Saturday, 6 July 2019

Wahana Gratis Taman Air Menari di Taman Pintar Yogyakarta


Halo sahabat tamasyaku, liburan kenaikan kelas masih membuat orang tua berpikir keras mencarikan aktivitas untuk sang anak. Salah satunya dengan mengajak tamasya untuk belajar langsung pada sekitar. Aktivitas fisik selain bisa merangsang krativitas anak, juga bisa menstimulus perkembangannya menjadi lebih baik. Siapa yang sudah kenal dengan Taman Pintar di Yogyakarta?


Ya, Taman Pintar Yogyakarta menjadi salah satu taman yang disediakan oleh pemkot Yogyakarta dengan mendapat dukungan dari PT. Danone. Nah, salah satu wahana yang di-relaunching adalah Wahana Taman Air Menari yang ada di Taman Pintar Yogyakarta.





Seiring dengan maraknya gaya hidup modern, kegiatan luar ruangan menjadi hal yang perlu terus dilakukan bersamaan dengan pemenuhan nutrisi. Nyatanya, 33,5% masyarakat Indonesia di atas usia 10 tahun kurang melakukan aktivitas fisik. Padahal, aktivitas fisik berguna untuk kebugaran tubuh, juga membantu stimulasi motorik halus, motorik kasar, dan penyerapan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak.


Sebagai kelompok usaha yang peduli akan kesehatan anak Indonesia, Danone di Indonesia dengan visi “One Planet, One Health” berkomitmen untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat dunia melalui makanan dan minuman termasuk edukasi nutrisi, hidrasi sehat, perilaku hidup bersih dan sehat, hingga aktivitas fisik yang teratur.


Pada kesempatan re-launching Taman Air Menari di Taman Pintar Yogyakarta ini, kami momblogger Jogja senang mendapat kesempatan diskusi tentang "Pentingnya Aktivitas Bermain di Luar Ruangan Bagi Anak." dengan narasumber dr. Mei Neni Sitaresmi, SpA (K), Dokter Spesialis Anak dan Sarah Diorita, ibu dari seorang anak.

Master of Ceremony membuka acara pagi hari ini, dan menyampaikan bahwa 29 Juni 2019 lalu adalah hari keluarga Nasional, dan momen ini dipergunakan Danone untuk me-relaunching Taman Air Menari di Taman Pintar.

Beberapa wakil dari pemkot Yogyakarta turut hadir untuk menyampaikan kata sambutannya. Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta, Kepala Dinas Pendidikan kota Yogyakarta, dan ibu Avia selaku kepala bidang pengelolaan Taman Pintar, dan dua narasumber diskusi pada pagi hari. Edukasi Danone untuk kemampuan motorik anak tercermin di banyak wahana di Taman Pintar.




Wahana Taman Air ini mengajarkan untuk jangan lupa minum saat bermain dan pentingnya membersihkan badan setelah bermain. Dikatakan bahwa aktivitas fisik di luar ruangan mampu membantu penyerapan nutrisi.


Ucapan terima kasih kepada PT. Danone disampaikan oleh Pemkot Yogyakarta dimana taman pintar ini menjadi tempat wisata edukatif di kota Yogyakarta atas peran serta Danone memfasilitasi beberapa wahana yang gratis dinikmati oleh pengunjung Taman Pintar, seperti : Zona Kebaikan Air dan Taman Air Menari ini.

Baca juga : Zona Kebaikan Air dari Danone di Taman Pintar Yogyakarta


Salah satu bentuk aksi positif yang dilakukan oleh Danone di Indonesia adalah sebuah kerjasama panjang dengan Taman Pintar Yogyakarta dengan menghadirkan dukungan terbaru yaitu Wahana Taman Air Menari. Wahana ini merupakan wahana luar ruangan yang bertujuan untuk mengembangkan sisi kognitif dan motorik anak-anak di Yogyakarta untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal.

Kampanye ISI PIRINGKU

Isi piringku adalah panduan makan untuk anak-anak PAUD yang bergizi seimbang sejak 2014. Dan kampanye Danone mulai tahun 2017.


Danone memberikan edukasi sesuai komitmennya untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat dunia melalui makanan dan minuman. Produk Danone adalah produk yang sehat, sebagai perusahaan yg memberi akses kesehatan untuk masyarakat mengkonsumsi produk-produk Danone. 

Sejak th 2017, Danone melakukan kampanye Isi Piringku dengan melakukan ToT. Isi piringku diperuntukkan bagi anak usia 4-6 tahun, usia PAUD anak sudah mulai dikenalkan. Hanya saja, karena anak PAUD belum bisa makan sendiri, maka yang diedukasi adalah guru PAUD dan ibunya.


Isi piringku ini mengajarkan bahwa dalam piring yang dimakan, haruslah tercukupi kebutuhan nutrisinya. Beberapa faktor yang menentukan kebutuhan nutrisi, yaitu :
  • Usia atau tahap perkembangan
  • Aktifitas
  • Jenis kelamin
  • Selain itu, ingatkan untuk cuci tangan
  • Dan minum air



Diskusi tentang "Pentingnya Aktivitas Bermain di Luar Ruangan Bagi Anak."


Ibu Mei Sitaresmi menyampaikan bahwa Selain nutrisi, juga stimulasi. Dua hal tersebut yang harus diperhatikan saat mendampingi pertumbuhan anak. Aktivitas fisik berguna untuk kebugaran tubuh, juga membantu stimulasi motorik halus, motorik kasar.

Pengalaman mba Sarah Diorita menganut pola "mengontrol yang bisa dikontrol". Supaya tidak alasan untuk melakukannya dengan fun. Pastinya, sesuaikan dengan kondisi kita.
 

Motorik halusnya : robotik, Motorik kasarnya : Taekwondo. Ini adalah contoh untuk mengaktifkan aktivitas motorik. Yang paling penting diperhatikan adalah kebersihan dari tempat bermain sehingga anak jg tetap sehat setelah melakukan aktivitas fisik.

Aktifitas fisik anak di Taman Air Menari juga menjadi salah satu stimulus yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak. Oleh karenaya, Danone membuka kembali Taman Air Menari di Taman Pintar dan sudah bisa dinikmati hari ini tgl 2 Juli 2019 dan diakses secara GRATIS di Taman Pintar Yogyakarta.

Lihat keseruan anak-anak bermain di Wahana Taman Air Menari di Taman Pintar Yogyakarta.



Terima kasih, Danone!


1 comment:

  1. Waah...lengkap banget ini informasi dan ilmunya Manda, jadi pengen juga ajakin anak anak main di Taman Air Menari

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Trans Studio Mini Maguwo, Ruang Rekreasi Modern di Yogyakarta

Rekreasi ke Trans Studio Mini Maguwo Jogja Menghabiskan akhir pekan ala couple traveler ke Trans Studio Mini Maguwo Yogyakarta . Menj...

IBX583576234EA4D