Ayam Penyet Suroboyo, Gejayan, Yogyakarta


Menyantap kuliner ayam kampung selain di soto ayam, bisa salah satunya menikmati ayam goreng. Tekstur daging ayam kampung cenderung tidak mudah koyak. Biasanya cocok untuk masakan yang membutuhkan proses memasak yang lama. Kali ini jalan-jalan tamasyaku sampai ke Suroboyo, maksudnya sampai di tempat makan Ayam Penyet Suroboyo, hehehehe..



Menu yang disajikan di sini banyak sekali, dari ayam, bebek, seafood sampai ikan. Pertama kalinya kenal Ayam Penyet Suroboyo ini karena menerima nasi kotak di sebuah acara. Ternyata memang pas dipesan paketan untuk nasi box seperti acara arisan, meeting, rapat, makan siang, atau kumpulan. Bahkan, kalau lagi pingin sambel tomatnya, manda memesan Delivery Order ke rumah.


Kasih komentar tentang es batu di es teh, sukaaaa kalau udah hafal tempat makan-tempat makan yang es batunya bulat ada lobangya *tahu es batunya dari air matang dan bisa dikonsumsi*. Seporsi es teh yang aman diminum dihargai 3,500 rupiah.

Nah, satu paket nasi ayam goreng seperti terlihat di foto di atas. Itu pilihan panda, nasi, ayam kampung goreng, lengkap dengan tahu tempe dan urap, pilihan sambelnya : sambel ijo. Satu paket nasi ayam kampung lengkap dihargai 17,000 rupiah.


Naahh kalau yang ini untuk manda, pilihan sambalnya : sambal tomat. Apa bedanya sambel tomat dan sambel hijau? Menurut manda, sambal tomat manis dan tidak begitu pedas. Kalau panda memilih sambal hijau karena rasanya mirip sambal bawang yang asin dan pedas. 

Biasanya, kami bisa memilih ayam bagian paha atas *malah jarang bagian dada*. Karena kami datang makan malam sehingga ayam bagian pahanya sudah habis. Makanya salah satunya, bagian dada. *_* 
Rasa sayur urapnya unik dan kremesannya enak. Kalau kurang lauk bisa pesan udang atau cumi, kalau kurang sayuran juga bisa pesan tumisam atau balado. Kali ini untuk asupan sayuran, kami pesan balado terong yang nambah lagi sambelnya untuk panda, xixixixi. Harga seporsi balado terung 9,000 rupiah.


Memilih tempat makan di Ayam Penyet Suroboyo untuk kami dikarenakan jarak yang dekat dari rumah dan rasa yang enak. Selain itu, tempat makannya bersih, dilengkapi tempat cuci tangan yang memadai dan tissue di atas meja. Untuk cabangnya sendiri, tamasyaku pernah mencoba di cabang Jetis dan di cabang Jalan Gejayan. Bagi yang ingin mencicipi bisa ke :

Ayam Penyet Suroboyo

Jl. Affandi No. 28 

Yogyakarta

Telpon : 0274-584140

Selamat menikmati dan salam/manda

14 comments

  1. Kapan2 mau mampir aahhh....

    ReplyDelete
  2. Ayam goreng itu meski udah sering makan juga tetep nggak bosen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeerrr mas fahmi.. sama kayak nasi goreng, meski gak selera makan pun masih bisa masuk.. xixixi

      Delete
  3. Glek! Langsung laperr.. belum jamnya maksi...
    Tampilan ayam gorengnya bikin kangen Suroboyo, mbak.. dikasih kremesan gitu. Kalo di Batam sini, ayam gorengnya kebanyakan kering, gak ada kremesannya kayak gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. besok september boleh kita ke sini ya mb dee an... *_*

      Delete
  4. Aku termasuk orang yang kurang suka ayam goreng, kecuali Ayam Goreng Kampung :))))
    Fotonya sukses bikin aku ngileeeer :))

    ReplyDelete
  5. maknyuus niiy..apalagi ayam kampung, cucokk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mb dedew.. enaakkk kalau pas lapeeerrr jugaa.... hihihihihi

      Delete
  6. Enaknya bisa delivery pula... Semperna, deh... ira

    ReplyDelete
  7. harga 1 paketnya lumayan murmer ya, murah merinding :D
    jadi kepengen makan ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda