Monday, 5 November 2018

Wajib Dicoba! Kuliner Solo Favorit Couple Traveler


Halo sahabat tamasyaku, masih tentang kota Solo yang biasanya juga disebut sebagai Surakarta. Melanjutkan cerita jalan-jalan ala Manda Panda di kota Solo yang edisi sebelumnya adalah tentang rekomendasi tempat menginap di Solo, edisi yang sekarang tentang kuliner yang bikin kami berdua ketagihan ke Solo. Selalu ada alasan untuk mencicip kuliner di kota Solo. Yihaaa, bicara makanan, pasti bakalan bikin laper, hati-hati mengelola air liurnya ya! Lah wong saya yang nulis aja kemecer. 



1. Warung Sate Kambing Hj. Bejo

Foto di atas adalah foto penampakan menu yang kami pesan di sate kambing Hj.Bejo ini. Menu favorit di menu kambing-kambingan adalah tongseng. Padahal kalau di Solo yang terkenal adalah tengkleng dan sate buntelnya. Alhamdulillah sudah mencoba dan memang beda, enak!

Yang menarik dari kuliner di kota Solo adalah caranya menghormati pelanggan. Tidak lupa menyertakan tutup gelas (atau tatakan) ketika kita memesan minuman panas. Lalu minuman yang ada jeruknya merupakan minuman khas orang Solo, namanya teh krampul.


Sate Kambing Hj. Bejo (Loji Wetan)
Jl. Sungai Sebakung, Kedung Lumbu, 
Pasar Kliwon, Kota Surakarta

2. Selat Solo Mbak Lies


Selat solo adalah makanan khas dari Solo, berisi kentang, sayuran, daging cacah atau daging sapi bagian iga, mayones dan acar, lalu disiram dengan kuah manis. Selat Solo ini sudah menjadi menu kuliner Manda kecil kalau sedang ke Solo, makanya Solo adalah nostalgia masa kecil Manda.

Selat Solo Mbak Lies ini bisa dicapai dengan menggunakan waze atau maps, karena letaknya yang masuk ke gang dari jalur utama jalan raya. Warung selat Solo mba lies ini unik, banyak pecah belah seperti guci yang rawan kesenggol dan lalu pecah berarti membeli. ^_^


Menikmati selat solo mba Lies ini tidak cukup sekali. Momen ke Solo dan butuh pengganjal perut, bolehlah mampir ke Selat Solo ini. Suatu waktu, saya juga pernah iseng dengan pemilik www.etyabdoel.com membuat vlog sewaktu mit ap di kota Solo. Biar ga penasaran, liat video kami dulu yuk.


Selat Solo Mbak Lies
Jalan Veteran, Gg. 2 No.42,
Serengan, Kota Surakarta

3. Selat Viens


Nah kaaann, ini nih yang bikin merindu kota Solo. Selat Solo yang melegenda sebagai kuliner wajib saat kita berkunjung ke kota Solo memiliki ciri khas yang sama di isiannya. Baik Selat Solo Mba Lies dan Selat Solo Viens, keduanya sama-sama enak. Tergantung lidah dan mood saat itu. Bagi yang sudah membawa "Rekomendasi Hotel di Solo Versi Couple Traveler" di postingan sebelumnya, menginap di Loji Hotel Solo, kita akan dimudahkan menjangkau semua tempat wisata kuliner tersebut.


Selat Solo Viens
Jalan Hasanudin No.99 D/E, 
Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta

4. Timlo Sastro Pasar Gede


Ini nih! Timlo Sastro, timlo solo paling enak sepanjang Manda Panda berwisata kuliner. Enak yang tidak tertawar inilah yang membuat kami pun rela menempuh jarak 2 jam untuk bisa sarapan di Timlo Solo ini kalau sudah pengin dan untuk mengobati rindu. Kebayang kan ya, namanya rindu itu harus diobati. Makanya, kalau sama makanan, jatuh cintalah saat mengunyahnya, supaya rasa itu tertinggal sebagai kesyukuran yang bisa kita cicipi.

Timlo Sastro Pasar Gede
Jalan Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Sudiroprajan, 
Jebres, Kota Surakarta.

5. Nasi Liwet Wongso Lemu




Menikmati kuliner malam di kota Solo, jangan ditanya ya seperti apa sensasinya. Manda kecil aja masih teringat nikmatnya menikmati nasi liwet Wongso Lemu ini dengan alunan lagu Jawa sambil menyruput wedang ronde. Ah, itu kenangan yang diingatan Manda nggak akan ilang. Mama Papa sudah hobi bepergian sejak kami kecil, mungkin darah itu mengalir dan Manda Panda hanya melanjutkan yang sudah dicontohkan.


Menikmati nasi liwet, nasi gurih dengan lauk seperti gudeg kalau di Jogja. Disajikan dengan pincuk daun pisang, menu minuman hangat sambil mendengarkan alunan sitar membuat suasana kota Solo jadi berbeda dari kota lain yang pernah kita kunjungi. Oh iya, deretan nasi liwet ini nantinya sama dengan deretan soto Kadipiro di Jogja, nggak usah bingung memilihnya, cukup tanya ke tukang parkir, mana Wongso Lemu yang asli, hahahaha. 

Nasi Liwet Wongso Lemu
Jl. Teuku Umar, Keprabon, 
Banjarsari, Kota Surakarta.

6. Bakso Titoti

Duuhhh, siapa yang nggak tergoda oleh yang namanya B A K S O. Membulat bersama bakso judulnya, begitulah menu bakso ini selalu saja pas dinikmati di setiap suasana. Baik itu panas, dingin, hujan, siang maupun malam, pokoknya bakso ini memang menu ajaib yang bisa disantap anak kecil yang sudah punya gigi, remaja, dewasa dan bahkan tua.


Mengenal bakso Titoti ini Manda Panda temukan ketika terjebak macet di jalan utama kota Solo, Slamet Riyadi. Alasannya sepele banget, keburu lapar dan terjebak macet. Tentunya google yang baik hati serta tidak sombong, memberikan arahan ke bakso Titoti ini. Dan endolita!


Nggak bisa enggak, yang namanya Manda Panda mencicip makanan enak, pasti segera kirim foto dan menjanjikan untuk mengajak kesayangan mencicip apa yang kami cicip. Walaupun sekarang, perjalanan Jogja Solo sudah lumayan melelahkan untuk mereka, bakso ini masih bisa dibeli ketika kami yang bepergian ke Solo dan pulang membawanya sebagai oleh-oleh. Sehat-sehat ya kesayangan.

Bakso Titoti
Jl. Honggowongso No.36, Kemlayan, 
Serengan, Kota Surakarta.

7. Es Krim Tentrem

Ice cream atau es grim, demikian Manda kecil menyebut es krim sebagai makanan pencucui mulut atau dessert bagi kita yang terbiasa menyantap menu makanan dengan urut-urutan. Lain halnya dengan Manda, es krim ini bisa jadi cemilan yang dinikmati saat cuaca panas.

Yang pernah ke Solo pasti tahu, bahwa jalanan di Solo itu unik! Banyak jalan searah, banyak jalan yang mirip-mirip, dan kalau sudah salah belok, harus muter lagi. Begitulah awalnya kenapa Manda bisa ketemu dengan banyak kuliner Solo selain dari mesin pencarian.


Salah satunya cafe ice cream yang ada di jalan utama kota Solo ini. Es Krim Tentrem yang tentunya tidak asing bagi orang Solo menyebut es krim ini. Lokasinya di perempatan yang tidak mudah ditemukan, membuat kita butuh untuk menyalakan waze supaya tidak kesasar belok, hahaha.  


Tempatnya asyik untuk sekedar mit ap atau kopdar dengan teman di Solo atau berkencan dengan pasangan halal di sini untuk bisa mendinginkan hati yang terbakar oleh cinta, eaaaaaa. Kalau mau ke sini, ajakin Manda ya!


Es Krim Tentrem
Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.132, Keprabon, 
Banjarsari, Kota Surakarta.

8. Angkring Solo

Siapa yang cuma taunya angkringan ada di Jogja? Tadinya, saya juga taunya begitu. Hahahaha. Wisata kuliner itu bukan tentang apa yang dimakan, melainkan kapan kita butuh makan. Ye kan? Dijamin, nilai suatu makanan akan mendapat 1 poin plus ketika dimakan saat lapar. I did!


Menu Angkring Solo yang bikin Manda gagal diet. Ciri makanan di Angkring Solo adalah beragam banyak macamnya, dipilih, dibayar, diangetin dan disajikan ke kita. Sebenarnya berkali ke Angkring Solo ini, minimal 2x ketika kita menginap di Lorin Hotel Solo karena lokasinya yang berdekatan.



Romantis! Itu yang bikin kami berdua ketagihan makan malam di sini. Angkringan Solo ini beratapkan langit (bisa lihat bintang-bintang kalau nggak mendung) dan dingin karena samping-sampingnya masih sawah. Menu andalan di sini adalah sate kulit dan semacamnya, sama teh krampul. Ini yang bikin teh krampul masuk ke #DapurManda. 




Angkring Solo
Jl. Adi Sucipto No.129, Jajar, 
Laweyan, Kota Surakarta.

9. Sumber Bestik Pak Darmo


Kalau kita pernah mencicip selat solo baik itu mba Lies maupun Viens, maka bestik itu bisa dibayangkan hampir sama dengan selat solo. Makanan berkuah yang segar, cenderung ke manis, dan disiramkan ke kentang dan sayuran. Bestik itu masakan yang Mama sering masak, mudah banget masaknya seperti kuah semur.


Sumber Bestik Pak Darmo  ini menyajikan menu bestik yang menyerupai selat solo segarnya namun di malam hari. Bagi yang tidak kebagian menyantap selat solo di pagi atau siang hari, boleh menjadikan kuliner ini sebagai alternatifnya.
 

Sumber Bestik Pak Darmo
Jl. Dr. Rajiman No.209, Jayengan, 
Serengan, Kota Surakarta.

10. Bandeng Segar Mbak Mar


Kuliner sehat enak banget yang Manda berkesempatan icip baru saja. Direkomendasikan oleh mba Ary dan karena melihat waze jalanan di kota Solo padat merayap. Alhasil kami cukup jalan kaki dari hotel tempat kami menginap dan cuma melewati 5 bangunan saja, sudah sampai di sini.


Menu pesanan kami pun sudah lengkap, bandeng segar goreng, telur ikan dan ayam paha atas goreng favorit Panda. Tak lupa sambal terasi yang enak dikeceri jeruk ikut terhidang bersama lalapan. Cegluk! Dan lalu kami memesan minuman standard teh panas, jeruk es 1 bongkah, dan jus sirsak. Makan malam enak di kota Solo selain nasi liwet, angkring Solo dan bestik pak Darmo.

Bandeng Segar Mbak Mar 
Jalan Gajah Mada No.152A, Ketelan, 
Banjarsari, Kota Surakarta.

12. Ndoro Donker, Karanganyar


Sudah sampai di kota Solo, sudah bermalam juga, rugi kalau nggak sekalian melipir ke Karanganyar. Banyak objek wisata yang recommended di sana, meliputi : Kebun Teh Kemuning, Bukit Teletubbies dari hamparan kebun teh yang asri, Candi Cetho, Candi Sukuh, Tawangmangu, dan pulang bisa melewati Cemoro Sewu dan lalu Klaten atau mau mengambil jalur lewat Wonosari, Gunung Kidul juga sudah bagus medannya.


Ndoro Donker
Jl. Karangpandan-Ngargoyoso, Kemuning, 
Ngargoyoso, Karanganyar.

13. Soto Gading, Sotonya Pak Jokowi


TerJokowi, demikianlah Manda menyebut soto gading ini sebagai kuliner soto yang terJokowi. Bapak Jokowi turut andil dalam mempopulerkan soto gading ini, tak ayal Manda pun dibuat penasaran dengan rasa soto gading ini.


Dengan aneka menu lauk pelengkap yang membuat soto gading ini semakin lezat dinikmati. Menurut Manda, soto gading ini menyerupai sop klaten yang bisa dijumpai di beberapa tempat. Tapi karena soto ini merupakan soto langganan Bapak Presiden, makanya ngehits sekali di kota Solo ini.

Soto Gading 1
Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, 
Ps. Kliwon, Surakarta.

14. Camilan dan Oleh-Oleh Solo yang Direkomendasikan


Pulang dengan wajah berseri, pastinya banyak yang membuat hati riang gembira.

✔️ Serabi dan leker Linco




✔️ Nastar Wonder
✔️ Roti semir Orion


✔️ Ampyang
✔️ Brem Solo



✔️ Nyamil sosis solo


✔️ Pizza Pizzaro


Yeaaayy! Banyak ya yang bisa kita eksplor dari kuliner kota Solo. 
Jadi kapan kita ke Solo? 



35 comments:

  1. Ngeri Manda lengkap banget kuliner Solonya. Aku banyak yang belum malah:) pingin leker sama bistiknya euy

    ReplyDelete
  2. wah itu makanana enak semua ya, mantap jiwa

    ReplyDelete
  3. Hadduuuuh, kalau kulineran di Solo kayanya pas pulang bisa nambah berat badan niiihhh, wkwkwk

    ReplyDelete
  4. haiiyyyaaa... itu makanan bikin ngiler mbak, enak semua tuh kayaknya

    ReplyDelete
  5. Itu makanan semua enak-enak, Mandaaa...bookmarked deh info ini, jadi enggak bakal salah belok waktu nyari makan di Solo
    Oh ya saya sudah sudah pernah makan di bakso Titoti tapi yang cabang Jakarta :D

    ReplyDelete
  6. Bakso Titoti di Tangerang juga ada, sama gak ya dgn yg di Solo? Btw unik banget ada Selat Viens segalan

    ReplyDelete
  7. Saya masih penasaran sama yang namanua selat solo.. apakah rasanya mirip dengan gado-gado?

    ReplyDelete
  8. Ini perlu ditulis juga tips jalan-jalan bisa nyobain kuliner lengkap kayak gini.Aku gak pernah tuntas je,hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus berkali-kali ke kota tersebut,mba..

      Delete
  9. Solooooo, setiap tahun pulkam kesini. Dan kulinernya selalu tak pernah lekang dimakan waktu wkwk. Aku kangen soerabinya. Duh duh duh ~

    ReplyDelete
  10. harus bangt di save ini. di simpan untuk rekomendasi saat traveling ke SOlo.
    Senangnya bisa melihat jalan2 bersama suami tercinta :)

    ReplyDelete
  11. Duh pe er saya masih buanyak nih menjelajab kuliner solo. Hahahaha. Baru plesiran 2 kali dan blm puassss

    ReplyDelete
  12. Mudah mudahan bisa segera ke solo, jadi ga cuma bisa ngiler ajaaa....... :D

    ReplyDelete
  13. Manda berapa hari di Solo? Bukan cuma sehari dua hari kan, ya? Hahaha ...

    Oiyaaa ...Sate Kambing Pak Manto belum dicantumin. Itu uenak banget. Lokasi di Jalan Slamet Riyadi. Sate, tongseng rica-rica dan thengklengnya juara bertahan. Eh, emang pertandingan olahraga hihihi ...

    ReplyDelete
  14. Biasanya kalo mudik ke Solo, suka nyari yg seger2 dulu karena hawanya panaaasss, hehe. Boleh tuh es krimnya, saya blm pernah. Trus oleh2 favorit kami mah Serabi Notosuman dan Intip, dua yg pasti kebeli. Yang lain bisa ganti2. Makasih info kulinernya, Manda. Duh, jadi kangen Solo polll :)

    ReplyDelete
  15. Ok fixed mau liburan ke Solo aah hahaha.. Btw itu bakso Titoti sama gak sih sama yang di Jakarta mbak? Mesti berapa hari ya di sana biar bisa nyicipin semuanya hihihi

    ReplyDelete
  16. Kapan kita ke Solo manda? Harus ajak makan semua di atas. Hehe. Aku kepo leker sama es krim nya. Kemarin aku nyoba es krim di Kusuma Sari, enak bangets

    ReplyDelete
  17. Lama nggak main ke Solo jadi kangen makanan2 ini. Favorit saya sih tetap Selat Solo, enak bangeeet. Manda tau nggak di Jogja adakah yang jual selad solo?

    ReplyDelete
  18. Wah mandaaa aku kangen semua makanan ini, sumpah itu selat viens legend banget ditambah serabi dan leker linco emang endeusss total

    ReplyDelete
  19. pengen langsung cusss deh habis baca cerita manda, laperrrr

    ReplyDelete
  20. Banyak macemnya. Beberapanya aku suka banget. Tapi ada yang dalam daftar ini tidak bisa aku makan.

    ReplyDelete
  21. Huwaaa, huwaaa, huwaa, ada aku dan pizzaku. Makasih mandaa.
    Beberapa tempat makan itu aku malah pernah datangi. Hiks.

    ReplyDelete
  22. Cuma nomer 8 dan 10 yang belum dicobain, sisanya udah semua. Sekarang malah pingin balik maem tengkleng di klewer tapi selalu males antrinya, apalagi kalo minggu.

    ReplyDelete
  23. Masuk bookmark iniiihhh. Aku jadi pengen ke solo dan nyobain kulinernua. Selama ini cuma tau selat solo sama serabi solo doang wkwkwk

    ReplyDelete
  24. Setelah berkali-kali ke Solo, kenapa cuma pernah ke Soto Gading thok yaaaa, duhduhhhh

    ReplyDelete
  25. Pak Darmo ini emang enak banget! favorit keluargaku kalo lagi ke solo hehehe

    ReplyDelete
  26. Aku mau staycation lagi nih di solo nda mampir ah ke Selat Solo mb Lies

    ReplyDelete
  27. Manda, aku yang tiap 2 minggu sekali pulang ke Solo aja belum khatam nih nyobain kulinernya. Makanan Solo enak-enak semua. Huhu

    ReplyDelete
  28. Ak paling suka selat solo tuuhhh~ kuahnya rasanya seger.. nasi liwetnya aku juga suka. . .

    ReplyDelete
  29. Wah ya ampun . Lihat foto makanannya aja dah kenyang .Palagi kalau dikirimin ke rumah 🤣🤣

    ReplyDelete
  30. Sate kambing hj.bejo itu yg bikin oenasaran banget, manda. Kemaren ke solo itu 2x ke situ tutup terus. Salah timing sih kita, ke solo nya pas deket2 libur idul adha, jd banyak warung sate kambing yg tutup. hiks

    ReplyDelete
  31. Salut padamu Manda, rekomendasi kuliner yang ada di Solo komplit dan menarik selera makan kabeh. Es Krim Tentrem yang termaknyesss, seporsi es krim sama dengan berasa makan kayaknya.

    ReplyDelete
  32. Lengkap banget! Ah jadi inget kapan itu ke Solo cuma main doang, mau makan bingung di mana haha.

    ReplyDelete
  33. Mbaaakkk banyak bangett ternyata yah. Solo kotanya kecil, tapi kulinerannya mayan banyak juga.

    ReplyDelete
  34. Ah itu serabinya bikin gak nahan pengen nyicippp...udah lama gak makan serabi. Itu varian rasanya banyak gak, Mbak?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Bermain Games Asyik di ZenFone Max Pro M1

Pokemon di ZenFone Max Pro M1 Peran smartphone jaman sekarang, pastinya mendekatkan yang jauh dan menjadi alat bantu komunikasi serta ...

IBX583576234EA4D