Thursday, 18 April 2019

Persiapkan Hal Berikut Sebelum Berobat ke Luar Negeri





Berobat ke luar negeri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan berobat di rumah sakit terdekat. Hanya saja persiapan nya sedikit lebih banyak dan harus dipersiapkan dengan matang agar tidak ada kendala dari mulai pergi, saat berobat, hingga perjalanan pulang.



Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan? Berikut daftarnya:

Paspor

Ini adalah pertanyaan sederhana tapi penting untuk ditanyakan, khususnya untuk para pasien yang baru pertama kali berobat ke negeri orang. Paspor adalah dokumen penting yang harus dimiliki dan dibawa selama bepergian ke negara luar. Masalahnya adalah sebagian orang yang ingin berobat ke luar negeri belum punya paspor sehingga mereka pun harus mengurus dokumen ini terlebih dahulu yang pada umumnya tidak bisa jadi dalam satu hari. 

Membuat paspor juga tidak gratis dan tidak semua kota punya badan keimigrasian. Di kota-kota besar, antrian bisa sangat panjang dan dokumen ini bisa saja baru bisa diselesaikan dalam waktu sekitar satu minggu. Dengan demikian, dianjurkan untuk membuat paspor jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan.

Bagi yang sudah punya paspor, silahkan dicek masa berlakunya. Pastikan masa berlaku passport Anda lebih dari 6 bulan. Jika kurang dari 6 bulan, saat paspor dicek di bagian keimigrasian, Anda tidak diperbolehkan terbang.



Pendamping Berobat


Beda tujuan beda pula jumlah orang yang sebaiknya dibawa untuk menemani. Maksudnya? Apabila Anda hanya ingin melakukan konsultasi, medical checkup, atau operasi, satu atau dua orang saja sudah cukup untuk menemani. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi pengeluaran. Jangan sampai biaya penginapan, makan, dan transportasi lebih besar dibandingkan biaya berobat. Sementara itu, jika tujuannya adalah untuk berobat dan jalan-jalan, tak salah rasanya ditemani oleh sejumlah keluarga.

Cek Jadwal Dokter dan Buat Janji Ketemu Dokter


Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pasien yang berobat ke luar negeri adalah tidak tahu harus ke dokter mana, tidak tahu jadwal dokter yang ingin dikunjungi, juga belum buat janji ketemu. Ketika ditanya oleh pihak rumah sakit mengenai hal ini, mereka hanya bisa geleng-geleng kepala.

Jika demikian, kemungkinan untuk bertemu dokter yang benar-benar ahli menangani keluhan Anda lebih kecil karena dokternya bisa saja sedang cuti atau kalaupun ada di rumah sakit, beliau sudah ada jadwal operasi atau full book. Hal ini membuat pasien mau tidak mau bertemu dengan dokter yang “seadanya”. Sayang sekali bukan?

Maka dari itu dianjurkan untuk cari tahu dulu dokter yang ingin dituju dan jadwalnya agar bisa menemuinya dengan mudah.

Bagaimana cara mendapatkan dokter yang tepat sesuai keluhan dan bagaimana pula mengetahui jadwal prakteknya? Tidak perlu bingung dengan hal ini karena sudah ada Medisata.com yang siap memberikan bantuan untuk hal ini secara GRATIS. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bantuan dalam hal lainnya, seperti: janji bertemu dokter, informasi mengenai estimasi biaya, layanan penjemputan dari bandara ke rumah sakit, booking penginapan, evakuasi medis dengan pesawat charter, pengurusan dokumen klaim asuransi, dan transfer uang ke rumah sakit.

Dengan persiapan matang, perjalanan berobat Anda jadi lancar! So be prepared ya!

12 comments:

  1. Wahhh, bener banget ini Manda.
    Semoga semuanya sehaaaattt ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan selalu lahir dan batin ya. Amin...

    ReplyDelete
  3. Enak ya ada Medisata ini. Dulu kalau saya dengar cerita berobat ke luar negeri, saya kok suka mikir apa nggak repot ya? Karena berobat di negara sendiri aja kadang suka bingung urusan administrasinya. Kalau sama Medisata ini kan bisa dibantuin proses kita pas berobat di sana.

    ReplyDelete
  4. Whaa semoga ke luar negerinya dalam rangka berlibur aja ya. Aamiin.Btw, thx for sharung mb

    ReplyDelete
  5. jika aku boleh tambahkan: koordinasikan dengan pihak maskapai tentang kebutuhan extra untuk yang sakit misal wheelchair dari boarding gate

    ReplyDelete
  6. Pendamping itu penting banget..tidak mungkin kita berobat tanpa pendamping. Karena pendamping bosa turut menjadi support system kesembuhan kita jiga

    ReplyDelete
  7. Bener banget mba, jangan sampai LN baru bingung mau ke dokter mana..
    Harus dipersiapkan semuanya

    ReplyDelete
  8. berobat ke luar negeri sekarang jadi makin gampang dan praktis yaa.. tapi semoga kita sehat terus yaa.. keluar negerinya buat jalan-jalan aja :)

    ReplyDelete
  9. Yup, berobat disini aja butuh persiapan, sesimpel ndaftar dulu by phone, apalagi ke luar negeri :D

    ReplyDelete
  10. Wah saya justru baru tahu Medisata ini kak. Terima kasih ya infonya. Jadi lebih terjadwal ya..

    ReplyDelete
  11. Baru tahu soal tempat berobat ini 😊 selain mencari tempat berobat yang handal juga mencari kenyamanannya, thanks infonya kak 😊

    ReplyDelete
  12. Banyak ya orang Indonesia yang berobat ke luar negeri, sebagai pembanding atau second opinion. Makasih infonya Mba.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Hotel Terdekat Saat Liburan di Gili Ketapang

Ayooo liburaaaann! Penasaran foto di atas nggak ya? Kalau penasaran, foto di atas adalah pemandangan yang bisa dijumpai saat liburan ke ...

IBX583576234EA4D