Wednesday, 28 December 2016

20 Alasan Memilih ASUS ZenBook Flip UX360UA

ASUS ZenBook Flip UX360UA


ASUS, Brand Notebook No. 1

Tak kenal maka tak sayang, kali ini saya memulai dengan mencoba kenal dengan brand ASUS sebelum berhasil dibuat mupeng (baca : muka pengin) dengan produk keluaran ASUS, yaitu : ZenBook Flip UX360UA. ASUS adalah TOP 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik di dunia. ASUS mendesain dan memproduksi berbagai jenis produk IT untuk memenuhi segala kebutuhan, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan, dan smartphone. ASUS juga mendapatkan TOP Brand Award untuk kategori bisnis notebook di tahun 2016. Di Indonesia, ASUS merupakan Brand Notebook No.1. Wow! Tidak mengherankan jika kemudian saya pun berhasil dibuat ternganga dengan produk-produk keluaran ASUS.

Apa saja yang menjadi keunggulan dari ASUS ZenBook Flip UX360UA?

1. Prosesor kencang dan bertenaga,  i7-6500U.

ASUS ZenBook UX360UA memiliki rangkaian spesifikasi yang sangat mumpuni yang dikomandoi oleh prosesor Intel Core i5 dan i7 generasi ke-6. Prosesor yang  dipakai pada ASUS ZenBook Flip UX360UA merupakan kelas tertinggi yakni i7-6500U, yang  dipercaya mampu memberikan kenyamanan ketika menjalankan sistem komputasi. Prosesor i7-6500U ini selain kencang, juga bertenaga.

2. Perpaduan teknologi, cantik nan elegan : slim, stylish, sophisticated.

Sisi ujung terluar notebook untuk membuka perangkat tersebut. Jika dilihat jeli pada bagian bawahnya dibuat agak melengkung sekitar 15 derajat, untuk memudahkan jari saat ingin membuka notebook. Saat menutupnya pun, bagian pinggiran bodi serta bagian atas LID cover telah dilengkapi dengan magnet sehingga ASUS ZenBook Flip UX360UA akan tertutup dengan cepat dan mudah.



3. Desain Notebook Flip yang ringan, tipis dan elegan.

ASUS ZenBook Flip UX360UA mewarisi seluruh DNA yang dimiliki oleh ZenBook Klasik. Selain bergaya flip, ZenBook UX360UA merupakan notebook dengan racikan desain yang bisa dikatakan sempurna. Ringan, tipis, elegan dan berbalut metal adalah unsur utama yang selalu melekat pada notebook satu ini. Aksen-aksen desain yang ikonik seperti gaya lingkaran konsentris dengan desain tepian yang melengkung

Ketebalan ASUS ZenBook Flip UX360UA 13,9mm dan tergolong notebook yang berukuran tipis. Bagaimana membayangkannya? Dengan mendekatkan sebuah pulpen pada sisi pinggir notebook UX360UA ini, kira-kira ketebalannya hampir menyamai pulpen tersebut.

Sebagai notebook flip yang mempunyai kemampuan diputar hingga 360°, tentunya saya sebagai calon pengguna ASUS ZenBook UX360UA perlu mencari tahu beberapa hal yang terkait detil dari engsel yang mendukung perputaran tersebut.


4. Kekuatan Engsel.

Engsel UX360UA  terbuat dari material baja karbon dengan ketebalan 4.5 mm. Material ini telah melalui pengujian ketat dengan mekanisme buka/tutup sebanyak 20 ribu kali, untuk memastikan keandalan dan kekuatannya. ASUS mengklaim, melalui standarisasi material dan pengujian yang telah dibuat, engsel notebook itu mampu bertahan sangat lama bahkan seumur hidup.

Engsel ASUS zenBook UX360UA tersebut menggunakan mekanisme multi-gear metal yang dibuat sangat presisi. Sehingga membuatnya mampu berputar sangat mulus tanpa tersendat dan menggenggam display dengan aman di berbagai sudut. 



5. Jewel Hinge pada engsel ZenBook UX360UA.

Padanan warna yang diberikan pada hinge untuk menyatukan antara bodi dan layar sangat serasi. Desain ini dikatakan terinspirasi dari sebuah perhiasan. Desain hinge atau engsel pada UX360UA dibuat lebih unggul dan diberikan nama Jewel Hinge. Saking hebatnya, desain engsel tersebut berhasil mendapatkan penghargaan pada ajang Computex 2016, yakni Best Choice Golden Award dan Computex d&i Award.

6. Hinge ASUS ZenBook UX360UA telah melewati hingga lebih dari 20.000 uji coba buka-tutup.

ASUS menyatakan bahwa hinge tersebut telah diuji coba hingga lebih dari 20.000 percobaan buka-tutup, sehingga memastikan kita dapat mengubah ZenBook Flip secara mudah dari laptop berkinerja tinggi menjadi tablet ringan setiap saat, tanpa kendala.

 

7. Kenyamanan dan fleksibilitas dari layar yang dapat diputar 360°.

Fungsi convertible ASUS ZenBook UX360UA mampu bertransformasi dalam empat bentuk. Pertama, fungsi sebagai notebook yang digunakan untuk bekerja pada umumnya. Kedua, fungsi sebagai tablet, yang digunakan untuk bermain game. Dari mode notebook ke tablet dengan memutarnya 360 derajat. Ketika ASUS ZenBook UX360UA menjadi tablet, Windows 10 seketika merespon hal itu dan mengubah tampilan user interface-nya ke dalam mode tablet. Ketiga, fungsi mode tent yang biasa digunakan untuk menonton video. Keempat, fungsi mode display, yang biasa jadikan sebagai standing display untuk kebutuhan presentasi.

8. Mampu melakukan transfer data dengan kecepatan maksimal mencapai 10 Gbps.  

Dukungan konektor USB 3.1 Type C juga memungkinkan perangkat ini mampu berterima-kirim data dengan kecepatan maksimal mencapai 10 Gbps, artinya speed yang mampu dicapai ASUS ZenBook UX360UA  ini adalah 40 kali lebih kencang dari USB 2.0. Port.

9.  Pengisisan daya baterai yang cepat.

Konektor USB 3.1 Type C ini juga sekaligus menjadi sarana untuk men-charge notebook ASUS ZenBook UX360UA. Teknologi USB Type-C terbukti mampu meningkatkan kecepatan pengisian daya baterai. USB Type-C mampu dialiri arus listrik dengan daya mencapai 20 Volt dan 5 Ampere. USB Type-C bisa dipakai sebanyak 10.000 kali cabut-pasang saat melakukan pengisian daya maupun transfer data.

10. Panel layar ASUS ZenBook UX360UA 40% lebih tinggi dari yang dimiliki Apple Macbook 13 inci.

ASUS ZenBookUX360UA dilengkapi dengan teknologi layar beresolusi Quad HD (3200 x 1800) piksel. Panel layar tersebut memiliki tingkat refresh rate 60 Hz yang juga dilengkapi dengan panel IPS display. Panel layar itu memiliki fitur wide view atau bisa dilihat dengan cakupan pandangan yang luas dan memiliki sekitar 5,76 juta piksel warna. Atau bisa juga dikatakan 40 persen lebih tinggi dari panel layar miliki Apple Macbook 13 inci yang dilengkapi dengan Retina Display.

Resolusi ini memang masih berada di bawah 4K namun sudah sangat mencukupi untuk memenuhi berbagai kebutuhan komputasi mobile dengan skenario seperti, membaca dokumen, merender foto atau dokumen digital lainnya secara lebih jelas dan tajam, memutar film beresolusi tinggi dengan warna yang sangat tajam dan hidup dan lainnya.


11. Kualitas layar sentuh yang mumpuni.

Kualitas layar sentuh ASUS ZenBook UX360UA dikatakan mumpuni dengan tingkat sensitivitas dan keakuratan yang dimilikinya. Sensor sentuhan lebih sensitif sehingga meski hanya menyentuhnya sedikit, layar tersebut mampu merespon dengan baik. ASUS menyatakan telah memberikan sensor sentuhan dua kali lipat lebih sensitif dari pada teknologi touchscreen yang umumnya diberikan pada kebanyakan perangkat berlayar sentuh. Sensor tersebut diklaim mampu merespon dengan baik, bahkan ketika diameter daerah sentuhan hanya 5 mm.

12.  ZenBook UX360UA dilengkapi dengan software khusus : ASUS Splendid Technology, Tru2Life Video, dan TruVivid.

ASUS ZenBook UX360UA telah menggunakan software khusus yang bernama ASUS Splendid Technology, Tru2Life Video, dan TruVivid. Software Splendid ini mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin. Sehingga, apapun aktivitas yang Anda lakukan, baik menyaksikan film ataupun melihat foto, semua tampak lebih hidup. TruVivid adalah sebuah teknologi untuk menyempurnakan kejernihan, kecerahan dan tingkat responsifitas pada layar. Tru2Life dikembangkan menggunakan teknologi pengolah gambar untuk menyajikan tampilan gambar bergerak yang mengagumkan.
13. Optimalisasi visual dalam 4 mode.

Di dalam ASUS Splendid Technology terdapat empat buah mode yang bisa dipergunakan untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.


14. Kenyamanan mata saat berinteraksi dengan ZenBook UX360UA.

Eye Care Mode adalah mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama. Mode ini juga merupakan fitur teknologi terbaru yang telah dirancang oleh para engineer ASUS, dengan mempertimbangkan faktor kesehatan pada retina mata.

Cahaya biru tersebut merupakan salah satu penyebab dari degenerasi makula dan cedera pada retina. Dengan fitur Eye Care yang terdapat di dalam Splendid, cahaya pada panel LCD akan dibuat lebih kuning (redup) sehingga cahaya biru pada layar mampu berkurang hingga 33 persen sehingga mengurangi dampak cedera pada retina mata.

15.  Fitur smart gesture pada touch pad ZenBook UX360UA.

Touchpad tersebut sangat empuk ketika ditekan sehingga memudahkan penulis bekerja dengannya. Ukurannya pun luas dan ASUS selalu konsisten akan hal ini. Meski ukuran notebook hanya 13,3 inci tetapi tidak lantas mengorbankan aspek touchpad-nya. Touchpadnya teah didukung oleh fitur smart gesture yang dinamakan dengan Precision Touch Pad (PTP). Secara sederhana fitur ini adalah serangkai pola gerakan khusus yang telah dibuat secara sistematis untuk pengoprasian touchpad yang lebih nyaman. Seperti misalnya ketika ingin melakukan klik kiri hanya tinggal menyentuhkan satu jadi pada touchpad. Sementara untuk men-drag gunakan satu jari kemudah geser ke arah yang Anda inginkan untuk melakukan drag. Ada juga mode untuk melakukan zoom in/out hanya dengan mencubit touchpad menggunakan ibu jari dan telunjuk.

16. Konsumsi listrik yang hemat daya.

Prosesor Intel Core i7-6500U dan Intel Core i5-6200U memiliki teknik fabrikasi 14 nm yang dapat di boost kecepatannya hingga 3,1 GHz. Jajaran prosesor ini juga merupakan salah satu jajaran chip hemat daya yang dibuat oleh Intel. Hal itu semakin dipertegas oleh nilai TDP-nya yang hanya 15 W. Ketika diatur pada konfigurasi tertinggi, konsumsi listriknya mencapai 25 W sementara konsumsi listrik terendahnya adalah 7,5 W.

17. Baterai yang tahan lama.

Komponen baterai menjadi salah satu yang penting untuk dibahas pada perangkat ini sebab menjadi salah satu nilai jual yang ditawarkan ASUS. Mereka mengklaim perangkat mampu bertahan hingga 12 jam. Menggunakan type Lithium Polimer, kapasitas daya tampungnya mencapai 57Whrs, dengan 3 cell unit tertanam didalamnya.

18. Ringannya bobot ASUS ZenBook UX360UA.

ASUS ZenBook UX360UA memiliki bobot hanya 1,3 kg, sehingga tergolong sebagai perangkat yang sangat ringan. Membawanya di dalam tas bersama dengan banyak piranti lain didalamnya pun tak akan memberatkan.

19. Kenyaman mengetik pada ASUS ZenBook UX360UA.

Keyboard UX360UA telah dilengkapi dengan fitur backlight alias tombol keyboard yang bisa menyala. Mengetik pada tutsnya pun terasa begitu empuk. Kenyamanan mengetik pada perangkat ini disebabkan UX360UA  memiliki sebuah fitur yang dinamakan dengan key travel sedalam 1,5 mm. Artinya tingkat kedalaman tekanannya mencapai 1,5 mm. Keyboard UX360UA mengoptimalkan elastisitas karet silica gel yang berada persis dibawah tombol keyboard untuk memberikan kenyamanan ekstra pada tekanan.

20. Audio ZenBook UX360UA yang jernih dan menggelegar.

ASUS ZenBook UX360UA telah dilengkapi dengan audio dari Harman/Kardon. Hasil suaranya tentu saja sangat memuaskan, sangat powerfull dan jernih. Melalui dua buah grill speaker yang terletak dibagian bawah, audio yang dikeluarkan terdengar mantap (tidak pecah serta bulat) dan pas. maksimalkan volume hingga batas tertinggi pun dentuman suara yang dikeluarkannya terasa kencang dan renyah.

Berikut akan ditampilkan perbandingan performanya dengan notebook lain yang tersedia di pasaran.




Melengkapkan keingintahuan saya tentang ASUS ZenBook UX360UA ini, berikut informasi tentang spesifikasi teknis ASUS ZenBook Flip UX360UA :

Spesifikasi ASUS ZenBook UX360UA

Dengan kelebihan yang dimiliki oleh ASUS ZenBook UX360UA ini, wajar jika harga di Indonesia mulai ditawarkan pada angka 17 jutaan (i7-6500U) dan 15 jutaan (i5-6200U). Setelah mengetahui spesifikasi dari ASUS ZenBook UX360UA, kalau saya ditanya : 

“Apakah berkenan memilki dan mereview pengalaman setelah menggunakan ASUS ZenBook UX360ua nya sebagai user’s experience ? “

Tanpa menunggu lama, pasti akan saya jawab, 

“Ya, saya mau banget memiliki ASUS ZenBook Flip UX360UA ini.

No comments:

Post a Comment

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D