Tips Pemula Bersepeda, Memulai Hidup Sehat, yuk!

Manda Panda

Halo sahabat Manda Panda, apa kabarnya? Sudah sejak pandemi 18 Maret 2020, kita terbatas melakukan apa yang kita suka. Tentunya Manda nggak sendirian kan ya, menemukan banyak hobi di rumah agar tetap sehat. Asupan multivitamin yang tidak boleh terlupa untuk menambah daya tahan tubuh supaya nggak gampang sakit. Hobi jalan-jalannya gimana? Harus sabar menanti semuanya membaik dulu ya. InsyaAlloh bumi ini akan membaik, aamiin.

Sepeda Kesayangan

Kalau dulu sebelum pandemi setiap Sabtu Minggu entah kemana, kita keliling kota dan refreshing kulineran. Kalau sekarang harus di rumah saja, harus tetap semangat ya. Banyak kok yang bisa kita lakukan, Manda sendiri menemukan hobi yang terpendam justru saat pandemi ini, bisa serius bikin konten Youtube untuk #DapurManda lalu menemukan hobi baru berkebun di #KebunManda. Untuk olahraga, tadinya badminton tapi lalu terkompor teman-teman yang memilih bersepeda sebagai hobinya. Yeaaayy! Akhirnya kami berdua bersepeda di akhir pekan. Seneng ternyata!

Sepeda Kesayangan


Foto di atas adalah foto sepeda kesayanganku sejak Manda duduk dibangku kelas 5 SD, sekitar tahun 1992. Bisa dihitung usia sepedaku ya? Kurang lebihnya 29 tahun, hahahaha. Guyonan yang kemarin terlontar sama keponakanku, ponakanku harus manggil sepedaku dengan panggilan "om", hahahahaha.

Sepeda kesayangan yang walau usianya sudah 29 tahun tetap bakoh dan ga kalah sama sepeda yang baru. Sepedaku masih disimpan mama di gudang, sewaktu ditemukan, banyak karat dimana-mana dan tidak layak pakai lagi, tanya senior tentang bersepeda, ada toko sepeda bagus, dibawalah ke sana dan ternyata caciknya bilang bahwa sepedaku masih bagus, rangkanya asli dan gear-nya pun nggak kalah sama sepeda yang sekarang, yihaaaaaa akhirnya diperbaikilah selama kurang lebih 3 hari dan ketika pulang, taraaaaaaa... sepeda kesayanganku kembali! Semangat sekali aku mencobanya, sore itu aku mencoba bersepeda, lalu sejenak memori kenangan masa kecilku seakan kembali mendatangiku.




Banyak cerita dengan sepeda ini sewaktu Manda kecil, mulai dari kisah sepeda ini dibelikan oleh eyangku, sepeda Federal yang kubanggakan kala itu, merajuk mama mengizinkanku naik sepeda saat ekstra kurikuler pramuka, lalu momen-momen bersama sepedaku seperti disuruh beli telur, kugantung di stang dan ngebut, saat jalan turun, telurnya lepas dari kantong bagian bawah, huhuhuhuhu, itu kenangan yang tidak terlupakan buatku.



Tips Bersepeda Bagi Pemula


Memulai lagi bersepeda setelah sekian lama membuatku ngeri-ngeri sedap, tapi setelah mengalahkan ketakutan dan kekhawatiran, bersepeda itu M E N Y E N A N G K A N. Apa tipsnya bagi pemula bersepeda?
  1. Sepeda yang nyaman dipakai. Jenis sepeda banyak sekali, sebaiknya saat membeli baru pastikan untuk menjajalnya, sehingga bisa ditentukan sepeda mana yang nyaman dikendarai. Buatku, sepeda kecilku adalah sepeda yang nyaman dipakai karena sudah terbiasa sejak kukecil.
  2. Tinggi sadel sepeda. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tingginya sadel sepeda, karena sadel sepeda menentukan jarak pesepeda untuk turun dari sepedanya. Kalau terlalu tinggi, kemungkinan jatuhnya lebih besar, itu kalau saya lho.
  3. Rem sepeda. Perhatikan rem sepedanya karena rem sepeda memegang peran penting. Pahami tentang rem depan dan rem belakang, coba dulu bersepeda dekat dan lalu pakai rem, karena bisa terjungkal kalau tidak paham rem depan atau rem belakang yang dipakai. Kalau Manda, kupakai semua bersama-sama dan tidak mendadak.
  4. Kunci sepeda. Bagi yang senang mencari sarapan saat bersepeda, pastikan membawa kunci sepeda, setidaknya kita sudah ikhtiar supaya sepeda tidak hilang. Kalau sepedanya diangkut dan hilang, itulah resiko bersepeda kalau sendirian.
  5. Pemanasan. Bagi pemula bersepeda seperti saya, setelah puluhan tahun tidak bersepeda, latihan dan pemanasan lagi penting untuk menghindari cedera. 
  6. Menjaga daya tahan tubuh dengan vitamin. Bersepeda bagi pemula butuh terlatih dulu supaya badan tidak capek-capek dan pegal. Kalau Manda, memulai bersepeda jarak pendek dan rutinkan, supaya tubuh terbiasa dengan ritme barunya.
Nah, sekiranya itu cerita baruku bersepeda. Kalau teman-teman sekarang sedang asyik ngapain ya? Semoga banyak hobi baru yang membuat hati bahagia dan meningkatkan imunitas alami dari tubuh kita ya. Selamat berakhir pekan ya! Siapa tahu kita bertemu di jalanan kota Jogja.



26 comments

  1. Waah lama banget sepedanya. Btw sepeda yg dipakai suamiku juga sepeda jadul bapakku merk federal, aku pakai seli. Sepeda jadul itu justru awet, apalagi Federal produksi lama gitu sering dicengin penghobi sepeda.

    ReplyDelete
  2. jangan lupa untuk patuhi rambu lalu lintas dan jalan di sebelah kiri ya Manda :D heheh
    sekarang kudu ati2 banget kalau naik sepeda karena memang banyak bahaya jg kan :)

    ReplyDelete
  3. aku seneng bangeett naik sepeda, tapi kudu subuh gitu Manda.
    Agak terang dikit, udah dehhh kudu "ngalah" sama motor, mobil dll.
    yg was wes wosss ngebuttt

    ReplyDelete
  4. Wah sepedanya emang pantas dipanggil om atau tante oleh ponakan, Mbak Ima. Hebat banget deh, sudah 29 tahu sepedanya masih terawat gitu..

    Ohya saya juga akan selalu memilih sadel sepeda yang mudah dikuasai. Maksudnya saat duduk disadel, kaki saya harus bisa menjangkau tanah. Kalau tidak begitu saya merasa tidak aman :)

    ReplyDelete
  5. Yuk manda gowes bareng kita seru nih apalagi samhil cari sarapan ya. Tipsnya berguna buat pesepeda pemula semoga makin sehat ya, Jangan lupa safety juga penting

    ReplyDelete
  6. Lagi musim ujan nih beib..aku jadi jarang sepedaan...Penting banget iki tipsnya biar saat sepedaan juga nyaman...setelah sepedaan kita juga gak pada pegel badannya..terutama kaki..hehe

    ReplyDelete
  7. lagi tren naik sepeda tapi itu menyenangkan sekali sih bagiku, kangen bersepeda lagi, semoga suatu hari kelak beli sepeda lagi buat olahraga.

    ReplyDelete
  8. Saya tetap memilih jalan kaki aja. Suka takut kalau naik sepeda. Mungkin karena pernah kejadian nyemplung ke pembuangan sampah, ya. Jadinya kapok hahaha

    ReplyDelete
  9. Awet banget sepedanya mbak. Keren bisa menjaganya sampai 29 tahun. MasyaAllah. Kelihatan emang sepeda zaman jadoel kokoh rangkanya yaa. Saya juga suka naik sepeda mbak, dibandingkan naik motor atau mobil. Lebih santai dan asyik aja. Cuma sayangnya di tempatku, sepeda cuma buat olahraga aja ya. Padahal waktu tinggal di Jepang, sepeda itu bisa digunakan untuk segala keperluan. Yah ke sekolah, ke kampus, ke pasar, ke mall hihihi gak ada yang jaim pakai sepeda. karena bersepeda semua. Semoga nantinya di Indonesia juga begitu yaa.

    ReplyDelete
  10. Duh, ngomongin sepeda bikin kangen sepedahan. Udah lama aku gak sepedahan. Huhu sepedaku masih belom ke bengkel nih. Rusak gegara jatuh. Segera ke bengkel ah, kangeeen sepedahan walopun gak jauh-jauh. 😁

    ReplyDelete
  11. Ya ampun 29 tahun sepedanya, serius bisa dipanggil Om tuh sama ponakan ya Manda haha
    Masa itu memang merk ini terkenal kuat ya, maka ga heran bakoh gear-nya masih bisa dipakai. Ga kayak sekarang yang bentar aja rusak..
    Semangat sehat ya Manda dengan berolahraga sepeda berdua Panda.

    ReplyDelete
  12. Saya juga suka naik sepeda, tapi sekarang sepedanya gak ada, anak2 dulu deh punya sepeda baru, hehehe

    ReplyDelete
  13. Naik sepeda sebenarnya olahraga yang mudah ya mbak
    aku seminggu ini lagi nyobain naik sepeda listrik , buat anjem anak ke sekolah, lumayan agak kagok juga sih
    cepet soalnya, hehe

    ReplyDelete
  14. Hai mba Ima. Aku termasuk pesepeda pemula. Itu pun dipaksa dan dibeliin sepeda diam diam ama suami hahaha. Selama ini suami sepedaan kantor. Tapi lalu ingin aku temani olahraga sepedaan. Semangat ya mbaa

    ReplyDelete
  15. Masya Allah, itu sepeda ya dari SD ya.. Madih bertahan sampai sekarang. Keren euy masih kokoh meskipun sudah 29 tahun.
    Makasih tipsnya Nda.. Sehat selalu manda panda

    ReplyDelete
  16. Manda keren deh sepedanya masih awet. Sepedaku udah rusak, belum jadi diservice. Moga aja bisa bener lagi setelah dibawa ke bengkel. Bener banget bersepeda juga perlu mengecek banyak hal ya. Jangan lupa banyak minum air biar terhidrasi dan minum multivitamin

    ReplyDelete
  17. Saya sebenarnya lagi seneng renang, Mbak Ima. Tapi gara-gara korona jadi udah lama gak nyebur kolam lagi. Kalau bersepeda saya gak terlalu suka kaerena belum terbiasa. Sebagai gantinya, jalan cepat saja sambil lihat yang ijo-ijo di area taman atau sawah.

    ReplyDelete
  18. Wih kuat banget sepedanya bertahan sampai skrng? :D
    Aku juga kepikiran mau gowes tapi maju mundur beli sepeda, kudu bener2 meyakinkan diriku supaya bisa konsisten sepedaan soalnya kalau dah beli haha
    Soalnya waktunya kdng cuma wiken dan wiken godaannya tu mbangkong wkwkw
    Btw makasih tipsnyaaa

    ReplyDelete
  19. Semoga selalu diberikan kesehatan panjang umur yang manda panda yng baik hati

    ReplyDelete
  20. Sepeda lama memang kesayangan sih, tapi udah beda struktur gearnya. Kalau yang sekarang kan gearnya bisa sampai 7 lebih, Manda. Pengaruh banget tuh untuk kemudahan kita saat menemui berbagai medan ketika bersepeda.

    Tetap semangat gowes yaa... yuk sehat yuukkk

    ReplyDelete
  21. Sepedaan ini menyenangkan.
    Aku dulu kecil kalau naik sepeda bisa santuy, gak pernah kerasa capek. Sekarang, baru 3 jam sepedaan bareng anak-anak dan suami aja, butuh hibernasi seminggu udahannya. Hiiks~

    ReplyDelete
  22. Duh jadi kangen sepedaan lagi. Terakhir sepedaan tuh tahun 2013. Sempat kecelakaan, eh terus gak dibolehin lagi sama ibu untuk naik sepeda :| Dan sepedanya dikasih ke ponakan dong huhuhuhu

    ReplyDelete
  23. Bersepeda tuh memang menyenangkan banget ga maaaaak.. plus bikin sehat dan lebih ramah lingkungan yaaaa.. hihi. Gowes ga cuma buat olahraga, tapi juga bisa buat cuci mata yaaa.. wehehee

    ReplyDelete
  24. Bersepeda tuh memang menyenangkan banget ya maaaaak.. plus bikin sehat dan lebih ramah lingkungan yaaaa.. hihi. Gowes ga cuma buat olahraga, tapi juga bisa buat cuci mata yaaa.. wehehee
    Abis baca ini jadi pengen ikut gowes juga niiii

    ReplyDelete
  25. Barang zaman dulu awet-awet ya termasuk sepeda mba. Bayangin 29 tahun masih bisa kembali cling dan siap dipakai lagi. Luar biasa. Selamat bersepeda ya.

    ReplyDelete
  26. aku juga ada nih mba sepeda yang udah cukup lama dibeli dan masih dipakai, dari tahun 2011 alhamdulillah masih awet terawat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda