. Hwahahahah..

    Regards,
    catatantraveler.com

    ReplyDelete
  5. Aku suka liat cowo dibehel hahahaha, langsung fokusku ke situ >.<

    ReplyDelete
  6. Jiahaha ditayangkan sampe ke akar-akarnya dari titik hingga koma tanpa editing nih Mbak Ima. Aku typo itu loh nulisnya. OK gpp yang penting pesan terakhir itu yang ingin kami sampaikan. Semoga Danan lekas dapat momongan. Segera lahiran wakakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada editingnya mba lina, dirimu nulisnya di enter-enter, wkwkwkwkwwk. Typomu luwih parah kalau no editing, hahahahahahahaa. Btw, tarara tengkyu yaaa...

      Delete
    2. Eh iya, kalau no editing, itu yg disensor mau kutayangin? Wkwkwwkwkwk..

      Delete
  7. Aku juga suka baca blognya Mas Danan, keliatan sih orgnya ceplas ceplos dan bikin rame suasana.

    ReplyDelete
  8. Mbak.. satu hal yang bikin saya sangat terkesan. adalah dia nggak gila job review. beuuuh nancep banget deh :D

    ReplyDelete
  9. Ulasannya komplit sekali. Kakak Hermes toss dulu donk sesama fakir cuti :D

    *salim*

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mas Daan Sumirat
    sehat selalu dan sukses
    amin

    ReplyDelete
  11. oom Danan kece, suka makan, ga gengsi naek motor keliling kota, meski *jinjinghermes tapi ga malu pake sandal jepit. Bangga saat oom ini mampir rumahku dan mau berbagi ilmu di teras rumahku :D

    ReplyDelete
  12. blogger jinjing hermes yang nggemesin ya kak wkakakakkaka

    ReplyDelete
  13. Aku suka banget mendengar suaranya Mas Danan, indah. Pantesan ya manan penyiar sih

    ReplyDelete
  14. Aku keliatan mungil banget ya foto di sebelah Danan :D :D
    Pokoknya temenan ama Danan itu seru. Tak kenal makan tak sayang, begitu kenal rasanya pengen nendang.. hahahaha...

    Ayok mbak Ima.. kapan ke Batam? Ntar ketemuan rame-rame kitaaaa.... :)

    ReplyDelete
  15. Wah mas danan mantep banget, coba-coba ah belajar dikit2 biar pengalamananya tambah hehe

    ReplyDelete
  16. Wah,ini pertama kalinya aku tau sosok Mas Danan. Wah, jadi penasaran sama blog dan account YouTube-nya.

    ReplyDelete
  17. makasih bos infonya dan salam sukses

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D