Friday, 30 December 2016

Rekomendasi Minuman Segar

Minuman Segar Ibarat Liburan di Tempat yang Sejuk


Jogja akhir-akhir ini begitu panas terasa, sempat Manda merasakan gerah baik siang sampai malam harinya. Saat cuaca tidak menentu dan udaranya cenderung ke panas kering, tubuh sering merasa kurang fit. Menurut Manda, penyebabnya bisa karena dehidrasi. Sering kita melupakan minum air putih saat merasa kehausan, terlebih bagi yang mual ketika minum air putih seperti Manda. Padahal dehidrasi ini ternyata berdampak kurang baik bagi batita dan ibu hamil karena bisa berpengaruh bagi perkembangan janin trisemester pertama.

Lalu, apa yang Manda lakukan supaya tidak kehilangan banyak cairan dan kehilangan ion tubuh?

Air Kelapa Muda

Cara paling enak tapi sulit untuk mendapatkan adalah minum air kelapa muda. Bisa dibayangkan minuman yang kaya ion ini, kalau sudah dibuka buahnya, akan terasa kesegaran mengalir ke seluruh tubuh. Kelapa muda yang kami biasa menyebutnya klamud atau degan. Sedikit informasi bagi sahabat tamasyaku bahwa kelapa muda ini juga berkhasiat sebagai obat keracunan. Degan ijo, kami menyebutnya di kota Yogyakarta. Tapi seiring makin beragamnya informasi, ada istilah degan obat yang ditandai dengan warna pink di bagian kulit buahnya. Apapun itu, kelapa muda tetap saja obat untuk rasa haus di saat siang hari yang terik. Oh iya, meskipun di dekat rumah saya termasuk sulit mendapatkan degan, tapi di tempat wisata justru malah banyak dijumpai minuman yang bisa diminum tanpa gelas ini, yaitu : air kelapa muda. Modifikasi minum air kelapa ini juga beragam, seperti :
  • air kelapa muda murni
  • air kelapa muda pakai es batu
  • air kelapa muda dengan gula cair
  • air kelapa muda dikasih perasan jeruk nipis dengan gula merah, garuk (Degan Jeruk)
  • air kelapa muda diberi sirup, baik itu cocopandan, pisang susu, frambozen atau  rose. Nyaaaaam.
Menikmati kelapa muda bisa dengan atau tanpa buahnya (baca : kelapanya). Manda sendiri sering meminta airnya saja, tanpa daging buah kelapanya.

Es Campur


Es Campur

Ragam es campur ini banyak sekali, mulai dari es teler, es buah, sampai es cendol pun disebut es campur. Karena isinya yang bercampur dan berisi campuran itulah, kita menyebutnya es campur. Es campur menjadi favorit manda karena dari es campur ini bisa masuk asupan buah dan serat yang dinikmati enak tanpa kesulitan memilih-milih mana yang kita suka dan tidak suka. Berbagai bahan bisa dicampur untuk membuat es campur ini. 
Secara umum, bahan es campur bisa dituliskan sebagai berikut :
  • Campuran kaya serat : dawet, tape singkong, agar-agar, rumput laut, mutiara, dan kolang-kaling.
  • Campuran buahnya : melon, blewah, semangka, nangka, sawo, kelapa muda, dan alpokat.
  • Bisa pakai santan, susu atau air sirup rasa cocopanda, frambozen atau rose.
Mudah kan ternyata membuat minuman segar yang ternyata bisa mencegah kita dari dehidrasi. Selamat mencoba ya!

9 comments:

  1. Panas panas memang cocok dilawan dengan minuman yg segaarrr seperti es campur..

    ReplyDelete
  2. Kalo udah ketemu minuman dingin.
    Jiwa yang kering kerontang kepanasan pun menjadi segar kembali. :D

    ReplyDelete
  3. Paling suka es teh :))

    ReplyDelete
  4. Semua jenis air kelapa di atas aku suka, kecuali yang di-mix sama frambozen atau rose akrena belum pernah ngrasain. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Kelapa muda saya juga suka. Kalo ke pantai dan ketemu kelapa muda jadi deh...

    ReplyDelete
  6. Es campur duren, waduuuw maknyuuus

    ReplyDelete
  7. 2-2 nya aku sukaaa... kalo es degan mah di deket rumahku ada pusatnya yg ngejual kelapa muda dan kelapa ijo tiap saat mbak... makanya pas aku hamil , mulai bulan k 7 aku rutin trus minum klpa ijo :D.. emang enak yaa, aku aja suka banget rasa air kelapa ijo itu...

    ReplyDelete
  8. suka banget minum air kelapa, tapi sayang harganya sudah lumayan mahal sekrang mah..:(

    ReplyDelete
  9. Aku kalo es campur, ngak mau pake santan atau susu karena mengurangi kesegaran #Selera

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D