Sunday, 13 November 2016

Liburan Bersama Balita

fakta tentang ketuban pecah
Welcome To The World

Beberapa hari yang lalu, keluarga besar kami kedatangan lagi seorang bayi laki-laki yang tampan, dan uniknya diberi nama El. Ketika di WA grup keluarga, saya yang seorang istri dari El (Panda), merasa agak lucu karena yang ditanya uti, akung, bude, tante dan omnya adalah El sudah mandi belum? hehehehe. Seneng kalau ada bayi di rumah, karena seisi rumah baunya wangi khas bayi, yaitu : minyak telon. Proses melahirkan dilakukan secara caesar karena sesuai fakta tentang ketuban pecah dulu dan demi keselamatan ibu dan bayi dilakukanlah operasi tersebut.


Kurang lebih 3 hari, ibu dan dedek bayi dirawat di rumah sakit. Entah kenapa, saat menunggu malah bahasannya tentang makanan dan jalan-jalan. Si ibu bayi yang juga hobi traveling menanyakan kemungkinan-kemungkinan kalau mau jalan-jalan mengajak batitanya. Nah lho, Manda yang belum pengalaman punya bayi mendadak buka teori yang sempat dibaca karena beberapa kali mengajak ponakan gantengku, Piki (baby R).

Beberapa kali mendiskusikan dengan Panda dan Mama saat mau mengajak Piki liburan. Apa saja yang perlu diperhatikan, silahkan disimak ya, semoga bermanfaat.
Apa yang harus dipersiapkan sebelum liburan membawa balita 
  1. Pastikan tujuan berwisatanya tidak berhawa yang terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
  2. Pastikan kondisi bayi dalam keadaan sehat, diantaranya lahir tanpa ada kelainan bawaan. Hal ini perlu diingat karena ada pengalaman teman yang anaknya lahir dengan kelainan bawaan klep jantung tidak sempurna, sehingga mewanti-wanti untuk memastikan kondisi bayi sebelum keluar dari rumah sakit.
  3. Liburan setelah selapan bayi. Kepercayaan orang Jawa bahwa selapan itu tanda seseorang boleh keluar rumah setelah ada kerabat yang meninggal atau ada kelahiran bayi. Karena saya lahir, besar dan tinggal di Jawa, maka percaya saja bahwa mengajak bayi dan ibunya setelah selapan.
  4. Kenali kebiasaan bayi tidur dan bangun, hal tersebut memudahkan kita menyusun rencana liburan yang menyesuaikan kondisi bayi. Karena jadwal tidur bayi yang dipaksakan untuk bangun, membuat bayi rewel.
Peralatan yang harus dibawa ketika liburan bersama balita
  1. Minyak telon.
  2. Brambang (bawang merah).
  3. Selimut.
  4. Topi atau krepus bayi. 
  5. Kaos tangan dan kaos kaki. Walaupun bayi sekarang paling susah kalau dikaostangani mengingat geraknya yang aktif, setidaknya belum ada bayi yang bisa melepas kaos kakinya sendiri kan? Amankan suhu tubuh bayi ketika dingin dengan berkaos kaki.
  6. Bantal nyaman.
  7. Bedong dan baju yang cukup, kalau perlu dilebihkan, karena muntahan bayi sering tidak terduga dan keringat berlebihan membuat baju bayi basah sehingga perlu diganti.
  8. Tissue basah agar bayi nyaman ketika jamnya mandi dan masih di jalan.
  9. Bedak bayi, untuk mencegah kulit bayi tetap nyaman saat berkeringat.
  10. Pastikan membawa sabun mandi dan handuk bayi untuk menjaga kebersihannya.

Nah, bincang-bincang kita di rumah sakit ibu dan anak di atas, lumayan menjadi pelipur sakit bekas operasi caesarnya. Oh iya, sekalian mau memberi informasi, bahwa fakta tentang ketuban pecah memang harus diketahui oleh para ibu hamil yang hendak melahirkan. Alhamdulillah, ketuban pecah masih berupa rembesan, sehingga sampai di rumah sakit ketuban belum habis. Karena air ketuban yang habis saat debay masih di dalam rahim termasuk beresiko untuk calon adek bayi. Senang ya ketemu banyak teori di universitas kehidupan yang bikin tidak bisa berhenti belajar.

Setelah bincang cantik tersebut, si ibu bayi memutuskan mengajak anaknya staycation di hotel di kawasan Yogyakarta. Tentunya setelah bekas operasinya kering dan rasa slekit slekitnya sembuh, begitu katanya. Semoga lekas sembuh ya bunda!

2 comments:

  1. Lucu banget dedek bayinya

    salam kenal ya

    ReplyDelete
  2. Ada benernya mbak nunggu selapan, karena kalo secara medis saat usia anak belum genap 1 bulan kan masih disebutbayi new born nah itu kekebalan tubuhnya masih kurang bagus. rentang kena kuman

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D