Meneropong Misteri Dieng dan Tersihir Pesona Negeri Kayangan di Pulau Jawa

 


Pesona Dieng, Pesona Negeri Kayangan di Pulau Jawa

Siapa yang belum pernah mendengar Dieng? Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Sebuah perjalanan yang memanjakan mata dan hati siapapun yang merencanakan perjalanan ke Dieng melalui perjalanan darat. 


Menghadirkan kembali kenangan perjalanan ke Dieng yang sudah berkali Manda dan Panda lakukan. Mengenang cerita perjalanan itu menyenangkan, terlebih kalau kita berbagi pengalaman yang  bisa berguna bagi sahabat Manda yang membaca tulisan ini. Berkali ke Dieng dilakukan saat weekend, mulai dari menikmati objek wisata di Dieng, menikmati Dieng Culture Festival, menikmati desa Sembungan dan mendaki Bukit Sikunir untuk menikmati sunrise dan tentunya menikmati kuliner serta belanja oleh-oleh khas Dieng.


Dieng dan Negeri Kayangan


Nama Dieng berasal dari gabungan dua kata bahasa Kawi, yaitu "di" yang berarti "tempat" atau "gunung" dan "Hyang" yang bermakna (Dewa). Dengan demikian, Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam. Menurut KBBI, kayangan berarti tempat dewa atau surgaloka. Oleh karenanya, Dieng disebut juga sebagai negeri kayangan.



Perjalanan dari kota Yogyakarta, kurang lebih menempuh jarak sejauh 126 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Secara kondisi jalan, perjalanan darat dari Yogyakarta ke Dieng sudah beraspal bagus dengan rute Magelang - Temanggung/Parakan - Wonosobo - Dieng. Perjalanan yang bakalan memanjakan indera mata dan pengecap karena kita bisa melihat pemandangan gunung-gunung dan menikmati kuliner Wonosobo yang terkenal, Mie Ongklok.



Mie Ongklok sebagai makanan khas kota Wonosobo ini disajikan dengan pelengkapnya sate sapi, tempe kemul dan geblek. Semangkuk mie ongklok berisi mie kuning yang direbus kemudian diracik dengan campuran kobis dan daun kucai, serta taburan bawang goreng. Mie ongklok disajikan dengan siraman kuah kental dari campuran kanji yang berwarna kecoklatan. Menyantap mie ongklok harus cepat karena kalau kelamaan akan mencair.




Kata ongklok digunakan untuk menyebut peniris yang terbuat dari anyaman bambu yang digunakan untuk merebus mie, kobis serta kucai. Setelah selesai menyantap kuliner Wonosobo yang tidak boleh dilewatkan, kita pun melanjutkan perjalanan menuju ke Negeri Kayangan Dieng.




Dataran Tinggi Dieng memiliki ketinggian rata-rata sekitar 2.000 m di atas permukaan laut dengan suhu berkisar 12 - 20°C di siang hari dan 6 - 10°C di malam hari. Pada saat musim kemarau (bulan Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0°C di pagi hari dan terkenal dengan fenomena embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas atau embun racun, karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian di wilayah Dieng. 



Misteri Carica yang Hanya Bisa Tumbuh di Dieng


Yeaaay! Sudah bertemu dengan tugu carica. Minuman carica (baca : karika) adalah oleh-oleh yang sudah populer dari Dieng. Ada hal misterius dari carica ini, konon katanya hanya bisa tumbuh di Dieng. Kalau ditanam di Jogja atau daerah lainnya, akan keluar sebagai buah pepaya biasa. Aneh ya! 


 

Untuk memecahkan misteri buah carica ini, Manda mendapat sumber dari intisari bahwa memang secara fisik pohon, daun dan buahnya mirip dengan pepaya, tetapi buahnya lebih kecil-kecil. Buah carica ini biasa dibuat manisan yang dijual dalam bentuk cup minuman carica sebagai buah tangan khas Dieng. Kemisteriusan pohon buah carica yang hanya bisa tumbuh di lereng bagian atas Gunung Dieng terjawab sudah!


Menurut penuturan petani di Dieng, meskipun carica sangat mudah tumbuh, namun uniknya, ketika ditanam di lereng gunung tidak semua tempat cocok ditumbuhi pohon carica ini. Semakin ke bawah, semakin sulit tumbuh. Kalaupun bisa tumbuh, sulit berbuah. Ternyata faktor ketinggian yang membuat Carica hanya bisa ditemui di Dieng. Nah, dengan segala keunikan dari buah carica, minuman carica  yang enak ini sekarang mulai dipasarkan secara online.


Setelah memecahkan misteri buah carica Dieng, bagaimana kalau sekarang kita jalan-jalan di tempat istimewa buat Manda Panda kalau tamasya ke Dieng? Dieng, selain negeri kayangan juga dikenal sebagai negeri di atas awan. Kabut yang turun lebih sering di kawasan Dieng sehingga suasana di Dieng akan terasa sejuk dan dingin, itu yang membuat kami selalu rindu ke Dieng.


Objek Wisata Populer di Kawasan Dieng


Bagi sahabat Manda yang memang ingin ke Dieng untuk berekreasi mengajak orang tua atau anak-anak, banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi. Beruntung sekali pernah bertemu dengan warga lokal dan darinya kami mendapat semacam "buku saku Dieng", baik banget ya, mau menggambarkan peta objek wisata di Dieng. Objek wisata di Dieng tersebar banyak sekali, sehari tidak akan cukup untuk meng-explore kawasan Dieng. 



Telaga Warna dan Gua-Gua di Sekitarnya 


Berkali ke Dieng saat menjadi anak, kami selalu diajak ke objek wisata yang populer saja. Telaga Warna dan Dieng Theater adalah tujuan utama mama papa ketika mengajak anak-anak ke Dieng. Tipe orang tua yang tidak hobi menginap ketika bepergian melekat di kedua orang tuaku. Alhasil, pergi pulang saja ketika kami mengunjungi Dieng. Menikmati kawah dan ke objek wisata Telaga Warna, cukup menikmatinya dengan berjalan menyusuri kawasan Telaga Warna dan Telaga Pengilon, termasuk ada banyak gua di sekitar kawasan Telaga Warna. Cukup membayar tiket masuk objek wisata Telaga Warna, maka akan bisa menemukan banyak objek wisata dan objek foto di sekitarnya.



Objek wisata Telaga Warna ini termasuk telaga yang memiliki keunikan karena warna air telaganya memunculkan banyak warna, yang paling sering muncul adalah nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Sedangkan Telaga Pengilon, telaga yang letaknya bersebelahan persis dengan Telaga Warna, memiliki keunikan warna air telaganya bening seperti tidak tercampur belerang. Karena warna air telaganya yang bening dan bisa dipakai berkaca, maka telaga tersebut dinamakan Telaga Pengilon. 

Wisata Kawah di Dieng


Salah satu yang membedakan Dieng dengan dataran tinggi yang lain adalah keberadaan kawah yang masih aktif dan menjadi daya dukung pariwisata di Dieng. Menurut Wikipedia, kawah aktif di Dieng merupakan kepundan bagi aktivitas vulkanik di bawah dataran tinggi. Pemantauan aktivitas dilakukan oleh PVMBG melalui Pos Pengamatan Dieng di Kecamatan Karangtengah.


Berikut adalah kawah-kawah aktif yang dipantau kawah Candradimuka, Kawah Sibanteng, Kawah Siglagah, Kawah Sikendang yang berpotensi gas beracun, Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Sinila yang berpotensi gas beracun, dan Kawah Timbang yang juga berpotensi gas beracun. Tapi tidak perlu cemas dengan kawah-kawah aktif yang ada di kawasan Dieng, letaknya jauh dari objek wisata yang aman dikunjungi.

Karena kawah-kawah aktif yang ada di Dataran Tinggi Dieng lah, bermunculan tempat wisata kekinian yang juga bisa dinikmati ketika berkunjung ke Dieng, D'Qiano Hot Spring Waterpark. D’Qiano Hot Spring Waterpark merupakan wahana pemandian air panas dengan sumber kolam pemandian air panas diambil langsung dari sumber mata air panas di Dieng. Objek wisata D'Qiano Hot Spring Waterpark berlokasi di Desa Kepakisan dekat dengan objek wisata Kawah Sileri.


Batu Pandang "Ratapan Angin"


Berfoto dengan view Telaga Warna bisa dilakukan dari tempat yang dikenal dengan batu pandang Ratapan Angin, sewaktu Manda ke Dieng, sengaja menyempatkan untuk berfoto di tempat yang ngehits di instagram tersebut. Ternyata, disekitarnya malah bisa menjumpai semacam wahana flying fox dan pemandangan dari ketinggian yang bagus sekali.



Namanya juga Batu Ratapan Angin, memang menuju ke situ banyak dijumpai batu-batu besar yang bagus untuk spot berfoto. Sewaktu menuju ke Batu Ratapan Angin, Manda melewati semacam kebun carica dan ditanahnya bisa muncul kepulan asap. Sebuah perjalanan tamasya yang sekaligus bisa mengedukasi.


Dieng Plateau Theater


Seperti kebanyakan tempat wisata di kawasan gunung berapi, seperti di Ketep Pass dan Museum Gunung Merapi, ada theater yang akan memutarkan film berdurasi pendek yang berkaitan dengan kegunungapian di sekitarnya. Manda dan Panda pun tidak melewatkan untuk menonton sekitar 10-15 menit di Dieng Volcano Theater karena letaknya yang berdekatan dengan batu pandang Ratapan Angin. 

Pesona Dieng tak akan habis dinikmati hanya dari alamnya, kalau tadi kita sudah bercerita tentang telaga, kawah, buah carica yang tumbuh di Dieng, sekarang kita meneropong Dieng dengan pesona candinya.

Kompleks Candi di Dieng


Komplek candi yang ada di kawasan Dataran Tinggi Dieng merupakan kompleks candi-candi Hindu yang dibangun pada abad ke-7 Masehi. Uniknya, Candi-candi di Dataran Tinggi Dieng diberi nama-nama tokoh pewayangan, antara lain: Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Gangsiran Aswatama, Candi Nakula-Sadewa, Candi Parikesit, dan Candi Dwarawati.

Manda sendiri masih punya banyak PR untuk kembali ke Dieng dan mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi, masih banyak candi yang belum sempat dijelajahi. Saat menuliskan cerita Manda Panda sewaktu ke Dieng, sungguh rasanya seperti meneguk obat rindu pada Negeri Kayangan Dieng. Rindu harus tertuntaskan, oleh karenanya Manda bongkar file foto dimana saat itu sedang digelar Dieng Culture Festival di Candi Arjuna. Betapa kompleks Candi Arjuna kala itu menawan untuk dijadikan latar berfoto seperti pada foto berikut ini. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan dari kompleks Candi Arjuna.


Membaca cerita Manda tentang Dieng yang seakan tak ada habisnya dan menyenangkan. Tentulah Manda dengan senang hati mau berbagi apa yang membuat perjalanan tamasya ke Dieng selalu menyenangkan.

Tips Tamasya Nyaman Saat ke Dieng

  1. Rencanakan liburan. 
  2. Ketahui peta objek wisata.
  3. Tentukan tujuan serta tempat menginap.
  4. Bawa perlengkapan jaket, selimut, obat-obatan, dan tutup kepala bagi yang tidak tahan dingin. 
  5. Bersikap sopan.
  6. Menjadi pengunjung yang beradab ketika berada di tempat yang disakralkan.


Sampai ketemu di Dieng ya! Berkali ke Dieng, meninggalkan kesan dan cerita yang berbeda. Buat ceritamu sendiri di Negeri Kayangan Dieng ya.

59 comments

  1. Duh Dieng.. 😍😍 Kalo ngomongin Dieng, auto kangen ama dingginnya euy. Kangen juga ama tempe kemul dan manisan caricanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan kita barengan ke Dieng? Mendaki Gunung Prau yuk! Oiya jadi inget penginapan Cahaya kita menjadi saksi cerita indah di Dieng ya

      Delete
  2. Lagi pandemi gini lihat postingan travelling udah ikut ngerasa piknik tipis tipis. Makasih manda sudah berbagi ya. Aku suka manisan carica, baru tau kalau dia nggak bisa tumbuh di tempat lain.

    ReplyDelete
  3. Tuh kannnn aku aku baper hahahha...Miss this place so much...

    ReplyDelete
  4. Lengkap sekali informasinya mbak, terima kasih. Saya jadi tahu ada buah karika (carica).
    semoga suatu waktu saya bisa menjelajah Dieng selengkap-lengkapnya.

    ReplyDelete
  5. Kalau ditanya udah ke Dieng apa belum, jawabanku belum manda hahaha
    Tapi gapapa sementara ini udah tersalurkan niat jalan jalannya dari tulisan ini heheh

    ReplyDelete
  6. Aku udah beberap akali ke Dieng tapi belum pernah ngajak anak. Padahal rencananya lebaran kemarin mau ke sini tapi tinggal rencana aja. Semoga pandeminya cepat berakhir. Kaliau ke sana aku suka sama Carica

    ReplyDelete
  7. Sudah beberapa kali wisata ke dieng, dan pastinya berkesan banget buat aku :) yang jelas karena pemandangannya, wisata kulinernya :) top banget

    ReplyDelete
  8. Lengkap banget ceritanya manda. Aku belum pernah nginep yg di desa sembungan itu. Sama di samping telaga cebongan. Pgn euy insyaallah kalau anak2 udah gedean. Asyik y Dieng

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah Mba...baca ceritanya langsung flashback nih aku. Dulu juga aku perjalanan darat dari Sumedang ke Dieng. Mantap banget haha. Dan aku sedih pas liat foto Mie Ongklok dan sate di atas �� kepengen... dulu rasanya pengen dibawa pulang, tp karna dari kanji ya...jd emang lebih enak makan di tempat. Huhu pengen ke Dieng lagi

    ReplyDelete
  10. Dieng benar-benar eksotik dan memiliki pesona tersendiri, enaknya kesana bersama org tersayang. Unch banget

    ReplyDelete
  11. Dieng saat ini sudah banyak berubah ya. Terakhir ke sana tahun 2012. Wkwkwkwkkk... Masih single dan sekarang anak saya sudah SD

    ReplyDelete
  12. saya sudah pernah dengar dieng tapi belum sempat ke sana mbak. Rencananya pertengahan tahun mau jalan2 ke jogja dan sekitarnya, eh malah pandemi. Lengkap banget info yang mbak kasih ttg dieng di sini. Langsung aku bookmark mbak hehehe.

    ReplyDelete
  13. waaa pemandanganya kece banget yaaa, makanannya juga menggoda semua niiih aku belum pernah ke sanaaa, jadi pengen ke sana juga, masukin wish list dulu aaah

    ReplyDelete
  14. Masha Allah buah caricanya imut banget sih. Kirain mah buahnya segedhe pepaya gitu. Ternyata nggak. Hehehe

    ReplyDelete
  15. Akutu terakhir ke sana zaman kuliah lapangan. Sekarang udah bagus banget ya. Obyek wisatanya juga banyak. Duuh kulinernya bikin ngiler deh...

    ReplyDelete
  16. Wah seru banget ya main ke Dieng. Kepengen banget deh bisa jalan-jalan ke sana bawa anak-anak. Bau suami deh yang udah ke sana. Katanya seru. Semoga abis pandemi bisa main ke sana. :D

    ReplyDelete
  17. Aku kalau ke Dieng nyarinya mie Onklok sama carica kemasan

    ReplyDelete
  18. Membaca cerita Manda ke Dieng jadi semakin penasaran ingin main ke sana. Dulu baru sempat lewat Wonosobo dan lihat pedagang buah carica aja. Dan penasaran dengan buah carica-nya. Rasanya seperti buah pepaya, ya?

    ReplyDelete
  19. Teman-teman blogger banyak yang bahas ttg Dieng ini jadi semakin penasaran, oh ya buah Carica baru kali ini saya dengar lho, kepingin merasakan langsung gimana rasa dan aromanya

    ReplyDelete
  20. Kalau baca cerita tentang Dieng gini tuh langsung kebayang gimana serunya suasana Jazz di Negeri Atas Awan. Saya yang lihat videonya di Youtube aja sukaaa..gimana yang menyaksikan langsung.

    ReplyDelete
  21. Aku pun pengin bisa balik lagi ke Dieng, asalkan enggak pas liburan ya. Dieng parah banget kalau pas liburan, penuh sesak. Yang nggak nguatin tuh saat harus antri di tanjakan yang super panjang itu. Menguras kampas kopling dan rem euy. :))

    Carica nih kesukaanku. Senang sekali makan manisan carica yang suegeeer ini.

    ReplyDelete
  22. aku mauuu ke Dieeeng Imaaaa...bareng sama anak - anak juga sekaliaan hehehe. Mie ongkloknya enaak deh jayaknyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih saya juga membayangkan gimana serunya kalau ke Dieng gini bareng keluarga. Saya suka euy liburan ke tempat dingin gini. Pas banget belum pernah ke Dieng~

      Delete
  23. Masku pamer-pamer kalau uda pernah ke Dieng..
    Ternyata tempat yang bisa di eksplor banyak juga yaa, kak Manda...
    Baiknya seminggu di Dieng, hahaha...sambil refreshing lepas kepenatan dari kesibukan sehari-hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebayang dinginnya udara di Dieng...
      Pasti fresh abis liburan ke sini.

      Pangling sama kak Manda.

      Delete
  24. Aduududuuuuh itu mie ongklok ngangenin bangeeeett, susah lagi ya Mbak dicari di tempat lain kalau nggak di sana.... plus mendoan sama teh angeeeet duuuhhh.... pengeeen!

    ReplyDelete
  25. Wah.... Dieng! Ke sana nggak cukup sehari aja ya mbak? Karena banyak obyek wisata unik yang nggak ada di tempat lain. Pan kapan pengen ke sana lagi aahh

    ReplyDelete
  26. Dieng memang tak terlupakan ya mbak. Saya saja meskipun sudah empat tahun yang lalu, tetap mengingat serunya perjalanan dan petualangan kami. Banyak tempat wisata yang menyimpan sejarah. Makanan khasnya mie ongklok juga enak, ngangeni ya.

    ReplyDelete
  27. penasaran sama pesona Dieng beserta misteri yang terkait di dalamnya, mamahku pernah ke sana, katanya bagus sekali dan sangat dingin

    ReplyDelete
  28. Ternyata banyak tempat yang bisa dikunjungi di Dieng yaa... Ada candi ya juga. Hmmm makin ingin kesana deh rasanya. Akhir tahun kira kira sudah bisa berkunjung kesana apa belum ya?

    ReplyDelete
  29. Belum pernah ke Dieng
    Cuma sekadar dengar cerita. Termasukcerita mba Ima di tulisan ini

    ReplyDelete
  30. ah bagus ya ternyata wisata telaga warna dieng ini <3 aku udah lama banget ga wisata alam seperti ini, dulu pernah ke gunung takuban perahu. btw, makasih ya mba sharing dan ulasannya ^^

    ReplyDelete
  31. Yang buat saya mau ke dieng tuh krn beberapa orang promosi soal mie ongkloknya yang enak dan telaga warnanya. Duuh kapan ya pandrmik berakhir. Mau banget deeh..

    ReplyDelete
  32. Ketinggian rata-rata Dieng sekitar 2.000 m di atas permukaan laut dengan suhu berkisar 12 - 20°C di siang hari dan 6 - 10°C di malam hari ... waah kebayang sejuknya seperti apa ya. Kalau di sana, biar siang enak jalan-jalan.

    ReplyDelete
  33. Mie Ongklok-nya menggoda banget Cyinnn, Cita-citaku juga suatu hari ke Dieng. Paling nggak pas Najib 7 tahun nanti. Aku penginnya nginep di rumah petani, sudah sempat tanya-tanya sih, tetanggaku di sini kebetulan keluarganya petani di Wonosobo banyak. Pokok pengin ngerasain hidup jadi orang lokal. Kalau ada rezeki akan segera kami realisasikan. Sementara baca postingan Manda aja biar makin semangat menabung. Hehe

    ReplyDelete
  34. Tahun ini harusnya ke Dieng sama sahabat, tapi gagal total karena *you know who* hahaha..

    pengen banget deh bisa ke sana. soalnya aku ke Dieng tuh kayaknya pas masih kecil gitu Manda, jadi samar2 banget

    ReplyDelete
  35. Sering baca ttg dieng tp blm pernah kesana. semoga bisa travelling kesana :)

    ReplyDelete
  36. Saya belum pernah ke Dieng.
    Tapi menarik sekali waktu nonton di TV berita tentang embun yang jadi es di tanaman-tanaman perkebunan di sana.

    ReplyDelete
  37. Wah bagus sekali pemandangan Dieng, aku belum pernah ke sana.
    Dan ituuu menggoda bangetkuliner Wonosobo nya, tertarik dengan tempe kemul dan geblek *baru denger ini haha. Kalau carica, pernah coba, saat reuni SMA ada teman yang bawa, enak :)

    ReplyDelete
  38. Ohh baru tahu kalau minuman Carica ini dari Dieng yang dinginnya banget ya. Pernah dikasih tetangga, dipikir dari buah apa gitu, g tahunya emng carica. Apalagi di Dieng ini ada di atas permukaan laut 2000 m dan suhunya bisa sampai 20 derajat untuk siang dan malam lebih dingin lagi hiiiii, udah ngerasa ngilu duluan badanku mbak ngebayangin dinginnya haha. Ditempuh 3 jam perjalanan ga begitu berasa juga sih asal kita senang ya.

    ReplyDelete
  39. Pertama kali ke Dieng luar biasa takjub. Gunung, dataran, cuaca,semuanya bikin terpesona. Bersyukur banget pernah ke sana

    ReplyDelete
  40. Aku pengen juga ke Dieng mba...nunggu Corona teratasi dulu lah klo bisa...
    Baru sekali ke sana..itupun udah lamaaaa bngt.

    Beneran deh..selama Corona ini blm berani pergi jauh2..lha bawa anak2 pula..

    ReplyDelete
  41. Kangen banget ke dieng, dulu sama suami pernah naik prau mampir wonosobo mampir makan mie ongklok juga

    ReplyDelete
  42. Dieng memang juara banget ya pemandangannya. Aku penasaran nih sama rasa buah Carica mirip belimbing ya bentuknya

    ReplyDelete
  43. Salah satu wish list jalan2 nih sayang keburu pandemi.Semoga segera selesai pandeminya. Banyak objek menarik ya di dieng dan pilihan kulinernya bikin ngiler

    ReplyDelete
  44. Baru sekali ke Dieng, rasanya baru seuprit menikmati segudang pesona yang terhampar di negeri kayangan ini. Semoga setelah masa pandemi ini usai, bisa ke Dieng lagi staycation sama anak2.

    ReplyDelete
  45. I sincerely hope we can go here soon. This place is heaven and I should bring my family here...

    ReplyDelete
  46. Aku belum pernah ke Dieng, pingin banget kesini. Terus Penasaran banget sana mi ongklok, enak banget kayaknya.

    ReplyDelete
  47. Belum pernah ke dieng mbaa.. Cm pernah baca dieng di buku cerita anak. Dikira tempatnya hali ternyata beneran. Ya ampun sekuper itu aku. Saking jarangnya kepo n jalan2. Kd pengen kesini

    ReplyDelete
  48. Masya Allah indah banget ya pemandangannya jadi pengen juga lo ke Dieng, tentunya lebih seru kalau bersama keluarga

    ReplyDelete
  49. Ah...
    Dieng emang mempesona ya mbak...
    Keindahannya spt negeri kayangan

    ReplyDelete
  50. Setahun lalu,tepatnya bulan Juli saya dan teman-teman mendaki ke Gunung Prau. Lihat pemandangan dari atas sana keeeeceeeee banget, apalagi pas sunrise. Abis turun gunung, mampir ke Batu Ratapan, Candi, dan jajan Carica juga.

    ReplyDelete
  51. Lama banget nggak ke Dieng nih Mbaaa. Kangen banget pengen ke sana lagi buat makan mie ongklok.

    ReplyDelete
  52. romantisnya mba, btw penasaran sama mie ongklok edisi belum pernah nyobain, kalau carica udah pernah nyoba tapi belum pernah liat buah aslinya kaya gimana, semoga bisa ke dieng

    ReplyDelete
  53. Peta sakunya itu lho hahahah wasiat banget ya Manda, seru perjalananmu. Mie Ongklok sama carica emang kuliner yang ngangenin

    ReplyDelete
  54. Huwaa.. Pengen banget ke Dieng. Apalagi beberapa teman udah mampir ke sana dan katanya bagus. Makanya jadi kepengen juga tapi sayangnya belum kesampean.

    Tapi meskipun belum prnah ke Dieng, aku udah pernah nyobain jus caricanya. Waktu itu mampir ke gedung Smesco Indonesia dan ternyata di sana dijual juga. Sekilas kayak pepaya tapi sebenarnya ada perbedaannya.

    ReplyDelete
  55. Duuuuhh baca artikel ini jadi kangen Dieng, tempat yang super dingin dengan keindahan yang masya allah. Aku juga suka carica, enak banget apalagi kalau beli langsung di rumah warga

    ReplyDelete
  56. selalu ingin pergi ke Dieng tapi apalah daya selama pandemi kaya gini baru bisa jalan jalan virtual aja salah satunya di postingan blognya nih kak thank you bgt udh share ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda