Thursday, 24 March 2016

Cara Menghilangkan Bau Membandel yang Menempel Pada Berbagai Peralatan Dapur


Ketika memasak, tentu tidak lepas dari bahan memasak dan alat memasak bukan? Dimana memang keduanya sangat diperlukan. Berbagai bahan masakan yang ada di sekitar, terdapat beberapa yang sering kali meninggalkan bau tak sedap pada perabotan dapur saat seusai memasaknya. Sehingga hal tersebut juga sering kali akan menimbulkan bau membandel didapur pula. Beberapa bahan masakan yang seringkali meninggalkan bau tak sedap pada perabotan dapur antara lain adalah ikan, daging, telur, terasi, bawang ataupun yang lainnya.

Alat Makan dan Peralatan Memasak
 
Bau tak sedap yang menempel di perabotan dapur bekas beberapa makanan yang akhirnya menimbulkan bau membandel di dapur tentunya menjadikan setiap orang pun merasa kesal bukan ? Kegiatan memasak ataupun kegiatan lain yang dilakukan di dapur tentu tidak menyenangkan jika ada bau membandel di dapur. Selain tidak menyenangkan, bau yang menempel di alat-alat dapur juga sering kali sulit untuk dihilangkan dan membuat kesal.

Sebetulnya hal tersebut tidak perlu di khawatirkan terlalu berlebih jika anda meengetahui cara untuk menghilangkan bau membandel yang menempel pada perabotan dapur anda. Bagaimana caranya ? Nah, berikut ini ulasannya.



Bau Amis di Panci, Wajan ataupun Teflon
Ketika memasak ikan ataupun daging diatas teflon, panci ataupun wajan, bau amis yang dimiliki oleh bahan makanan ini sering kali tertinggal dan cukup sulit untuk menghilangkannya. Nah, untuk dapat mengatasinya, anda dapat memakai bubuk kopi. Caranya anda perlu untuk mengambil bubuk kopi sebanyak satu sendok makan kemudian tuangkan pada perabotan dapur yang berbau amis tadi serta tambahkan air lalu rebus. Aroma dari kopi dapat menghilangkan secara efektif bau amis yang ada pada panci, wajan, ataupun teflon. Untuk hasil yang lebih maksimal, setelah itu cuci dengan memakai Sunlight.

Telenan
Telenan merupakan satu alat dapur yang sangat sering dipakai ketika sedang memasak. Sebagai tempat memotong beberapa bahan makanan yang memiliki bau kurang sedap, seperti bau amis dari ikan dan daging, atau bahkan bau menyengat dari bawang, telenan sering kali dihinggapi bau-bau tersebut. Untuk dapat menghilangkannya, anda dapat memanfaatkan jeruk nipis ataupun buah lemon. Caranya potong menjadi dua bagian buah lemon ataupun jeruk nipis, kemudian gosokkan pada permukaan telenan secara merata. Setelah itu bilas memakai air bersih lalu keringkan dan simpan pada tempatnya.

Pisau
Selain telenan, peralatan dapur yang banyak dipakai ketika memasak adalah pisau. Saat mengiris beberapa bahan makanan yang memiliki aroma kurang sedap, biasanya bau membandel tersebut tertinggal di pisau. Tidak perlu khawatir, bau membandel di pisau masih dapat diatasi dengan cara menggosokkan buah lemon yang sudah di potong pada mata pisau. Gosokkan secara perlahan dan hati-hati supaya tangan anda tidak terluka karena pisau.

Mangkok/Piring Plastik
Menghilangkan bau membandel bekas makanan yang menempel di mangkok ataupun piring berbahan plastik sering kali lebih sulit dibandingkan menghilangkan bau di mangkok ataupun piring berbahan kaca. Namun, sulitnya mengusir bau membandel di mangkok atau piring plastik masih dapat diatasi dengan memanfaatkan koran bekas. Cara menggunakannya adalah masukkan koran bekas pada mangkok ataupun piring yang memiliki bau tak sedap dan carilah tutup untuk menutupnya. Biarkan sampai kurang lebih semalaman supaya bau dapat diresap oleh kertas koran tersebut. Selain memakai kertas koran, anda juga dapat menggantinya dengan arang. Setelah itu anda dapat membersihkannya memakai Sunlight.


Oven dan Microwave
Oven serta microwave juga biasanya meninggalkan bau yang tak sedap. Untuk dapat menghilangkannya, anda dapat memanfaatkan air cuka. Caranya anda perlu untuk mencampurkan cuka bersama dengan air dan letakkan pada sebuah wadah yang tahan panas. Setelah itu masukkan wadah tersebut pada oven ataupun microwave. Atur temperatur yang cukup tinggi, tunggu beberapa saat, setelah itu matikan dan keluarkan cairan cuka yang ada di dalam oven ataupun microwave. Setelah itu bersihkan dengan memakai kain ataupun spons.

Bagaimana ? Mudah bukan ? Jika telah mengetahui berbagai cara untuk mengusir aroma tak sedap di perabotan memasak yang dapat mendatangkan bau membandel di dapur, tentu rasa kesal untuk membersihkan perabotan memasak akan hilang. Supaya hasil mencuci dan menghilangkan bau tak sedap pada perobatan memasak lebih maksimal, anda bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bau yang didalamnya terdapat kombinasi antara jeruk nipis dan juga teh hijau. Kombinasi tersebut lah yang dapat dengan mudah mengusir bau tak sedap pada perabotan rumah tangga. Selain itu juga efektif untuk mengangkat lemak bekas makanan yang menempel pada perabotan memasak.

3 comments:

  1. Pokoknya kalau bau gak sip, ini jadi lebih mudah kalau ada bauk yg susah. Makasih

    ReplyDelete
  2. buyung20:15

    sekarang jadi tahu cara menghilangkan bau tak sedap di Tumbler..terima kasih infonya

    ReplyDelete
  3. Eh, kertas koran juga bisa? :D Wah, kalo ada koran bekas, gak perlu dibuang deh.

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D