Tuesday, 13 September 2016

Lebih Dari 20 Alasan Memilih ASUS ZenFone 3 ZE520KL



Cantiknya Zenfone 3 ZE520KL

Halo sahabat tamasyaku, menjadi blogger adalah sebuah hobi yang bisa beralih menjadi profesi. Blogger terbiasa menuliskan segala hal yang dialami sesuai pengalamannya, lalu membagikan ke pembacanya dengan harapan baik, semoga tulisannya bisa bermanfaat. Pun demikian halnya dengan saya, yang kali ini akan berbagi cerita pengalaman mengunakan smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL saat menemani saya beraktivitas menjadi seorang blogger. Kategori blog yang saya tulis masuk ke dalam niche travel blog, food blog, dan lifestyle blog.
Sebuah tulisan menjadi sempurna apabila ditemani dengan pelengkapnya seperti foto, video dan illustrasi. (Manda, 2016)


Baca juga : ZenFone 3, Kamera DSLR dalam Genggaman

Cerita yang Diwakilkan dari Sebuah Foto


Blogger dan Smartphone

Tak bisa dipungkiri bahwa indera mata yang mencitrakan apa yang kita lihat seringkali melihat banyak hal indah dan moment yang ingin diabadikan. Lalu bagaimana cara kita menyimpannya dan membagikannya ke orang lain? Ya, kameralah sebagai sebuah solusi yang bisa mewakilkan cerita dari apa yang kita lihat, seperti lukisan alam yang terpampang sempurna sebagai ciptaanNya.
 
Foto yang Mewakili Indera Pengecap

Saat indera perasa mengecap kuliner yang istimewa enaknya dan merasakan semilir angin, apa yang ingin kita bagikan agar orang lain merasakan apa yang kita rasakan?  Ya, melalui smartphone kita bisa meng-update status dan menginformasikan kepada khalayak bahwa di tempat yang sedang kita kunjungi, kita bisa merasakan hawa yang sejuk, pemandangan yang indah dan makanan yang enak.

Membaca status yang kita publish di media sosial tentunya tidaklah cukup untuk mengobati keingintahuan teman-teman kita di dunia maya. Oleh karenanya, butuh cerita pendukung yang disertai foto dan video untuk melengkapkan informasi dari sebuah pengalaman berperjalanan. Hal inilah yang membuat blogger dan smartphone menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. 



Blogger membutuhkan smartphone yang berfungsi sebagai kamera untuk mendukung tulisannya dan sekaligus menjadi alat komunikasi dan update dalam satu paket komplit.

ZenFone 3 ZE520KL

Memperkenalkan ZenFone 3 ZE520KL, smartphone keluaran ASUS yang memang diperuntukkan bagi kita penyuka fotografi. Bagi yang ingin melihat kehandalan kamera Zenfone 3 ini, dengan mengetikkan #BuiltForPhotography melalui facebook dan instagram, maka teman-teman akan mengetahui seperti apa kehandalan kamera ponsel ZenFone 3 ZE520KL.

Saya seorang selfie photographer yang suka traveling, merekomendasikan ASUS ZenFone 3 ZE520KL setelah menggunakan sendiri dan menguji coba smartphone ini. Untuk sahabat tamasyaku.com, saya akan bagikan lebih dari 20 alasan membeli ZenFone 3 ZE520KL dari pengalaman yang membuat saya jatuh cinta pada ZenFone 3 ZE520KL.

1. Mampu mencetak gambar lebih detil dengan warna alami.

Kamera ASUS ZenFone 3 ZE520KL dilengkapi dengan sensor Color Correction dan Teknologi DTI (deep trench isolation). Karena kamera adalah wakil dari mata, maka sensor diibaratkan sebagai retina mata. Sensor sangat penting dalam sebuah kamera smartphone karena mempengaruhi sempurna atau tidaknya warna dari cahaya yang ditangkap. Zenfone 3 mempunyai sensor Sony Exmor RS™ IMX298 64 MP (back illuminated) yang lebih sensitif terhadap cahaya. 




Kamera belakang smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL ini mampu mewakili mata kita untuk mencitrakan obyek yang diambil melalui lensa kamera smartphone ini. Dipadu dengan teknologi DTI  yang mencegah partikel cahaya bocor dari satu pixel pada sensor ke tempat lainnya, teknologi ini mampu menghasilkan foto sebagus objek aslinya.

2. Mampu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi.

Kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL sudah memiliki resolusi 16MP untuk kamera utama dan 8MP untuk kamera depan. Sebagai travelblogger, pada saat mengambil foto sebuah obyek, saya tidak mampu menghilangkan obyek-obyek di sekitarnya. Oleh karenanya, saya sering melakukan proses crop pada foto yang saya ambil dan lalu mengunggahnya. 

Foto Sebelum di Crop
 
Foto Sesudah di Crop

Nah, foto beresolusi tinggilah yang bisa dicetak dan dipotong dengan tanpa mengurangi keindahan foto aslinya, misalnya efeknya ngeblur atau jadi tidak fokus. ASUS ZenFone 3 ZE520KL menggunakan teknologi Pixel Master 3.0 dapat menghasilkan piksel yang 4x lebih tinggi dari yang mampu dihasilkan sensor (total mencapai 64 MP).

Dengan teknologi ini, foto-foto yang dijumpai di instagram @imasatrianto dengan menyertakan #BuiltForPhotograhy beberapa juga sudah melewati proses cropping dan hasilnya tetap terlihat bagus seindah sebelum di-crop.


3. Lensa kamera yang dilapisi Saphire Glass dengan aperture f/2.0.

ASUS ZenFone 3 ZE520KL dibekali lensa Largan 6 elemen dengan aperture f/2.0 sehingga cahaya yang dihasilkan oleh kamera cukup terang. Selain itu, perpaduan dengan software ASUS PixelMaster 3.0 membuat saya merasa dimanja sebagai penyuka fotografi. Terlebih lensanya yang sudah dilapisi oleh sapphire glass agar sejelas kristal dan tahan terhadap goresan dan benturan. Kaca safir ini melindungi lensa ASUS ZenFone 3 ZE520KL sehingga lensanya tidak mudah tergores saat bersentuhan dengan benda keras. 
 
Desain Premium ASUS Zenfone 3 ZE520KL
Bagi saya, perempuan yang menyukai traveling, kamera smartphone akan masuk ke dalam tas dan berdesakan dengan banyak barang, seperti : tongsis, bolpoint, powerbank, parfum dan kunci. Meskipun sudah berhati-hati, tetap saja seorang traveler tidak bisa terlalu ribet dan rewel soal barang-barang yang dibawanya. Makanya, perlindungan sapphire glass ini membuat saya nyaman bertamasya membawa kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL.


4. Kemampuan fokus super cepat dalam 0.03 detik.

Kamera belakang ASUS ZenFone 3 memiliki teknologi laser auto-focus yang mencapai fokus untuk close-up subjek hanya dalam 0,03 detik. Cara kerjanya menembakkan sinar laser untuk mengukur jarak dengan kecepatan kilat, dan kemudian membuat penyesuaian lensa secara cepat untuk fokus dekat secara instan. Dan ZenFone 3 laser auto-focus mencapai jarak hingga 1.2m, tiga kali (3x) lebih jauh dari smartphone lainnya!

Menggunakan teknologi teknologi eksklusif auto-focus Tritech, sebuah gabungan tiga teknologi fokus, yaitu : teknologi laser fokus secepat 0.03 detik, teknologi phase detection autofocus seperti yang dipakai dalam kamera DSLR dan teknologi continuous Autofocus untuk mengunci obyek yang selalu bergerak saat difoto. 

Perpaduan antara teknologi OIS dan fokus super cepat inilah yang membuat saya kagum pada kamera smartphone ZenFone 3 ZE520KL dalam mengambil gambar yang tidak diam. Kemampuan memproses gambar yang diambil untuk kemudian bisa dipakai mengambil gambar selanjutnya begitu cepat. Ini salah satunya, yang membuat saya meninggalkan kamera smartphone yang kelasnya di atas ZenFone 3 ZE520KL.


5. Mampu menghasilkan foto yang bebas blur.

Kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL dilengkapi 4 axis Optical Image Stabilizer (OIS). OIS 4 axis ini mampu mengompensasi getaran dari 8 arah. Ketika saya mengambil foto, keempat axis OIS ini akan menganalisa dan mencegah pergerakan tangan sehingga foto yang dihasilkan tidak blur. 

PixelMaster 3.0 memiliki kedua laser dan deteksi fase auto-focus untuk kejelasan kecepatan tinggi dan auto-focus yang berkesinambungan untuk menjaga semuanya dalam view finder yang tajam dan jernih, tidak peduli seberapa cepat atau jauh subjek bergerak.


Yeay, saya dibuat jatuh cinta dengan ZenFone 3 ZE520KL ini!

6. Mampu mengambil obyek dengan latar terang (backlight).

Kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL memiliki teknologi real time HDR yang membantu mengambil gambar dengan latar yang sangat terang (backlight) dan HDR Pro yang mampu meningkatkan kecerahan foto sampai 4x. Selain itu, Real-time High Dynamic Range (HDR) yang terdapat pada kamera ASUS ZenFone 3 ZE520KL ini dapat memperlihatkan hasil foto HDR langsung pada layar sebelum saya mengambil gambar. 

7. Mampu menghasilkan foto sealami objek aslinya.

Selain dibekali dengan sensor Color Correction, kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL dilengkapi dengan kamera flash yang tidak lagi berwarna putih, sehingga foto yang dihasilkan sesuai dengan warna kulit (skin tone) yang lebih alami. Nah, ZenFone 3 3 ZE520KL dilengkapi dengan Dual LED real tone flash agar skintone manusia terlihat lebih alami. 

Wajah Kami Berdua Tetap Alami

8. Manual Mode.



Kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL menyediakan fitur manual sehingga saya merasa membawa kamera DSLR dalam genggaman. Apa saja yang bisa kita ubah dengan mode manual ini? WB, EV, ISO, dan shutter speed. Bagi penyuka fotografi, memainkan white balance, menyesuaikan fokus sensor jarak, mengatur nilai ISO dan shutter speed adalah untuk mendapatkan tingkat pencahayaan yang sesuai dengan hasil gambar yang diinginkan, dan kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL bisa melakukannya. Dengan mode manual ini, saya bisa berkreasi lebih fleksibel dengan obyek yang ingin saya ambil gambarnya.

Mode Manual Zenfone 3 ZE520KL
 
9. Memiliki shutter speed minimal sampai 32 detik (long exposure).


Kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL sudah dilengkapi teknologi yang biasanya hanya tersedia untuk kamera DSLR profesional. Slow Speed, kemampuan untuk mengambil foto bintang-bintang di langit atau menangkap gemerlap kilatan cahaya kota di malam hari. Kamera ZenFone 3 ZE520KL mampu mengatur shutter speed minimal sampai 32 seconds (long exposure), yang artinya mampu menangkap cahaya selama maksimal 32 detik.

Pada suatu kesempatan menikmati kuliner gudeg mercon di daerah Gejayan, saya membuktikan sendiri mengambil gambar dengan teknik long exposure ini. Tips mendapatkan foto dengan teknik long exposure adalah dengan menggunakan tripod agar hasil foto yang jelas dan tidak blur. Terlebih jika kita ingin mengambil gambar foto bintang di langit hanya dengan menggunakan kamera smartphone ZenFone 3 ZE520KL. Yuk dicoba, siapa takut?

Diambil dengan Kamera Zenfone 3 ZE520KL


10. Mampu mengambil gambar hanya dengan cahaya dari 1 lilin (low light).

Mode Low light yang ada di smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL mampu mengambil gambar sebuah obyek dengan penerangan hanya dari cahaya 1 lilin saja. Kemampuan smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL bisa meningkatkan cahayanya sampai 400%. Wow!

Salah Satu Sudut Kamar
 
Bagi saya, mode low light ini sangat membantu ketika berperjalanan di malam hari. Sebagai seorang traveler tidak menutup kemungkinan kita harus mengambil gambar di malam hari. Kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL mampu mendapatkan gambar bagus di cahaya minim tanpa harus diribetkan dengan melakukan setting kamera.

Salah Satu Sudut di Hotel Tentrem Yogyakarta

11. Memiliki layar dengan resolusi tinggi yang tetap jelas di bawah sinar matahari.

Aktivitas saya saat ini lebih banyak menggunakan smartphone, dengan alasan lebih portable dan lebih mudah diakses. Selain kegiatan chatting dan browsing, saya juga menggunakan smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL untuk streaming, menonton YouTube dan bermain game.

Bermain Hay Day di Zenfone 3 ZE520KL

Kenyamanan yang saya rasakan saat melakukan banyak hal dengan smartphone ASUS ZenFone 3 karena layar ZenFone 3 ZE520KL mempunyai layar berkualitas IPS+ sehingga layar akan lebih terang dari biasanya dan tentu saja lebih hemat daya.
 
Bentang layar dari ASUS ZenFone 3 ZE520KL sebesar 5.2 inci yang sudah mendukung resolusi FullHD atau 1080p dengan kerapatan pixel yang cukup untuk menikmati konten video melalui smartphone. Kenyaman bermain game juga didukung kecerahan layar yang 600nits sehingga game-game grafik bagus akan terlihat sangat detail dan efek yang dihasilkan mendekati sempurna.

12. Memiliki 20 mode kamera dan mampu membuat foto efek bokeh.

Lokasi Hotel Tentrem, Yogyakarta

Aplikasi kamera smartphone ASUS Zenfone 3 ZE520KL memiliki 20 mode kamera, yaitu : Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Children, Low Light, QR Code, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, Time Lapse. Begitu banyaknya mode pemotretan pada ASUS ZenFone 3 ZE520KL  PixelMaster 3.0 ini membuat saya kreatif untuk mengeksplor lebih kemampuan fotografi dari kamera smartphone keluaran ASUS ini.

Beauty of Jogja from Zenfone 3 ZE520KL

Bagi saya saat ini, smartphone lebih sekedar alat komunikasi, melainkan kamera DSLR dalam genggaman, karena di kamera smartphone ZenFone 3 ZE520KL software kameranya paling lengkap dan hampir seluruh kebutuhan fotografi mobile bisa saya dapatkan di sini.

Saya sendiri ketagihan dengan mode depth of field yang mampu menghasilkan foto efek bokeh seperti pada kamera DSLR. Sudah tahu kan, kenapa saya sering berbagi hasil foto di media sosial dengan #Zenfone3ID #BuiltForPhotography sebagai informasi kepada sahabat bahwa kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL memang pantas untuk dimiliki.

Food photography with Zenfone 3 ZE520KL


13. Memiliki desain premium bermaterial kaca.

ZenFone 3 ZE520KL secara fisik terlihat begitu elegan, dengan bodi yang dibalut jubah berbahan material kaca yang membuatnya terlihat begitu mewah. Pada tampilan depan, ZenFone 3 ZE520KL full kaca berteknologi 2.5D Curve Glass yang memberi kesan premium dari smartphone ini. Kaca yang dipakai pada ZenFone 3 ZE520KL bukanlah kaca biasa, melainkan kaca buatan Corning, yakni Gorilla Glass 3. Corning Gorilla adalah lapisan kaca yang sudah terkenal dengan kekuatan anti baretnya.

Sisi Depan Zenfone 3 ZE520KL

Sisi Belakang Zenfone 3 ZE520KL
  
Pada sisi belakang smartphone ZenFone 3 ZE520KL juga dibalut dengan kaca yang sama dengan bagian depan. Balutan ini juga merupakan lapisan Gorilla Glass 3 dengan desain curve 2.5D. Di bagian atas ada fingerprint reader yang bentuknya lonjong, berbeda dengan fingerprint yang ada pada produk lain yang biasanya berbentuk bulat. Di atasnya ada kamera utama yang didampingi oleh laser autofocus dan LED. Kesan premium dan berkelas dari sisi belakang smartphone ZenFone 3 ZE520KL terlihat jelas dengan kilau kaca yang membalutnya. 

14. Otak pintar ASUS Zenfone 3 ZE520KL.

Sebagai pengguna android, pasti kita akan selalu memperhatikan RAM dari perangkat yang mau dibeli. Alasannya, RAM sangat bermanfaat untuk multitasking di perangkat Android. Selain RAM, ASUS ZenFone 3 ZE520KL sudah menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki kecepatan hingga 2GHz. Prosesor 625 ini sudah lebih dari cukup untuk membantu kita dalam memproses segalanya. Clock speed 2GHz sudah merupakan jaminan performa maksimal yang tidak perlu diragukan. ASUS ZenFone 3 ZE520KL sudah menggunakan aplikasi standar 64-bit, artinya aplikasi bisa melakukan serangkaian perintah yang lebih banyak dibanding aplikasi 32-bit. Selain itu, dengan prosesor 64-bit, kita bisa memaksimalkan RAM 4GB karena prosesor 32-bit hanya bisa memanfaatkan RAM sebesar 3GB.

Multitasking Bersama Zenfone 3 ZE520KL
 
Nah, otak pintar dari smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL membantu saya melakukan tugas sebagai blogger yang multitasking. Saya terbiasa melakukan banyak aktivitas di smartphone ASUS Zenfone 3 ZE520KL, mulai dari WhatsApp, BBM, facebook, instagram, twitter, Gmail, camera, dan browsing. Dengan multitasking yang saya lakukan, tentunya butuh smartphone canggih yang siap menemani dan ASUS ZenFone 3 ZE520KL bisa melakukannya.

15. Mampu tahan lama karena penggunaan daya yang efisien.

Smartphone ASUS ZenfFne 3 ZE520KL sudah menggunakan Android Marshmallow versi 6.0.1. Dengan hadirnya sistem operasi terbaru ini maka kita bisa menikmati berbagai fitur menarik seperti fitur penghemat baterai yang dikenal dengan istilah doze. Penulis membuktikan sendiri ketika smartphone kita sedang idle, baterai tidak akan termakan habis. Kira-kira 6 jam hanya habis 4% dari kapasitas baterai. WOW! 

Sudah tahu alasan pentingnya memiliki smartphone ASUS Zenfone 3 ZE520KL ini kan.

16. Mampu melakukan transfer data dan pengisian daya baterai yang cepat.

Smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL dilengkapi dengan teknologi USB Type-C yang terbukti mampu meningkatkan kecepatan transfer data dan pengisian daya baterai. Selain itu, dengan USB Type-C ini kekhawatiran terbalik saat menyambungkan smartphone ini dengan charger atau ke komputer saat melakukan transfer data tidak akan terjadi. 

USB Type-C memiliki kecepatan transfer data mencapai 10 Gbps. Dalam hal pengisian daya, USB Type-C mampu dialiri arus listrik dengan daya mencapai 20 Volt dan 5 Ampere. USB Type-C bisa dipakai sebanyak 10.000 kali cabut-pasang saat melakukan pengisian daya maupun transfer data. USB Type-C juga mempunyai kemampuan untuk menampilkan gambar dan suara ke perangkat layar lebih besar, seperti TV atau Proyektor.  

Bagaimana, sudah tidak ragu memilih smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL kan? 


17. Mampu terkoneksi dual sim 4G + 3G

Di jaman sekarang, terutama profesi sebagai seorang blogger yang sudah berkeluarga. Tentunya, komunikasi menjadi hal utama dalam kenyamanan bekerja. Dual sim saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari saya. Sim utama dipaketin untuk bisa terkoneksi sampai ke 4G LTE sehingga bisa memudahkan update darimana saja dan kapan saja. Satu lagi sim card yang dipakai untuk berkomunikasi, seperti : telepon, sms, line, whatsapp dan telegram.

Smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL sudah didukung 4G LTE di kedua slot SIM dimana hanya salah satu yang bisa menggunakan 4G sisanya menjadi 2G/3G. Dengan dukungan konektivitas 3G di secondary SIM, kita bisa menggunakan jaringan 3G untuk kualitas telpon yang lebih jernih. Di 4G LTE sendiri secara hardware sudah menggunakan modem yang mendukung LTE Category 7 dimana kecepatan secara teori bisa sampai 300Mbps.

18. Mempunyai kualitas audio seperti memiliki pusat audio portable sendiri.

Kualitas audio yang dimiliki oleh ASUS Zenfone 3 ZE520KL berSonicMaster dan mempunyai sertifikasi High-res Audio. ASUS SonicMaster mampu menghasilkan suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber. Bagi travelblogger seperti saya, waktu menunggu dan mengantri adalah saatnya mendengarkan musik favorit sebagai mood booster saat melakukan traveling.

19. Mampu menghasilkan video recording kualitas 4K.

Kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL adalah ponsel termurah di kelasnya yang mampu menghasilkan rekaman video hingga resolusi 4K, yaitu kualitas video Ultra HD atau empat kali (4x) kualitas Full HD. Kelebihan utama dari merekam video di standar 4K adalah semua obyek yang divideo akan ditangkap dengan tingkat detail yang luar biasa. Terbukti pada saat menonton hasil video recording-nya. 

Jangan khawatir tentang storage (tempat penyimpanan), ASUS ZenFone 3  ZE520KL sudah menerapkan High Efficiency Video Coding (HEVC) untuk menjaga ukuran file 4K UHD tetap minimum, tanpa mengorbankan kualitas pikselnya.

20. Mampu menghasilkan video yang lebih stabil dari guncangan.

Kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL dilengkapi 3 axis Electronic Image Stabilizer (EIS). Ketika saya mengambil video dari dalam kendaraan yang bergerak, ketiga axis EIS ini akan menjaga video tetap stabil dari guncangan yang mungkin terjadi.

Perpaduan antara kemampuan video recording 4K dan EIS, smartphone ASUS Zenfone 3 ZE520KL mampu menghasilkan video seperti berikut, video yang saya ambil dalam bis yang bergerak dengan goncangan bangku paling belakang di atas ban.



21. Memiliki antarmuka ZenUI 3.0

Smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL sudah menggunakan antarmuka ZenUI yang memungkinkan kita menggunakan double tap to wake and to sleep yang sangat memudahkan sekali sehingga tidak perlu terlalu sering menggunakan power button. ZenUI juga bisa dikostumisasi sehingga menghasilkan tampilan yang berbeda-beda sesuai selera kita. Kita juga bisa menemukan toko aplikasi untuk tema, wallpaper dan icon di dalam aplikasi theme.

Saat ini, ZenUI juga sudah bisa di custom untuk menggunakan 2 layer atau 1 layer saja. Kalau satu layer itu aplikasinya ada di home screen semua, jadi tinggal swipe ke kanan untuk memilih aplikasi. Sedangkan untuk 2 layer, aplikasi berada di app drawer seperti pada umumnya. Semua tergantung dari preferensi masing-masing pengguna. Selain itu, ada juga Easy Mode yang berguna bagi pengguna baru smartphone untuk belajar di satu minggu pertamanya.

Dan ada fasilitas touch gesture di Zenfone 3 ZE520KL yang memesona saya ketika menggunakan smartphone ASUS Zenfone 3 ZE520KL. Aplikasi touch gesture bisa dijumpai dari setting – ZenMotion – Touch Gesture. Touch gesture merupakan fitur dimana kita bisa mengaktifkan aplikasi dengan menggambarkan sebuah huruf di layar yang sedang sleep, dengan touch gesture ini memungkinkan kita membuka kamera dengan gesture.

Touch Gesture Zenfone 3 ZE520KL


22. Memberi kenyamanan pada mata dengan bluelight filter.

Beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan menjadi duta internet BAIK dan mendapat informasi mengenai bahaya penggunaan gadget yang mengikis lutein pada retina mata.  Bersyukurnya, ASUS begitu detil memperhatikan kenyamanan bagi para penggunanya. Hal ini ditunjukkan dengan adanya setting bluelight filter yang ada di smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL ini.

Bluelight Filter dari Zenfone 3 ZE520KL
 
Beruntung sekali memiliki smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL yang telah dilengkapi bluelight filter sehingga membuat mata saya nyaman saat bekerja dengan smartphone ini. Pengalaman saya ketika mengaktifkan bluelight filter pada saat saya berinteraksi dengan smartphone ASUS ZenFone 3 adalah  mata saya tidak pedih dan tidak mengeluarkan air mata.



23. Mampu menerima panggilan telepon dimanapun kita berada

ASUS ZenFone 3 ZE520KL dilengkapi Enhance Dual Micropone dan menggunakan teknologi Noise Reduction, hal ini memungkinkan kita menerima panggilan telepon di tempat yang banyak gangguan suara bising atau di luar ruangan, karena teknologi ini akan membuat kita tetap berbicara dengan jelas dalam keadaan yang bising sekalipun.

24. Memiliki sensor fingerprint security

Banyak hal yang membuat saya jatuh cinta dengan teknologi yang dikembangkan ASUS untuk ZenFone 3 ZE520KL ini. Bagaimana tidak, selama ini saya selalu direpotkan dengan hal-hal yang berbau keamanan smartphone. Serba salah ketika, menyimpan pin berupa kombinasi angka membuat saya harus mengingat angka-angka yang secara berkala harus diubah. Tentunya, bukan masalah tentang rahasia ketika saya memproteksi smartphone saya dengan dikunci. Lebih kepada keamanan ketika smartphone tidak sengaja tertinggal di suatu tempat dan tersimpan privacy data didalamnya. Sejak menggunakan Zenfone 3 ZE520KL, saya merasa nyaman dengan sensor fingerprint security yang hanya saya dan suami yang bisa membuka smartphone ini.

Lalu, bagaimana kalau tangan kita kotor atau basah? Tenang saja, kombinasi sidik jari ini dikombinasi dengan pattern sehingga dalam keadaan mendesak, tidak perlu sampai mempersulit sidik jari suami atau saya untuk membukanya. Menarik bukan? Itulah kesekian alasan saya jatuh cinta pada smartphone ASUS Zenfone 3 ZE520KL.

25. Mempunyai kekuatan tahan jatuh karena terlindungi metal frame berbahan alumunium alloy

Metal frame yang melindungi smartphone ZenFone 3 ZE520KL terbuat dari bahan aluminium alloy. Bahan ini cukup kuat karena merupakan bahan yang dipakai untuk pembuatan badan pesawat tempur.  Metal frame tersebut sudah menggunakan diamond cutting edge sehingga menghasilkan pemotongan yang sempurna dan sangat menarik.

Metal Frame ini sendiri yang akan sangat melindungi smartphone ZenFone 3 ZE520KL. Terbukti sudah dua kali, smartphone ini lolos dari tangan saya karena bahan glass nya yang licin di tangan saya. Selain belum terbiasa dan belum dibelikan sarung, ASUS ZenFone 3 ZE520KL ini jatuh dengan tidak sengaja ke lantai. Secara keseluruhan tidak terlihat bekas jatuh yang parah, hanya saat detail melihat akan terlihat baret sedikit karena gesekan di bagian frame tersebut. Hal ini menjadi pengalaman yang harus saya tulis, bahwa Zenfone 3 ZE520KL benar-benar kuat.

26. Mempunyai fasilitas penyimpanan menggunakan ASUS WebStorage

Smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL mempunyai dua pilihan kapasitas penyimpanan internal, yakni 32GB dan 64GB. Kapasitas ini cukup besar karena fitur App2SD sudah tidak tersedia di Android Marshmallow. Jika masih kurang dalam urusan storage, kita bisa memasang kartu MicroSD di slot SIM 2. Adapun slot tersebut mendukung kartu MicroSD hingga kapasitas 256GB. Untuk penyimpanan dokumen penting, ASUS WebStorage juga sudah tersedia di dalam ASUS Zenfone 3 ZE520KL dengan free 5GB storage ketika sudah melakukan registrasi dan semua file-file penting akan aman dari resiko gadget rusak atau hilang.

27. Tidak mudah panas.

Sebagai pengguna produk keluaran ASUS, powerbank dan smartphone, saya percaya sistem kipas pendingin yang dikembangkan oleh ASUS mampu membuat produk keluaran ASUS tidak mudah panas. Bermain game Pokemon GO atau menggunakan aplikasi smartphone dalam waktu yang lama tidak mudah membuat panas bodi smartphone ASUS Zenfone 3 ZE520KL. Baik pada saat digunakan maupun pada saat proses charging, smartphone ASUS Zenfone 3 ZE520KL ini tidak panas.

Benchmark smartphone ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Salah satu aplikasi yang paling umum digunakan untuk membandingkan performa setiap smartphone dengan produk lainnya adalah dengan aplikasi benchmark seperti AnTuTu. Berikut hasil unjuk kerja ASUS ZenFone 3 ZE520KL : 

hasil unjuk kerja ASUS ZenFone 3 ZE520KL
 

Berikutnya juga ditampilkan perbandingannya dengan performa smartphone lain yang tersedia di pasaran.



Bagi sahabat tamasyaku yang telah membaca keseluruhan review smartphone ASUS Zenfone 3 ZE520KL ini, dan berkeinginan tahu lebih lanjut tentang spesifikasi smartphone ini sebelum membelinya. Berikut saya sajikan spesifikasi teknis ASUS ZenFone 3 ZE520KL :

 
Secara keseluruhan, saya sebagai travelblogger dan foodblogger merasa sangat terbantu dan terfasilitasi dengan smartphone ASUS Zenfone 3 ZE520KL #BuiltForPhotography.  Bagi sahabat tamasyaku yang sedang mencari smartphone yang mendekati kata sempurna untuk ukuran sebuah smartphone dengan budget kelas menengah, saya merekomendasikan ASUS ZenFone 3 ZE520KL sebagai pilihan yang tepat!

Be a smart traveler with smartphone Zenfone 3 ZE520KL!

71 comments:

  1. Foto yang dihasilkan kece ya mbak, cocok buat yang hobi motret udah gitu specnya, awwww menggoda hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kamera DSLR dalam genggaman mba Titis.

      Delete
  2. Udah nyoba Zenfone 3 nya Manda..jadi percaya deh. Emang keren hasilnya. Mupeng mandaaa, tapi harganya itu lho, hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru kan mak ety, semoga bisa punya Zenfone 3 ini ya. Rejeki tidak kemana.

      Delete
  3. keren mbak.. jadi penasaran pengen explore lebih jauh soal kameranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya aja kayaknya masih kurang banyak eksplore si cantik ZenFone 3 ini. Hayuk sama2 eksplore ya.

      Delete
  4. Memang kece nih si Zenfone 3 :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya mbakNik, berkatmu aku jadi makin cintah sama DepthOfFieldnya Zenfone 3 ini. Beneran Kece!

      Delete
  5. Kan aku jadi galau, pengen upgrade ke Zenfone 3 duh. Padahal Henpon baru zenfone 2 ini baru berumur 4 bulan huhu. Salah Asus, salah Jokowi juga wkwkwk baru Launching zenfone 3 bulan September. *gigitin henpon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh lina, jadi sebaiknya memang beli lagi ZenFone 3 nya sebelum keluar seri terbarunya lagi. #eh. Ini komenmu bikin ngakak kok ada Jokowinya. Hahahhahaha

      Delete
  6. Zenfone 3 emang kece badaai, bangga deh memakainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas ihwan udah punya 2 ZenFone 3 ya, kereeeeenn! Wish me luck yaaa. *doa kenceng buat ZenBook UX305CAnya. Aaamiinn

      Delete
  7. Handdphone yag cocok buat para travel dan food blogger karena suka cekrek cekrek!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba Zulfa, nggak akan ketinggalan momen dengan laser autofocusnya. Ayuk kembaran mba.

      Delete
  8. Yah jadi mupeng kan pengen zen 3 juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja mupengin koh Deddy ni. Hehehehehe.

      Delete
  9. ini beneran kece-kece foto pake Zenfone 3... ga usah repot bawa kamera berat-berat ya mbak kalo jalan-jalan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benaaarrr dan hasil fotonya nggak kalah kan sama DSLR, asiikk yaaa!

      Delete
  10. Y ampun..27 alasan.mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi gimana makdian, jadi kembaran kan kita? #Zenfone3 kedip kedip

      Delete
  11. Zenfone 3 ini ya... Bikin jatuh cinta lagi dan lagi... pokoknya lope-lope banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa mba Dee, jatuh cinta itu sederhana ya ternyata. Hayuk kita ekslore lagi pepotoan pake si cantik #ZenFone3 ini yaaaa

      Delete
  12. Komplet banget. Aku mau dong diajak selfie pake hape itu mbak Ima :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk kapan kita kopdaran dan wefie pake #Zenfone3 ya. Aku mau diajak icip cuko Palembang.

      Delete
  13. Wohoho..built your photography Manda..Keren! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mak Juli, #BuiltForPhotography ini memang TOP bangeeettt!

      Delete
  14. Aku udah pakee zenfone 3, aku sukaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toossss roommate, aku juga sukaaaaaaa.

      Delete
  15. waaahhh keren mba manda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang keren ASUS ZENFONE3 nya mba. Hihihihi

      Delete
  16. Komplit banget, ada 27 alasan. Jadi pengen punya Zenfone 3 nih aku. Pinjam ya Manda, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma minjem nanti ketagihan lho, punya aja sendiri biar bisa dikekepin makma. Hihihihi

      Delete
  17. Kesayangan bgt ya zenfone 3 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba Nathalia, smartphone sekaligus kamera DSLR dalam genggaman ini. Terima kasih.

      Delete
  18. war biasah emang emak2 blogger satu neh, sampek mendalami kali asus zenfone 3 nya, aye masih bingung ama mode manual mbak keknya tuh yang ahli fotografi yang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah kenapa, zenfone3 ini membuatku jatuh hati jadi ngalir aja mas. Mode manualnya saya juga belajar sama Panda.

      Delete
  19. berarti benerkan isunya, yang diunggulkan itu kamera nya, namanya juga mengusung tema fotografi. harus saya akui, ini kamera bagus bener cocok buat yang suka foto2, hasil yang mencereng,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, #BuiltForPhotography ini si cantik #Zenfone3.

      Delete
  20. Mupeng. Equipment penting buat blogger ini..jampi2 biar segera punya. xixixi

    ReplyDelete
  21. Wiks wiks wikssss... ini beneran Must Have Gadget buat para blogger yak

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba Nurul, semoga pas event blogger kita bisa kembaran pake ZENFONE3 ya mba. Apa kabar? Kapan ke jogja lagi?

      Delete
  22. Keren ya gadget besutan ASUS, jadi pengen beli juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, spesifikasinya cocok untuk blogger. Apalagi Notebooknya, mupeng ni.

      Delete
  23. Wow.. Komplit ya Manda.. Dengan harga segitu, dengan perolehan spesifikasi yg lengkap begini, rasanya cukup seimbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benaaarrr mba ria, dan wajar kalau makin banyak yg jatuh cinta sama #Zenfone3

      Delete
  24. Manda, ini kumplit-plit. Wes diborong kabeh reviewnya. Sukses manda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak irul, ini baru #Zenfone3 masih ada yang kece2 dari notebooknya ASUS juga, pingin ngreview sekomplit ini juga. Hihihihi *kode

      Delete
  25. pengen punya ini mba Manda :(
    tapi belum berani soal harganya, hahahha kapan2 kapan gitu menang dapet lomba ginian kwkwkw
    itu fotonya nempel mulu berdua, bikin mupeng anak orang hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiiinnn nyiii, itu krn fotonya masih berdua, nanti kl udah se RT fotonya akan makin banyak ya Nyi, hahahaha.

      Delete
  26. Wah..wahh...
    Worth to have it niih..mba Manda.

    Great review.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agreeee. Worth to have Zenfone 3!

      Delete
  27. aku semenjak pakai zenfone 3 jadi gak malu mau mengeksplore foto2 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan belum kelar ubek2nya kecenya kamera ini yaa mba.

      Delete
  28. Wowwww...ulasannya komplit sekali. Tinggal tambah telor jadi special *ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan semoga bisa menjadi referensi untuk ganti smartphone ya bang.

      Delete
  29. Jadi gampang ya buat ngambil poto bokeh, ga perlu ribet setting sana sini tau tau udah jadi. Kalo pas ada event2 gitu kan jadi cepet yaa hasilnya.

    Menunjang buat traveling juga. Mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa ipeeeehh, saya ketagihan bikin bokeh yang nggak ribet pakai Zenfone 3 ini.

      Delete
  30. Cieh, calon juarak nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kakak, kalau boleh milih mau UX305 aja ya. Hihihihi.

      Delete
  31. Cieh, calon juarak nih

    ReplyDelete
  32. Ulasan yang sangat bikin pingin beli zenfone 3...kagum melihat kemampuan long exposure dan membuat efek bokeh..semoga ada malaikat baik hati yg menghadiahi zenfone 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga yaaa panda, yuk manda bantu doa juga. Hihihihi.

      Delete
  33. huwaa...keren, banget, yak! Tambah mupeng, nih. Bisikin harganya, sih, Manda. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4,099,000 resminya mak Nunung.

      Delete
  34. Mupeng pengen nyobain ini henpun jadinya. Ajakin akuh selpie, Mandaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan kita bisa saling selfie yaaaaa, kopdar yukkk! Miss uuu..

      Delete
  35. Replies
    1. Pas tabungannya cukup, udh ada produk kece keluaran ASUS terbaru ya via..

      Delete
  36. Wow Wow Woooww...
    Speechless beneran lihat ASUS Zenfone3. Apalagi sekarang hpku udah cepet banget panas. Memorinya pun makin menipiiss.
    Semoga ada rejeki buat ngantongin Zenfine3 ini. AMIN YA ALLAH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinnn bisa punya dan nyicip pake ZenFone 3.

      Delete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D