Saturday, 2 April 2016

Lima Tips Hemat Dapat Ilmu Ala Blogger

arisan ilmu
Arisan Ilmu

Halo sahabat tamasyaku, memasuki #ODOP6 di minggu pertama. Penasaran ODOP itu apa sih? Challenge One Day One Post. Seruuu siiihh, tapi ya itu harus kosnisten mencari bahan dan menuangkan ide dalam tulisan di blog. Wish me luck ya! 

Kali ini, temanya tentang : Tips hemat saat pergi ke acara Blogger, kalaupun harus keluarin banyak cost, sebagai gantinya, apa saja yang harus kamu dapat dari acara itu? Tak harus materi ya tentunya. Wah, Tips hemat ni. Sukaaakk!


Sebagai blogger, menuangkan pengalaman di diary maya, itulah awalnya nyemplung di dunia blog. Beli buku, googling dan otodidak membuat blog ini dan beberapa blog lain yang masing-masing nichenya wisata dan kuliner, bento, dan lifestyle. Kalau dulu tahun 2008 bikin blog masih bisa nulis aja, akhir tahun 2014, mulai menulis blognya penuh passion dan belajar ilmu blogging. Ternyata, WOW dan SERU!

Wah, ceritanya tamasya hemat cari ilmu malah preambule-nya kepanjangan ya. Well, sesuai tema apa sih tips hemat ke acara blogger dan apa aja yang harus manda peroleh. Yuk, intip beberapa acara blogger yang diwakili oleh 4 event ini dari sekian banyak serunya event blogger di komunitas blogger jogja dan kumpulan emak blogger jogja. 

Foto yang paling atas adalah acara arisan ilmu yang kebetulan di rumah manda. Waktu itu newbie banget bergabung dengan emak blogger jogja. Seru, asyik, nagih dan berkesan. Komunitas emak-emak yang produktif banget menulis di blog masing-masing. Dicritain berkah dari ngeblognya bikin ngiler. Seneng ya menjadi blogger. 

Tips hemat pertama : acara di rumah sehingga tidak perlu sewa tempat.

Acara di rumah di salah satu anggota sangat banyak manfaatnya. Selain tidak perlu biaya sewa tempat, juga mempererat tali silaturahmi 
Tips hemat kedua : snack potluck.

Mengenal acara dengan snack potluck ternyata berlimpah sekali. Setiap emak yang datang membawa 5 buah kue atau cemilan. Dan alhasil, buanyak sekali makanan yang dihidangkan pada acara arisan ilmu di komunitas emak blogger jogja ini. Yang kami peroleh dari acara ini adalah ilmu.
 
arisan ilmu
Review Coklat

Tips hemat ketiga : disponsori.

Salah satu #BerkahNgeblog adalah disponsori oleh owner dari produk yang akan direview oleh kami blogger. Sebagai blogger, seneng sekali kalau bisa membantu marketing online dan tulisannya bisa membuat sebuah produk atau brand menjadi laris. Kali ini, kami hemat dengan membawa pulang coklat tanpa harus membeli. Bukan berarti gratis lho ya, tapi kami membayarnya dengan postingan.

kumpulan emak blogger
Make Money and Have Fun

Tips hemat keempat : ketemu artis. 

Senengnya acara kopdar blogger adalah ketemu artis. Hemat kan? Kita bisa dapat foto sekaligus tanda tangan saat ketemu mak Carra yang nama aslinya Carolina Ratri. Yeaayy. Dapat ilmu kece dari bukunya, sekaligus ketemu artis.

buka bersama
Buka Bersama

Tips hemat kelima : makan-makan.

Namanya perempuan, disuruh acara blogger dan potluck-an utnuk buka bersama. Lebay deh pastinya bawa makanannya. Keinget banget, waktu acara ini, dapat sharing dari blogger dan penulis senior baik KEB dan IIDN dengan makanan minuman dan cemilan berbuka yang melimpah ruah. Suka kan kumpul-kumpul yang isinya emka-emak semua. yeaayy!

Nah, masih ingin tahu #BerkahJadiBlogger lainnya? Tunggu ya cerita-cerita #BerkahNgeblog lainnya.

Salam, manda.

22 comments:

  1. Ngumpul-ngumpul emang seru. Kalau pakai potluck kayaknya selain otak kenyang ilmu, perut juga kenyang makanan enak haha.

    ReplyDelete
  2. Acara yang paling di tunggu+tunggu, kumpul blogger

    ReplyDelete
  3. ketemu artiiis, kenapa ketemu Cinderella gak disebutin juga ya?

    #sambil ubek-ubek cari pangsit neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. cin, itu sepatumu ketinggalan di rumah, kapan diambil? wkwkwkwkwk..

      Delete
  4. ketemu princess ndak ditulis, manda? fotoku tak adaaaa.. *nyemil bakso*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, itu di atas ada fotomu asri, hihihihi..

      Delete
  5. Seneng kalau ketemuan blogger a la potluck.Tapi masalahnya nggak semua anggota mau ketempatan. Kira2 gimana ya solusinya. Kita kan nggak bisa maksa orang untuk ketempatan rumahnya karena mereka punya berbagai alasan. Contohnya aku sendiri, nggak mau ketempatan karena space untuk rumah kecil, lebih banyak dipakai buat toko (rumahku model ruko). Ada tamu 5 orang aja udah penuh ruang tamunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengin maen ke ruko nya mak ika, mau belajar bisnis.. boleh ya mak?

      Delete
  6. Seneng bisa kumpul...dapet ilmu dan perut kenyang...tambah seneng juga klo futu2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seruu ya mkanung... apalagi ketemu mak nunung... *_*

      Delete
  7. serunyaaaaa....
    mupeng nih saya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketemu beberapa kali di dumay dan main ke rumah maya mba inda, jadi pingin bisa berkesempatan ketemu darat.. *_*

      Delete
  8. Iyes. Kumpul emak blogger nggak pernah boseeen....

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu unik karena ada dresscode yaaaa...

      Delete
  9. Bukan gratis, tapi dibayar tulisan. Hmmm, sepadan ga nilai produk dan penulisannya? *ehhh hihihi. Emak matre

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk.. bener juga mba maya.. *_* kita kan bisa ngereviewnya menyesuaikan nilai dan kemanfaatan yg kita terima.. enaknya jadi blogger *_*

      Delete
  10. Gathering memang selalu bikin nagih. Buat aku juga jadi mood booster saat semangat nulis lagi down :)

    ReplyDelete
  11. Kemana mana mesti bawa bekel yaaa tp kadang pengen jajan hahaha

    ReplyDelete
  12. Liburan ke tempat tempat yg gak perlu retribusi mahal. Trus banyakin gaul biar kalo jauh jauh, ada temen di kota tujuan. Lumayan buat tanya tanya syukur syukur bisa ngirit akomodasi

    ReplyDelete
  13. kumpul2 asyik selalu seru, ada aja keseruan yang terjadi

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D