Saturday, 14 November 2015

Menikmati Jogja di Angkringan Kedaulatan Rakyat

Angkringan KR Kedaulatan Rakyat

Menikmati Jogja di waktu malam. Ya, Yogyakarta sebagai kota tujuan wisata, bisa dinikmati semua tempatnya kapan saja, baik siang ataupun malam. Mau wisata kuliner, wisata laut, wisata sejarah, atau wisata edukasi, semua tersedia di Jogja. Kali ini, tamasya kita berwisata kuliner di angkringan Jogja! 

Angkringan, tempat nongkrong asyik bersama keluarga dan sahabat 


Angkringan sudah menjadi icon kota Yogyakarta. Belum afdol berkunjung ke Yogyakarta kalau belum ngangkring di angkringan. Angkringan sudah menjadi simbol masyarakat Indonesia terutama Yogyakarta. Awal muasal adanya angkringan didasari kebiasaan masyarakat Yogyakarta yang suka berkumpul dan ngobrol dengan suasana santai dan bersahaja. Angkringan itu ibaratnya kafe rakyat, di angkringan kita bisa bercengkrama dengan keluarga atau pun sahabat sepuasnya bahkan sampai pagi. 


Kafe Rakyat di Angkringan

Moment-moment kebersamaan bersama teman, sahabat dan keluarga adalah saat-saat dimana kegiatan selfie dan welfie tidak boleh ketinggalan. Dan malam ini, kami nongkrong cantik di angkringan KR yang tidak jauh dari Tugu Yogyakarta. Emak-emak blogger yang menyempatkan membangun chemistry di angkringan Jogja. Sebuah pertemuan yang cukup jarang kami lakukan mengingat kesibukan kami. Padahal kami sama-sama berdomisili di Yogyakarta lho. Nah, kesempatan nongkrong cantik ini kami manfaatkan sebaik-baiknya buat sharing pengalaman, curhat, dan tentu saja bersenda gurau. Sebuah momen yang sangat menyenangkan. 

Tips memilih kamera untuk Welfie 

 

1. Kamera harus memiliki bentuk yang ramping, jadi enak megangnya waktu selfie
2. Kamera harus memiliki spek yang memadai, jadi hasil fotonya ciamik
3. Kamera harus mudah dioperasikan. Males banget kan kalau sampai kehilangan momen bagus buat foto hanya gara-gara kameranya ribet pengoperasiannya.
Sesuai dengan tiga persyaratan di atas, sport camera atau action camera patut dipertimbangkan. Sport camera ini kece banget. Bentuknya kecil, tapi kualitas kameranya sangat bagus, serasa difoto dengan kamera go-pro.


Action Camera

Awal mula adanya action camera ini sebenarnya untuk kebutuhan dokumentasi saat berpetualang, olahraga, dan untuk candid. Namun saat ini action camera lebih banyak dimanfaatkan untuk foto selfie, seperti welfie kami malam ini. Berfoto dengan action camera selalu bikin kami lupa waktu. Hasil fotonya selalu bagus dan instagramable banget. Saat ini cukup banyak action camera yang ada di pasaran. Bijaklah memilih merek action camera yang sesuai antara harga dan spesifikasinya ya.

Welfie Dengan Action Camera

Menu makanan dan minuman di angkringan memiliki ciri khas, yaitu dimasak di atas anglo alias kompor dengan panas dari arang kayu. Hal ini membuat makanan dan minuman yang disajikan di angkringan memiliki citarasa asap yang sedap. Menu yang tersedia di angkringan bermacam-macam, yang paling khas adalah nasi kucing. 

Menu di Angkringan Jogja

Kenapa diberi nama nasi kucing? Ya karena porsinya kecil dan sudah ditambah lauk seperti sambel teri, jadi memang seperti makanan kucing, hehe. Untuk minuman, yang paling khas adalah wedang jahe. Wedang jahe angkringan selalu spesial karena menggunakan empon jahe yang dibakar di anglo sebelum digeprek dan diseduh menjadi minuman. Hmmm, yummy sekali bukan? 

Minuman Jahe yang Menghangatkan

Harga makanan dan angkringan di Yogyakarta bisa bervariasi tergantung tempatnya. Angkringan 'tak bernama' harganya biasanya lebih mahal bila dibandingkan angkringan yang telah memiliki nama. Harga menu gorengan dan lauk di angkringan berkisar antara 500-2000 rupiah perbijinya. Untuk minuman biasanya berkisar 2000-5000 rupiah. Nah kalau angkringannya punya nama besar, ya harganya tentu berbeda. Tapi, semahal-mahalnya angkringan di Jogja masih lebih murah daripada nongkrong di kafe. Hehe.


Paket Hiburan Lengkap di Angkringan

Suasana angkringan malam itu begitu hangat dan meriah. Kehangatan layaknya keluarga kami rasakan disela perbincangan kami. Kahangatan itu bertambah meriah dengan hadirnya pengamen dan pelukis jalanan. Khusus untuk pengamen jalanan, kami request khusus untuk melantunkan tembang pilihan kami. Waktu bergulir begitu cepat saat kami nongkrong bersama. Tentu saja kebersamaan yang cukup jarang ini harus segera berakhir. Senang bertemu dengan mak barbie Rian, ketemu keluarga ardiba beserta Ais, dan tentunya ada panda yang selalu melengkapi.

Selamat berkulineran!

10 comments:

  1. Jangan ngaku anak gaul kalau belum nongkrong di sini :p

    ReplyDelete
  2. aku pernah keangkringan jogja tapi bukan disini xD
    yang pasti bawa tripod atau tongsis buat foto ^^

    ReplyDelete
  3. Aku suka tongsisnya, eh, nasi kucingnya deh...
    Semuaanyaaa...

    Seru ya lesehan bareng temen-temen kaya gini

    ReplyDelete
  4. Angkringan ini terkenal, banyak teman Blogger sudah mencobanya tapi saya termasuk yg belum pernah.

    ReplyDelete
  5. Kapan ngangkring lagi. Yuhuuuu!!!

    ReplyDelete
  6. Duh, baca postingan ini saya rindu Yogya Mbak huffft. Seru ya kulineran di angkringan ^^

    ReplyDelete
  7. Nongkrong di angkringan selalu bikin betah, makanannya banyak dan murmer sih. Apalagi kalo sama temen, jadi lupa waktu, hihiii

    ReplyDelete
  8. Aku dulu sering lewat doang hik hiks ngga kekiniaan..

    ReplyDelete
  9. Kangen nie dah 2 taun gak makan di angkringan. . .

    ReplyDelete
  10. Bulan kmrn nongkrong disana ama temen2 jogja, menurut gw capek banyak pengamen hahaha

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D