7 Tempat Wisata Bromo Pilihan Selagi Menikmati Jazz Gunung Bromo

 

sumber : Unsplash


Wisata Gunung Bromo di Jawa Timur adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang menjadi favorit bagi wisatawan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Tidak hanya pemandangan matahari terbitnya saja yang menjadi daya tarik utama gunung Bromo, namun ada banyak sekali tempat wisata di sekitar Bromo yang jarang di-explore oleh wisatawan.

Bromo menawarkan eksotisme yang tidak bisa didapat dari tempat lain di Indonesia. Setiap hari, ratusan wisatawan lokal dan mancanegara berbondong-bondong datang untuk menikmati kemegahan alam Bromo.

Ini karena wisata Bromo menawarkan pemandangan alam yang asri, original, dan menyegarkan jiwa raga. Objek wisata Bromo terdiri dari beragam keindahan alam khas pegunungan. Kamu bisa melihat perbukitan yang menghijau dengan rumput savana, mengelilingi lautan pasir yang membentang luas, hingga menikmati sunrise dari puncak gunung yang menakjubkan.

7 Destinasi Wisata Bromo Terpopuler

1.      Padang Rumput Savana

sumber : Freepik ( gambar hanya ilustrasi)


Padang Rumput Savana Bromo terletak pada sebuah lembah hijau yang dikelilingi tebing-tebing menjulang tinggi dan beberapa punggung gunung kecil. Ketika kamu sedang mengunjungi Padang Rumput Savana Bromo, kamu akan merasakan seolah-olah tidak berada di Gunung Bromo, karena kondisi alamnya yang kontras dengan sekelilingnya.

Padang Rumput Savana Bromo yang sangat luas ini sangat menakjubkan dan akan membuatmu kaget, karena jalur mencapai savana adalah lautan pasir yang gersang. Namun saat memasuki padang rumput, kamu akan disuguhi oleh pemandangan yang benar-benar hijau.

Terletak di lembah jemplang, akses termudah untuk menuju padang rumput ini adalah dengan menunggangi kendaraan biasa atau sepeda motor via Malang atau Lumajang.


2.      Pasir Berbisik

sumber : Unsplash (gambar hanya ilustrasi)


Berlokasi di sebelah timur kawah Bromo dengan ketinggian 2000 mdpl, pasir berbisik merupakan hamparan pasir yang sangat luas membentang di area Bromo. Sebuah lokasi wisata Kaldera Pasir yang tercipta dari bekas letusan gunung gunung yang berhimpitan dan memuntahkan pasir ke wilayah ini.

Kecantikan lautan pasir ini dilengkapi dengan adanya dinding berupa tebing yang berjajar melingkar dengan ketinggian 200 hingga 600 meter dan kemiringan dinding rata-rata 60 sampai 80 derajat. Untuk bisa menjangkau lokasi ini, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat.

Bagi kamu para pecinta fotografi yang ingin mendapatkan spot foto menarik di Bromo selain nuansa gunung, maka Pasir Berbisik merupakan solusi tepat untuk mewujudkannya.


3.      Kawah Gunung Bromo

Sumber : Freepik


Kawah Gunung Bromo merupakan fenomena alam yang terbentuk dari letusan Gunung Tengger yang memiliki ketinggian 4.000 mdpl. Akibat dari letusan tersebut terbentuklah kaldera besar dan lautan pasir. Di tengah kaldera tersebut terdapat Gunung aktif yang diberi nama Bromo. Di sana, kamu bisa melihat secara langsung kecantikan kawah Bromo yang begitu mempesona dan alami.

Untuk mencapai kawah gunung Bromo memang dibutuhkan perjuangan. Kamu perlu berjalan kaki sekitar 2 km dari area parkir dan menaiki beberapa anak tangga untuk sampai kesana. Namun walau terkesan melelahkan, semua hal tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan kawah yang cukup mempesona.

Agar tidak terlalu lelah, kamu juga dapat menyewa dan menaiki kuda untuk menuju kawah gunung ini.

 

4.      Air terjun Madakaripura

sumber : Freepik


Air terjun Madakaripura memiliki ketinggian kurang lebih 1000 mdpl dan luas sekitar 25 m, menciptakan suasana air terjun yang begitu sejuk dan teduh. Siapapun yang mengunjungi air terjun ini pasti akan merasa jatuh cinta dan ingin kembali.

Keunikan dari air terjun Madakaripura adalah bentuknya yang melingkar dan membentuk sebuah gua dengan ketinggian 200 m. Lokasi air terjun Madakaripura  berada di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk mencapai lokasi, dilanjutkan dengan berjalan kaki. Kamu akan sampai ke lokasi air terjun sembari menikmati pemandangan hijau pepohonan yang menjulang tinggi.


5.      Puncak Penanjakan

sumber : unsplash

Puncak Penanjakan merupakan tempat tertinggi di komplek Pegunungan Tengger. Tempat itu diburu oleh wisatawan untuk menikmati matahari terbit atau sunrise. Dari tempat itu, wisatawan juga bisa menikmati lanskap Gunung Bromo dari atas dengan latar Gunung Semeru di belakangnya.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah di bulan September sampai bulan Mei pada saat musim penghujan.

Puncak Penanjakan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, yaitu munculnya matahari terbit dari arah timur. Kamu dapat menikmati suasana tersebut dalam hening dan ketentraman tanpa kebisingan dan kegaduhan.


6.      Bukit Teletubbies

Sumber : Freepik (gambar hanya ilustrasi)


Bukit Teletubbies merupakan sebuah bukit yang terletak di sisi Gunung Bromo. Lokasi tepatnya adalah di Desa Cemoro Lawang, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. Wisata yang menawarkan nuansa tenang dan sejuk ini menarik para wisatawan yang ingin beranjak sejenak dari keramaian.

Bagi kamu pecinta fotografi, dengan mengunjungi tempat ini kamu bisa mendapatkan banyak spot foto yang menarik di hamparan hijaunya. Bahkan karena terkenal dengan suasana alam yang romantis, banyak pasangan yang menjadikan Bukit Teletubbies menjadi lokasi pengambilan foto prewedding.

Untuk bisa menjangkau lokasi ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, menyewa jeep, atau bahkan bisa menyewa kuda untuk membuat momen semakin menarik.


7.      Bromo Milky Way

Sumber : Freepik (gambar hanya ilustrasi)


Bromo Milky Way hanya bisa didapatkan saat malam hari, yaitu dengan pergi ke spot-spot tertentu yang cocok untuk hunting foto gugusan bintang.

Alasan kenapa Bromo Milky Way ini sangat menarik dan sempurna adalah karena salah satu syarat untuk mendapat pemandangan milky way terbaik adalah jauh dari sorot lampu kota atau dalam keadaan gelap sempurna, tanpa awan mendung, dan perhitungan yang tepat untuk berburu milky way (harus memakai software stellarium).

Bromo Milky Way baru menjadi trend sekitar tahun 2013 – 2014, sejak seorang turis asing mengunggah di kanal youtube keindahan milky way dari Gunung Bromo. Sejak itulah para pecinta fotografi dari berbagai belahan dunia pun ikut berburu foto galaksi bima sakti dari gunung Bromo. Waktu terbaik untuk hunting Bromo Milky Way adalah pada musim kemarau, yaitu mulai bulan Mei sampai bulan September, karena langit akan sangat cerah seiring dengan musim kemarau.

 

Jazz Gunung Bromo, 22-23 Juli 2022

Selain wisata alam Bromo yang melimpah, bagi penggemar music jazz, kamu juga bisa menikmati pertunjukan jazz di gunung ini. Jazz Gunung Bromo merupakan salah satu event musikal yang sayang untuk dilewatkan bagi kamu penggemar musik jazz sekaligus pecinta alam. 

Seperti yang telah diketahui dari pengalaman sebelumnya, bahwa event musik jazz di gunung Bromo ini terasa istimewa karena berada di luar ruang dengan menampilkan 10 grup musik dan dilangsungkan selama 2 hari.

Pengalaman menikmati musik jazz di ketinggian 2.000 meter beratapkan langit dengan latar belakang pegunungan dan kualitas produksi yang baik masih menjadi faktor kesuksesan utama event musik Jazz Gunung Bromo berdasarkan hasil survei kepuasan pelanggan yang selalu dilakukan tiap tahunnya.

Pelaksanaan event Jazz Gunung Bromo tahun 2022 ini akan menjadi penyelenggaraan yang ke-14. Pada tahun ini, konsep, tema, dan musisi yang tampil akan diselaraskan dengan pesona kawasan Gunung Bromo sehingga  akan menghasilkan suguhan pertunjukan yang epik dengan menampilkan kolaborasi yang penuh harmoni antara elemen musik, alam, dan manusia.

Tidak ada yang perlu diragukan lagi, mengunjungi wisata Bromo sekaligus menikmati musik jazz akan menjadi pilihan yang sayang untuk dilewatkan, karena jarang tempat wisata lain menawarkan sensasi yang sama.

Agar tidak terlewatkan, catat tanggalnya dan kunjungi website Indonesia Travel Event 2022 untuk mendapatkan info selengkapnya tentang semua event wisata di Indonesia. Jangan lupa ajak teman dan saudara untuk ikut menikmatinya. Tentunya dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan, ya!

4 comments

  1. Event yang menarik sekali. Nonton Jazz sambil menikmati keindahan Bromo.

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget. Setelah sekian lama kondisi pandemi membuat kita hidup dengan pembatasan ketat, sekarang event2 unik dan menarik ini kembali digelar. Strong Recover, Strong Together.

    ReplyDelete
  3. semua spot di Kawasan Gunung Bromo memang bagus-bagus, dulu naik ke kawahnya aja ngos-ngosan, sampe rasanya udah nggak sanggup lagi.
    tapi emang worth it dari perjuangannya, viewnya cakep

    ReplyDelete
  4. wak membaca karangan ini ketika dalam perjalanan ke Bromo 2022.. 😅 😅

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda