Inilah Daftar Kopi Arabica Terbaik dan Termahal di Indonesia

sumber foto pexels.com
 
Jika diharuskan untuk menghitung serta menghafalkan setiap jenis kopi di Indonesia pasti Anda akan kesulitan. Ya, hal itu karena memang Indonesia mempunyai banyak sekali macam kopi namun hal itu tidak diimbangi oleh para pencintanya. Jenis kopi Arabica terbaik untuk masyarakat sudah pasti menjadi pilihan, selain itu jenis kopi Robusta. Keduanya memang mempunyai rasa serta aroma yang berbeda, makanya selera dari masyarakat juga berbeda. Walaupun memang dari segi kualitas lebih baik Arabica tetapi Robusta masih menjadi komoditas ekspor terbesar di Indonesia.

Sebagai salah satu warga negara Indonesia seharusnya Anda bangga karena banyak sekali jenis kopi yang bisa dinikmati. Untuk Arabica saja beragam jenis, belum lagi untuk Robusta dan jenis kopi lainnya. Jika harus berbicara mengenai yang terbaik dari sebuah kopi tidak bisa satu diantara banyak menjadi patokan karena memang sesuai selera masing-masing. 
 
sumber foto pexels.com
 
Nah, berikut ini ada beberapa jenis Arabica yang terbaik di Indonesia yang mempunyai harga mahal yaitu:

1. Kopi gayo

Yang pertama adalah jenis kopi yang berasal dari daerah Aceh atau lebih tepatnya pada dataran tinggi gayo. Jika dilihat dari respon para penikmat kopi memang jenis kopi dari gayo ini mempunyai rasa dan aroma yang lebih disukai dari pada jenis yang ditanam pada daerah lainnya. Hal itu dibuktikan dengan apresiasi yang diperoleh oleh kopi gayo pada ajang internasional sebagai salah satu kopi terbaik dari negara Indonesia.

2. Kopi toraja.

Selanjutnya ada jenis kopi yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya pegunungan Toraja. Pada pegunungan daerah tersebut memang banyak tumbuh subur jenis kopi Arabica dan juga Robusta. Pada kopi Toraja mempunyai tingkat kesamaan yang tinggi baik dari rasa, aroma serta kekhasan yang sama.

3. Kopi kontamani.

Bali bukan saja mempunyai daya tarik tersendiri untuk berbagai objek wisatanya tetapi ternyata juga menyimpan jenis kopi Arabica terbaik dan termahal di dunia. Kopi yang berasal dari kintamani mempunyai ciri yang berbeda dari jenis lainnya. Rasa biji kopi yang berasal dari daerah tersebut telah tercampur dengan buah lain yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Rasa segar dan asam menjadi ciri khas dari kopi kintamani.

4. Kopi flores.

Flores merupakan salah satu wilayah yang ada di Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya. Selain itu ternyata di wilayah tersebut juga menyimpan jenis kopi Arabica yang tidak kalah populer sampai dengan negara lainnya. Jika Anda menikmati jenis kopi dari Flores akan berasa seperti adanya campuran tembakau dan aroma buah.

5. Kopi jawa.

Terkenal sudah sejak abad 17an membuat jenis kopi Arabica dari Jawa juga tidak kalah nikmat dengan kopi yang dihasilkan dari daerah lainnya. Walaupun jenis kopi Arabica sudah banyak namun untuk jenis kopi dari Jawa tidak kalah menjadi pilihan utama para masyarakat khususnya petinggi-petinggi di Belanda. Kopi yang mempunyai aroma khas seperti hanya rempah-rempah menjadikan daya tarik sendiri untuk setiap orang yang menciumnya.

Banyaknya jenis kopi terbaik Arabica yang dihasilkan di Indonesia membuat mayoritas masyarakatnya mencintai jenis minuman tersebut. Sebenarnya memang masih banyak lagi lainnya, kalau untuk Anda adakah daftar kopi Arabica terbaik diatas atau jenis lainnya?

Itulah sedikit penjelasan mengenai kopi Arabica yang banyak digandrungi oleh masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Tidak heran jika Indonesia menjadi salah satu penghasil atau produsen kopi terbesar di dunia.

2 comments

  1. jadi pengen tau kopi mahal bagaimana rasanya ya manda?

    ReplyDelete
  2. Lidahku lebih cocok ama robusta. Tapi aku gak pernah nolak kalo ada yang nawarin kopi arabica. Favoritku kopi Flores ama Gayo.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda