Tips Merencanakan Renovasi Rumah Tinggal


C:\Users\hp\Downloads\tampak siang (1).jpg



Halo sahabat tamasyaku, lama tak bersua ya. Bagaimana pandemi ini? Semoga semuanya baik-baik saja ya. Menjaga masing-masing dalam lingkup yang terkecil, yaitu keluarga. Oleh karenanya rumah benar-benar menjadi bayti jannati, rumahku sorgaku kala pandemic ini. Hampir semua kegiatan dilakukan di dalam rumah, tentunya menjadi menyenangkan ketika tinggal di villa pesona anggrek deli serdang.

Ya! Rumah memiliki esensi penting dalam keluarga, rumah adalah sebuah tempat kembali yang hangat, dimana semua lelah kembali pulih dan tempat yang dirindukan untuk pulang.

Flashback tahun 2008, kami berdua memulai hidup baru. Beruntung kami menikah di usia yang matang, 25 tahun dan 27 tahun, saat keduanya juga bekerja dan bisa menabung untuk renovasi rumah pertama sebelum ditinggali. Alhamdulillah MasyaAlloh Tabarakalloh. Jatah rumah di perumahan masih bentuk lama, dan kami pun merenovasinya sebelum akhirnya kami tempati.

Berkaca dari renovasi pertama, ada hal yang ingin Manda bagi kepada pembaca semuanya, setidaknya hal itupun yang nantinya akan kami lakukan untuk renovasi rumah tinggal setelah 13 tahun sejak ditempati. Istilahnya, peremajaan rumah.

Tips Renovasi Rumah


  1. Bahas dengan pasangan tentang rumah idaman keluarga.
  2. Gambar denah lama secara manual di kertas kotak-kotak (saya masih manual)
  3. Bahas denah baru sampai fixed disepakati berdua, secara pengalaman kami dulu, di tengah jalan tetap saja ada perubahan.
  4. Melihat pinterest dan instagram model-model rumah kekinian yang sesuai selera kita.
  5. Mencari arsitek dan pemborong yang terpercaya. Komunikasikan tentang gambar kita dengan budget yang kita alokasikan.
  6. Mengkomunikasikan setiap perubahan atau hal yang ingin ditanyakan kepada pemborong, jangan kita langsung ke tukang, karena akan bingung nantinya. Ini sekedar tips dari renovasi awal yang pernah kami lakukan.
  7. Terus melangitkan doa semoga semuanya dilancarkan dan dimudahkan.

Tak terasa sudah 14 tahun sejak kita renovasi rumah di awal pernikahan. Renovasi-renovasi kecil pun terus dilakukan untuk membuat Bayti Jannati, Rumahku Sorgaku. Mulai dari cat, interior, pagar, garasi, taman, pembaruan ubin, menambah dekor dan mengubah wallpaper.

Dalam hidup yang cuma dititipi ini, banyak hal yang terjadi diluar kuasa kita. Tugas kita hanyalah berencana, biarkan nanti Alloh yang memutuskan saat TERBAIKnya. Banyak hal tertunda yang sudah kulalui, tetapi baik kemudiam karena PASRAH pada TAKDIR BAIKNYA. Itulah yang membuatku tak khawatir dengan penundaan dariNya.

Flashback cerita, ketika kami akan menikah, syarat orang tuaku harus mengantongi gelar Strata 2, dan undangan kala itu sudah jadi bulan Mei 2008 untuk pernikahan bulan Juli 2008. Gelar yang tertulis MM kala itu, qodarulloh kala itu UGM masih dual degree dan gelar yang benar MBA. Alhamdulillah.

Cerita berikutnya, diberikan kesempatan mengenyam pendidikan lanjut ke Jerman, dan lalu dengan sekenarioNya, Alloh menakdirkan saya menjadi working at home yang jauh dari majoring keilmuan saya. Alloh itu BAIK BANGET, saking baiknya sekarang tugasku hanya berencana dan mengambil hikmah.

Berikutnya ketika kita mau umroh tahun 2018, Alloh dengan kuasaNYA memberi kabar bahagia diawal tahun 2018 dan perjalanan umroh kita pun batal. Karena kabar gembira itu tidak memungkinkan Panda untuk mengambil cuti 14 hari untuk umroh. Ternyata, Alloh mau ganti dengan tambahan rezeki sehingga umroh di tahun 2019 lalu (tepat sebelum negara api Corona menyerang), kami menambah perjalanan umroh Turki. Alhamdulillah Masya Alloh Tabarakalloh.

Kini, lagi-lagi kami tersenyum, tips renovasi yang kami coba lakukan untuk renovasi kali ini sudah berjalan. Mulai dari tahap 1 sampai tahap 4, sudah dilakukan.

C:\Users\hp\Pictures\denah lantai 2.jpg


C:\Users\hp\Pictures\renovasi rumah jambusari.png


Pertemuan dengan arsitek pun sudah dilakukan, proses gambar dan konsultasi sudah berjalan. Tertanggal 3 Maret 2020. Qodarulloh, bulan Juni 2020, Panda kehilangan papa, sejak bulan Juli 2020 kami fokus menemani mama pulih kembali. Alloh selalu punya rencana yang TERBAIK dibalik setiap peristiwa. Tugas kita hanyalah mengambil hikmah. Bismillah, selalu dan selalu positive thinking pada setiap yang Alloh takdirkan untuk kita. Mohon doanya semoga kami berdua diberi kemudahan dan kelancaran dalam melanjutkan proses renovasi bayti jannati Manda Panda. Aamiin YRA. 

Nah, tentang property yang tentunya menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Seperti halnya ketika memilih sebuah hunian kedua, ketiga yang difungsikan sebagai asset atau villa. Tentunya menjadi impian setiap keluarga, bisa memiliki banyak asset property seperti villa pesona anggrek deli serdang 

Kelebihan dari Villa Pesona Anggrek adalah perumahan eksklusif dengan unit terbatas di Medan. Desain rumah yang dihadirkan modern dan cocok dijadikan pilihan hunian bagi kaum urban. Lokasinya di Jl. Besar Delitua, Perumahan Villa Pesona Anggrek ini dikelilingi fasilitas publik yang cukup lengkap, seperti : RSU Sembiring (3 menit), Institut Kesehatan Deli Husada (4 menit), Transmart Carrefour (10 menit) dan berada dikawasan strategis menjangkau akses tol seperti Tol Belmera (40 menit) dan Tol Medan Binjai (50 menit). Selain itu, lokasinya dekat menuju ke banyak akses transportasi publik seperti Terminal Amplas (10 menit), Stasiun Medan (40 menit) dan Bandar Udara Internasional Kualanamu (50 menit). Villa Pesona Anggrek dipasarkan dua tipe, salah satunya Tipe The Moon (LT 84 m2/LB 45 m2) dengan harga jual Rp350 juta.

Buat temen-temen yang sedang mencari lokasi rumah tinggal, tidak ada salahnya mencari banyak informasi seputar rumah dan akses menuju lokasi strategis. Karena bahan pertimbangan tersebut yang akan menjadikan rumah kita laksana sorga di dunia. Bismillah, semoga kita semua dimudahkan untuk meraih sorga dunia sebagai jalan mengumpulkan amalan yang dipakai untuk membangun rumah di jannah (sorga). Aamiin.

22 comments

  1. Pinterest emang the best banget deh buat inspirasi desain rumah sampai interiornya... tinggal ngumpulin uangnya deh hehehe

    ReplyDelete
  2. peremajaan rumah ini kayaknya memang mau gak mau harus dilakukan yaa untuk rumah-rumah yang sudah cukup lama, tinggal mengadopsi konsep dan desain dari banyak model yang ditwarkan sekarang sm pengembang2 yga bagus2 kan

    ReplyDelete
  3. Bener banget mbak, nyari rumah itu kaya nyari pasangan. Harus yang sreg, gak cuma rumahnya tapi akses dan lingkungan plus tetangganya pula. Biar setiap pulang itu seperti damai, bener-bener tempat untuk istirahat

    ReplyDelete
  4. Emang untuk urusan rumah harus bisa bikin penghuninya nyaman dan aman ya. Jadi sebelum membangun rumah atau renovasi rumah harus direncanakan dengan matang supaya hasilnya sesuai dengan yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  5. untuk rumah yang terutama memang harus aman, dan nyaman. Sejauh ini kami juga belum memiliki rumah sendiri, masih numpang di tempatnya ibu mertua. Rasanya pasti tenang ya kalau sudah memiliki rumah sendiri yang nyaman.

    ReplyDelete
  6. benar mbak merencanakan renovasi rumah memang harus dibicarakan dengan pasangan ya, karena kan ini berkaitan dengan rumah macam apa yang ingin ditempati bersama, bukan oleh satu pihak saja. Kalau semua merasa nyaman dengan rumah yang dihuni, insyaALlah bakalan betah meskipun sederhana

    ReplyDelete
  7. MasyAllah aku baru tahu perjalanan mba 😍. Aku jadi kepengen renov rumah juga jadinya. Rencananya kalau nanti mau pensiun dan udah pulang ke rumah sendiri. Kami pengen renov rumah. Doakan ya mba bisa segera. Ga harus nunggu nanti. Dan semoga bisa punya villa juga hihihi 😂 *banyak maunya aku ya

    ReplyDelete
  8. Jadi ingat rumahku lagi butuh juga nih direnovsi agar makin rapi soalnya dapur kadang kena air hujan dan bocor, gudang juga numpuk banget isinya huhu.... perlu perencanaan dan keuangan yang matang deh.

    ReplyDelete
  9. Betul Nda, masalah renovasi rumah harus dikomunikasikan dengan baik dengan pasangan. Jangan sampai nggak kompak, jadinya nanti nggak sesuai harapan masing masing.

    ReplyDelete
  10. Masyaallah pas banget ni mbak aku juga lagi pengen renovasi rumah. Apalagi beli rumah kmr tu udah rumah second jd rqsanya pengen renov sesuai keinginan. Makasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  11. Kebetulan nih lagi rencana mau renovasi rumah dan lagi menghitung-hitung biayanya dan desain apa yang cocok dengan kondisi rumah yang sudah ada, tapi sekarang ngak sulit lagi ya cari inspirasi desain rumah sesuai kebutuhan soalnya udah banyak diinternet, tapi kalau mau yang lebih praktis bagi yang baru beli rumah, bisa mencari tipe rumah idaman dari banyak pengembang ya.

    ReplyDelete
  12. Pengen ke rumah Manda yang asri belum kesampaian ey, semoga bisa segera bertemu ya Mandaa..aku juga rencana renovasi rumah semoga segera terwujud tahun ini aamiin..

    ReplyDelete
  13. Di balik setiap cobaan selalu ada hikmah ya, Mbak. Saya pun berpendapat memilih dan merenovasi rumah harus direncanakan dengan matang. Karena tujuannya jangka panjang. JAdi harus dikomunikasikan juga dengan pasangan.

    ReplyDelete
  14. Ini yang selalu Ibu dan Mama mertua katakan kepada kami bahwa membeli rumah bukan full bangunan, tapi beli tanah dan perlaha di renov sesuai kebutuhan rumah.

    Dan alhamdulillah..
    Di saat harga tanah kian menanjak naik, investasi terbaik sudah dimiliki.
    Kini tinggal menambah aset ya, kak Manda.
    Impiannya bisa memiliki di Villa Pesona Anggrek Deli Serdang.

    ReplyDelete
  15. Betul Manda, untuk urusan rumah dan rencana merenovasinya memang harus dengan kesepakatan bersama. Dulu waktu beli rumah, saya bersepakat dengan suami. Sedangkan untuk renovasi, rundingannya jadi tambah bersama anak-anak. Supaya semua sama-sama merasa nyaman di rumah, ya ...

    ReplyDelete
  16. Mengaminkan doa terakhir. Memang kita itu harus selalu positif thingking ya, karena segala sesuatu yang terjadi sama kita pasti atas kehendak Allah. Aku juga bermimpi punya property, semoga bisa kesampaian.

    ReplyDelete
  17. Renovasi rumah tinggal yang benar-benar untuk pulang, memang wajib banget diobrolin sama pasangan. Jangan sampai ada hal yang gak berkenan. Mau kaya gini, eh malah kaya gitu. Belum lagi kalau ada anak-anak

    ReplyDelete
  18. Rumah itu tempat yang mestinya menjadi ruang nyaman untuk berkumpul keluarga inti maupun keluarga besar. Alhamdulillah Manda dan suami memiliki kesempatan untuk mempersiapkan segala sesuatunya setiap akan merenovasi rumah. Selalu ada hikmah dari setiap kejadian ya Manda, termasuk punya rumah dengan membeli jadi ataupun membangun sendiri dari nol

    ReplyDelete
  19. Betul banget mendapatkan rumah itu jodoh jodohan kalau bukan jodohnya kita kejar susah dapat.
    Pepet selalu Allah supaya dimudahkan mendapatkan rumah sama seperti kisahku dulu ketika dapat rumah masih model.lawas akirnya kami renovasi sesuai selera

    ReplyDelete
  20. Memang kalau cari rumah tuh yang dilihat keamanan dan kenyamanannya ya, Mba. Kalau dah ada 2 itu udah nyaman yang lainnya ya

    ReplyDelete
  21. Kalau urusan renovasi rumah ini emang lumayan menguras kesabaran ya. Banyak ujiannya. Sama kayak kalau lagi bangun rumah. Bismillah dimudahkan dan dilancarkan semua urusan renovasi rumahnya ya Kak.

    Enak juga kalau beli Vila Anggrek Deli Serdang. Dekat fasilitas umum yang penting. Dekat banget sama rumah sakit. Ini nih. Aku kalau cari Hunian harus dekat rumah sakit atau Klinik. Kalau ada apa-apa lebih cepat penanganannya.

    ReplyDelete
  22. Renov rumah tuh emang butuh perencanaan ide plus perencanaan dana ya mak.. tapi biasanya sih kl renov rumah merembet kemana mana dan endingnya bikin boncosss.. hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda