Sunday, 23 September 2018

Semarak O2SN 2018 di Yogyakarta dari Cabang Olahraga Renang

O2SN 2018 CABOR RENANG
O2SN 2018

Terus fokus satu titik, hanya itu titik itu
Tetap fokus kita kejar lampaui batas
Terus fokus satu titik, Hanya itu titik itu
Tetap fokus kita kejar dan raih bintang

Kalau menang berprestasi
Kalau kalah jangan frustasi
Kalah menang solidaritas
Kita galang sportifitas

O2SN 2018 CABOR RENANG
O2SN 2018 CABOR RENANG

Penggalan lagu "Meraih Bintang" yang dinyanyikan oleh Via Vallen terdengar tidak asing di telinga semenjak perhelatan event olahraga Asian Games 2018 dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya. Masih lekat dengan ingatan, bagaimana atlet berbakat Indonesia berlaga dalam ajang Asian Games 2018 yang lalu, dan berhasil membawa Indonesia di peringkat ke 4 dengan total perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu.


Tentang O2SN 2018

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 diselenggarakan di Yogyakarta, dengan mengangkat tema aktualisasi potensi, bakat dan potensi siswa. Ya, Yogyakarta menjadi tuan rumah perhelatan O2SN 2018. Beruntung bagi Daerah Istimewa Yogyakarta, melanjutkan estafet gegap gempita Asian Games 2018 di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN 2018). O2SN 2018 merupakan penyelenggaraan yang ke-11 sejak pertama kali digelar pada tahun 2008.

O2SN 2018 dibuka langsung oleh Mendikbud Muhadjir Effendy pada 17 September 2018 di Sport Auditorium UMY dengan serangkaian acara pembukaan O2SN yang berlangsung dengan meriah. Dalam sambutannya, Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan  harapan dari acara O2SN ini agar mampu melihat bibit-bibit unggul di bidang olahraga yang   dapat menjadi penerus para atlet Indonesia di  kompetisi olahraga internasional, seperti Asian Games atau Olimpiade.

O2SN 2018
O2SN 2018


Sebanyak 1.938 siswa SD, SMP, SMA, SMK, SLB, MI, MTs, dan MA dari berbagai daerah di Indonesia berlomba menjadi yang terbaik dalam acara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Mereka akan memperebutkan 138 medali emas, 138 medali perak dan 172 medali perunggu dalam ajang O2SN 2018 kali ini. O2SN ini akan dilaksanakan dari  tanggal 17 September sampai tanggal 21 September. O2SN diikuti oleh pelajar  tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK.
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud (Dikdasmen Kemendikbud), Hamid Muhammad, menyampaikan, O2SN 2018 diikuti 4.423 peserta, terdiri dari 1.938 atlet, 306 offisial, 510 pendamping, 204 pembina, 1.057 wasit dan asisten wasit, dan 408 panitia dan fasilitator. Ada sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu atletik, renang, bulutangkis, pencak silat, karate, senam, boche, balap kursi roda, dan catur. Khusus untuk siswa berkebutuhan khusus, dipertandingkan empat cabang olahraga, yakni bulutangkis, boche, catur dan balap kursi roda. 

O2SN 2018 Cabang Olahraga Renang

Pagi ini, 19 September 2018, Kolam renang FIK UNY tidak seperti biasanya, lapangan parkir sudah dipadati oleh kendaraan dan stand-stand yang menjual makanan dan alat olahraga. Terdengar pula alunan lagu-lagu yang tidak asing kita dengar selama Asian Games 2018 kemarin.



Memasuki area kolam renang yang biasanya lengang, kini menjadi ramai dan sudah banyak siswa yang berenang di kolam untuk pemanasan sebelum O2SN 2018 cabang olahraga renang dimulai. Terasa sekali semangatnya, adek-adek tingkat Sekolah Dasar sudah memulai prestasinya untuk bisa menjadi atlet tingkat Nasional yang akan berlaga membawa harum nama Indonesia.


Tak berapa lama, kolam dikosongkan dan bersiap untuk pembukaan O2SN 2018 di cabang olahraga renang. O2SN 2018 cabang olahraga renang ini diikuti oleh siswa SD, SMP dan SMA/SMK. Di tingkat SD, kategori yang dilombakan meliputi : gaya bebas 100 meter putra/putri, gaya punggung 50 meter putra/putri, dan gaya dada 50 meter putra/putri.
O2SN 2018 Renang
Kolam Renang FIK UNY
O2SN 2018
Tribun Suporter O2SN 2018

Pembukaan O2SN 2018 untuk cabang olahraga renang ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kemudian tari pembuka dari mahasiswi UNY.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya


Setelah para official bersiap di pinggir lapangan, para siswa SD yang mendapat kesempatan pertama pun segera menempatkan diri sesuai dengan aba-aba yang diberikan.
Para Official Bersiap Diri

Para Atlet Menuju ke Titik Start

O2SN 2018 Cabor Renang : Gaya Bebas 100 meter Putra/Putri


Bersiap di titik start, para atlet renang tingkat SD pun bersiap untuk mengambil ancang-ancang dan lalu menanti aba-aba, priiiittttttt.


Dengan mengangkat semangat sportive, fair play dan respect, para atlet O2SN 2018 cabang olahraga renang ini memberikan usaha yang terbaik mewakili daerah masing-masing di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2018 di cabang olahraga renang ini.

Tidak akan ada pemenang, jika tidak ada yang merasa dikalahkan. Kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. Kemenangan adalah langkah awal untuk menuju ke usaha berikutnya yang butuh kesiapan yang lebih baik lagi dari yang sekarang. Setiap kita adalah pemenang di saat yang tepat untuk kita.

Antusiasme Suporter di O2SN 2018 Cabor Renang

  
Di semua pertandingan olah raga yang menarik selain para atlet dan siapa yang menjadi juaranya adalah keberadaan suporter yang antusias memberi semangat kepada jagonya. Dalam kesempatan O2SN 2018 dimana setiap atlet merupakan wakil dari propinsi yang ada di Indonesia, maka keseruan para pendukung juga menjadi hal yang membuat semangat di O2SN 2018 dari cabang olahraga renang kali ini.

Suporter dari SDN Sidorejo Kalasan Sleman

Pendukung dari Pihak Keluarga Atlet

Pendukung dari Propinsi

Suporter dari Tribun Kolam Renang FIK UNY

Semua mata tertuju pada kolam renang jernih milik FIK UNY. Semua mata mengarah pada gerakan perenang yang sedang berlaga di O2SN 2018. Mereka hanya bisa mendukung dengan sorak sorai semangat dan doa dalam hati untuk atlet renang yang mewakili propinsinya masing-masing.

O2SN 2018 Cabor Renang : Gaya Punggung 50 meter Putra/Putri




O2SN 2018 Cabor Renang : Gaya Dada 50 meter Putra/Putri

Gaya Dada 50 meter di O2SN 2018

O2SN  2018

Peraih Medali O2SN 2018 dari Cabang Olahraga Renang Tingkat SD


Juara O2SN 2018 Renang Kategori Gaya Bebas Putra Tingkat SD

Selamat untuk para juara kategori 100 meter gaya bebas putra tingkat SD.

Juara 1. Propinsi Bali
Juara 2. Propinsi Jawa Timur
Juara 3. Propinsi DIY .


Juara O2SN 2018 Renang Kategori Gaya Bebas Putri Tingkat SD

Selamat untuk para juara kategori 100 meter gaya bebas putri tingkat SD.

Juara 1. Propinsi Bali
Juara 2. Propinsi Jawa Timur.
Juara 3. Propinsi Jawa Tengah
 

 
Juara O2SN 2018 Renang Kategori Gaya Punggung Putra Tingkat SD

Selamat untuk para juara kategori 50 meter gaya punggung putra tingkat SD.

Juara 1. Propinsi Bali
Juara 2. Propinsi DIY
Juara 3. Propinsi Kalimantan Timur 


Juara O2SN 2018 Renang Kategori Gaya Punggung Putri Tingkat SD

Selamat untuk para juara kategori 50 meter gaya punggung putri tingkat SD.

Juara 1. Propinsi Jawa Timur
Juara 2. Propinsi Jawa Barat
Juara 3. Propinsi Jawa Tengah


Juara O2SN 2018 Renang Kategori Gaya Dada Putra Tingkat SD

Selamat untuk para juara kategori 50 meter gaya dada putra tingkat SD.

Juara 1. Propinsi Kalimantan Timur
Juara 2. Propinsi NTB
Juara 3. Propinsi Jawa Barat
 
Juara Gaya Dada Putri Tingkat SD
Selamat untuk para juara kategori 50 meter gaya dada putri tingkat SD.

Juara 1. Propinsi Kalimantan Utara
Juara 2. Propinsi DIY
Juara 3. Propinsi Sumatera Utara

Melihat para atlet O2SN 2018 cabang olahraga renang ini berlaga di kolam renang, membuat saya merasa bersemangat menjadi bagian dari generasi penerus bangsa untuk juga memberikan yang terbaik untuk nusa dan bangsa. Adek-adek ini berlaga di O2SN 2018 mewakili sekolah dari propinsi masing-masing di Indonesia. Tentunya datang ke Jogja telah melalui seleksi tingkat propinsi dan siap bertanding dengan sesama atlet di ajang O2SN 2018. 

Saya salut pada semangatnya, saya bangga pada atlet muda berbakat di cabang olahraga renang yang dipertandingkan kali ini, saya berharap dan berdoa, semoga mereka menjadi atlet renang yang akan mengharumkan nama Indonesia di tiang tertinggi dalam ajang Internasional di tahun-tahun mendatang.

Keseruan saya menyaksikan O2SN 2018 Cabang Olahraga Renang, bisa disaksikan dalam vlog berikut ini :



52 comments:

  1. Pertandingannya seru, suporternya kelihatan lebih seru lagi. Jadi tagihan nonton kompetisi olahraga kayak gini lagi ya..

    ReplyDelete
  2. Ini dia! Menumbuhkan jiwaa sportif, in sya alloh..

    ReplyDelete
  3. keren ini y ajang kompetisinya dan yang paling penting adalah penanaman sejak dini untuk berkompetisi secara sehat :) semoga menjadi generasi selanjutnya yang sellau bikin harum Indonesia

    ReplyDelete
  4. Momennya pas banget ya, Mbak. Masih kental euforia Asian games, malah sekrang mau menyambut Asian Para Games, eee ada O2SN. Jadi semangat sportivitasnya masih anget.Jadi inget dulu adikku ikut O2SN aku ya heboh puol, wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Selamat buat para pemenang, dan selamat juga buat adik-adik yang kemenangannya masih tertunda. Tetap semangat dalam sportivitas.

    ReplyDelete
  6. Wah calon atlet Asian Games, Olimpiade dan event olahraga lainnya di masa depan nih...Salut dengan semangat adik-adik. Semoga terus maju dan berprestasi

    ReplyDelete
  7. keren ya calon calon atlet asean games nih hihi.. mudah mudahan pembinaan dari pemerintah untuk atlet muda kita lebih baik lagi kedepannya

    ReplyDelete
  8. Propinsi Bali sepertinya merajai cabor renang ya Manda.
    Kadang dari ajang seperti ini banyak bibit unggul atlit lahir.
    Cuma tinggal dipoles sana dan sini saja.

    ReplyDelete
  9. Suatu kebanggaan dpt dipilih ikut O2SN. Apalagi kl bisa menang.

    ReplyDelete
  10. Seru banget ya cabor renang. Aku kemarin juga nonton langsung cabor atletiknya. Jempol empat buat semangat adik2 yang gigih banget buat dapet emas. Pelatih dan supporter juga nggak kalah semangatnya pas di tribun menyemangati anak didiknya

    ReplyDelete
  11. Seruuuu... Aku baca awal post di atas sambil nyanyi ala via vallen dong ��

    ReplyDelete
  12. Bibit-bibit unggul calon atlit nasional dan internasional. Selamat untuk pemenang. Sukses...

    ReplyDelete
  13. Wow kebayang deh serunya. Supporternya aja heboh begitu

    ReplyDelete
  14. Wah, seru banget! Kompetitor olahraga seperti ini selain sehat di badan juga melatih anak-anak bersikap sportif sejak dini ya, Mbak. Olahraganya Indonesia sudah semakin melesat, nih. Bangga banget.

    ReplyDelete
  15. Wah luar biasa semangat serta dukungan yang diberikan kepada atlet ya. Anak anaknya pun luar biasa hebat. Masih SD padahal. Anakku juga senang olahraga renang dan smoga dia juga bisa semakin jago renang :)

    ReplyDelete
  16. Seru banget jadi pengin sesekali ikutan nonton juga acara2 olahraga kaya gini

    ReplyDelete
  17. Wa Keren ya semoga semakin giat bertanding dan juga latihan Agar calon atlet Asian Games Olimpiade dan event olahraga kaya ini adik adik jadi semakin semangat

    ReplyDelete
  18. Seru ya Mbak. Sayangnya nggak ada satupun kategori yang diraih siswa dari kotaku. Padahal ada juga loh peserta yang dikirim. Semoga lain kali bisa juga menang.

    ReplyDelete
  19. Duh baca ini aku kok jadi pengen ngajakin anakku renang ya.. Selamat untuk adik-adik para pemenang ya, semoga ke depannya jauh lebih berprestasi

    ReplyDelete
  20. Indonesia sedang dibakar prestasi oleh para atlrt-atlet olahraga semoga kedepanya banyak bibit-bibit baru bermunculan

    ReplyDelete
  21. Selamat buat para pemenang semuanya. Hebat semua nih kompetitif sedari kecil yaa

    ReplyDelete
  22. Beuh, Bali ni keren ya. Btw, saya kok malah fokus sama foto-foto suporternya. Pasti seru ya pas nonton langsung waktu itu...

    ReplyDelete
  23. Ini yang nonton dan yang tanding sama serunya yaaaa mba. Aku kebayang sendiri hehehe. Aku soalnya suka bangeeet berenang

    ReplyDelete
  24. Selamat kepada pemenangnya. Loat suporternya semangat yang baca aja semangat apalagi atlitnya. Hihi emang suporter tdk bisa dipisahkan dr pertandingan

    ReplyDelete
  25. Waah, senangnya bisa jadi tuan rumah O2SN, jadi bisa lihat langsung keseruan acaranya ya, Mbak Ima :))

    ReplyDelete
  26. Keren banget ya ngeliat yang lomba renang ini. Gerakannya indaah...

    ReplyDelete
  27. Semangat sang juara ini patut mendapat apresiasi dari semua pihak Manda. Aku masih ingat waktu anakku yg sulung terpilih ikut lomba renang dari grup lesnya. Jam 5.30 sudah harua standby di kolam renang. Padahal jam 6.30 sudah mesti siap di sekolah. Gitu terus selama 5 hari kerja latihan rutin. Dan aku yg nggak mampu ngikuti ritme latihan. Akhirnya aku putuskan anakku ngga gabung di grup utk kelas pertandingan, huehuee...capeeek

    ReplyDelete
  28. Wow.
    Keren juga ya mba eventnya.
    Fasilitas kolam renangnya pun mumpuni.
    Smoga mampu mencetak atlet2 berprestasi.

    ReplyDelete
  29. Kebayang sorak sorainya! Pasti tuh ramai banget! Aku yg segedhe ini aja blm bisa renang. Semoga mereka terus berprestasi ya

    ReplyDelete
  30. Turut bangga dengan para peserta O2SN, masih kecil sudah berprestasi, para calon atlet profesional nih, ajang seperti ini mesti terus dilaksanakan ya

    ReplyDelete
  31. Aku belum pernah nonton lomba renang langsung cuma di TV doang hehe..seru banget kayaknya ya mbak apalagi diiringi lagu meraih bintang tambah semangat.

    ReplyDelete
  32. Aku suka deh liat anak-anak yg kecil-kecil udah punya bakat olahraga. Semoga di masa depan Indonesia semakin berjaya dlm bidang olahraga ya manda. Optimis banget lah kalau liat bibit2 mudanya seperti ini.

    ReplyDelete
  33. Seru banget acaranya yaa. Semoga bisa melahirkan bibit baru yang berprestasi

    ReplyDelete
  34. wah, Bali jadi juara umum kah?

    betewe, pasti seru banget ya, Manda, bisa lihat pertandingan secara langsung.. dulu di sekolahku ada lomba basket antar kelas aja, sekelas heboh semua, wkwkwk.. apalagi ini.. salut sama adik-adik semua.

    ReplyDelete
  35. Manda fotonya keren-keren ya... Senang banget bacanya serasa ikut menyaksikan.

    ReplyDelete
  36. Ada banyak sekali sarana untuk mengembangkan bakat olah raga anak jaman sekarang ya. SUdah banyak dibuka club berenang dan diadakannya kompetisi yang memacu anak-anak lebih semangat belajar dan berolah raga, sukses selalu untuk olah raga renang, siap-siap nich menjadi atlet nasional yak, anak-anak SD yang kemarin ikut berkompetisi

    ReplyDelete
  37. Selamat Bali, ibuku pasti senneg nih aku kabarin tanah kelahirannya menang hehehe ... karena di sana banyak pantai kali ya jadi pada mahir renang. Asik banget lokasi renanngya, aku mupeng nyempil ada di sana wkwkwk. Sukses ya Manda.

    ReplyDelete
  38. Aku suka olahraga renang..seru juga ya liat siswa2 bertanding. Tahun ini Indonesia lagi maraknya pertandingan olahraga ya, jadi makin semangat deh liatnya.

    ReplyDelete
  39. Woow, pesertanya dr seluruh propinsi ya.
    pasti meriah ya mbak

    ReplyDelete
  40. Sayangnya kmrn ga semept nonton pertandingannya.

    ReplyDelete
  41. Sejak ada Asian Games anak-anak jadi lebih semangat ya olahraganya apalagi kalau ada pertandingan. Dari lomba seperti ini akan hadir atlet generasi penerus

    ReplyDelete
  42. Aku minggu lalu lewat Jogja dan lihat spanduk O2SN ini di mana-mana. Baru tahu di situ ternyata O2SN tahun ini diadakan di Jogja. Dan aku baru tahu juga ternyata pelaksanaan O2SN itu pindah2-pindah kotanya.

    ReplyDelete
  43. Seru banget kegiatannya ya, Mbaa. Anak-anak pasti semangat, dan pengen mendulang prestasi seperti atlet kita di Asian Games kemarin :)

    ReplyDelete
  44. Keren banget event ini. Pasti melahirkan banyak sekali atlet muda berbakat. Semoga karir dan prestasi mereka semakin maju.

    ReplyDelete
  45. Kereeeen..... Anak-anak hebat menginspirasi!

    ReplyDelete
  46. Waah .. kotanya mba Manda juara euuii..
    Kebayang serunya deeh..pasti pada haus abis totalitas mendukung masing-masing jagoannya.

    ReplyDelete
  47. Wuih Bali mendominasi ya di beberapa sesi pertandingan. Suporter cabor renng tuh luar biasa, mereka gigih teriak2 meskipun atlitnya ga bakalan denger hehehee...

    ReplyDelete
  48. Kalau pertandingan apalagi yang ada anak-anaknya, spoternya itu yang paling seru, apalagi ibu-ibu yang anaknya tanding,

    selamat buat para pemenang yahhh...

    ReplyDelete
  49. Sesekali boleh juga nih ajak anak nonton acara seperti ini, bukan biar jadi atlet sih, tapi biar semangat latihan renang.

    ReplyDelete
  50. Wow FIK UNY punya kolam renang yang standarnya bisa buat lomba nasional, keren.
    Aku jd kepengen anak2 pinter rennag jg mbak jadinya, kudu dilesin nih, soalnya bapak ibunya ya cuma gtu2 doank gayanya kalau di kolam haha

    ReplyDelete
  51. jadi ingat teman SMP-ku ada yang atlet renang. Sayangnya dukungan sekolah saat itu kurang jadi si anak ketinggalan pelajaran. Ya susah kan bagi waktu antara latihan renang dan jadwal sekolah :(

    ReplyDelete
  52. Seru banget itu lihat supporternya.
    Pasti rame banget ya Mbak saat pertandingan itu.
    Semoga atlit2 cilik ini terus bersemangat dan menjadi atlit profesional yg bisa mengharumkan nama bangsa :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Cara Mencegah Gagal Liburan Ala Manda

Halo sahabat tamasyaku, apa kabarnya? Sudah merencakan liburan kemana untuk akhir tahun? Buat Manda merencanakan liburan jauh-jauh ha...

IBX583576234EA4D