Tuesday, 31 March 2015

Resep Cemilan Coklat dari Dapur Manda

Ketemu lagi di awal minggu, apalagi sedang hectic mempersiapkan seabreg kerjaan di akhir bulan. Walaupun emak-emak bekerja di rumah, kami juga punya deadline akhir bulan dan awal bulan yang kurang lebih samalah padatnya dengan suami dan ibu bekerja lainnya. Alhamdulillah, dengan siap sedia bahan-bahan yang mudah untuk diolah, teratasi membuat sarapan dan bekal untuk dibawa dengan mudah, praktis, singkat dan enak. Apa saja yang menurut manda menjadi kategori bahan yang mudah diolah? Yup benar, pastilah roti dan pisang. Kadar karbohidratnya mampu mengenyangkan perut dan membuat tubuh kita berenergi.


Taraaaa.... Dari foto di atas, warnanya sudah terlihat cantik, apalagi rasanya ya... Nyaaaaamm... Kali ini kita akan bercerita tentang beberapa alternatif jenis sarapan dan bekal yang bisa dibuat dari roti tawar, pisang dan  selai coklat.  Intip cerita dari dapur manda tentang roti bakar, pisang bakal, dan roti bakar pisang coklat yaaaa...

Roti Bakar. Sudah bukan rahasia kalau roti tawar mengandung karbohidrat yang sebenarnya bisa menggantikan sarapan nasi putih kita apabila tergesa-gesa. Bahkan di belahan dunia lain (Eropa), roti tawar dan berbagai jenis olahan gandum menjadi makanan pokok pengganti nasi. Nah, roti bakar dengan selai coklat adalah favorit kami sekeluarga. Selain rasanya manis, juga bisa dibentuk menjadi banyak karakter dari selai coklatnya.

Membuat roti tawar menjadi lebih kering bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti :
  1. Memanggang di toaster, hasilnya roti tawar akan kres kres renyah.
  2. Memanggang dengan oven, tergantung suhunya. Kalau kepanasan dan terlalu lama roti tawar akan menjadi keras.
  3. Memanggang roti tawar diolesin margarine di atas panggangan. Nah ini cara paling mudah dan lebih cepat. Teksturnya pun jadi lebih cantik. *_*

Menu pertama yang diceritakan adalah roti bakar, karena roti bakar ini nanti yang menginspirasi roti bakar pisang coklat. Selanjutnya, kita punya bahan lain, yaitu pisang. Pisang yang biasanya ada di dapur manda adalah pisang kepok kuning. Pisang kepok kuning dibeli pada saat hampir matang sampai matang sekali pun bisa diolah menjadi makanan yang lezaaattt.
  1. Pisang kepok kuning yang matang sebagian dan agak kempal biasanya enak dibuat kolak pisang, sluurrpp kebayang segernya hanya dari bahan pisang , kolang kaling, santan,, pandan dan gula pasir.
  2. Pisang kepok yang matang tapi masih agak keras bisa dikukus saja jadi cemilan sehat penyelia makan siang.
  3. Pisang kepok kuning yang matang bisa digoreng dan nyaaammm jadi pisang goreng tambahkan susu di adonan tepungnya ya. Atau kalau sedang menghindari minyak untuk menggoreng, bisa alternatifnya di panggang jadi pisang sale ya.
  4. Pisang kepok yang matang banget, sisa dipotong-potong untuk dibuat roti bakar pisang.
Roti Bakar Pisang Coklat. Gampang banget membuat roti bakar pisang coklat ala dapur manda. Pertama-tama, roti yang tadi sudah dibakar diberi potongan pisang kepok dan tambahkan coklat di atasnya, Kemudian tangkepkan dengan roti bakar lain, lalu bolak balik di atas panggangan biar coklat lumer bersama pisang dan kedua lapis roti tawar menempel.


Taraaaa... Cantik yaaaaa roti bakar pisang coklatnyaaaa... Rasanya juga enaaaakkk... *kata panda*

Pisang Bakar. Masih memanfaatkan pisang yang ada dan selai coklat, kita bisa membuat pisang bakar coklat. Caranya mudah saja dengan memanggang pisang dan dioleskan coklat di salah satu sisinya, bisa juga ditambahkan keju parut ya.. Enaaakkkk...


Dari semuanya, menata makanan di dalam bekal makanan juga termasuk bagian yang perlu mendapat perhatian. Bayangkan jika menatanya acak-acakan, kira-kira ketika mau dimakan sudah nggak jelas bentuknya dan mengurangi selera makan. Setelah semua bekal siap dimasukkan, kita tata ke dalam kotak seperti berikut :


Selamat menikmati bekal di kantor ya panda.. Teriring cinta dari dapur manda..

Salam,
manda

14 comments:

  1. aku nih andalan sarapan di kantor. roti tawar, coklat, pisang, masuk microwave. kenyang! *bhay food combining* lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau terbiasa jadi kenyang ya mba nisa,,, *_*

      Delete
  2. Duuh pasti enak tuh roti bakar isi piscok nya ya, Manda sukses bikin dakuw laperr ;)

    ReplyDelete
  3. Yummii bingiiit..selai kacangnya ndak nguatiiin....

    ReplyDelete
  4. kesukaanku bnget iniii ^o^...tp kdg aku ganti ama peanut butter mba selai coklatnya :D... ga terlalu suka coklat ;p

    ReplyDelete
  5. Ngiler liat pisang bakarnya yummie.. kasih keju kraft kesukaan lia bgt deh hehehe... .

    ReplyDelete
  6. Wah ini kesukaan saya semua neh, roti bakar n pisang bakar. Kalau di Malang belinya di Pulosari, terkenal banget tuh.

    ReplyDelete
  7. wuih celai coklatnya bikin ngiler deh :g

    ReplyDelete
  8. saya belom pernah, nih, nyobain pisang dikasih roti begitu. Kayaknya enak juga. Dan, bikin kenyang :)

    ReplyDelete
  9. aku mau nyobain yang roti isi pisangnya mak. bikin ngiler banget yah.

    ReplyDelete
  10. Manis banget penampilan roti bakar isi pisang dalam waah bentonya, Ma...

    ReplyDelete
  11. Ide roti bakar pakai pisangnya kreatif itu mbak. Aku belum pernah nyoba. Selama ini roti bakarnya cuma pake coklat dan keju :D

    ReplyDelete
  12. karena punya banyak pisang jadinya kepikiran bikin mb Rien, hehehehe...

    ReplyDelete
  13. roti bakar isi tempe goreng plus saos sambel....maknyus jugak loh *antirasaenak*. hehehe

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D